Cara Naik KTX di Korea Selatan

Rencana awal saya untuk menuju Seoul dari Busan adalah menaiki bus ekspress korail dengan durasi waktu sekitar 4-5 jam. Namun rasa lelah perjalanan dari Surabaya ke Kuala Lumpur selama 3 jam dilanjutkan transit di LCCT selama 5 jam dan penerbangan selanjutnya pada dini hari pukul 00.30 dari Kuala Lumpur ke Busan selama 6 jam, memaksa saya untuk memilih Korea Train Express (KTX) sebagai Plan B. Alasan inilah yang membuat saya memesan tiket KTX di LCCT mengandalkan wifi gratisan.

Ketika sampai di Busan Station untuk menaiki KTX saya terlambat 10 menit. Keputusan yang tergesa-gesa untuk membeli tiket KTX melalui online membuat saya sangat menyesal. Peraturannya, jika booking online apabila kita terlambat datang dari jadwal tiket maka akan terkena charge pembatalan sebanyak 15% yang akan dipotong dari kartu kredit. Untuk sisa pembelian tiket tadi yang sudah dipotong charge akan dikembalikan melalui karu kredit. Karena terlambat inilah saya kemudian harus membeli tiket baru, dan saya menyadari betapa mudahnya membeli tiket KTX melalui ticket machine.

Berikut kronologis keterlambatan menaiki KTX dan membeli tiket KTX melalui ticket machine :
Busan Station merupakan station khusus untuk menaiki KTX. Untuk menaiki KTX dari Busan ke Seoul bisa melalui Busan Station dan Gupo Station. Menuju station KTX dari airport adalah menaiki Busan Gimhae Light Train yaitu jalur kereta yang menghubungkan dari airport Busan dan Gimhae. Setelah menaiki Busan Gimhae Light Train maka perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kereta subway. Dua kereta ini memiliki jalur yang berbeda namun antar station saling terintegrasi.

Untuk rute menuju Busan Station adalah Gimhae International Airport menuju Busan Gimhae Light Rail Train yaitu keluar melalui pintu exit airport kemudian lurus menyeberang jalan dan gedung Light Rail Train ada di sebelah kanan. Untuk menaiki Gimhae Light Rail Train ini kita bisa membeli tiket di mesin yang disediakan. Cara untuk membeli tiket, cari bahasa English terlebih dahulu kemudian tekan tombol Sasang sebagai rute pemberhentian terakhir.

Di Sasang setelah turun dari GLRT, saya menuju jalur subway. Saya kemudian membeli tiket Subway untuk tujuan selanjutnya ke Busan Station. Rutenya : Sasang - Seomyeon (line 2 jalur hijau), transfer di Seomyeon (line 1, jalur orange) menuju Busan Station. Turun di Busan Station jalur subway keluar melalui pintu exit 8. Untuk menuju Busan Station terminal KTX, dari exit 8 jalan lurus saja maka akan terlihat gedung berwarna biru. Oh ya jangan sampai bingung ya, jalur busan station subway berbeda dengan busan station KTX, karena namanya sama banyak wisawatan yang kebingungan padahal kedua jalur kereta ini memiliki gedung yang berbeda.


Biar mudah saya tandai rute diatas :

garis merah : Airport ke sasang (Gimhae Light Train)
garis kuning : Naik Subway dari Sasang ke Seomyeon (transfer)ke line 1
garis ungu : Seomyeon ke Busan Station.
Alternatif ke-2 dari airport ke station KTX bisa melalui : GLRT turun di Daejeo Station. Lalu naik subway turun di Gupo Station. Untuk alternatif ke-2 ini lebih dekat menuju station KTX dari Gupo Station dibandingkan menuju Busan Station (±40 menit dari airport).
 photo 2e7dafb3-6921-435f-8fe0-b2f3e36e41fd.jpg
(Busan Station)


Sampai di Busan Station, saya menuju counter tiket dan petugas memberitahukan kalo KTX sudah berangkat, sedangkan untuk tiket yang sudah terlanjur saya beli online akan terkena charge sebesar 15% dari harga tiket yang langsung akan didebetkan dari kartu kredit. Perjalanan dari airport menuju Busan station sekitar 1 jam. Terkadang antrian imigrasi dan perjalanan dengan membawa koper yang membuat perjalanan menjadi lama sehingga susah untuk memperkirakan waktunya.

Sempat shock KTX sudah berangkat yang membuat saya mau tidak mau harus membeli tiket KTX baru dengan jam berikutnya. Saya kemudian membeli melalui ticket machine yang banyak disediakan di Busan Station. Cara membeli tiket ini di ticket vending machine sangat mudah yaitu pilih bahasa English kemudian pilih tiket tujuan kemudian masukkan uang selanjutnya tiket keluar (praktis banget). Pembelian melalui mesin maupun counter jauh lebih murah dibandingkan dengan tiket onlie. Untuk book online harganya W58.400 sedangkan pembelian di Busan Station W54.400 selisih W4.000 won (lumayan bila dikurskan).

 photo 0edc9d73-2c27-49ba-8a3e-f5bd40644fec.jpg
(Ticketing Machine di Busan Station)


Kesimpulannya, untuk menaiki KTX tidaklah harus book online terlebih dahulu. Padahal saya baca beberapa blog, banyak yang menuliskan jika kita naik KTX harus book online, apabila tidak membeli online maka kita tidak akan kebagian kursi KTX. Nyatanya KTX ini ada setiap 1 jam sekali, meski tanpa book online kita pasti bisa naik KTX.

Cara menaiki kereta adalah ditiket akan tertera nomor gerbong dan nomor seat. Nomor gerbong ditempelkan di pintu masuk gerbang. Jika mendapat tiket gerbong 12 maka carilah gerbong Car 12 lalu carilah tempat duduk sesuai seat yang tertera di tiket (nomor seat ada diatas kursi). Di area kereta KTX ini tidak ada petugas, maka jika ingin bertanya maka tanyalah penumpang lainnya. Meski begitu mereka tidak bisa berbahasa Inggris namun jika ingin bertanya tunjukkan saja tiket kita dan kita akan ditunjukkan dengan bahasa korea dan isyarat (mudah-mudahan tidak nambah bingung yah he..he..he).



Suasana didalam KTX ini benar-benar nyaman dan bersih, kursi cukup empuk, meja untuk laptop/tabs, tempat untuk kaki, majalah berbahasa korea , free wifi 2 jam dan jika ingin makan ataupun minum setiap beberapa menit ada petugas yang menjajakan makanan yang tentunya bukan gratis yah ^_^

 photo 8bbadf92-51dc-4571-915c-86608fe00a76.jpg

You Might Also Like

16 komentar

  1. Hi,kak boleh minta emailnya?aku mau naik KTX juga soalnya dan mau tanya ttg trip south korea nya..makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa di wrdtl@yahoo.com atau dm twitter yah :)

      Delete
  2. Hai vika.. aku mau tny harga kamu naik KTX 58400 won itu one way? Aku liat di website korail untuk pergi 4 org ada pilihan saver dan hrg 83700 won untuk 3 days pass. Apakah hrg ini sudah termasuk ticket pulang pergi? Apa tersedia juga di seoul station?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya pilih kemarin yang one way, soalnya setelah dari Busan -Seoul trus Seoul-Busan lagi empat hari kemudian jadi saya nggak ambil yg 3 day pass. Ticket 3 day pas itu bisa digunakan untuk unlimited selama 3 hari, terserah mau berapa kali juga gak masalah.

      KR 3 Day pass yang seharga 83.700 untuk min book group 2-5 orang, perorangnya dikenakan 83.700. Ticket tersedia diseluruh Seoul station KTX. Kalau boleh tahu rencananya pakai KR pass ini mau kemana saja?


      Info lengkap bisa cek di : http://www.letskorail.com/ebizbf/EbizBfKrPassAbout.do

      Delete
    2. Hai vika... saya dari seoul cuma ke busan tapi cuma 1 malam. Jadi saya bisa beli yg 3days pass ya? Maksudnya itu sudah termasuk tiket pulang pergi ya?apakah dgn harga 83700 won per org bisa digunakan untuk tujuan dari Seoul ke Busan lalu balik Seoul lagi?apakah harga di Seoul Station sama dgn harga booking melalui web karena saya pergi 4 org.kalo di web kan ada pilihan Saver.thanks

      Delete
    3. iya unlimited, tiap hari PP ke Seoul-Busan selama 3 hari jg gpp :). atau bisa juga kekota lainnya.

      Jadi amannya kalau mau KTX pass saver booking online aja ya. Nanti kalo di Seoul station mau naik KTX ditukarin ticket dicounternya untuk mendapatkan nomor kursinya.

      Delete
  3. wah this is very helpful, thank you, dr kmrn mikir perlu book online gk ya tiket ktx-nya, tp ternyata kamu blg gampang bgt beli langsung di mesinnya. aku rencana mei ke korea, tp tiket pesawatnya ke incheon, smnt hrs berkunjung ke rmh tmn di ulsan , jd harus naek ktx d hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes saya sarankan jangan book online. Pakai ticket machine jauh lebih aman.

      Delete
  4. Kalo beli KR pass harus online ato bisa langsung mbak vika???...
    Trus kalo dari gyeongju ke seoul ada ktx juga??
    Akomodasi yg paling efisien apa ya mbak vika??
    Biar gak abis waktunya di jalan.....hehehe
    Btw tengkiu banget mbak vika...n salam kenal ya... ;)

    ReplyDelete
  5. ktx schedulenya dari jam berapa terpagi dan termalam ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di websitenya jadwalnya ada dear, mulai jam 6 pagi sampai 11 malam, tiap sejam.

      Delete
  6. Dear Mbak,
    Bagus banget info nya, aku rencana mau ke Busan dari Seoul bulan May 2016 ini, sepertinya juga mau naik KTX .. terima kasih info nya ya mbak

    Rika -Jakarta-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhhh sama aku juga mei mau ke korsel lagi :D

      Delete
    2. Hai kak, rencana saya mei ini juga ke korsel, tapi lewat busan
      rencananya mau pilih naik bus untuk ke seoul
      saya cari-cari info baru nemu harga tiketnya aja, untuk transport dari bandara gimhae ke terminal busnya gimana yaa? siapa tau kakak ada info tentang bus dari busan ke seoul :)

      Delete
    3. Maaf baru balas :D

      Nanti naik subway turun di Sasang. Nah di Sasang ini nanti ada sign yang mengarahkan ke terminal bus. Ngga perlu khawatir nyasar, karena di Subway Busan ada petugas yang bisa english.

      Good Luck ya

      Delete