Setiap kurang lebih tiga bulanan saya selalu mendapat gaji google adsense, dari situlah blog ini mendapat pemasukan dari hasil iklan google. Hasilnya memang tak begitu banyak dan lama, tapi dengan google adsense saya bisa menghidupi blog ini untuk wisata kuliner dan wisata lokal. Memang benar jika ada yang beranggapan hasil google adsense itu hanya receh yang sekali klik hanya dibawah $1, namun uang receh jika dikumpulkan akan menjadi jutaan juga kan. Jadi yang sudah mempunyai blog namun belum mempunyai google adsense wajib hukumnya untuk mendaftar iklan dari google ini…

Cara pembayaran google adsense itu ada banyak yaitu Western Union, Transfer Rekening Bank dan Check via Secured Express Delivery. Namun dari ketiga pilihan tersebut yang gratis adalah Western Union, yang kemudian jadi pilihan saya untuk mencairkan google adsense. Syarat dari pencairan Western Union ini, jika google adsense sudah mencapai $100 maka uang iklan ini baru bisa dicairkan. Namun, kelemahan dari Western Union ini adalah sistem kursnya yang lebih murah dari kurs bank, biasanya ada selisih dari kurs bank sekitar 200-300 perak, ya anggap saja itu biaya dari pencairan melalui Western Union yang gratis karena jika memakai cek masih ada biaya sekitar $25.

Biasanya saya mendapatkan uang dari google adsense per tanggal 23, nanti kita akan dikirimkan nomor MTCN yang dikirimkan melalui email atau bisa di download melalui website google adsense melalui profil kita. Nah, setelah mendapatkan nomor MTCN kita bisa memilih tempat pengambilan pencairan melalui Kantor Pos, Indomaret, Bank Danamon, Bank Mandiri, CIMB NIaga. Jika pencairan melalui Bank aka ada biaya materai sebesar Rp 6.000, sedangkan melalui kantor pos adalah gratis. Tentunya pilihan saya yang gratisan hehehe melalui kantor pos, sejak kantor pos bertransformasi melalui “One Stop Payment” saya sangat menyukai dengan pelayanan mereka yang makin ramah.

Okay, jika melakukan pencairan google adsense lewat Western Union di kantor pos, syarat dan cara pencairannya sebagai berikut :

  1. Siapkan KTP asli + foto copy KTP
  2. Siapkan print out MTCN Western Union yang dikirimkan google adsense


  3. Ambil nomor antrian di kantor Pos
  4. Ambil slip pencairan Western Union ditempat yang disediakan lalu isi sesuai KTP dan MTCN


  5. Slip Penerimaan Uang Western Union
  6. Setelah dipanggil serahkan syarat-syarat diatas, lalu petugas kantor pos akan segera memprosesnya.
  7. Kita akan memperoleh resi bayar untuk di tanda tangan
Enaknya jika memilih kantor pos, jam buka mereka adalah sampai sore hari, biasanya saya suka mengambil Western Union diatas jam 15.00 karena pada jam-jam tersebut kantor pos lebih sepi dari pengunjung. Untuk yang belum mempunyai google adsense bisa lihat syarat pengajuan google adsense melalui artkel berikut.


Jam buka Kantor Pos