Wisata Hemat di Singapore

Karena jarak yang dekat, tiket pesawat yang murah dan mudahnya sarana transportasi, orang Indonesia banyak yang berwisata ke Singapore.

Hampir di setiap sudut Singapore saya selalu berpapasan dengan orang Indonesia, untuk menebak orang Indonesia itu mudah selain dari wajah, juga dari barang belanja yang dibawa bisa berkantong-kantong dari tangan kiri dan kanan semua menenteng oleh-oleh, karna prinsip orang Indonesia jalan-jalan harus bawa oleh-oleh buat orang dirumah, saudara, tetangga, teman kantor (syirik gak bisa beli oleh sebanyak itu)

Doyan wisata ke Singapore ini mengakibatkan kurs Singapore Dolar (SGD) perlahan tapi pasti merakak naik, saat ini (8/4/13) kurs IDR 7.980. Selain itu biaya hidup yang tinggi seperti makan, penginapan serta masuk tempat wisata di Singapore serba mahal jadi harus pintar menyusun hidup hemat ketika wisata disana.

Pesawat
Harga promo biasanya belum termasuk bagasi, pesan sesuai kebutuhan untuk 15 kilo 105k atau 20 kilo dikenakan 120k atau kalo mau lebih hemat memanfaatkan cabin gratis maksimal berat 7 kilo.

Sebelum berangkat ke bandara sebaiknya makan dulu dirumah, jadi perjalanan tiga jam tidak perlu beli makanan di pesawat yang rata-rata seharga 60k plus minum, kalo memang ga tahan lapar booking lewat internet ada diskon 30%.

Hotel atau hostel
Pesan hostel atau hotel memang tergantung selera, jika bersama dengan keluarga membawa anak sebaiknya memang harus di hotel karna lebih nyaman. Pilih hotel jaringan Fragrance atau jaringan 81 yang murah.

Kalo saya sih sukanya menginap di hostel, seringnya milih yang private lebih mahal dikit dari dorm tapi lebih nyaman, saya risih kalo harus tidur bareng-bareng sekamar dengan cowok atau cewek jadi satu. Perbandingan harga kamar memang lumayan jauh, untuk private double SGD 60 sedangkan dorm SGD 24.

 photo b45b514a-5509-4712-9679-63f2407c92b2.jpg

(hostel yang bersih dan nyaman)


Pilih hostel yang dekat dengan MRT atau halte bus jadi ga tekor di transportasi, lokasi favorit orang Indonesia hostel di daerah bugis ABC hostel atau hostel di daerah little india salah satunya di Mitraa Inn

Makan
Biaya untuk makan di Singapore rata-rata SGD 7 dan minum 3 SGD. Biar hemat sarapan pagi sebanyak-banyaknya di hostel seperti roti dan telur agak dibanyakin biar kenyang, karna menu sarapan di hostel roti, cereal, telur, buah tanpa nasi.

 photo 933ed2f1-9ca4-4d39-b470-998e0d4868c8.jpg

( Ruang Makan di Hostel )


Makan siang sempatkan berwisata kuliner dengan catatan minumnya membawa air minum sendiri, makan malam pop mie. Kalo sehari kita makan tiga kali beli di luar bisa bangkrut, karna rata-rata makan 60k kalo tiga kali makan bisa 180k.

Jangan lupa isi air mineral di botol dari hostel sebelum berangkat jalan-jalan, karna harga minum disana SGD 3, atau bawa botol kosong lalu isi di water dispenser di sudut-sudut jalan. Air mentah di Singapore ini aman diminum meski tanpa dimasak terlebih dahulu, di hostel aja saya biasa ngeliat petugas hostel mengambil air di kran kamar mandi.

Bawa bekal snack untuk camilan dari Indonesia sebanyak-banyaknya, contoh kecil aja snack Lays di Indonesia 6k udah dapat yang gede kalo disana harganya sekitar SGD 8 s.d SGD 10 glekkk mahalnya.

Alat Transportasi
Kemana-mana sebaiknya naik MRT atau bus lebih murah, kalo gak nyasar sebaiknya jangan pernah naik taxi karna mahal. Alternatif naik taxi selalu saya jadikan pilihan terakhir karna nyasar hehehe

Beli Singapore Tourist Past 3 Day SGD 20 dan sewa kartu SGD 10. Sewa kartu akan dikembalikan kalo kartu dikembalikan sebelum 5 hari. Untuk pembelian bisa di counter MRT cek disini

MRT dan bus di Singapore semua bersih dan rute-nya jelas jadi jangan takut nyasar, untuk rute transportasi Singapore lihat disini

Tempat Wisata
Pesan tiket di online jatuhnya lebih murah, jadi sebelum berangkat buat itinerary kemudian pesan tiket masuk tempat wisata jauh-jauh hari. Saya ambil contoh seperti tiket online Universal Studio Singapore booking online seharga SGD 74, kalo datang langsung resikonya tiket habis, harga tiket lebih mahal dan antriannya panjang banget. Info tentang Universal Studio Singapore

Di Singapore tempat wisata selalu ada yang baru setiap tahunnya, jadi eksplor tempat jangan selalu tempat yang sama, jangan setiap ke Singapore tahunya cuman Universal Studio. Bikin itinerary yang berbeda bisa cek disini

Shopping
Beli oleh-oleh yang murah di daerah Bugis Street, cari perlengkapan rumah di IKEA, kalo cari baju branded tentunya di Orchard Road

Okay, selamat berwisata.

You Might Also Like

0 komentar