Dasar apes, dompet dengan gadget lenyap dicuri PRT. Tega banget asisten yang sudah diberi kepercayaan malah jadi maling. Sempat berharap meski uang tidak dikembalikan tapi dompet dikembalikan karena berisi surat-surat penting. Namun seminggu kemudian penantian sia-sia, saya memutuskan langkah pertama dengan melapor ke kantor polres untuk membuat surat laporan kehilangan barang (LKB).

Ada 13 surat kehilangan yang saya laporkan

- KTP
- SIM C dan SIM A
- Buku Tabungan BCA dengan ATM BCA
- Buku Tabungan MANDIRI dan ATM
- Kartu ATM BNI
- Kartu ATM Bank JATIM
- Kartu NPWP
- Kartu Pegawai
- Kartu Mega Carrrefour n kartu Silver Mega


Mengurus di Bank BCA
Masalah tentu saja belum selesai sampai disini, saya harus mengurus atm dan buku tabungan satu persatu. Saya memutuskan ke BCA terlebih dahulu. Kemudian saya ke Customer Service memberitahukan buku tabungan dan atm hilang. CS memberitahukan syarat kalo hilang adalah LKB asli dan f.copy KTP.

Setelah mengisi pernyataan kehilangan dan coret ttd sana sini dan biaya untuk materai 6rb. Butuh wktu sekitar 1,5 jam untuk mendapatkan Buku tabungan dan atm. CS harus mengecek data arsip saya di gudang penyimpanan dokumen hiks.. Setelah menunggu dengan harap-harap cemas akhirnya buku tabungan dan atm siap digunakan.

Kemudian setelah urusan dengan bank BCA beres, saya ke bank MANDIRI

Mengurus di Bank Mandiri
Setelah antri berjam-jam, akhirnya dilayani CS. Berbeda dengan BCA di Mandiri kalau kehilangan harus menyerahkan surat LKB dari polres. Surat tersebut harus asli dan tidak boleh f.copy dan KTP pun harus asli tidak boleh f.copy. Celakanya LKB asli sdh saya berikan BCA dan KTP saya hilang jd tinggal f.copyan saja.

Saya pun pulang dengan tangan hampa. Arggghhhhhhh

Besoknya saya membuat KTP dengan melengkapi arsip surat keterangan RT, RW dan kelurahan. Kemudian saya ke kantor kecamatan. Dan 2 hari kemudian KTP saya pun jadi. Setelah KTP dan surat laporan kehilangan telah lengkap saya kembali ke kantor bank MANDIRI.

Di Mandiri kalau buku tabungan dan atm hilang harus membuat rekening baru dengan biaya penutupan rekening 50 ribu dan ada tambahan biaya materai 6 ribu.  Saya tidak bisa menolak karena sistem bank beda-beda, saya mengiyakan dengan ikhlas untuk dipotong tabungan sebesar 50 ribu. Tidak menunggu lama buku tabungan dan atm baru saya bisa digunakan satu jam kedepan.

Mengurus di Bank BNI
Besoknya saya ke Bank BNI untuk mengurus atm. Berbeda dengan bank lainnya di BNI tidak terlalu ribet dan Csnya pun ramah banget nanya-nanya kenapa bisa dompet hilang. Untuk persyaratannya surat laporan kehilangan dan f.copy KTP dan biaya administrasi 15 rb untuk penggantian kartunya. Dan atm pun langsung bisa digunakan tanpa menunggu satu jam kedepan.

Kemudian untuk kartu mega carrefour, saya menghubungi call center untuk blokir kartu dan minta penggantian kartu. Dan kartu baru dikirimkan maksimal 2 minggu kedepan dengan biaya penggantian 50rb dibebankan pada tagihan bulanan.

Mudah-mudahan pengalaman ini membuat saya lebih berhati-hati.