Saya begitu anti ama kartu kredit (KK), berpikir untuk punya saja tidak. Ini karena berita debt collector nyeremin, nagih tunggakan dengan membunuh juga menganiaya...

Namun setelah dipikir-pikir KK sangat penting. Asal tau manfaat dan batasannya, saya kira aman-aman saja digunakan. Waktu belum punya KK untuk booking pesawat saja susah harus ke counter dulu, lalu booking hotelpun harus ke travel agent karna tiket online tidak bisa menerima pembayaran melalui atm. Padahal booking lewat travel agent harga lebih mahal...

Sejak saat itu saya mulai nyari info tentang KK. Saya juga baru tau klo pembayaran KK sebelum jatuh tempo dibayar tepat waktu tidak akan kena bunga. Dan sekarang iuran tahunan pertama pun kebanyakan bank gratis.

.............................

Kemudia saya mulai cari info kk yang bisa untuk gaji dibawah 3 juta, dan pengajuannya gampang-gampang susah. Jangan tanya klo diatas 3 juta sih udah pasti disetujui.

Pengajuan pertama yaitu KK MEGA yang kata temen-temen pengajuan mudah dan pasti disetujui. Saya datang ke kacab Mega, ke CS mau buat KK tapi ga punya rekening mega bisa ga? Si mbaknya bilang bisa, disuruh isi formulir KK plus syarat Fc. KTP, Slip gaji, kartu pegawai. Setelah syarat2 lengkap n isi formulir, data saya kasih ke CS lagi, ntar katanya dikabari lagi melalui telp.

Masa penantian..harap-harap cemas seminggu kemudian ditelp ama marketing cabang ditanyain tentang data-data. Setelah itu kemudian marketing bilang akan diserahkan ke kantor pusat Jakarta.

Dua minggu kemudian saya ditelp pihak analis ditanyain tentang data-data. Standartlah pertanyaannya apa yang ditulis di formulir itu yang ditanyain.

Kira-kira 10 hari kemudian KK nyampe ke rumah. Dasar ndeso kartu kredit pertama jadi girangnya bukan main.

Begitu gampangnya buat KK, jadi ketagihan buat kartu kredit lagi. Penginnya sih setelah punya VISA satunya pengin yang mastercard.


Kartu kredit kedua saya adalah BNI, Iseng ke kacab BNI ama tmn mau ngajuin KK. Eh, marketingnya tetangga tmn saya. Setelah tanya-tanya sayapun kemudian disodorin formulir KK, syaratnya KTP, karpeg, slip gaji dittd ama bendahara gaji, KK lain. Selang satu minggu kemudian ditelp analis nanya-nanya masalah data, kemudian analis telp kantor n saudara yang tidak serumah.

Merasa PD bakal diterima satu minggu kemudian saya telp call center, ternyata KK saya ditolak. Glek..hancurlah berkeping-keping hati saya.

Bsknya saya telp marketing yang ada di kacab kok KK saya ditolak kemudian marketingnya bantu telp analis ke kantor pusat. Kata analis, KK saya ditolak karena sewaktu analis telp kekantor bendaharanya ga nyambung kalo saya ngajuin KK, dikirain saya mau hutang bank trus dilempar ke bendahara pusat. Jadi pihak analis kayak dilempar-lempar akhirnya DITOLAK.

Berhubung marketingnya tmn saya dan dia ga enak KK saya ditolak, dia memperjuangin pengajuan KK saya. Hampir lupa pernah ngajuin KK , eh, minggu ke 2 maret datanglah KK BNI. Jadi hampir 3 bulan KK baru di approve ck..ck..ck..

Dari sini saya nyimpulin kalo ngajuin KK paling gampang atau disetujui yaitu lewat marketing karna akan memperjuangkan nasib KK. Mungkin karna marketing juga dapat komisi kalo aplikasi kita disetujui. Denger-denger sih kalo aplikasi disetujui marketing dapat 300rb, lumayan tuh hehe...

Betenya kalo dah punya KK pasti akan dikejar-kejar marketing bank lain.
Saya ditelp ANZ,.. ngerasa ga pernah ngirimin info tentang data diri
Saya nanya kok bisa punya no saya, pihak ANZ bilang data saya ada dikomputer..
Karna gak tahan ditelp mulu, saya mengiyakan mengirim formulir yang sudah dikirim ke email. Kemudian saya kirim lwt pos. Seminggu kemudian saya ditelp analis, pertanyaannya juga standart tentang data2 dan saudara tdk serumah.

Karena penasaran seminggu setelah analis telp saya telp call center, dan ternyata KK ditolak argggghhhh, awalnya saya ga minat karena ditawarin marketing kemudian saya ngajuin setelah itu ditolak huft bener-bener deh..

Sebenarny` ANZ ga pake telp call center udah dapat sms tentang pengajuan kita, klo ditolak smsnya seperti ini: “Terima kasih atas pengajuan anda. Mohon maaf aplikasi anda belum disetujui” bikin emosi makin tingkat tinggi.

Pengajuan ketiga adalah KK BRI. Minta form KK ke kacab Kemudian saya nyerahin FC KTP, Slip gaji dan KK.

Satu bulan kemudian ditelp analis nanyain data-data, telp kantor dan saudara tidak serumah. Satu minggu kemudian saya telp call center, dan KK saya ditolak. Ternyata buat kartu kredit BRI aja susah.

Untuk KK BCA saya memberanikan diri ngajuin, secara gaji ga sampai 3 jt dan hasilnya ditolak hehe.. BCA lumayan agak ketat sih klo masalah KK. Minimal gaji harus 3 jt, pembayarannya harus debet rekening, dan minimum saldo tabungan sekitar 10 jt dalam 3 bulan berturut-turut.