Menikmati Fasilitas Tigerconnect

Sudah pernah nyobain tentang fasilitas tigerconnect? Jika belum, tidak perlu ragu untuk memilih fasilitas nyaman dari maskapai tigerair. Tigerconnect adalah fasilitas airport transfer diperuntukkan jika kita transit di Changi Airport Singapura, fitur tersebut menawarkan kemudahan bagi penumpang tanpa harus mengambil bagasi, bagasi akan ditransfer langsung kepesawat tujuan kita berikutnya dan kita tidak perlu melewati imigrasi lagi. Info lengkap tentang tigerconnect bisa cek disini

Fasilitas tigerconnect adalah salah satu “option” ketika kita melakukan penerbangan dengan tigerair, artinya mau dipilih boleh atau tidak dipilih juga tidak masalah, karena fasilitas ini bukan “free” alias bayar. Biaya untuk menikmati fasilitas tigerconncet adalah sebesar Rp. 215.500,- memang tidak murah tetapi menguunakan fasilitas ini bikin kita tidak ribet, transit adalah hal yang sangat melelahkan karena menunggu hingga berjam-jam, dengan fasilitas tigerconnect kita bisa menikmati beberapa fasilitas changi airport seperti tur gratis keliling Singapore, butterfly garden maupun sekedar jalan-jalan di bandara tanpa ribet membawa tas ataupun koper.

Jika pernah menggunakan fasilitas fly thru airasia, kedua fasilitas ini hampir sama yang membedakan adalah fly thru milik airasia yang hanya bisa digunakan di LCC Kuala lumpur dan Don mueang Bangkok, sedangkan tigerconnect digunakan ketika transit di Changi Airport – Singapore. (Fly thru airasia akan saya bahas lagi).

Saya menikmati fasilitas tigerconncet ini karena tidak sengaja (baca di Pengalaman naik tigerair), dikarenakan penghapusan rute Surabaya ke Kuala Lumpur, akhirnya saya mendapatkan ganti tiket dari tigerair Surabaya-Singapore dan Singapore –Kuala Lumpur yang include dengan tigerconnect. Untuk pembelian tigerconnect ini bisa dilakukan sewaktu kita melakukan pembelian booking tiket pesawat, namun jika ingin pembelian langsung sewaktu check inn di bandara keberangkatan, saya kurang tahu diperbolehkan atau tidak.

Bagaimana cara menggunakan tigerconnect? Mudah, ketika check inn di bandara keberangkatan, petugas memberikan selembar kertas bukti bagasi saya menggunakan tigerconnect, sedangkan bagasi saya diberikan sticker berwarna pink, sticker ini yang akan membedakan mana tas yang menggunakan tigerconnect, kita tidak perlu khawatir bagasi kita akan tertinggal di bandara transit.

Selanjutnya ketika sampai di changi airport saya menuju ke Terminal 1 transit lounge E, counter transit lounge E ini lumayan jauh dari tempat penumpang turun pesawat, banyak penumpang yang bingung karena counter transit lounge F lebih dekat dan penumpang banyak yang memperkirakan lounge F ini adalah lounge E, namun fasilitas transit lounge F diperuntukkan khusus untuk maskapai pesawat Silk air dan Singapore Airlines.

Untuk menuju ke transit lounge E, berjalan saja lurus ketika sudah memasuki gedung changi airport. Nah, jika melihat transit lounge F maka beloklah ke kanan dan berjalan lurus lagi sekitar 100 meter hingga menemukan transit lounge E yang terletak disebelah kanan. Berjalan di changi airport ini tidak bakalan boring karena sepanjang jalan ada toko-toko di kanan kiri dengan brand-brand ternama juga taman-taman yang indah.

Di counter transit lounge E, saya menyerahkan kertas bukti tigerconnect kepada petugas, selanjutnya petugas memproses bagasi saya. Transit lounge E ini, tidak hanya untuk tigerair saja tetapi juga untuk maskapai Air India, All Nippon Airways, Asiana Airlines, Etihad Airways, Korean Air, Lao Airlines, Malaysia Airlines, Philippine Airlines dan Royal Brunei Airlines, jadi petugas counter bukanlah customer service dari tigerair, melainkan untuk semua maskapai yang saya sebutkan.

Setelah melaporkan bagasi, selanjutnya saya bebas berjalan-jalan menikmati fasilitas dari changi airport dengan beberapa aktifitas transit yang tersedia di bandara. Bingung mau menikmati apa saja ketika transit, bisa di cek disini

You Might Also Like

17 komentar

  1. Boleh nanya g sist ?
    Bisa g kita transit tanpa menggunakan tiger connect ??
    Cz saya beli tiket by Airpaz
    Di situ g dicantumin tiger connect nya

    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tigerconnect itu hanya fasilitas untuk penerbangan transit tanpa perlu repot mengambil bagasi ketika pesawat di bandara transit. Kalo tidak membeli tigerconnect nanti dibandara transit ambil bagasi lalu check inn di penerbangan lanjutan. Jadi, tigerconnect boleh dipilih atau tidak, tidak ada masalah.

      Delete
  2. Halo sis mau nanya juga,
    saya juga ngga beli tigerconnect, tapi ada transit di singapore 3 jam.
    untuk clear immigration sama chekin lagi penerbangan selanjutnya seharusya tidak ada masalah ya dalam waktu 3 jam?
    Apa nanti diharuskan membeli "changi airport transit service" di bandara soekarno / changi?
    Anggap saja seperti saya ke singapore, keluar bandara kemudian masuk lagi ya sis?
    Selama tidak menikmati transit lounge saya tidak perlu bayar ya?

    Apakah imigrasi singapore sangat padat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Imigrasi Singapore memang padat apalagi jika weekend, tapi saya rasa cukup jika keluar imigrasi + nunggu bagasi + check inn lagi + cari gate dalam waktu 3 jam . Yang perlu digarisbawahi adalah bandara Singapore itu sangat luas, jadi sebaiknya jalan cepat dan pastikan tahu no gate/ boarding yang dituju.

      Tidak perlu membeli changi airport transit service atau transit lounge, karena jadwal yang mepet cuma 3 jam sudah habis buat lari-lari hehehe

      Gud luck

      Delete
    2. Wah terima kasih sis, infonya... sangat membantu banget.
      Jadi tenang, soalnya ketika menelepon cs-nya seolah-olah diwajibkan untuk membeli transit service. Terima kasih hehehe..
      Setelah keluar imigrasi saya tinggal masuk lagi ke counter check-in tiger di terminal 2 lagi ya..

      belum pernah transit dengan clear imigrasi soalnya saya hehe ^^"

      Delete
  3. Sis nanya donk :)
    Kalo kita pilih pakai tigerconnect waktu booking, itu berarti kita ga perlu lagi membeli biaya check in bagasi untuk transitnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap harus membeli bagasi + tigerconnect

      Delete
  4. Hi sis, thanks infonya..

    Saya ingin bertanya, kalau transitnya sekitar 21 jam dan ingin menginap di hotel di kota singaporenya apakah perlu membeli tiger connect ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tigerconnect ini kan ngga wajib, kalo ngga mau ribet ya ambil tigerconnect. Kalo mau hemat ya lebih baik tidak perlu mengambil tigerconnect hahhaha jawabku malah bikin bingung ya :D

      Kalo aku pribadi ngga perlu ambil tigerconnect, bawa aja bagasi ke hotel di Singapore lebih hemat dan siapa tahu nanti belanja di Singapore bisa langsung dimasukin koper. Kalo tigerconnect kan kita ketemu koper di Negara tujuan berikutnya :D

      Delete
    2. ohh berarti keluar aja lalu nanti besokannya masuk lagi kayak biasa dong ya? kita ga bawa bagasi soalnya.. jadi gaperlu pindah pindah bagasi.. perlu lapor kemana ya? ke pihak tigernya buat kasih tau kalau transit 1 hari..

      maap nih sis banyak nanya.. hehe

      Delete
    3. nah kalo ga ada bagasi nggak perlu ambil tigerconnect, karena fungsinya kan fasilitas ini transfer bagasi langsung tanpa mengambil bagasi di Negara transit.

      Kalo mengambil tigerconnect diwajibkan lapor ke Transit Louneg Tiger untuk mendapatkan boarding pass check inn untuk penerbangan selanjutnya dan transfer bagasi. Untuk yang tidak mengambil tigerconnect sepertinya harus check inn lagi untuk penerbangan selanjutnya.

      Nah kalo keluar dari airport atau mau ke kota Singapore, otomatis maka kamu harus keluar untuk imigrasi. Bsknya untuk penerbangan selanjutnya maka juga harus check inn dan imigrasi lagi.

      Biar nggak bingung dan memastikan lebih baik menghubungi call center Tigerair^^

      Delete
  5. Sis,mau nanya dong. Aku kan terbang dr ho chi minh ke jkt, transit di singapur. Lumayan lama transitnya sekitar 13jam 55menit. Rencananya mau keluar airport pas sore dan balik lg ke airport malam harinya. Sebaiknya mengambil tigerconnect atau tidak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku suka pake tigerconnect biar nggak repot oper bagasinya, jadi kita bebas keluar singapore tanpa menitipkan koper atau bawa koper :)

      Delete
  6. Sis.. Mau tanya nie.. Ak ka n ga pake tigerconnect lalu ad transit sekitar 6jam an. Itu keluar imigrasi trus bisa langsung check in lg ga?atau harus nunggu berapa jam sebelum next flight... Trus klo pake transit louge itu bayar ya?? Klo mw nikmatin fasilitas airport changi yg free aj gpp kan? Soalnya ga keluar airport cuma mau di changi aj..makasih sebelumnya ya sis.. Mav banyak nanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo Singapore bisa all check inn. Transit lounge harus bayar :D tapi kalo di Changi tanpa masuk di transit lounge bisa jalan-jalan setelah imigrasi 6 jam nggak akan terasa :D

      Delete
  7. sis mau nny jd kalau beli lewat traveloka atau agen travel. cara beli tiger connectnya utnuk 3 org gmn ya? apakah sy harus beli 3 paket tiger connect nya?kmrn mbaknya beli dmn ya tiketnya? bs otomatis dpt tiger connectnya?

    trs stlg kita dpt yg tiger connectnya. saya lsg ke transfer desk nya gt ya? nti dpt boarding pass dan lugage tag lg gt? baru ke gatenya gt ya mb? thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kan untuk web check inn meskipun pesan di traveloka atau travel agent tetap di websitenya tiger air. Nah itu bisa juga menambahakan tigerconnect dengan pembayaran menggunakan kartu kredit.

      tiger connect langsung seperti check inn biasanya, ntar ditiket dicantumkan sama mereka, kalo sudah dibandara transit dilaporkan lagi. Untuk luggage tag sudah diberikan tanda sama mereka ketika check inn di Indonesia, nanti di negara tujuan tinggal dicek lagi sama mereka.

      Delete