Wisata Kuliner Bangkok : Pad Thai

Pad Thai salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika di Bangkok, kuliner ini terdiri dari mie kuning, bihun, taoge, irisan wortel dan orak-arik telur, untuk tambahan lauknya bisa polos, seafood atau ayam.

Ketika di Bangkok saya mencoba pad thai di daerah Khaosan Road, saya kurang tahu mana yang paling enak karena banyak sekali penjual pad thai disini. Saya mencoba memesan di seorang bapak yang fasih english jadi tidak perlu tunjuk seperti tarzan biasanya mayoritas orang thai tidak bisa english, pesanan saya pad thai seafood seharga 50 bath kalo dikurskan sekitar 15k.

(Salah satu penjual pad thai di Khaosan Road)


Pad Thai ini memasaknya cepat banget bahannya yang terdiri dari mie, bihun dan taoge dicampur kemudian diorak-arik lalu ditambahkan sayur dan pilihan lauknya, hanya lima menit kemudian pad thai saya siap. Meski pilihan penjualnya saya asal pilih, pad thai saya rasanya tidak mengecewakan. Saya juga sempat menanyakan apakah “no pork” katanya “yes” jadi makanan yang saya pilih ini halal. Yang penasaran sama rasa pad thai ini mirip dengan kwetiau namun lebih banyak pilihan lauknya.


 photo 8ee133eb-d808-45ae-8a1d-52c93865f6c9.jpg
(Pad Thai pesanan saya)


Kalau mencoba pad thai di kawasan khaosan road cara makannya dengan berdiri di pinggir jalan karena kursi dan meja memang tidak disediakan. Pad thai disajikan menggunakan piring streofoam dan sendok maupun garpu plastik, jadi ketika saya selesai makan bisa di buang di kantong plastik di gerobak yang disediakan penjual.


(Makan Pad Thai di Khaosan Road)

Karena ketagihan sama pad thai malam harinya saya mencoba pad thai di Sukumvit Soi 38, di daerah ini banyak sekali penjual makanan dan minuman pinggir jalan khas Thailand. Cara kesini dengan naik BTS kemudian turun di Stasiun Thong lo, kedai pad thai ini terletak disebelah kanan paling ujung jalan dengan kedai yang menjorok didalam.


(Kedai Pad Thai di Sukhumvit Soi 38)


Bagaimana rasa pad thainya? Tentu saja enak karena chefnya memenangkan kompetisi kejuaraan memasak pad thai se-Thailand. Pad Thai disini porsinya lebih jumbo dengan mie yang lebih kenyal dan taoge yang lebih besar dan untuk pilihan seafoodnya udang maupun cuminya lebih besar. Selain itu kebersihannya tentu lebih terjamin karena gerobaknya tertutup dan mie maupun bahan lainnya ditutup dengan plastik beda sekali dengan di Khaosan Road yang dipinggir jalan dan mie serta bahan lainnya yang dibiarkan terbuka di pinggir jalan. Namun dengan porsi jumbo dan kebersihan yang lebih terjamin harganya pun berbeda dengan di kawasan Khaosan Road, satu porsi disini harganya 90bath atau sekitar 30k. Kuliner ini ”must try” ketika di Bangkok jadi sayang banget kalau melewatkannya.


 photo a168c667-82ca-440e-ac35-e0142157cb14.jpg
(Pad Thai di Sukhumvit Soi 38)


 photo e5c98804-2b53-42b2-af85-7dfe2d3e8942.jpg

You Might Also Like

0 komentar