Cara Mengubah Nama Reservasi Tiket Pesawat

Saya pernah melakukan kesalahan saat menuliskan nama saya di reservasi di tiket pesawat Air Asia dan Jet Star, nama saya yang terdiri dari tiga kata tertera di tiket hanya dua kata saja. Saya ambil contoh nama saya Laudya Chintya Bella yang tercetak hanya Laudya Bella saja nama tengah saya hilang. Tahu donk kalau nama tidak cocok antara tiket dengan paspor atau KTP nantinya akan menjadi masalah di imigrasi atau bandara, saya kemudian menghubungi call centre di Maskapai bersangkutan.

Untuk menambahkan nama ternyata tidak seribet yang saya bayangkan, tentunya mengubah nama tidak bisa kita lakukan sendiri di website karena untuk nama sudah di blok tidak bisa dihapus, yang kita lakukan menghubungi maskapai melalui email, berikut pengalaman saya:

Air Asia
Buka website airasia, klik e-form lokasinya ada di pojok kanan sebelahnya logo facebook, kemudian isi e-form dengan lengkap dan upload paspor atau ktp. Didalam e-form tertulis akan direspon dalam lima hari kerja, namun dalam 1x24 jam pengaduan kita akan segera direspon. Tiket baru dengan reservasi yang benar akan dikirimkan melalui email kita.

(E-Form Air Asia)


Note:
Call centre tidak bisa membantu perubahan nama, jadi cukup melalui e-form. Call Centre +62 21 2927 0999

Jetstar
Hal serupa juga terjadi pada saat saya reservasi di Jet Star nama saya kurang satu kata, saya kemudian menghubungi Call Center Jet Star di 62 21 2555 6333, setelah itu mengirimkan copy paspor dengan keterangan kode booking melalui email di documents.htt@gmail.com. Dalam 1x24 jam tiket baru saya dikirim melalui email.

Untuk maskapai lainnya mungkin ada yang bisa menambahkan.

You Might Also Like

241 komentar

  1. kategori dan jenis nya pilih yang mna ya???
    trus klo misalnya aq bli tiket untuk 4 orang dan semua middle name nya g da..
    trus klo mau rubah 1 x isi form tapi attach scan passport untuk 4 org ato 4 x isi formnya(jadi 1 nama 1 kali isi form)???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Kategori kasus ; Permintaan pelanggan, jenis: layanan pelanggan

      Kalo punya middle name sebaiknya ditulis saja, isi tiket sesuai nama kita di paspor biar ngelewatin imigrasi gak was-was.

      Dalam satu form hanya bisa melampirkan 3 paspor, jadi kalo 4 paspor yang 1 paspor isi form lagi.

      Delete
    2. Salam kenal mbk vi.. nama sy yumna. Mau nanya nih mbk,,, nama pasport suami saya halaman depan sudah sesuai ktp yaitu sony saja. Tapi nama dilemar pasport berikutnya kita bikin sony laksmana sumitro(karena untuk umroh). Nah,,, yg ingin sy tanya ni mbk... kalo kita pesen tiket penerbangan internasional itu kita ngisinya nama yg mana ya mbk? sekalian biar aman nant diimigrasinya mbk.. terimakasih atas waktunya mbk...

      Delete
    3. Memang penambahan nama di paspor penempatannya disetiap imigrasi itu berbeda-beda. Seperti suami saya yang tambah nama, nama baru tersebut dilekatkan di halaman pertama yang hologram. Adek saya tambah nama diletakkan di halaman terakhir.

      Kalo mau pesan tiket penerbangan yang gak mengharuskan tiga nama, sebaiknya gunakan nama yan ada di hal pertama hologram itu. namun jika kurang yakin sebaiknya tanyakan ke customer service maskapai, biar makin aman :)

      Delete
  2. nama saya 3 suku kata contoh Ana Ani Inu. Tp kan form nya hanya first name and family name..nah dipasport saya first name : Ana Ani , fam name : Inu tp ditiket first nama : Ana Fam name; ani Inu. Masalah gak yach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah sih yang penting ejaannya bener semua

      Delete
  3. kalau nama di pasport cuman ada 1 nama misalnya (kita)... tp pas beli di nama family nya di tulis (sani)... jadi pas beli di tulis (kita sani).. boleh g itu?? soalnya sudah terlanjut tulis gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak boleh, mending dirubah aja nanti diimigrasi ditolak. Nama harus sesuai persis dengan di pasport...gak boleh ditambahin nama lagi dan ejaan harus sama.

      Kalo nama di pasport hanya first name (contoh:kita) tanpa lastname, maka di last name ditulis lagi (kita) jadinya (kita kita).

      Delete
    2. Saya mau nanya dong nama saya di paspor hanya tunggal misalkan Meriyanti , tidak ad spasi or nama belakang . Kalau kita keluar negri di permasalahkan atau tidak. Mohon bantuan yg tau .. Thanks :)

      Delete
  4. salam kenal nayra :) inikan saya bookingkan tiket pesawat internasional promo dari maskapai air asia buat sodara, nama lengkapnya adalah Dwi Wahyu Kresna, tp saya hanya menulis Wahyu Kresna (kurang satu suku kata/nama depan Dwi), kira2 bisa dirubah ngga ya dengan mengisi e-form?karena berangkatnya masi tahun depan jadinya skrg belum punya paspor, trus gimana ya?
    thanks atas solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja asalkan status tiket belum check inn, bisa dirubah kok melalui e-form :)

      Dilampiran e-form diminta untuk mengirimkan scan paspor untuk penerbangan internasional jadi nunggu paspor jadi aja gpp, biar tenang jangan terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan ya...

      THX, semoga membantu

      Delete
    2. waduh untung deh kalo gitu, sempat ketakutan aku kira hangus tiketnya :(. Thanks ya nayra infonya sangat membantu :D

      Delete
    3. he..he..he... emang bikin deg-degan ^_^

      Thanks

      Delete
    4. Hallo Vi Nayra, aku mau nanya. Itu setelah isi E-Form, balesannya via email bukan? dan air asia langsung kirim itinerary baru atau gimana? eheheh. nama ku Rika Maya Sebastian, tapi di tiket cuma Rika Maya. Penerbangan domestik sihh, tp tetep was-was hehe. thankyouuuu

      Delete
    5. hi...

      Iya ntar dikirim itenerary baru melalui email. Lebih amannya emang nama lengkap biar gak was-was :D

      Delete
  5. kalau nama saya di pasport ex : qwerty gun, dan kalau di ktp , ex: a. qwerty gun. jadi kalau mau pesen tiket domestik harus nulis yg mana yg di pasport atau ktp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Domestik sesuaikan dengan ktp, internasional sesuaikan paspor ^_^

      Delete
  6. saya ada melakukan peruban jadwal terbang, trus saya edit/change penerbangan via web. nah pas sudah proses, ternyata nama email saya yang tercantum, yaitu bahri, aisyiah. padahal nama saya aisyiah saja. apakah nanti nya akan bermasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama harus sama persis dengan id, jd kalo gak sama ntar pasti masalah. Mending dirubah aja mbak^_^

      Delete
  7. waahh kasusnya sama persis,,, rencana september 2014 ini mau ke spore sekeluarga, saya sdh booking tiket ternyata nama adik saya (12thn) di tiket kelebihan, seharusnya nama di akta Razan gibral sedangkan di tiket memakai tubagus razan gibral. bingung mau ganti nama kata Call center AA tidak bisa mngurangi nama, mau buat buat paspor harus ganti akta/KK adik saya dong.... ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tahu kok bisa ada kesalahan nama penyebutan Tubagus? apa nama tubagus dari nama ayah ?atau hanya salah ketik human error...

      Delete
    2. human error( salah persepsi), kirain saya secara saya sama sdr2 perempuan pake ratu terus adik saya pakai tubagus, trnyta stelah di konfirmasi adik saya tidak jdi memakai tubagus..telp. ke AA ada yg bilang bisa,, ada yang bilang tidak bisa,,,ada solusi??

      Delete
    3. setahu saya sih bisa, memang call centre tidak bisa membantu kita untuk koreksi tiket karena perubahan nama hanya melalui e-form. Solusinya sebaiknya buat paspor terlebih dahulu kemudian scan paspor kirim melalui e-form.

      Delete
  8. Mba vi, untuk penulisan di e formnya, dibagian saran itu harus diisi bahasa inggris / indonesia...

    ReplyDelete
  9. Untuk di bagian kategori kasus dan jenis itu dipilih apa mba? Klo cuma utk sekedar revisi nama aja, coz saya dlm pengisian nama ada yang salah. Kira2 lama ga ya di email dari pihak air asianya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kat: permintaan pelanggan, jenis: layanan pelanggan. Max 3 hari, tapi saya 1x24 jam sdh dikirim email.

      Delete
  10. Mba vi, mau tanya dong
    Saya melakukan penambahan nama di passport untuk keperluan ibadah ke tanah suci, dimana namanya harus terdiri dari 3 kata. Maka dari itu saya menambahkan nama Ayah saya untuk nama baru.

    Maret nanti saya perdana akan jalan ke SIN dengan paspor yang sudah bertambah namanya itu. Fyi/ halaman depan yang ada fotonya masih nama lama, keterangan penambahan nama dari imigrasi ditulis tangan di halaman 5.
    Saya sudah terlanjur beli tiket dengan nama yang sudah ditambahkan. Bermasalah ngga ya nantinya dr jkt-sin atau sin-jkt nya?

    Apakah saya harus revisi nama di tiket sesuai dengan nama yang tercantum di lembar pertama (yg ada fotonya), ataukah ngga apa2 kalau tiket saya memakai nama yang sudah ditambahkan itu?

    Siapa tau Mba vi tau, makasih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmmmh, menurut saya sesuaikan dengan hal 1 saja daripada nanti mbak ribet jelasin panjang lebar di imigrasi Singapore.

      Adik dan teman saya juga pernah tambah nama di paspor diimigrasi Surabaya, hanya saja penambahan nama diletakkan di foto hal 1 bukan di lampiran, mungkin setiap imigrasi berbeda.

      Delete
  11. Hi vi, saya dah ajuin untuk revisi tiket airasia melalui e-form pada tanggal 6 januari 2014 dan keberangkatan saya tgl 30 januari 2014. tapi sampai sekarang saya blm juga dapet revisian tiket saya. Trus telp ke call center katany klimaks di saran nya kurang lengkap, padahal menurut saya sih itu dah cukup jelas, skrng saya di suruh ajuin ulang lgi lwt e-form. Waktu Vi ajuin melalui e-form mank penulisan klimaks ny bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kirim scan paspornya? Saya waktu itu setelah kirim scan paspor, dibagian saran dan masukan, hanya menulis : permintaan koreksi tiket sesuai dengan paspor dan bsknya dikirim itenerary baru.

      Delete
  12. Hallo mba vi nayra...

    Nama ktp : aaa bbb ccc ddd eee
    Nama paspor : ddd eee

    Waktu pesan tiket oleh teman saya : aaa bbb ddd eee
    Sy sudah ajukan eform tgl 22 januari. Sampai skrg blm di konfimasi.
    Sy juga sudah scan paspor. Gmn dong mbaa, saya takut bermasalah di imigrasi..
    2 tahun lalu sy juga bermasalah nama, tapi penggantiannya mudah cuma nelp ke call centre aa dan saat itu nama tiket dengan paspor langsung sama.

    hiiikkss sy nunggu email terus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba mbak tunggu sampe 3 hari dulu karena max 5 hari. Jika sampe bsk belum ada kabar mending ke kantor penjualan airasia biar gak deg-degan nungguin karena jadwal keberangkatannya mepet banget. Dulu memang airasia sekedar koreksi nama memang mudah banget, kalo sekarang manajemennya sudah berubah lebih ribet untuk koreksi nama sesuai paspor.

      Delete
    2. haloo mbak vi nayra masalah sy sudah beres dalam 1 jam saja.. hehe
      Karena mendesak sy hub ke Live Chat.. Dsana sy ditanya untk nomor case eform yg saya kirim.. Setalah pnjg lebar menjelaskan.. Sy dsuru secara berkala cek email.
      Ternyata lg 1jam email konfirmasi perubahan sudah masuk. Dan iterinary yg baru juga di kirim ke email pembooking.. Akhirnya nama sy berubah. Dan utk tmn2 semua yg mendesak lgsg saja hub live Chat.. Terima kasih

      Delete
    3. Hihihi.... Saya ikut lega :) Buat yg lain bisa coba live chat, lebih cepat.

      Delete
  13. Salam kenal mbak Vi

    Mau tanya nih, bbrp bulan lalu karena tergoda tiket Airasia promo saya booking utk anak saya yg belum pny pasport sblmnya. Maka nama yg saya masukkan adalah sesuai dengan akta lahir. Nah setelah saya urus paspor anak saya yg kebetulan punya gelar yg disingkat (Rr) di akta, ternyata di pasport gelar tersebut tdk ditulis. Bisa ga ya kalo ngilangin gelar di tiket tsb jadi sesuai dgn pasportnya?
    Contoh : di tiket Rr. ABCD diubah menjadi ABCD aja.
    Mohon pencerahan. Tks

    ReplyDelete
  14. Malam kakak nayra , saya menuliskan nama renaldi verdian , tetapi pada paspor dan ktp tertulis renaldi verdian widjaja , apa kah saya bisa jadi otoritas bandara ? Karna saya sudah kirim eform , tidak ada respon dari pihak airasia , tujuan penerbangan saya yaitu ke singapura, thanks kaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama depan n belakang harus sesuai dengan paspor, untuk respon cepat bisa coba live chat yah ^^

      Delete
  15. salam kenal mba Vi,, kalo penulisan nama gak masalah,, trus kalo alamat di etiket sama alamat di pasport beda jadi masalah gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bila check inn hendaknya sesuaikan dengan paspor seperti full name, date of expiry paspor dan no paspor. Untuk alamat biasanya tidak diminta, hanya untuk melengkapi sewaktu pembelian di imigrasi tidak ditanyakan.

      Delete
  16. Dear Mbak Vi,

    mau nanya lg nih ^^
    buktinya apa ya kalo kita sdh melakukan perubahan pesanan, krn td waktu selesai melakukan perubahan kok halaman kembali seperti awal. Selain itu, waktu melampirkan scan paspor tnyta pnyku formatnya JPEG pdhl yg di minta tdk ada yg sesuai dengan formatku, kalo terjadi spt ini harus di ulang lg atau ditunggu aja ya.. #H2C
    Makasih mbak... ditunggu replynya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sih agak lupa setelah pengiriman ada tulisan message succesfull atau enggaknya, ditunggu sampai 1X24 jam aja biasanya respon dikirim lewat email gak sampai 5 hari kerja. Kalo memang keburu banget bisa coba live chat untuk respon cepat.

      ^^ semoga segera tertangani yah...

      Delete
  17. Halo mba vi,
    saya mau tanya dunks.. saya penerbangan lokal (Jakarta - Bali) Namanya sesuai KTP misal : KORRI ROSMERI SIAHAAN, namun saya daftar di airasia di tiket : CORRY SIAHAAN.

    saya sudah kirim meelalui e-form, namun balasannya dari mereka belum ada, sementara ini sudah 5 hari. oia tiket yang saya beli, tiket promo. Itu bagaimana ya mba? tinggal 2 hari lagi mereka harus berangkat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah juga tiket promo nama tengah saya tidak tercantum namun di counter airasia lolos dan aman-aman saja, intinya sih domestik tidak seketat internasional asalkan nama gak berbeda jauh dengan ktp.

      Delete
  18. Halo salam kenal mbk Vi,
    Saya kemarin booking tiket promo Air Asia untuk keberangkatan bulan Nopember ke singapore, nama saya Mohammad shofi Hidayat. Nah saat booking saya tulis
    first name : Mohammad
    Last name : Shofi Hidayat
    sedangkan yg seharusnya itu
    first name : Mohammad Shofi
    Last name : Hidayat
    kira2 nanti bermasalah ga mbk saat di imigrasinya ???
    mohon bantuannya mbk, makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bener penulisannya memang gitu first: satu kata nama depan, last name: kata setelah nama pertama, jadi tdk masalah di imigrasi. ^^salama kenal juga

      Delete
  19. Hi mba vi,
    waktu ada promo air asia saya booking tiket tujuan denpasar-singapore september 2014, first name dan last name saya buat full name (nama sudah sesuai dengan paspor) jadi nama saya ada dua, apakah akan bermasalah saat di imigrasi? saya sudah mengirim e-form sejak sebulan lalu sampai saat ini belum ada balasan.
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tidak masalah, asalkan ejaan kata sudah benar pihak imigrasi tidak mempermasalahkan.

      Delete
  20. Salam Kenal mb vi..

    Saya Ratna, waktu beli tiket jetstar via web umum saya ada kesalahan spasi di nama kedua nya jadi misal HERU MAHARDIKA saya ketiknya HERU MAHAR DIKA
    Saya udah menghubungi call centre Jetstar tapi belum di e-mail lagi tiket yg baru, ini misalnya sampai tanggal terbang e-mail tiket belum diterima kira2 nanti pas check in nama yg salah tadi sudah berubah belum ya?

    Thanks for your suggest ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, mbak ratna salam kenal juga :)

      Jika Jetstar batas max 3x24 jam untuk pengiriman emailnya, jika belum ada email dari piah jetstar maka nama ditiket belum berubah. Coba dihub lagi pihak jetstar jika sudah lebih dari 3 hari.

      THX ^^

      Delete
  21. Salam kenal mba vi..maaf klo oot..aku mau nanya..pasporku nama hanya 1 kata.utk ke singapur bermasalah ga ya di imigrasi ? Apakah aku harus rubah jd 3 kata ? Trims ya.. :) - nur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...salam kenal :)

      gak masalah mbak :), nama 3 suku kata hanya untuk negara islam seperti ke makkah atau mesir. Kalau sekedar ke SIngapore atau negara asia lainnya gpp. Untuk booking tiket first name dan last name bisa ditulis namanya ulang, seperti first name: nur, last name: nur

      Delete
  22. Mbak vika, salam kenal.. saya udah pesen. Meilisa Ludia Kwanandar, firstname : Meilisa Ludia, Lastname : Kwanandar. apakah bermasalah ? trus klo saya mau ganti yang punya saya sendiri (ditambahin middle name) beneran bisa lewat e - form ya mbak ? Thx :) (krn baru prtma kali book sndiri naik air asia)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bener kok, gak perlu dirubah gak masalah :)

      Delete
  23. Halo mbak Vika mau nanya nih... Kemarin saya ada melakukan pembelian tiket ke KL, nah kan diminta tuh nama keluarga/marga kita pas mau beli, dan secara refleks saya pakein nama Tan padahal di KTP sama passport full name saya cuman Merry. Jadi gimana ya mbak solusinya..? Oh ya... Saya naik air Asia ke KL Jkt tgl 9 Mei. Makasih sebelumnya mbak, mohon dibantu jawab ya. Lagi bingung dan takut ga bisa terbang nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja harus dirubah mbak :), karna nama book ticket harus sama dengan paspor ketika perjalanan ke Luar negeri. Segera hubungi Airasia sesuai petunjuk di artikel saya.

      Jika nama hanya satu kata, di book ticket full name ditulis ulang. First name: Merry Last name: Merry. Thx, semoga membantu

      Delete
  24. Dear mba vika..
    Aku mau tanya hal yg sama,
    Di tiketku kurang nama belakangnya..
    Di paspor a b c , tp di tiket b c aja.. dimana c itu nama keluarga dan kebetulan pesawatnya garuda.. any advice mba? Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, salam kenal ^^

      Jika first name salah sudah pasti nama akan berbeda dengan ID kita.

      Perubahan ganti nama tiket maskapai Garuda adalah yang termudah diantara maskapai lainnya karena tidak perlu mengirimkan email, hub call center kemudian anda hanya menyebutkan kode booking, nomor tiket, nama penumpang dan pihak Garuda akan mencocokkan nomor telepon kita. THX, semoga membantu

      Delete
    2. Dear mba vika..

      Maaf baru reply lagi.. hehehe..
      Thanks infonya mba.. aku udh coba telp garudanya, mereka blg sudah di telexcorname, cm pas aku tanyakan ak pasti ba berangkat atau enggak mereka cm blg mereka ga janji, tp nanti dibantu dgn nunjukin paspor dan laporan telexcorname dr merekanya.. huhuhu jd msh worried sih..
      O ya aku typo, maksudnya yg ga tertulis itu nama belakangnya, harusnya a b c jadi a b aja, kurang nama belakang.. :"(
      Semoga ga ngebuat aku gagal berangkat yaa??

      Thanks :)
      namira

      Delete
    3. ow, beda ya kalo garuda tidk memberikan kejelasan bikin was-was aja.

      Tmn saya juga pernah ke singapore, nama tengahnya gak tercantum, yang tercantum hanya nama depan n belakang aja, tapi lolos imigrasi kok...hanya saja deg-degannya yg gak nahan ketika melewati imigrasi keringat bercucuran hahahah

      Gud luck yah

      Delete
    4. Halo mba mau tny..itu temannya yg ke spore.. pakai maskapai apa mba sehingga bisa boarding? Soalnya sy ada teman yg nama tiket 2 kata (sesuai ktp), sedangkan paspor 3 kata di hlmn foto (krn bwt umroh ada tambahan nama bapak); beli tiketnya di agen garuda. Bisa boarding ga ya mba hari H? Tujuan ke korea. Kalau yg sy lihat sih imigrasi ga trlalu concern dan melihat komen mba ini juga ..sy lbh worry ke maskapainya. Mnurut mba gmn? Thx ya. Soalnya garuda bs ada charge $100 utk +nama :(

      Delete
    5. Pakai airasia. Sorry, saya garis bawahi, bukan imigrasi yang rewel masalah nama ticket. Tapi sewaktu di counter check inn, petugas maskapai yang ada kalanya gak ngebolehin jika nama kita gak sesuai dengan ID, dan ID yang dipakai adalah paspor bukan KTP jika keluar negeri. Sewaktu book sesuaikan nama ticket sesuai paspor. Kalo ada penambahan nama dihalaman foto yang pertama laminating itu, gunakan nama sesuai dengan hal yang laminating itu.

      Jadi saya disini niatnya bukan nakutin2 hanya share berdasarkan pengalaman saya dan pakai jalur "aman", jika ragu-ragu silahkan ditanyakan di sales counter atau call center maskapainya. Saya memang belum ada pengalaman tambah nama untuk maskapai Garuda, namun biasanya maskapai menggratiskan biaya untuk koreksi nama. Bisa check beberapa pengalaman dari teman-teman lainnya di komentar artikel ini tentang maskapai Garuda Indonesia.

      Kalo sudah selesai masalahnya, bisa share di sini lagi yah, buat teman-teman lainnya berbagi pengalaman :)

      Delete
  25. Mbak mau tanya donk. Nama saya Irsan Maulana, setau saya kalau di tiket seharusnya penulisannya MR Maulana, Irsan kan?! Tapi di tiket Air Asia saya malah tertulis MR Irsan, Maulana.
    Nah klo gitu akan jadi masalah gak ya mbak?!

    Thanks before mbak. =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalik tp ejaannya bener, kyknya masih aman deh.

      Delete
    2. Thanks ya Mbak.. =))

      Delete
  26. Hai, mau tanya nih.

    Kebetulan aku booking tiket domestik. tapi aku ada salah tulis nama belakang. jadi yang harusnya SANTI, aku tulisnya KURNIA.

    Itu kira2 bisa ga ya dibenerin?
    Keberangkatannya 28 April soalnya :(

    Tadi telepon call center katanya ga bisa. harus reservasi tiket baru.
    Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry, sy harus bilang gak bs dirubah. Karena kesalahan namanya fatal, dari kurnia mau diubah santi sdh masuk ganti nama. Perubahan nama tiket hanya berlaku edit nama dan tambah nama saja. ^thx

      Delete
    2. Meskipun cuma nama blakangnya aja ya? Jadi nama orangnya itu Lusi Santi tp aku salah tulis jadi Lusi Kurnia.
      Nah kurnia itu kan nama blakang suaminya. Jd kek aku salah input nama belakangnya :(

      Kira2 bisa ga ya?

      Delete
    3. Iya, setahu saya semua maskapai gak bisa kalo ganti nama, meskipun hanya nama belakang atau nama tengah, karena kesalahan ngetiknya berbeda banget dengan nama seharusnya. Biar enak coba kekantornya aja, mungkin ada solusi dari mereka.

      Delete
    4. kemaren akhirnya aku ke sarinah. 1 jam langsung dpt itinerary baru. super senang =)
      airasia mau ngerti ternyata =)

      hehehe..

      boleh juga buat yg lain kalo mau ganti nama blakang, coba aja d request di sales counter nya. it helps us a lot and faster
      thanks ya

      just sharing =)

      Delete
    5. Wuah, sy ikutan senang say permasalahannya bs kelar...jadi solusinya buat siapa aja kalo call center gak bisa ngatasin, lgsg aja kekantor airasia. Happy travelling^^

      Delete
  27. Hlao mbak vi, saya mau tanya.
    Saya kan mau ke singapore, tp rencana mau bikin paspornya bulan depan.
    Yg jd masalahnya, saya udah booking tiket, tp saya input nomor paspor ngawur. Soalnya keburu promo nya abis. Pertanyaan saya, bisa gak mbak ngerubah nomor paspor d tiket? Apakah menjadi sebuah masalah klo nomor paspor yg kita pegang sn nomor paspor yg ad d tiket berbeda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dirubah tinggal hub call centre, jangan mepet dari jadwal penerbangan ya...

      Saran saya sih, kalau airasia n jetstar mending kosongi aja sewaktu booking daripada diisi ngawur, karena dua maskapai ini no paspor bisa diisi sewaktu check inn.

      Delete
  28. hi mba vi.
    kenalkan namaku santy.
    kmrn aku kan mesen airasia jakarta-jogja pp sekeluarga dg 2 anak.
    tp anak2ku semuanya 3 suku kata kya a b c, aku kurang nyebutin nama belakangnya. jdnya hny a b saja.
    kira2 bs tdk ya airasia menambahkan nama belakangnya. soalnya jd deg2an bgt. barusan aku udh kirim eform lgkp dg scan akta mrk n kartu keluarga.
    o iy klo dr call center mrk blg ga nambahin.

    kira2 nanti bakal ditolak ga ya...

    thx ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, mbak salam kenal juga :)

      bisa banget, hanya saja seperti yg saya tulis diartikel call centre tidak bisa merubah nama, sesuai prosedur harus melalui e-form. Jika ingin respon cepat, bisa melalui live chat, caranya bisa cek di kolom komentar diatas.

      Delete
  29. hi mba, aku mau tanya aku booking promo buat taun depan ke malaysia. nama aku harusnya normalita tapi di tiket jdinya di spasi
    norma lita. apakah bermasalah mba nantinya di pihak imigrasi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. booking tiket AA promo maksudnya

      Delete
    2. dirubah aja deh mbak, biasanya kalo nama hanya satu kata ditulis ulang jadi normalita normalita di book ticket.

      Delete
  30. halo mbak, mau tanya juga dong aku beli 2 tiket PP bdo-dps sama dps-bdo.nah nama sama tgl lahir aku salah soalnya aku ngikutin kartu pelajar eh seminggu ktp ku turun sedangkan di air asia harus pake ktp/akta/paspor/kk nah di ktp nama aku misal rara riri ruru di tiket rara riri tgl lahir di ktp:6-06-96 di tiket 7-07-96.bisa gak dua dua nya langsung dirubah dalam 1 e form?ditunggu jawabannya,trims mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa say, scan ktpnya kirim ke e-form.

      Delete
    2. tapi mbak aku belinya tiket promo tetep bisa rubah kalo tiket promo?

      Delete
    3. yang gak bisa ganti nama, kalo koreksi nama meskipun tiket promo, bisa dirubah.

      Delete
  31. Saya mau nanya dong nama saya di paspor hanya tunggal misalkan Meriyanti , tidak ad spasi or nama belakang . Kalau kita keluar negri di permasalahkan atau tidak. Mohon bantuan yg tau .. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk negara islam saja seperti saudi arabia, mesir, dubai dan sekitarnya yang harus 3 kata...untuk negara lainnya tidak bermasalah...

      Delete
    2. Sorry mbak mau nanya lgi dong... Klo Malaysia & Singapura bisa dan bermasalah gak ?? Nama bgitu ?

      Delete
    3. Coz udah lama saya di bikinin n punya paspor tapi gr" namanya bgitu saya gak berani pergi traveling ke luar misalkan ad yg ngajak... Takut di permasalahin n di persulit .. Thx

      Delete
    4. gak masalah mbak di Singapore maupun di KL :)...

      Untuk booking tikettnya biasanya kalo satu kata, ditulis ulang contoh : Meriyanti Meriyanti.

      Delete
  32. Thanks ya mbak sivika info nya.. :)

    ReplyDelete
  33. Mbak vika saya mau nanya saya beki tiket promo k kuala lumpur bngkt nya 14 mey 2014 tp ada nama temen ku beda sama paspor di tiket dia nama nya tunggal mis rina nah pas d paspor nama nya rina abdulah sidik jd ada nama ayah nya d belakang saya ud lapor ke e form kita berangkatnya 2 hari lg mohon solusinya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fast respon, segera ke kantornya karena waktunya mepet.

      Delete
  34. salam kenal.
    mbak, aku kan pesan tiket CGK-KUL pakai airasia. tp nama temanku kelebihan satu huruf. yang seharusnya DITA malah jadi DITHA (kelebihan huruf "H") itu kira2 jadi masalah gak yah?
    untuk nama tengah dan nama belakang sudah benar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kolom feedback nya diisi apa mbak?

      Delete
    2. Permohonan edit nama sesuai paspor/ktp

      Delete
  35. Halo Mba Vi,

    Saya booking tiiket dan kurang middle namenya juga, sempet telp call center ktnya ga bisa perbaiki dan dsuru dtg ke airport lsg di hari H untuk perbaikan, tp trrlalu berisiko.. jd akhirnya sy kirim e-form..kalau live chat sy baca keterangnnya ktnya ga bisa ubah nama juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti sy tulis diatas call center gak bisa membantu, kalo ngerubah diairport sy rasa terlalu beresiko. Jadi soslusinya melalui eform, kalo live chat ada pengalaman salah satu komentar diatas yang berhasil. Thx

      Delete
  36. hay sis salam kenal,

    mau tanya, saat ane isi eform, di bagian :

    -nomer pembelian = booking number kah?
    -nomer penerbangan = no penerbangan pesawat di travel itienary yang kita print / sama dengan di data pemesanan saya di web airasia.com?

    karena kasus di saya, travel itienary yang saya print dengan data pemesanan di web airasia.com berbeda flight number nya...di web QZ 224, sedangkan di itienary QZ8206..

    mana yang saya pakai untuk isi di e form.
    sedangkan tiket pulang ga masalah, di web dan itienary sama flight number nya.

    ane beli tiket pp, jkt - kl
    Nah ane isi e form, harus sekali aja apa dua kali, karena kan Di form ada pertanyaan nomer penerbangan...kan beda pswt brngkt and pulang..walau sm aa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hy...
      no pembelian = kode booking

      Flight number tulis sesuai dengan itenerary

      Untuk tiket PP biasanya satu kode booking, tulis dirorm 1 x aja nanti edit nama akan otomatis pulang pergi. THX

      Delete
    2. ok sis makasi banyak, tapi saya tadi terlanjur masukkan flight number sesuai di web..
      masalah ga yah...

      Delete
    3. Gak masalah, yg penting kode booking harus bener.

      Delete
    4. Hiks apa benar perubahan nama ini tidak berlaku pada tiket promo?

      Delete
    5. Bisa, yg gak bisa ganti nama orang lain. Coba cek dr pengalaman beberapa komentar diatas. ^^

      Delete
  37. Hallo Mbak Vi

    Aku booking tiket air asia domestik tanggal tahun lahirnya tidak sama dengan di KTP, kira2 bisa tidak yaa..
    mohon supportnya...trimakasih

    ReplyDelete
  38. Salam kenal Mbak VI,

    Saya mau tanya nich, kemarin booking tiket airasia nama hanya satu kata dan gelar, contoh: Kurnia, SE
    ditiketnya first name: Kurnia, Last name: SE, apakah bermasalah atau harus dirubah Kurnia Kurnia, mohon solusinya....

    ReplyDelete
  39. Kalau ditiket domestik airasia tanggal dan tahun lahirnya tidak sama dengan KTP apakah bermasalh....
    mohon supportnya...thx

    ReplyDelete
  40. Salam kenal mba :)
    Saya baru saja membeli tiket promo Air Asia jurusan Kuala Lumpur.. Namun nama yang dituliskan di tiket kurang lengkap karena saya mengacu pada identitas KTP, bukan identitas Passport.. Nama saya di tiket Bella Ayu sesuai KTP,, namun dalam Passport ditambah Bella Ayu Agung Bakti (ditambah nama keluarga).. Apakah akan bermasalah mba? Trima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ke luar negeri, Identitas yang berlaku sesuai dengan paspor

      Delete
  41. Salam Kenal Vika,
    mau nanya nih yg bener nulis nama untuk 3 kata itu gmn ya, misal nama Rizka Andika Hermawan
    First Name : Rizka Last Name : Andika Hermawan, atau
    First Name : Rizka Andika Last Name : Hermawan
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. First name : Rizka Andika

      Last name : Hermawan

      Delete
    2. bukan firstname : Rizka
      Last Name : Andika Hermawan ? soalnya saya tanyakan ke cs AA kok katanya yg ini?

      Delete
    3. ooow, soalnya selama ini ketika ke luar negeri nama saya yang 3 kata (ABC) cara bookingnya pakai first name : A Last name: BC di imigrasi manapun juga aman gak dipermasalahkan sama petugas imigrasi.

      Jadi kesimpulannya yang penting ejaan namanya bener :)

      Delete
  42. Selamat siang mba vika...

    Mau tanya, saya mau buat passpor. Tetapi nama saya hanya 1 suku kata "hidayat". Kalau seperti itu bagaimana ya dalam pengisian namanya? Apakah bermasalah jika kita ke luar negeri hanya ada cuma 1 suku kata?

    Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah, hanya negara islam saja yang memberlakukan 3 kata. Sebaiknya ketika mengajukan paspor, mengajukan tambah nama...dengan mencantumkan nama ayah dibelakang nama kita. Kadang memang nama satu kata bikin deg-degan ketika masuk suatu negara.

      Cara nambah paspor nanti diimigrasi ada form untuk penambahan nama tinggal tulis saja, nama ayah akan dicros check dengan di akta kelahiran/ijazah.

      Delete
    2. Kalau saya hanya ke singapura, malaysia, cina, hongkong, jepang, australia, atau thailand. Lebih enaknya
      Mengajukan langsung 3 kata apa 1 kata? Tapi ada sih keinginan buat umroh ke mekkah.

      Delete
    3. Semua negara yang disebutkan diatas, tidak mempersalahkan nama yang 1 suku kata.

      Saran saya, mending sekalian mengajukan tambah nama. Pengalaman ada teman saya yang diinterogasi di Singapore karena namanya satu kata yaitu "Slamet", yang dipermasalahkan petugas imigrasi adalah nama "Slamet" ini banyak sekali kembarannya.

      Delete
  43. mw nanya nih, kalau salah title untuk penerbangan domestik ngaruh gak yah?
    trus e-form itu merespon dalam waktu brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus betul. Akan direspon 1 - 5 hari.

      Delete
  44. mo nanya kalau saah penulisan no KTP untuk penerbangan domestik apa ada pengaruhnya

    ReplyDelete
  45. Saya mau tanya,,kalo misalkan di passport nama sya deden hermawan tp halaman endorsement namany jd deden hermawan endang ridwan,klo saya mo bli tiket saya mesti tulis nama yg mna?terima kasih sebelumny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau ke negara islam/timur tengah pake yg hal endorsment. Kalo ke singapore atau asia bs pake nama yg di hal pertama.

      Delete
  46. mba mau tanya...kalau di passport saya namanya editrysno trus nama di tiket jetstar saya tulis first :edi dan lastname: trysno ...betul ga ya?

    ReplyDelete
  47. Hello.. Mau nanya dong. Saya sudah beli e-ticket air asia tujuan KL ternyata pas nerima e-mail salah gender, harusnya ms malah mr. Kira kira pas check in nanti bermasalah gak ya? Kalo bermasalah gimana cara buat gantinya. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. diubah saja, prosesnya sama seperti diatas, hanya diketerangan ditulis" ganti title ms"

      Delete
  48. Mbak mw tanya nama saya (lia mahdi agustiani )tpi pas beli tiket air asia nya si mas salah nulis jadi : (liamahdi agustiani ) oh ya saya ikut penerbangan air asia inernational itu gpp atau hrs dirubah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu sy ke KL pernah nama ke 1 dan ke2 sambung, gak dipermasalahin di imigrasi. Tapi klo masih bnyk waktu mending diubah aja biar tenang.

      Delete
  49. maaf saya mau tanya , saya pesan tiket pesawat domestik dengan nama andy atmawijaya , padahal sesuai ktp nama saya andy atma wijaya . apakah ini bermasalah nantinya ? ditunggu jawabannya mbak makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo domestik memang tidak seketat internasional, namun jika masih ada waktu sebaiknya dirubah saja :(

      Delete
    2. kalo waktunya sudah mepet gmn yah mbak ? kalo salah spasi saja tapi ejaan namanya benar seperti di ktp (atmawijaya dan atma wijaya ) , kira2 ga masalah yah mbak ? makasih

      Delete
  50. hallo mba vika.. mau nanya nih.. saya bookingin tiket buat temen saya bandung-pontianak pake expressair, namanya di ktp ari risnandar, tapi salah ketik jadi riri risnandar.. itu bisa dirubah ga yah mba ? takut jadi hangus tiketnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo koreksi nama semua maskapai pasti bisa, yg gak bisa adalah ganti nama orang lain di tiket. Untuk expressair saya belum pengalaman cara merubah nama ditiket, coba hub call centernya :)

      Delete
    2. ok mb vika, trimakasih info nya yaa :)

      Delete
  51. halo mbak vika, saya bantu teman beli tiket airasia dr guangzhou ke medan. nama penumpang JULIEHOI tp terambil dr data contact detail jadi JULIATAN. utk tanggal lahir penumpang terisi benar. uda kirim e-form tp belun ada balasan. kira2 bisa ga ya? takut tiket hangus nih..... thx

    ReplyDelete
  52. mbak aku kan PP tiketnya flight number yg qz itu ada 2 kan nah kalo koreksi di e form berarti 2x dong aku kirim e form nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dalam satu kode booking cukup 1x aja

      Delete
    2. oh meskipun kode flight nya beda kaya qz1234 pulang qz1243.aku tulis yg qz1234 itu otomatis yg qz1243 kekoreksi mbak?

      Delete
    3. iya biasanya otomatis jika dalam satu kode booking, mereka akan langsung koreksi atau bisa juga tulis di kolom feedbacknya biar kita yakin mereka paham maksud kita.

      Delete
  53. Halo Mbak Vika, aku kan baru beli tiket Lion Air CGK - KUL, pas keluar data booking namanya benar, contoh : Aaaa Bbbb Cccc Dddd, tapi setelah bayar malah munculnya Aaaa Bbbbccccddd, itu katanya nelfon pihak lion karena penulisan first name last name yg ketuker, tapi katanya pihak Lion-nya gak bermasalah, kalo menurut mbak bermasalah gak yah? jadi Last Name-nya nyambung semua gitu, tapi tetep sesuai sama Passport sih, makasih ya mbak sebelumnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy kok lebih milih di koreksi aja deh mbak, klo domestik sih gak masalah sedangkan internasional kalo imigrasinya rewel ntar kita yg ribet jelasinnya panjang lebar.

      Delete
  54. Mlm mba.
    Slm knal sblmnya.
    Saya mau tny dan mohon solusinya.
    Apa bermasalah saat ke luar negri dengan nama di paspor 3 suku kata padahal di KTP hanya 2 suku kata. Misalnya nama Aa Bb di KTP tapi pada saat membuat Paspor nama ditambah kan jadi Aa Bb Cc di karenakan ingin pergi umroh.
    Apakah bermasalah pada saat di imigrasi bandara kalo ingin ke luar negri selain mesir ato arab?
    Dan kalau ingin beli tiket pswt ke luar negri mesti mengisi nama yg sesuai KTP atau sesuai Paspor?
    >> Satu lg,jika nama di Paspor sudah Aa Bb Cc setelah penambahan 1 suku kata yg Cc td ternyata pada saat ingin daftar Umroh nama depan Aa tidak di akui di negra Arab dan harus di revisi penambahan nama bpk lg, namun penambahan berada di halaman selanjutnya jadi Aa Bb Cc Dd. Jika seperti itu pemesanan tiket pswt ke luar negri memakai nama yg mana.sesuai KTP Aa Bb kah, Paspor yg Aa Bb Cc atau yg sdh ada penambahan nama di hal berikutnya paspor Aa Bb Cc Dd? Dan bermaslah tdk kl di imigrasi?

    Terima Kasih mohon solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mlm, slm kenal :)
      Jika ke Luar negeri identitas yang dipakai untuk adalah paspor bukan ktp, untuk check inn maupun di imigrasi cukup menggunakan paspor, jadi untuk booking tiket gunakan data sesuai dengan paspor.

      Lalu jika ke luar negeri kenegara yang tidak mengharuskan nama 3 suku kata gunakan identitas yang di hal pertama paspor, jika umroh atau kenegara timur tengah gunakan identitas sesuai dengan penambahan nama yg di hal belakang. Kalo boleh tahu kenapa yah kok penambahan nama yg pertama tidak diakui sehingga harus ada penambahan nama lagi.

      Delete
  55. Mbak Diary saya tadi bboking citilink domestik jkt-bali, llalu ada namanya kebalik, seharusnya siti tanto (sesuai KTP) tapi yg keluar Tanto siti. dan gendernya seharusnya perempuan, tapi yg keluar Mr. Kalau tidak dirubah apakah bermasalah? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo ini harus diganti donk karena tidak sesuai identitas gendernya.

      Delete
    2. sudah diissued mbak, kata pihak citilink tidak masalah karena sudah diremark

      Delete
  56. Selamat mlm, mau tanya, saya beli tiket untuk ayah tujuan singapura dengan jetstar, di paspor hanya 1 kata, misalnya : joko, nah di tiket saya isi dengan joko joko, betul atau tidak ya? Apa harus rubah nama tiket? Ditunggu balasannya, trims :)

    ReplyDelete
  57. Selamat pagi mbak. Mau minta saran & bantuannya. Saya ada booking tiket lion air dari padang. Nama di KTP adalah Suryadi. Namun karena yang book adalah teman saya. Nama saya ditulis Suryadi Honggo. Honggo = nama keluarga. Saya sudah hubungi lion air pusat jakarta. Kata mereka tidak bisa merubah nama saya karena itu merupakan hak & otoritas bandara di Padang. Nah mohon saran & bantuannya mbak. Kira2 harus bagaimana? Dan masih bisa terbang gak? Terima kasih mbak. Selamat pagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy belum ada pengalaman untuk kesalahan nama tiket dengan maskapai lion air, memang kebijakannya tergantung dari masing-masing maskapai. Biasanya untuk koreksi hapus nama memang lebih susah drpd tambah nama/edit nama, solusinya adalah langsung kekantor pemasarannya terdekat.

      Delete
  58. mbak mau nanya, kemarin udah berhasil booking tiket air asia tujuan Singapore tapi kok pada saat booking tidak ada permintaan nomor paspor ya??
    trus untuk paspor nama hanya 1 kata di Singapore ga masalah kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. no paspor bisa diisi sewaktu web check inn

      Delete
  59. mbak mau tanya kan paspor ibu saya nama hanya satu kata, dan mau ke singapore misalnya kalo kena random checking apa aja yang ditanyain, maklum ibu2 kan bahasa inggris ga bisa paling dikit2.....tapi mudah2an gak kena random checking...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah kok kalo ke Singapore namaya satu kata, biasanya yg ditanyain sama pihak imigrasi kalo nama satu kata yg banyak kembarannya.

      Beberapa kali ke Singapore saya belum pernah kena random checking, imigrasi Singapore cukup ramah kok. Kalo takut ditanyain macem-macem pilih di antrian petugas imigrasi yag berwajah melayu atau India, karena mereka bisa berbahasa melayu.

      Delete
  60. Salam kenal mba..
    mba mau tanya saya belum lama booking tiket maskapai air asia,karena waktu booking teman saya yang booking kata teman saya harus cantumin nama keluarga atau marga sedangkan nama saya hanya (kita ) gak ada last name nya,nah teman saya menambahkan
    Nama ayah saya di belakang nya.
    dari 4 teman saya hanya nama saya yang salah bagaimana ya solusi nya..
    saya tlp call centre air asia dia hanya me remarks nya saja tidak bisa penggantian nama.
    saya belum coba pake e- form
    Klo saya coba pake e form apakah yang harus saya saja atau semua nama teman saya?
    trus untuk *kategori kasus dan * jenis nya saya pilih yang mana ?
    Dan apa saja yang harus di lampirkan ?
    mohon bantuan nya mba ,terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal :)

      Kasusnya sama seperti komentar teman-teman diatas, cek di komentar yah say...

      Semoga membantu ^^

      Delete
  61. mbak saya beli tiket garuda untuk istri saya di tiket tertulis SILFANI SAMPOUW,, tapi di ktp tertulis SILVANI SAMPOW ,, apa ntar chekin bisa di toleransi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini penerbangan domestik atau Internasional ya mas...

      Coba telfon call center Garuda atau lgsg ke Kantor Perwakilan penjualan Garuda nya minta di correction name aja. Kalo domestik tidak masalah.. Kalo Internasional coba hubungi lagi pihak Garudanya.

      Delete
  62. Dear Mba Vika..

    sesuai dengan saran mba vika serta nelf k call center AA..

    Nama ortu saya yg awalnya AA binti BB yang tidak sesuai dengan paspor baru yang ternyata cuma AA bisa dganti melalui e-form.

    Tak lagi cemas dan deg2an lagi dech..

    Sekali lg terimakasi ya mba.. blognya sangat membantu..

    Salam kenal dan salam hangat dr saya.. Vanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, seneng deh dapat feedback ucapan terimakasih, jadi semangat berbagi informasi melalui blog ^_^

      Delete
  63. Mba Vika...maaf pertanyaannya menyimpang dari tema. Sy baru pertama booking tiket airasia, udh melalui proses pembayaran dan udh dpt kode booking lewat email. Tp masalahnya kok e-tiket ga dikirim ya...biasanya klo lwt travel agen kaya traveloka e-tiket dikirim dan langsung bisa diprint. Gmn mb...sy ga dikirim e-tiket lewat email. Makasih penjelasannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya memang langsung dikirim melalui email, ditunggu saja sampai 3 hari, kemungkinan airasia bigsale jadi agak telat sistemnya. jika masih belum dikirim lebih dari 3 hari, komplain bisa menggunakan LIVE CHAT untuk minta dikirim itenerary-nya.

      Delete
  64. Mbak mau nanya neh,,kalo mau booking hotel ke singapura yang tidak pake kartu kredit dimana ya?
    ada rekomendasi ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata kalo hotel pakai kartu kredit, kalo gak punya kartu kredit coba pakai paypal yang pembayarannya pakai kartu debit.

      Delete
  65. Mba Vika..temen saya abis bikin paspor tapi tahun kelahiran yang tercetak salah jadi tahun 1974 dari yang seharusnya 1979. trus dia klaim ke imigrasi setempat dan oleh petugas imigrasi ditulis di lembar catatan pengesahan di halaman belakang paspornya jadi date of birth should be 1979 disertai tanda tangan kepala imigrasi dan stempel imigrasi setempat. kira 2 ntar masalah ngga di imigrasi krn sy rncn ke singapore awal nopember ini??thanks atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah :) sudah legal kan dari imigrasinya, jika ada pertanyaan dari pihak imigrasi Singapore tinggal dijelasin aja. imigrasi Singapore skrg cukup ramah kok :)

      Delete
  66. saya mau tanya mbk, nama di pasport saya cuma Natalia saja dan tidak ada nama belakangnya...kira2 bisa gk ya saya pergi ke eropa? karena saya thn dpn akan mengunjungi teman di Lithuania...thanks atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lthuania masuk dalam visa schengen, setahu saya kalo visa schengen , nama paspor boleh satu kata, tidak dipermasalahkan.

      Delete
    2. ok, terimakasih atas jawabannya...salam kenal :)

      Delete
  67. thanks ya infonya... tp aq udah keburu check in..karena darisitulah baru tau kalo namanya kurang...semoga masih bisa...amin..

    ReplyDelete
  68. Mb numpang tanya donk.
    Sy sdh beli tiket pp jkt seoul jkt by garuda.
    Nama: dwi aprilia sari
    last name : sari
    First name : dwi aprilia

    Tp alhasil di tiket tertera: aprilia/ dwi sari Ms.
    Apa tdk masalah mb?
    Krn selama ini klo pesen tiket biasanya sari/ dwi aprilia Ms.
    Mohon infonya mb
    Terima kasih

    ReplyDelete
  69. hi kak,,, mohon bantuan
    saya baru pertama kali terbang ke luar negri
    katanya skrg lbh ketat ya?
    ada 3 pertanyaan,
    1. Nama di KTP SARTIKA Y , sedangkan di PASSPORT dan di TIKET SARTIKA YOHANDHI, gak masalah kan ya?
    2. Alamat di tiket (blm check in) berbeda dgn alamat di paaport+ktp, alamat ga dipermasalhin atau masalah?
    3. Kalau petugas minta cek KTP, blh gak kita minta cek SIM saja?soalnya nama di SIM SARTIKA YOHANDHI , sama dgn di paasport dan tiket,,
    mohon reply kak please :)
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ke luar negeri, imigrasi hanya mengecek paspor bukan KTP/SIM

      Delete
  70. Hai mbak, salam kenal. Mohon masukkan nya, aku di pesanin tiket oleh sepupu JKT-DPS, pakai makapai garuda.
    Nama ku di KTP hanya XXX, tapi sepupu menambahkan nama keluarga YYY di tiket. sehingga di tiket namanya XXX YYY, solusi nya gmn ya mba?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  71. Halo mbak, saya kemarin pesan tiket domestik maskapai air asia tujuan palembang-medan. Nama pemesanan misal ayunda mita sagala. Padahal di ktp nama nya ayunda sagala. Nanti jadi msalah gak mbak? Tx

    ReplyDelete
  72. Kalau tahun lahir yg salah gimana ya mbk ?
    Di passport sy 8/12/1992.
    di tiket 8/12/1993.
    Apa akan jd masalah di bandara nanti ?
    mohon infonya.. tq..

    ReplyDelete
  73. Salam kenal mbak vika...
    Saya kmrn booking tiket pesawat domestik sby-bali, berangkat dg Garuda plg dg Citylink. Ternyata nama yg tertera pd tiket: Farrel Kusumadewi, pdhl nama pd KTP: Farrel Kusuma Dewi. Gmn nih mbak? Perbedaan spasi antara nama tengah dg nama belakang itu bermasalah ga mbak pas check in di bandara? Soalnya waktunya ud mepet bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya diganti, proses edit nama tiket garuda itu prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan airasia dan jetstar. Dikomentar atas juga ada pengalaman edit nama pakai maskapai garuda, bisa dibaca untuk referensi :)

      Delete
  74. Mbak saya mau tanya,saya sudah booked dan bayar tiket ke thailand utk maret buat 3 orang,tp saya sediri tidak bisa join,bisa kah tiket saya dijual ke orang lain?thanks

    ReplyDelete
  75. Hi Mb, Saya mau bertanya kemarin kan saya beli tiket AA CGK - SIN berangkatnya bulan depan lagi. Nah nama di tiket Agustina Putri sedangkan nama saya di Passpor dan KTP Agustina Putri Heristiyani, kira2 boleh tdk ya?? saya juga sudah nyoba untuk isi e-Form tapi gak bisa2, tulisannya : Invalid Flight time,kira2 kenapa ya?? bisa kasih solusi lain gak mb selain e-Form ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake live chat, ticket akan diganti dalam hitungan menit

      Delete
  76. Kak, mau nanya, kmrn kami ud booked tiket tp blm bayar. Kalo tiketnya mw d cancel bs g kak? Gmna caranya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya ada jangka waktu pembayarannya, kalo lebih dari jam pembayaran akan hangus sendiri. Coba hub call center karena setiap maskapai sistemnya beda

      Delete
  77. Hy mbak vi
    Mw nanya ne kalo penerbangan domestik via maskapai lion nama kita salah 1 huruf kiranya d permasalahkan saat check in gak mbak
    Misal roy hermawan tpi di tiket roi hermawan
    Sedangkan di ktp roy hermawan
    Gimana ne mbak Soalnya lusa harus sudah check in

    ReplyDelete
  78. Hy mbak vi
    Mw nanya ne kalo penerbangan domestik via maskapai lion nama kita salah 1 huruf kiranya d permasalahkan saat check in gak mbak
    Misal roy hermawan tpi di tiket roi hermawan
    Sedangkan di ktp roy hermawan
    Gimana ne mbak Soalnya lusa harus sudah check in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp kalo domestik asal gak terlalu fatal salahnya, check inn domestik ngga seketat internasional :). Udah ada yg bantu jawab dibawah, terimakasih ya

      Delete
  79. Tidak masalah kalau salah 1 huruf di nama dan penerbagan domestik, asal jangan penerbangan internasional.

    ReplyDelete
  80. siang kak Vika
    saya melakukan pembelian tiket pada tanggal 23 juni medan-hkg
    pada saat pengisian
    nama Depan saya isi : POH TJU
    nama keluarga/marga : LIE

    sedang kan di passport saya LIE POH TJU

    namun setelah melakukan pembelian
    hasil email yang diberikan dari airasia
    nama saya di tiket menjadi POH TJU LIE

    tolong penjelasaan kak vika apakan tiket saya berlaku pada saat nanti saya melakukan penerbangan ??
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  81. Slm kenal mba vika ,
    Saya sudah beli tiket citylink pp jkt-bali tgl 26februari , harusnya nama di ktp saya AA BB CCDD tetapi di tiketnya jadi BB CCDD
    nama depan saya hilang karna yg pesan temen saya.
    apakah nanti bermasalah pda saat checkin mba?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  82. Mbak Vie, aku mau nanya. Aku kamarin booking tiket buat penerbangan dps-singapore. Nah salah ketik pas di exp paspor. Sebenernya tangga 23 feb 2020. Tapi aku ketik 25 feb 2020. Apa masalah itu mbak ya. Thx ya. Mohon bantuannya ya.

    ReplyDelete
  83. Hi..mb vi..mo nanyo donk. Saya di beliin tiket Garuda untuk bulan depan oleh kk saya,nah tiketnya utk ke singapur. Nah ditiket yg katanya sudah issued namanya mis: AA BB CC DD sedangkan dipasport yg baru jadi terteranya AA BB CC yg tidak tertulis nama belakang alias fam name. Itu kira2 Bisa utk dirubah tiket oleh garuda. Kalo baca komen diatas kayaknya adanya yg Penambahan nama bukan Pengurangan nama utk garuda. Mohon infonya..trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf banget ya saya belum ada pengalaman pengurangan nama untuk garuda, bisa langsung ditanyakan ke call centernya agar sefera teratasi masalahnya :)

      Delete
  84. Mau nanya nama saya kan nabila faradiena adhiya tpi saya tulis di tiketnya nabila faradiena itu blh gak sih,saya pake penerbangan sriwijaya

    ReplyDelete
  85. Maaf mbak untuk penulisan no.pasport gimana yak? inputannya?
    huruf dan angkanya ditulis semuakah?
    Misal di pasport no.pasport saya A 1234557 ? Perlu spasikah pengaruh tak?

    ReplyDelete
  86. Hi mbk vika
    Saya beli tiket garuda di hari sabtu, teman saya di hari jumat, bisa gak yah saya tukaran tiket agar nama terganti?

    ReplyDelete