PASPOR HILANG


PASPORKU HILANG “KriK”

Mumpung masih cuti hamil ngurus ahhh...padahal lom ada rencana mau kemana...

Iseng telp travel agent nanyain biaya pengurusan paspor hilang...ternyata 3 juta (OMG). Sedih nyesel ngilangin tuh paspor hiks...

Okelah ngurus sendiri ajah..biayanya Cuma 455rb daripada travel agent biayanya 3 juta

Syarat paspor hilang:
1. Surat keterangan hilang dari POLRES
2. F.Copy Akta kelahiran/Ijazah
3. F.Copy KTP
4. F.Copy KK
5. F.Copy surat Nikah
6. Surat Referensi Kerja

Setelah syarat-syarat sudah saya penuhi akhirnya dengan semangat 45 ngurus paspor ke kantor Imigrasi Klas I di surabaya

HARI KE : 1 (KAMIS)
Jam 8: Nyampe imigrasi, langsung ambil antrian di LOKET 5 dapet no: 52. Trus beli map n formulir di koperasi Rp. 10.000. Setelah ngisi semua data n masukin syaratnya kedalam map, saya duduk manis dikursi tunggu menunggu no antrian dipanggil.

Jam 10.00: akhirnya no antrian saya di panggil ke Loket 3.
Nyampe ke Loket 3 (tempat pendaftaran), naruh berkas n berkas asli dicek. Sempat ditanyain juga kenapa hilang...

Dikasih kertas ama petugas besok disuruh menghadap ke ruang WASDAKIM lantai 2.

Note: Dokumen asli semua harus dibawa (KTP,KK,akta nikah,Ijazah)

HARI KE: 2 (JUMAT)
Jam 10 nyampe imigrasi langsung ke lantai 2 ruang WASDAKIM. Deg..degan karena mau diinterogasi bayangin yang nanya berwajah serem n berkumis tebal hehe
Kira-kira nunggu 30 menit akhirnya saya dipanggil, n ga seseram yang saya bayangkan orangnya ramah n nanyanya juga ga pake dibentak-bentak.

Pertanyaan interview kurang lebih seperti ini:
1. Punya Paspor berapa?
2. Sudah dipake kamana aja?
3. Kenapa bisa hilang?
4. Kejadiannya kayak gimana
Dan bla...bla...1 jam selesai n Senin disuruh kembali untuk ambil surat buat dikirim ke kantor HAM.

HARI KE: 3 (Senin)
Jam 9 : Saya datang ambil surat ke ruang WASDAKIM ternyata suratnya belum jadi HIKS... Kata pihak imigrasi sistem komputer lagi ngadat jadi ga bisa nyetak no registrasinya.

Jam 11: Surat jadi, sempat disuruh baca rangkuman interview jumat kemarin, benar atau ga kronolis kejadiannya. Setelah saya baca sudah benar, akhirnya diprint tuh surat. Lalu kata pihak imigrasi disuruh nunggu tanda tangan dari kepala WASDAKIM karna lagi rapat (Arrrrrghhh...resiko paspor hilang ngurusnya rada ribet)

Jam 2.30: Akhirnya setelah penantian yang panjang, Barulah surat jadi hiks... Karna sudah sore takut kantor HAM tutup, saya ke kantor HAM esok harinya.


HARI ke: 4, (Selasa)
Jam 8 : Saya ke kantor HAM di JL. Kayon. Langsung ke bagian pelayanan.Disuruh nunggu, kira2 kurang lebih 15 menit surat sudah ditanda tangani.

Jam 9, saya langsung kembali ke imigrasi. Ke ruang Wasdakim, nyerahin surat dari HAM. Setelah semua data-data udah lengkap. Saya disuruh ke loket 4 untuk pembayaran, karena paspor hilang saya kena denda Rp. 200rb n biaya paspor Rp. 255rb jd totalnya Rp. 455rb.

Jam 11. Saya sudah foto, sidik jari n interview. Fiuh Lega akhirnya...bisa punya paspor lagi n paspor selesai hari senin (4 hari)

NOTE:
Miris banget saya baca artikel yang jelek-jelekin imigrasi, padahal kenyataaanya imigrasi pelayanannya sangat bagus sekali. Apalagi ada yang bilang kalo di WASDAKIM atau kantor HAM disuruh ngasih uang, kalo engga gitu paspor kita ga disetujui. SAMA SEKALI ga bener tuh. Saya ngurus sendiri Cuma kena biaya 455rb, tanpa uang pelicin apapun.

You Might Also Like

44 komentar

  1. harusnya ga smpi 4 hari ya...(zaman komputer, tablet PC, FB,Twit,dll)skrg klo bisa hitungan jam ato menit..kapan ya?klo soal calo mang ga smua bebas..Sy jg ngurus paspor biru&hijau sndiri..ga ada pungli..tp Sy jg tdk pungkiri ada org yg perlu 'uang lebih',siapa sih yg mau miskin..kan smua mau kaya..he..he..

    ReplyDelete
  2. nice info gan.

    mungkin tidak dipungkiri jika keimigrasian masih banyak oknum yang 'meminta' uang. well begitulah kondisi negri ini dari hulu ke hilir. tapi semoga ini menjadi perbaikan.

    maju terus bangsaku!

    ReplyDelete
  3. kalau boleh tahu kantor imigrasi di Waru, SDA atau di jl darmo indah SBY ya mbak..?

    ReplyDelete
  4. Kantor Imigrasi Klas I waru untuk pelayanan domisili Kota Surabaya :
    Kec. Genteng ,Kec. Tegalsari, Kec. Bubutan, Kec. Simokerto, Kec. Tambaksari, Kec. Gubeng, Kec. Rungkut, Kec. Mulyorejo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Kec. Gunung Anyar, Kec. Sukolilo, Kec. Sawahan, Kec. Wonokromo, Kec. Jambangan, Kec. Karangpilang, Kec. Wonocolo, Kec. Gayungan, Kec. Wiyung, Kec. Dukuh Pakis, dan kab. Mojokerto, Sidoarjo, Jombang

    Klo yang di darmo
    KANTOR IMIGRASI TANJUNG PERAK, untuk Surabaya Kec. Benowo, Lakarsantri, Krembangan, Pabean Cantikan, Semampir, Kenjeran dan daerah Kab. Tuban, Kab. Bojonegoro, Kab. Lamongan, Kab. Gresik, Kab. Sumenep, Kab. Pamekasan, Kab. Sampang, Kab. Bangkalan

    ReplyDelete
  5. haduh haduh >.< saya juga kehilangan passport nih, masukkin berkas ke travel, dia bilang butuh 2 juta untuk urus baru >.<

    Yah masalahnya nggak ada waktu untuk urus beginian, tinggal di pedalaman dan ke kota terdekat (Medan) harus 2,5 jam .. Masa cuti untuk 4 hari gara2 masalah ini :((

    Dilema nih .. gimana yaaaaa :((

    ReplyDelete
  6. assalamu"alaikum mbak.
    mau tanya, mbak hilang paspornya karna bencana atau kelalaian. kebeneran sy juga hilang paspor nih dan mau ngurus. tp takut mahal. juga orang bilang biaya nya rp. 750.000. apa betul cuma rp.455.000 mbak? mohon jawabannya. terima kasih.

    ReplyDelete
  7. ohya mbak, biasanya kalau karena kelalaian susah ya mbak? terus pas di interview nya, petugasnya nanya nya detail bgt gak? maaf ya mbak sy nanya2 terus. makasih atas bantuannya :)

    ReplyDelete
  8. Biasanya sih rada susah mbak, keputusan ada di bagian wasdakim imigrasi dan HAM nya sih...karna lalai bisa juga ada penangguhan penggantian pasport sampai waktu yang ditentukan.

    Untuk interview kejadian kehilangan memang detail banget pertanyaan, ditanyain kronologis dari awal sampai akhir kejadiannya untuk Berita Acara pemeriksaan (BAP) yang dikirimkan ke kantor HAM.

    Tapi ga serem seperti bayangan kita kok hehehe... Imigrasi sekarang pelayanannya sudah bagus. Btw, paspornya hilang karna apa mbak?

    ReplyDelete
  9. karna pindah kost'an. waktu itu kan pindah kost'an nya buru2, soalnya siangnya kerja. jd mungkin kecicir atau gmn. udah di cariin ke kost'an lama tp ga ketemu. hmm.. takut ga dapat.. soalnya bulan depan udah mau di pake paspornya :/

    ReplyDelete
  10. ikut nanya nih mba...sya sekarang lagi ngurusin paspor saya yang hilang...saya tanya2 sama petugas imigrasi nya biayanya katanya ampe 3,5 juta mba,...
    terus saya tanya uang 3,5 juta itu buat apa azz,petugasnya bilang
    -BAP = Rp 1 juta
    -denda = Rp.500 ribu
    -ke kantor KANWIL = 1,2 juta
    -terus biaya bikin paspor pengganti = Rp.255.000

    terus yang 500 ribu nya buat upahnya katanya...

    mhon informasinya mba...

    ReplyDelete
  11. Wow masak sih, soalnya klo travel agent atau calo memang biayanya sekitar 3 juta-an, klo ngurus sendiri 455ribu aja (paspor 255rb dan denda 200rb). Takutnya yang jawab pihak yang tidak bertanggung jawab karena imigrasi banyak calo juga.

    Tanyanya langsung ke bagian loket pendaftaran paspor ( loket pembuatan paspor baru) ntar bawa berkas lengkap n bilang ama petugasnya klo paspor hilang n ntar qta dibuatkan note untuk jadwal BAP ke bagian wasdakim.

    Dan semua proses dari loket pendaftaran, wasdakim, BAP, n kanwil semua tidak ada biaya atau pelicin. Untuk bayarnya jika sudah ada surat dari kanwil kemudian bayar di loket pembayarannya di hari terakhir.

    Klo boleh tau di imigrasi mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg sistemnya sudah online seluruh indonesia, paspor bisa dibuat di kantor imigrasi mana aja. Kalau paspornya hilang sebaiknya jujur aja bilang hilang, kalau kamu bohong dan coba-coba buat paspor baru nanti saat dientry data bisa-bisa ditolak sistem karena paspor lama yg hilang itu dianggap masih aktif sehingga terjadi duplikasi paspor. Jadi ujung-ujungnya tetep aja kamu harus kembali ke proses paspor hilang (di BAP dan seterusnya). Nah, urusannya jadi lebih lama lagi kan?

      Delete
    2. hi...
      Maksudnya Zipora kalau hilang terus ngurusnya kehilangan di tempat lain, jadi bukan ngurus paspor baru lagi dan ngaku belum punya paspor.


      Jelas kalau imigrasi itu online dan data kita tersimpan dengan baik, memang kita harus jujur, karena paspor hilang melalui proses interview dulu kalau bohong dan kita ketahuan akan ada penangguhan sampai beberapa tahun.

      Delete
  12. Km bs kok ke kantor imigrasi terdekat, ga harus ditempat pembuatannya dulu. Biar gampang bw juga f.copy paspor yg hilang. Good luck ya :)

    ReplyDelete
  13. Hi vika, pls dishare ttg bgm dgn masa berlaku paspornya ya? Katakanlah paspor awal diterbitkan 1 jan 2010, kan akan habis 1 jan 2015. Nah ternyata di 1 jan 2011 paspor hilang. Apakah tgl berakhir paspor baru (pengganti) tetep di 1 jan 2015 atau berubah jd 1 jan 2016? Tks byk ya. Ttd agus

    ReplyDelete
  14. Masa berlakunya sesuai dengan tanggal penerbitan paspor baru (pengganti). Jadi kalo ngurusnya 2013 expired date 2018.

    ReplyDelete
  15. makasih informasinya, sangat membantu.

    ReplyDelete
  16. Wow, makasih juga sudah nyasar di blog saya hehehe

    ReplyDelete
  17. Udah baca semua sekalian sama koment komentnya.
    Cuma mau nanya, kalau kita lupa sama sekali sama data pasport lamanya gimana?
    Tentang masa berlaku dan tanggal expired maksutnya....
    tetep bisa bikin nggak ya?
    Kira kira di sana di tanyain tentang data pasport lamanya nggak ya?....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Data lama kita sudah tersimpan online di imigrasi, jadi tinggal nyebutin nama dan no paspor dan lebih baik kalo kita punya foto copy paspor lama. Nantinya data nomor paspor lama akan dicantumkan dihalaman terakhir paspor yang baru.

      Semoga membantu ^_^

      Delete
    2. Maaf kalo lupa no pasportnya gimana?

      Delete
    3. gpp sih kalo lupa no paspor, ntar data diri akan dicocokkan dengan foto di sistem imigrasi online.

      Delete
  18. Say mau nanya donk..aku kan lg ngurus paspor, karena hilang dan aku Ga tau sama sekali nomer passpor ku dan paspor dah exp bln April kmrn..aku mau urus baru aja kira2 bisa Ga y..bilang blm pernah bikin? Soalnya wkt ngurus surat ilang ke polisi ditanya copy sama nomer paspor aku kan Ga ada, jd Ga bs buat polisinya..jd sebaiknya aku hrs gmn :D makasih y bt yg mau kasih saran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Nena...

      Jelas ketahuan mbak, lebih serem lagi kalo kita ketahuan berbohong ntar ada penangguhan ditolak pembuatan paspor sampai beberapa tahun. Waktu itu saya juga ngurus ke kepolisian n gak punya copy paspor gak pa pa kok. Lebih amannya ikut sesuai prosedur aja mbak, bagaian wasdakim gak seserem yang dibayangkan kok :D

      Delete
    2. maaf numpang nimbrung. aku juga lagi punya masalah yang sama. pasport ilang, udah expired dan gak tau nomor pasportnya, juga gak punya copy-annya. aku belum ke kepolisian, karena bingung ditanya nomor pasport. polisi mau terima gak ya, laporan kehilangan pasport tapi gak tau nomor pasportnya? terima kasih. :)

      Delete
  19. hi mbak vi,klo di paspor lama tercantum lhir tgl 15 trus ganti paspor baru minta lhir tgl 25 sesuai ktp yg msih berlaku,bermasalah tidak ? mhon pencerahanya trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bermasalah asalkan sesuai dengan KTP, hanya saja mungkin sewaktu interview ada pertanyaan mengapa tanggal lahir bisa berubah.

      Delete
  20. Selamat malam.

    info : untuk pengurusan biro jasa pasport baru, pasport perpanjang, paspor hilang, pasport rusak domisili jakarta !! yang tidak ingin repot bolak balik atau tidak ingin mengantri lama,saya siap melayani jasa pengurusan pasport anda.
    untuk info lebih lanjut bisa kontak saya
    posel : 081296580388 (ichal).
    BBM : 28983F9F.
    kaskus : Jasapasport.
    Facebook : paspor.jasa@yahoo.com.
    insya allah dapat berguna untuk keluarga dan kerabat anda yang membutuhkn jasa saya.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  21. Mf mb mau tnya, sya mau bkin passpor hilang blm hbs msa brlaku, apakah hrs buat di kanim pnerbit atw bsa di kanim tmpt laen. Mksh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya di kanim penerbit agar lebih mudah prosesnya.

      Delete
  22. Mbak mau tanya..jika kondisi nya berikut:
    - passpor yg masih berlaku hilang
    - di dalam nya sudah ada visa

    apakah dengan pengurusan dengan prosedur yg Mbak tulis, visa bisa diterbitkan kembali di passpor baru?
    terima kasih

    ReplyDelete
  23. mbak kalo boleh tau alasan yg tepat gimana ya? takutnya gak bisa / ditunda untuk pengurusannya lagi. karena sekarang saya mau urus paspor saya yg hilang. thx

    ReplyDelete
  24. selamat siang mbak Vika...
    boleh tanya, jarak waktu antara paspor mbak yang hilang dengan mengurusnya tu berapa lama?
    paspor saya juga hilang, tapi bingung mau gimana mengurusnya...
    sedangkan uang belum cukup buat membayar denda maupun prosedur yang lain....
    mohon bantuannya ya mbak....

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum, infonya lengkap dan runtut, Mbak. Sip. Memudahkan kita yang mau mengurus tentang prosedurnya. Aku ikutan komentar nih, Mbak. mengulang komentar diatas yang soal perubahan data, tapi ini kasusnya bukan tanggal lahir,tapi tahun kelahiran. Kira2 akan susah ga ya, mengurusnya nanti. Dulu ngurus dikampung, diuruskan pula, selalu ada aja ya yg trouble gini. Ngurus akta kelahiran aja masih suka salah ketik data. Diurus lagi ngehabisin biaya.(malah curcol) makasih, mbak. Mohon saran dan infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya udah buat paspor tapi salah tahun lahirnya?? kalo udah terlanjur jadi paspornya, ketika booking pesawat internasional ikuti aja data sesuai paspor. Nanti typo tahun kelahiran diurus ketika masa berlaku paspor habis.

      Delete
    2. malam sob. yang ingn saya tanyakan bila paspor kita hilang apakah dari pihak imigrasi mengetahui atau mempunyai salinan sign on atau sign off di paspor kita.

      Delete
    3. Ada. sistem imigrasi kan online

      Delete
  26. Siang mba..
    Mau tanya, sebelum nya pasport saya hilang, jd nekat aj ngurus paspor baru..ternyata pas waktu pengambilan pasport tsb, lgsg di BAP dan dibatalkan sistem(digunting petugas) sedih bgt.. dan sekarang pasport lama saya sudah ketemu.. bisakah saya ngurus perpanjangan paspor lg? Takut dkantor imigrasinya bermasalah lagi.. makasih info nya

    ReplyDelete
  27. Hello mbak, it's so helping post. Tapi aku punya pertanyaan. Apakah pengurusan paspor hilang cuman butuh bbrp hari aja ya mbak (seperti yg mbak alami)? Ga makan waktu sampe berbulan2 kan. Please answer my question ya mbak, aku mau daftar beasiswa. Tp pasporku hilang juga *krik* :(

    Really need ur answer, to motivate me. Thaanks a lot.

    ReplyDelete
  28. Mbak mesti submit copy paspor lama juga nggak?
    kalau paspor hilang bikin baru berarti tanggal pengeluaran paspor baru nya juga beda dengan tanggal pengeluaran paspor lama ya?

    ReplyDelete