Kusuma Agrowisata, Batu - Malang

Malang dan Batu salah satu tujuan keluarga saya untuk menghilangkan penat rutinitas pekerjaan, cuaca yang bersahabat, banyaknya tempat rekreasi keluarga dan bertebarannya café maupun restaurant membuat saya selalu rindu ke kota ini. Biasanya tujuan saya ke Batu menuju Jatim Park I, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park, namun karena bosan dan ingin mencari suasana yang berbeda kemudian pilihan kami jatuh ke Kusuma Agrowisata.

Yap, Kusuma Agrowisata banyak orang yang belum mengetahui tempat wisata ini, padahal tempat wisata ini sangat menarik dan sudah berdiri sejak tahun 1991, di agrowisata kita bisa menikmati kebun buah apel, jambu dan strawberry, playground, outbound, adventure dan menikmati roti bakar maupun jus buah.



Masuk ke pintu gerbang kawasan agrowisata saya disambut dengan vila-vila mewah dan taman-taman yang cantik, dengan biaya tiket masuk mobil seharga Rp. 5.000,- kemudian mobil saya melaju ke area agrowisata yang terletak di belakang area vila. Ada 2 pilihan paket untuk memasuki area agrowisata, paket 1 Rp. 60.000,- dengan fasilitas petik apel, jambu dan strawberry masing-masing 2 buah, dan mendapat roti bakar juga jus buah sedangkan paket II Rp. 70.000,- mendapat fasilitas petik sama dengan paket I hanya saja makanannya berbeda yaitu nasi goreng atau bakmi goreng.

Selanjutnya setelah membeli tiket saya disambut oleh guide yang akan memandu kami, area pertama saya digiring menuju area kebun pink guava alias jambu klutuk. Kebetulan saya kesini setelah hujan deras, jadi area kebun becek, licin dan berlumpur ala cinta laura, saran saya jika kesini pakai sandal jepit biar aman dan nggak terpeleset. Di area jambu ini rute untuk berjalan sudah disiapkan bersab-sab berpaving, kita bisa berjalan mengikuti rute yang sudah dipersiapkan namun kalau ingin sensasi ekstrem bisa masuk ke area dalam sambil memetik buah, kalo saya sih minta tolong si mbak guide untuk mengambilkan karena biasanya jambu yang matang berada di area dalam.




Area kebun jambu satu area dengan area outbound dan adventure, paket-paket yang ditawarkan tidak termasuk include dengan tiket masuk, untuk menikmati berbagai permainan kita membayar lagi sesuai dengan permainan yang diinginkan, karena saya bersama si nay jadinya permainan ini saya lewatkan daripada si nay jejeritan offroad naik motor Trail atau ATV, padahal saya mupeng ngelihat orang naik motor trail bermandikan lumpur..hemmm nunggu si nay gede dulu kayaknya…




Puas menjelajahi kebun jambu, saya bersama guide menuju kebun apel dari pintu masuk utama dengan menaiki kendaraan pickup yang mirip kereta kelinci. Area apel ini lebih licin daripada area jambu, dengan terpaksa saya memilih bertelanjang kaki daripada nanti terpeleset dan bunyi bummm bila terjatuh .Sambil menikmati suasana berbecek-becek saya memetik apel dan menikmatinya langsung yang rasanya manis dan masih segar .






Menikmati kebun jambu dan kebun buah lumayan bikin ngos-ngosan dan tenaga terkuras, roti bakar, jus jambu, coffe dan cenil yang disajikan di cafe agrokusuma sedikit mengobati rasa kelelahan saya.


 photo c90a39aa-5524-4936-bf63-c7cd79007455.jpg
(Sayang fotonya ngeblur)

Kusuma AGrowisata
Jl. Abdul Gani Atas
Batu-Jawa Timur

You Might Also Like

4 komentar

  1. Jika menginap di hotel kusuma agro wisata, apakah mendapatkan fasilitas tersebut tanpa dipungut biaya tambahan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, jika menginap mendapat fasilitas gratis petik buah.

      Delete