Ke Singapore dari Johor Bahru (Malaysia)

Kali ini saya posting pengalaman ke Singapore melalui Johor Bahru ( JB ). Pasti anda semua sudah mengetahui Airasia baru saja membuka penerbangan dari Surabaya ke JB. Memang rute penerbangan AirAsia ini lebih murah daripada penerbangan dari SUB-SIN dengan maskapai lion air atau jetstar (kalo dari sub hanya maskapai ini yang melayani penerbangan ke Sin).

Resiko dapat murah tapi ribet banget mungkin itu yang bisa saya gambarkan dari pengalaman saya.

Cerita perjalanan saya dimulai disini...

Penerbangan dari Surabaya berangkat jam 10.40 dan tiba di JB jam 13.30. Sampai bandara JB Senai airport kemudian melewati imigrasi kedatangan, petugas imigrasi Malaysia disini ramah - ramah saya disapa meski agak bingung ngomong apa hehe

Kemudian setelah melalui imigrasi kedatangan dan ambil bagasi, turun ke lantai 1 menuju pemberhentian bus. Untuk ke Singapore, dapat free shuttle bus dengan causeway link Air Asia. Jam operasional bus jam 15.00, saya menunggu sekitar satu jam demi mendapatkan fasilitas gratisan.


free shutle bus AirAsia


Setelah bus datang, bus menunggu penumpang selama 15 menit kebetulan hanya kami bertiga menjadi penumpang bus ini, serasa naik taxi

Dari Bandara Senai ke imigrasi keluar JB center checkpoint Malaysia perjalanan sekitar 1 jam. Setelah turun bus kita naik lantai atas menuju imigrasi. ( Jangan lupa bawa semua tas kita, karna bis yg akan dinaiki nanti berbeda meski satu perusahaan Causewaylink)

Setelah proses imigrasi selesai turun kembali menuju pemberhentian bus di bay 22 / bay 23 ( bay itu seperti nomor pemberhentian parkir bus ), kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Woodland (imigrasi Singapore) sekitar 15 menit perjalanan.

Masuk Woodland, jangan lupa isi kartu imigrasi kedatangan terlebih dahulu. Sempat paranoid, katanya imigrasi Singapura lewat JB ketat n pegawainya pada jahat-jahat. Ternyata biasa saja, saya tidak menemukan kesulitan apapun.

Dari Woodland, kemudian saya turun lagi ke LT dasar menuju bus naik causewaylink CW2 tujuan ke MRT Kranji. ( Dan ini juga bus gratis dari Air Asia ). Woodland menuju MRT Kranji sekitar 15 menit.

Total perjalanan dari Senai Airport, imigrasi JB center checkpoint, imigrasi Singapore Woodland dan ke MRT kranji dan ke hostel daerah little india sekitar 3 jam. Saran saya daripada lewat JB yang ribet, mending langsung dari Changi Airport aja. Sayang waktu terbuang untuk naik dan turun imigrasi. Belum lagi dari MRT Kranji menuju MRT pusat kota jauh banget kurang lebih 40 menit.

................
Update :
Per Juli 2015 free shuttle bus airasia dari Senai Aiport ke JB Sentral sudah berhenti beroperasi. Sedangkan untuk transportasi dari Senai Airport ke JB Sentral bisa menggunakan bus CWA seharga RM 8. Untuk Tiket bisa membelinya di dekat exit bandara.

Jika ingin melanjutkan perjalanan dari JB Sentral ke Singapore, dari CWA di JB Sentral turun lalu dilanjutkan dengan CW2 nanti turun di MRT Kranji.

Happy Traveling....

You Might Also Like

80 komentar

  1. Hi Vika,

    Mau tanya, untuk naik shuttle Air Asia dari Senai Airport itu kita perlu booking dulu ga sih sebelumnya? Buka link di website Air Asia ga berhasil terus euy. Kynya networknya down deh... :(
    Secara total biayanya berapa dari Senai Airport s.d Kranji MRT? Apakah benar2 gratis?
    Thanks ya! :)

    tiestri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks infonya, sangat bermanfaat buat yang lagi pengen nyeberang ke singapore dari malaysia :D

      Delete
    2. Terimakasih, jadi semangat untuk ngeblog :)

      Delete
  2. Hi Tiestri

    Iya kamu harus booking dulu diwebsite http://causewaylink.com.my/airport-airasia memang websitenya loadingnya lambat banget biar cepat bisa buka lewat mobile aja kalo melalui PC atau tab agak susah.

    Kalo sudah kebuka ntar kamu click to book ticket, kemudian masukin no book airasia nanti ticket akan dikirim melalui email kamu. Nanti kalo naik skybus airasia tinggal tunjukin bukti print out.

    Semua biayanya gratis dari Senai s.d Kranji MRT, lumayan dari pada naik taksi atau naik bus umum :) Jangan lupa cek juga jadwal berangkat sky bus.

    ReplyDelete
  3. sip2 vika, akhirnya berhasil booking tiketnya. Makasih ya!
    Btw, waktu itu kan di Malaysia cuman numpang lewat aja ya, perlu nyiapin uang Ringgit Malaysia ga?
    Berapa banyak kira-kira kalo butuh? Di Senai airport banyak pilihan untuk makan & minum ga?
    Thanks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaa, akhirnya jadi travelingnya.....:) Waktu itu karena kelaparan tukar 50rb di Senai, disana banyak money charger dengan kurs yang sama dengan di Indo . Pilihan makanannya yang enak dan murah cuma KFC aja, harga makanannya sama dengan Indo sekitar 25rb.

      Delete
  4. Aku sekeluarga rencana brangkat 9 Nopember 2013 naik Air Asia, trus mau nginep dulu di Johor Bahru. Lanjut ke S'pore tanggal 10 Nopember. Kira2 bisa gak ya kalo naik bus fasilitas Air Asia ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok, asal jamnya menyesuaikan jadwal bus jam 5.30-22.00. Jangan lupa book dan Print Book bus dari indo. Book ticket disini http://causewaylink.com.my/airport-airasia

      Delete
  5. Makasih ya mbak. Aku dah booking ticketnya.

    ReplyDelete
  6. Saya rencana tgl 30 Des ke johor baru tgl 1 Jan. lanjut Singapura, naik bisnya dimana, apa mesti kembali lagi ke bandara atau naik ditempat lain? thanks infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naik taxi ke Jb sentral kemudian setelah proses imigrasi selesai diJb sentral, turun kebawah gedung naik bus causewaylink, dengan menunjukkan print outnya. Kalo mau yang bayar bisa naik no 107

      Delete
  7. Mba mau menanyakan. Bila akan mendaftar d causeway bus tsb ad pilihan departing dan arrival namun bagaimana mencari arrival untuk d sngapore? Krn hanya trsedia senai airport saja.thanks mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya agak bingung dengan maksud pertanyaannya :D, kalo dr singapore menuju johor bahru memang arrival hanya di senai, sedangkan jika dr senai ke singapore pilihannya bisa turun di mrt kranji atau larkin bus terminal. Semoga membantu :)

      Delete
    2. Oh tp slainn naik dr senai bs mba? Soalny sy bln berhasil bli tketny mba :( kl d jb k sg apakah bs melalui jalur krta apa? Yg sy dger melalui krta api lbh mudah trims mba :)

      Delete
    3. Maaf sebelumnya salah ketik, disingapore bs turun di mrt kranji atau queen street terminal daerah bugis. Selain dr senai ns naik di larkin bus terminal johor bahru. Kalo boleh tau nanti di johor dan singapore nginep daerah mana? Saya buatkan rincian rutenya biar gak bingung :)

      Delete
    4. Di Johor saya menginap di Tune hotel,danga bay, lalu kalo di singapore saya nginep di V Bencoolen hotel,sktar daerah bugis. Rincianny rute bolak balik jb-sg,sg-jb bagaimana yah, Mba?Makasih banget yaa mba dan maaf mrepotkan:D

      Delete
    5. Maaf baru balas...

      Kalo naik taksi biaya senai ke tune hotel sekitar RM 55, booking taksi disenai harus melalui counter di exit airport, kalo mau murah sih biasanya cari barengan yang satu tujuan juga ke tune hotel, yang nginep di tune hotel biasanya banyak, satu taksi bisa muat untuk 4 orang... (saran jika landing pesawat malam)

      Kalo naik bus dari senai ke tune hotel ada fasilitas skybus johor bahru, langsung turun di depan tune hotel biayanya cm RM 8, jam operasionalnya 8.30 am, 11.45 am dan 03.00 pm. Untuk booking bus ini bisa booking online di http://skybus.com.my/skybus-johor-bahru/ . Bus ini nanti turun langsung didepan tune hotel, gak perlu repot, dan bus ini rutenya masih baru dioperasikan sekitar oktoner 2013 jadi belum banyak yang tahu (cek link untuk info lanjut). Skybus ini berbeda ya dengan free shuttle airasia, kalo free shuttle untuk senai - singapore sedangkan skybus hanya melayani johor bahru (maksimal jam 3 sore)

      Ini rute transportnya:
      Senai - Tune hotel : naik skybus (booking online) RM 8
      Tune Hotel - JB Sentral : kalo naik taksi sekitar RM 13, kalo bus saya lupa no-nya bisa tanya sama resepsionist hotel :)
      JB Sentral - Kranji MRT : Free Shuttle Air Asia (booking online)
      Dari Kranji MRT turun di Bras Basah Station Exit D

      Singapore - Johor Bahru
      MRT Bras Basah Turun di MRT Kranji
      Di MRT Kranji, naik Bus CW Warna Kuning turun woodland (imigrasi) (free dengan menunjukkan booking tiket shuttle bus, booking online)
      dari Woodland naik free shuttle airsia ke senai.

      Thanks, semoga membantu :)

      Delete
  8. mba saya mau tanya, kalau dari singapore mau ke bandara senai (johor bahru) bagaimana yah mba? saya cuma tahu rute dari singapore (mrt bugis) - queen street terminal - terminal larkin di johor bahru. lalu saya bingung bagaimana dari terminal larkin tersebut ke bandara senai. apakah ada jalur yang lebih cepat? kebetulan saya juga naik airasia, dengan tujuan JB - KL,apakah bisa naik bus gratisnya juga? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang banget :), naik di Queen street bus CW 2 dengan print out bukti booking free shuttle, bus CW 2 turun di CIQ setelah imigrasi selesai naik free shuttle airasia menuju senai.

      Semoga membantu

      Delete
  9. Hi vika...

    Saya sudah booking shuttle air asia, mau tanya... Mau ke singapore tgl 10 jan trus balik lagi ke johor tgl 12 jan, masalahnya di tiket bus tercatat ke singapore travel date 8 jan trus balik lagi ke johor travel date 13 jan seauai jadwal penerbangan saya... Kira2 jadinya harus gimana ya mba, soalnya pas booking ngga ada pilihan travel datenya... Thank u...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa email disini : feedback@support.causewaylink.com.my saya waktu itu juga ganti tanggal dalam 1 X 24 direspon dan dikirim booking tiketnya yang baru via email.

      Delete
    2. Ok... Thank u vikaaa...

      Delete
  10. dear mba vika..

    baca2 Q&A di blog mu... seru juga hehehe, boleh ikutan nanya ga?
    rencnya,
    1. 16 Feb 2014 renc saya terbang dr JKT ->KL, sarannya dr KLC Central saya mending nginap dmana ya yg dkt dgn tmpt oleh2 dan obyek wisata dsana?krn tgl 18 renc ke JB Legoland. sempet lihat2 bus dr KL->JB kg lbh 4jam an.

    2. dimana saya bs naik bus menuju JB?

    3. Ada rekomendasi hotel d JB yang murmer?krn tanggal 19 atau 20 renc saya ke Sing (sebenrnya ingin juga menginap semalam d sing, tp rata2 hotel dsana hr Deposit..), 20 jam 21.00 sy terbang pulang dr sing

    4. dr JB-Sing better sy pake bus apa ya? dr turun bis dekat g ke bugis?ada rekomendasi hotel budget di Sing?trims2 mba... hehehe maakan pertanyaanku buanyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, mbak..

      Bisa baca-baca pengalaman saya ke Malaysia di sini http://diarysivika.blogspot.com/2012/04/jalan-jalan-ke-malaysia_23.html

      Ini saran saya, semoga bisa memberi pencerahan ^^
      1. Paling enak menginap di daerah bukit bintang, daerah situ sangat hidup, banyak mal dari yang high class maupun yg murah untuk sekedar beli oleh-oleh. Favorit penginapan bisa menginap di Jalan Alor, yang satu area dengan bukit bintang. Kalo waktu terbatas di Malaysia, bisa naik hoop on hoop off..murah dan dapat mengjangkau semua tempat wisata di Malaysia.

      2. Bisa naik dari terminal puduraya, saya lupa untuk no busnya, sedangkan jika tanpa transit ke JB, dari terminap puduraya bisa naik bus Coach yang menghubungkan langsung KL ke Sin. Jika ingin naik kereta yang lebih nyaman bisa naik KTM dari KL Sentral turun di stasiun JB sentral, biayanya sekitar 39MYR.

      3. Kalo misal tidak ada tujuan ke Johor Bahru seperti ke legoland, ada baiknya menginap saja di Singapore, karena perjalanan bolak-balik JB ke Sin cukup melelahkan, antri bus dan macet. Banyak penginapan di daerah Bugis yang murah, dan juga bisa transfer pembayaran menggunakan rek BCA ataupun pembayaran tanpa kartu kredit.

      4. Bisa naik bus, dari terminal kotaraya JB bisa naik bus 170

      Delete
    2. mba vika trimakasih banyak yah... maafkan kmrn saya nanya nya panjang kaya gerbong kreta hihiihi... kalau tidak salah ada bis tour Malaysia yang free kan ya mba?

      Delete
    3. iya mbak bisa nyari gratisan naik GOKL free city bus service lumayan loh gratis dan bisa keliling malaysia hihihi cek linknya: http://www.wonderfulmalaysia.com/tips/gokl-free-city-bus-service.htm

      Delete
  11. Dear Mba,...
    Saya rencananya mau travelling sama keluarga ke Singapura dan Johor Baru (lego land), saya mau nanya nech mba :
    1. Bagaimana rute perjalananan kalau dari Singapura ( Bugis Street) ke Johor Baru (JB Central)
    2. Bisa minta tolong rekomendasi hotel bintang 2 di kawasan bugis street yg dekat MRT dan hotel di dekat Johor Bahru Central

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi...:)

      1. Dari Sin ke JB bisa naik bus CauseWaylink (SGD 2.50), Singapore Johore Ekspress (4 SGD), SMRT no 170, perbedaan dari bus ini hanyalah selisih waktu kedatangan ke tujuan, namun saya merekomendasikan bus CW karena lebih murah dan nyaman.

      Jika melanjutkan ke Legoland dari JB sentral bisa naik bus LM 1 di Platform 1, sekitar 4,5 ringgit.

      2. Hotel di dekat JB Sentral bisa pilih T-Hotel Johor Bahru (bukan tune hotel) atau Hotel Hanya satu, untuk hotelnya lokasinya cukup strategis dekat dengan penjual makanan dan murah antara 200-300 ribuan, namun fasilitas dan kebersihannya standart.

      Untuk di Singapore hotel bintang dua bisa pilih hotel 81 Bugis cukup strategis dekat dengan MRT dan bugis street.

      Delete
  12. Hi kakak cantik,, boleh tnya gaa..?? Rncananya tgl 17 besok aq mw k jb nah dr senai itu aq mw naik shuttle bus dr air asia.. Cm qlo kalo turun di jb sental ga lanjut ke singapore boleh ga..?? Soalnya aq mw nginep smalam di citrus hotel johor bahru,, trs aq mw tnya,, CIQ sma JB sentral itu jd satu kah ka..?? Jd qlo bsoknya aq mw ke singapore mesti cap dlu baru turun naek bus gitu.. Atau naik bus dlu baru cap imigrasi.. Mohon pencerahannya kaa.. Makasiih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tdk masalah :)... JB CIQ sama kok sama JB sentral Custom, immigration and quarantine complex (CIQ)

      Delete
  13. Mba vika mau tanya lagi..

    Saya nginep di oak valley hotel, taman tampoi indah johor bahru, dr situ ke jb sentral bs naik apa dan kira2 brp ongkosnya ya?

    Lalu saya ke sing pagi dan malamnya plg dr changi, apakah terap hrs menulis nama hotel tujuan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi^^ saya kurang tahu persis untuk transportasinya, sebaiknya kirim email ke pihak hotel untuk menyanyakan transportasinya, biasanya saya selalu dijawab dengan jelas oleh pihak hotel meskipun book melalui agoda atau booking.com.

      Delete
    2. Bisa ditulis fllight penerbangan dan menunjukkan print out booking ticket, kartu kedatangan semua harus diiisi dengan lengkap tidak boleh ada yg kosong biar tidak menimbulkan pertanyaan

      Delete
  14. Salam kenal mbak.saya rencana dari jkt pesawat ke spore lalu di spore mau menginap 1 malam dekat mrt kranji agar besoknya tinggal dari kranji cari bus ke johor bahru. Bisa infokan hotel yg dekat mrt kranji apa ya?
    Kemudian dari Johor mau ke Melaka mesti naik apa?
    Di melaka plg hanya muter2 di gereja merah dan sekitarnya hbs itu langsung Kuala lumpur, dari melaka ke KL caranya juga bgm mbak kl hotel sekitar bukit bintang/jl alor?
    Mohon perunjuknya. Teeima kasih. Lidya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal juga ^^

      Saya sih kurang menyarankan jika menginap di daerah sekitar Kranji, lebih baik menginap sekitar bugis saja karena gampang cari makanan, tempat shopping dan banyak hotel budget maupun hostel lalu paginya bisa naik bus di Queen Street Bus Terminal dari Bugis.

      Cara ke Johor dari Malaka bisa naik bus dari Larkin Terminal Johor Bahru, di terminal nanti banyak pilihan bus untuk eksekutif sekitar RM 20, jarak johor ke Malaka bisa ditempuh sekitar 3 jam.

      Untuk dari Malaka ke KL bisa naik bus juga naik dari terminal bus Malaka kemudian turun di pudu sentral terminal, terminal ini sangat dekat dengan bukit bintang atau jalan alor jadi bisa jalan kaki.

      THX ^^ semoga membantu

      Delete
  15. hi kak vika, saya dari SG mau ke Malay gmna ya caranya kak? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, winda :)...maksudnya mau ke malay mana? Apa KL, Malaka, penang atau johor bahru?

      Delete
  16. Malam mbak. Saya nanya dong
    Rencana 11 mei 2014 ini saya mau kw singapore via johor bahru dr bandara johor bahru
    Saya minta infonya dong mengenai bus dan terminal. Saya blm paham krn byk sgt bus2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai airasia ya?

      Kalo pakai airasia ada free shuttle (seperti artikel saya diatas), booking ticket free shuttle di : https://www.causewaylink.com.my/airport-airasia#/-1/ untuk jamnya bisa disesuaikan dengan jadwal shuttle. Info jadwal & book ticket juga bisa cek disini : http://www.airasia.com/my/en/latest-news/jhb-shuttle-bus.page

      Kalau ga naik airasia bisa juga kok naik free shuttle ini hanya saja jadi fee shuttle alias bayar hihihi, saran saya sih enak naik shuttle airasia ini daripada naik bus Causewaylink atau CW, karena CW ini biasanya mampir dulu ke terminal Larkin.

      Gak usah bingung mbak mudah banget kok dari senai ke singapore, perhatikan aja step-step sesuai artikl saya dijamin ga nyasar hihihi...nanti di singapore turun di MRT Kranji nanti bisa lanjut naik MRT ke MRT hotel terdekat. Met Travelling...






      Delete
    2. haii vika..
      inikan pengalaman pertama saya. jadi saya agak sedikit takut nyasar
      kalau naik free shuttle ini, itu langsung sampai ke singapore ya vik?? ke stasiun singapore ya?? apa nama stasiun di singapore ini vik??

      trus kalo uda sampai di stasiun singapore ini, kalo mau ke kotanya lihat patung singa kira2 jauh gk?? dan brp biayanya dan naik apa??

      aduhh maap bgt ni vik, aq banyak tanyanya....
      sebelumnya makasih ya vik.....

      Delete
    3. naik free shuttle ini setelah dari senai, penumpang turun ke imigrasi JB center (imigrasi malaysia), setela proses imigrasi dimalaysia selesai naik bus ini lagi kemudian turun di woodland (imigrasi singapore), habis proses imigrasi selesai bisa naik bus CW2 tujuan MRT KRANJI. (tiket free shuttle jgn sampai hilang, karena setiap naik bus menunjukkan tiket). Naik free shuttle ini tetap harus turun diimigrasi kedua negara malaysia dan singapore.

      MRT Kranji tuh daerah perbatasannya singapore (bisa dibayangin dengan melihat map MRT), ke kota setidaknya dibutuhkan waktu 1 jam-an lebih. Kalo mau ke patung merlion dari Kranji, bisa turun di MRT Raffles Place keluar di exit H nanti jalan lagi sekitar 5-10 menitan. Enaknya sih kalo dari MRT Kranji ke MRT Raffles Place jalurnya sama-sama merah jadi gak perlu interchange (ganti jalur).

      Senang kok sy bisa membantu hehehe ^^

      Delete
  17. Mba... kalau travel dgn anak kecil dan bawa koper agak besar... apakah dgn bus boleh? Brti masuk bagasi bus ya? Ketika di imigrasi hrs turunin semua apakah ada masalah kl kita bawa koper dan anak kecil tp mggunakan bus? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak, free shuttle ini penumpangnya sepi jadi bebas mau taruh koper didalam bus. Saya sih waktu itu juga bawa koper ukuran 20inc gak ditaruh bagasi, intinya mau dimasukkan bagasi bus atau dalam bus terserah kita.

      Di imigrasi penumpang harus turun dan barang bawaan harus di bawa semua, karena setelah proses imigrasi selesai kita naik bus lagi dengan bus yang berbeda tetapi tetap free dengan menunjukkan tiket bus free shuttle yang td kita naiki. Naik bus gak masalah kok, meski bawa koper dan anak kecil.

      Delete
  18. Mba Vika, aku mau nanya dong... Tgl 15-18 Juni ini aku ke Singapura pakai AirAsia.
    Apa bisa pakai free shuttle AirAsia ini, mba?
    Kalau misalnya aku ke JB tgl 16 Juni dari Sing gimana caranya, mba?
    Atau kalau aku ke Sing tgl 17 Juni dari JB gimana, mba?
    Soalnya aku masih bingung nentuin stay 2 malam dimana.
    Makasih ya, mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya free shuttle airasia dr sin ke jb? Gitu ya? Kalo dari sin gak ada free shuttle, adanya coach bayarnya SGD. 7. Info n book cek disini http://www.changiairport.com/getting-around/to-and-from-the-airport/coach-to-johor-bahru-malaysia

      Delete
  19. Mbak mau tanya, cara memesan bus sin ke kl itu bgmana ya. Sama cara pembayarannya. Apa harua pake kartu kredit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg model ekspres/coach biasanya memang harus book online menggunakan kartu kredit, Atau bisa langsung naik dari queen street terminal disana banyak bus tujuan ke KL, bisa langsung naik.

      Delete
  20. mbak, kalau saya mau naik bus kira2 jam 12an malam dari singapore dan sampai KL pagi gitu apa masih ada bus nya mbak. biar ngirit hotelnya dan ga makan waktu. trus kalo ga booking dulu apa bisa kebagian kursi mbak. takutnya kehabisan. saya mau ke sana kira 10 Agustus besok. :D makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saran saya sih enak naik kereta senandung sutera dari JB sentral, kereta ini ada tempat tidur dan tirainya jadi sangat nyaman harganya 64 ringgit jam 11 malam. Untuk ke ke JB sentral dri singapore bisa naik bus CW di terminal queen street bugis.

      Delete
  21. Itu berhentinya dimana mbak, trus beli tiketnya bagaimana. Bus cw itu apanya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berhenti di KL sentral, ticket bs di book di http://www.ktmb.com.my/index.php/24-intercity-and-ets-departure-time/44-sentral-kuala-lumpur-woodlands-ciq . Bus CW/causewaylink untuk tujuan singapore ke JB sentral/imigrasi.

      Delete
  22. dear mba vika
    mau nanya nih.. jadi saya landing di JB jam 17.15 setelah itu mau lanjut ke singapore nginap di daerah bugis.. rute bus nya gimana ya mbak?

    2. dari singapore saya mau ke KL... pengennya sih naek kereta senandung sutera dari JB.. itu rutenya gimana ya mba? step2nya kemana aja? makasiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai maaf baru bls :)

      Kalo naik airasia bisa naik shuttle busnya n bisa turun di MRT Kranji (baca post saya diatas :)... Lalu dari MRT Kranji turun di jurong east (line merah) kemudian pindah ke line hijau turun bugis station exit C (cek di gothere.sg)

      Kalo mau naik kereta senandung sutera naiknya di JB sentral, dari Singapore bisa naik MRT turun Kranji kemudian naik bus Causewaylink 1 (CW1) turun di JB sentral setelah dari Woodland.

      Delete
  23. hi mbak vika :)

    sy ada rncn ke kl dari singapura via johor bahru dgn air asia tgl 01 mar 2015 pukul 12.50, dan saya tlh book free shuttle air asia dr mrt kranji ke senai airport, tp setelah sy menerima tiketnya tidak terdapat jdwl keberangkatan, kira2 agar tdk telat jam brp ya pling telat brgkt dr mrt kranji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus CW dari Kranji ada setiap 15-20 menit, jadi di print book ticket tidak tertulis. Sedangkan jadwal sky bus airasia dari JB custom bisa cek di http://www.airasia.com/my/en/latest-news/jhb-shuttle-bus.page

      Amannya start jam 8 dari Kranji, karena CIQ johorbahru tidak bisa diprediksi. Lalu check inn counter airasia selalu antri di Johor Bahru.

      Delete
  24. terima kasih mbakkk...
    mw nanya lg ni mbak (maaf klu bnyk tanya hehe soalnya sy travel dgn baby takutnya nti bingung dan kewalahan dsna)
    nti d setiap pemberhentian di imigrasi baik yg d singapore atw malaysai u stempel pasport hrs naik bus yg sama atw bs dgn bus yg berbeda? dan dr jb custom naik sky bus air asia ya bkn bus cw lg? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi gpp say seneng kok sy bs share pengalaman. Dari kranji ke custom itu naik bus cw kuning, trus dari custom ke airport naik shuttle bus. Busnya berbeda, jadi kalo turun semua barang harus dibawa. Bus cw ini juga sudah bekerjasama dengan airasia biayanya gratis dengan menunjukkan print book. Nanti ada kok petunjuk menuju halte bus jadi nggak akan kebingungan.

      Delete
  25. Non vika..
    Saat brd di johor bahru mo ke sngpore mrt terdekat yg recomended itu mana mrt kranji ato mrt woodlands?bila kita mau pergi ke mrt raffles place..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo naik sky shuttle airasia turunnya di mrt kranji n quenstreet terminal saja, tidak turun mrt woodland. Klo naik sky shuttle bus minta turun di mrt kranji saja. Coba googling www.gothere.sg disitu kita bisa bandingkan jarak n rute transport.

      Delete
    2. Saya bkn pemilik ticket shuttle Airasia, rute saya terengganu-johor- MRT Kranji(rcomd)- MRT Raffles Place, nah yg saya txkan adalah bus dari johor bahru (Larkin) ke Mrt Kranji naik bus type apa..trus sekembalinya dr sngpore rute mrt kranji-larkin-TBS(KL) juga naik type apa?tenkyu..

      Delete
    3. Sy menyarankan naik bus CW 1, nanti bus ini turun pas di kranji mrt jadi kita ngga perlu jalan jauh. Jgn salah naik CW2 karena turunnya di queen street terminal karena jarak antar terminal mrt bugis lumayan n jgn naik bus SBS 170 karena bus ini sangat lama berhenti disetiap stop bus. Nah, nanti dari kranji mrt turun di jurong east untuk pindah ke jalur hijau menuju raffles mrt. Pulangnya sama juga rutenya seperti berangkatnya, naik CW 1 naik dari Kranji MRT

      Delete
    4. Saya melihat di map utk rute dari mrt kranji sdh msk jalur merah mbak, bukankah jalur itu bisa langsung ke mrt raffles place tanpa hrs pindah ke jalur hijau di jurong east..mengapa?apa jarak tempuhnya lebih jauh?boleh tau juga jarak tempuh diantara keduanya?buat alternatif sahaja...trims again.

      Delete
    5. Eh iya ntar lebih ribet kalo pindah jalur, langsung aja bisa kranji mrt ke raffles, dari rute yg sy tulis awal cuma selisih 15 menit aja.

      Delete
    6. Ok.terima kasih atas attensi & petunjuknya..sip.

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
  26. Salam kenal dek vika, mau nanya, kalau dari jb sentral mau ke singapura, trus penginapan di daerah upper paya lebar katanya bisa turun di mrt bartley bs jg di mrt tai seng, baiknya turun di terminal quenn street atau kranji ya dek, tlg kasih info rute mrtnya yg cocok ya dek, biar gk nyasar .
    Trus kalau naik mrt itu pintu keluarnya apa beda2 ya dek, mhn penjelasannya ya dek vika, maklum br sekali ini mau kesingapura.pokoknya buta banget ni.

    Kalau pindah jalur beda warna linenya apa bayar dek?, mohon dibalas ya dek. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu umi mohon maaf saya baru balas.

      Kalo baru pertama kali ke Singapore saya sarankan lewat MRT kranji saja kalo turun di quen street takutnya nanti anda bingung jalan kaki dari terminal tersebut menuju Bugis MRT (akses mrt terdekat dari queen street)

      Setahu saya upper paya lebar road lebih dekat di akses dari serangon MRT nanti trus ke upper paya lebar road jalan sekitar 500 meteran. Penginapannya namanya apa ya ibu, mungkin saya bisa bantu rutenya?

      mrt itu bayarnya kalo keluar dari stationnya. Jadi ketika masuk gate MRt kita ngetap kartu, kartu tersebut belum dipotong saldo. Kartu hanya menandai kita masuk dari station apa. Sedangkan jarak jauh dan ganti line itu biayanya ditentukan ketika ngetap digate keluar.

      exit station MRT itu ada banyak A s.d F, setiap exit tersebut akan beda2 alamatnya. Makanya kalo kita turun MRT selalu ada petunjuk exit dan nama jalannya.

      Semoga membantu ya :)

      Delete
    2. Dek vika, rencana penginapannya ganti, jadinya di clifden hostel (buffallo road/upper dikcson road) daeral little india,tolong kasih petunjuk transportasi dari jb sentral ker penginapan ya dek. Terus STP itu pemakaiannya tidak terbatas ya dek, boleh naik apa aj, tanpa perlu isi ulang ?
      Lebih irit mana dengan ez link ?
      Trus beli kartunya ada di daerah woodlans chek point ?
      Trima kasih untuk infonya, sukses trus blognya dek vika

      Delete
    3. Upper dickson road bisa diakses dari MRT Little India exit E. Untuk detail ke hostelnya sebaiknya langsung email ke hostel, karena dari exit MRT sepertinya harus jalan beberapa meter lagi.

      Untuk alat tranportasi dan alat pembayaran di Singapore bisa dilihat di artikel saya label Singapore.

      Delete
    4. Terima kasih infonya dek, blognya mermbantu banget.☺

      Delete
  27. Hallo mba.. Mau tanya ni.. Bisa kah saya tolong dibuatin rute dr sgp ke jb sentral. Sy d sgp tinggal di chinatown d jb sy di T-hotel. Makasih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya mba.. Kalo bisa lewat bus station aja ya mgkn lebih mudah.. Makasih.

      Delete
    2. Oya mba.. Kalo bisa lewat bus station aja ya mgkn lebih mudah.. Makasih.

      Delete
    3. Kalo naik bus ke JB bisa dari Queen Street Terminal naik CW2.

      Atau baca panduan label Singapore ya.. Untuk naik MRT dan bus di Singapore

      Delete
  28. Hai mba vika, salam kenal sebelumnya, sy akan ke jb mengunakan cw2 dari queen street tgl 2 sept, perjalanan memakan waktu brp lama ya mba?
    Jika sy menggunakan air asia di tgl 3 sept bisa dapat free shutle bus ga? Jk tidak bisa dr jb sentral naik bus apa ya mba ke senai? Saya flight jam 11:40 dr senai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari queen street ke Jb sentral sekitar 40 menitan, cm yg lama sewaktu di imigrasi jb sentral. Biasanya antriannya sangat panjang, apalagi kalo weekend.

      Seperti yg sudah sy tulis diatas, free shuttle sudah ngga ada. Untuk ke jb sentral ke senai dan sebaliknya naik CWA biayanya 8 ringgit.

      Delete
  29. Hai Dek Vika, Sorry mau nanya nih ...kira2 kalau saya menginap di Tune hotel dang bay di johor bharu kalau saya mau ke singapore lebih baik naik apa ya...trs mesti pesan tiket dari mana yaa...saya baru pertama kali nih kesana..jadi belm tahu rutenya ..mohon informasinya dan terima kasih yaa sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau ke Singapore, dari tune hotel bisa naik bus atau shuttle bus ke JB Sentral. Setelah imigrasi di JB Sentral perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik bus CW 1. Pembelian ticket on the spot langsung ke sopir bus :D

      Delete
  30. haloo say..
    Boleh saya tanya pencerahannya kalo saya ada renc ke surabaya johor baru tgl 19-22oktober 2016 cuma sy renc mau ke singapore jg..
    Planningnya ke singapore nya mau nginep di bugis..
    Kalo di johor renc maau main ke lego land sm anak2..
    Oya kalo aku kmrn mikirnya tgl 19 okt nyampe di johor sekitar jam 9 pagi renc mau langsung ke singapur dl nginep 1mlm di bugis trs tgl 20 baru balik ke johor buat eksplore lego land dan kitty land..

    Please bisa bantu kasih rincian planning nya dan naik apa aja dr airport JB ke singapore nya..

    Thx u ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi..

      untuk transportasi JB - Sin bisa dilihat di artikel saya di "overseas travel" dengan label Johor Bahru. Di artikel tersebut ada panduan transportasi lengkap ^^

      Delete