Hongkong Day 2 : Disneyland Hongkong

Mengisi kegiatan hari ke-2 di Hongkong, saya merencakan untuk mengujungi Disneyland Hongkong yang terkenal ituuuh. Cara ke Disneyland Hongkong sangatlah mudah, yaitu turun di MTR Sunny Bay kemudian dilanjutkan MTR Disneyland Resort yang bergambar Mickey khas Disney. Kereta Disney yang mengantarkan saya menuju Disneyland ThemePark ini unik banget. Terlihat jendela dan pegangan tangan berbentuk wajah Mickey. Untuk tempat duduknya ada sofa yang berbentuk melingkar yang hanya bisa menampung sekitar 5 orang, sedangkan penumpang lainnya kebanyakan berdiri.

Kereta Disneyland Hongkong


Spot foto wajib


Pukul 10.00 saya sudah sampai di pintu gerbang Disneyland Hongkong. Tiketnya sudah membeli secara online seharga HKD499 untuk adult. Sebenarnya banyak referensi tiket murah seperti asiatravel.com atau agen travel di Hongkong seharga HKD474, namun waktu itu di website Disneyland Hongkong memberika promo tiket dengan include makan. 

Pilihan menu makannya terserah mau pilih makan dimana saja dan harga berapa saja yang paketnya sudah termasuk minum juga. Ketika browsing saya mencari harga makan di Disneyland Hongkong rata-rata HKD120 keatas atau jika dikurskan sekitar Rp 200.000,- jadi tiket Disneyland ini menolong banget untuk menghemat anggaran.




Karena ini bukan hari libur, Disneyland Hongkong lumayan lengang, tapi bukan berarti sepi pengunjung. Entahlah, ada saja wisatawan dari berbagai macam bangsa yang berdatangan di Disneyland Hongkong ini. Tiket online yang sudah saya print out kemudian ditukarkan dengan tiket masuk Disneyland Hongkong dan voucher untuk makan. 

Sebelum masuk kawasan Themepark Disneyland, ada pemeriksaan tas terlebih dahulu. Petugas akan menyita makanan berat seperti nasi, namun untuk camilan maupun air mineral bisa dibawa masuk. Jadi kalo pengen irit bawa saja camilan dan air mineral buat mengganjal perut.


Yes, lumayan sepi


Masuk Disneyland Hongkong jangan lupa ambil mapnya. Kalo lagi males baca yang English, map juga tersedia dalam Bahasa Indonesia. Ngga usah gaya-gayaan ambil yang bahasa mandarin wekekeke.. Hongkong Disneyland Park ini luasss banget, kalah deh sama luasnya Universal Studio Singapore. Didalemnya terbagi dalam zona Adventure Land, Fantasy Land, Grizzly Gluch, Main Street Usa, Mystic Point, Tomorrowland dan Toy story land.


Adventureland


Fantasyland


Toy Storryland


Grizzly Gluch


Anyway, karena sudah banyak sekali blog menceritakan tentang Disneyland Hongkong secara lengkap, dalam postingan ini saya akan mengulas informasi yang sedikit berbeda dari kebanyakan blog. Saya akan membahas mulai dari Permainan ekstrim, Bando Disney, Musholla dan Makanan Halal, semoga informasinya membantu teman-teman yang akan bertualang ke Disneyland Hongkong.


Permainan Ekstrim di Disneyland Hongkong
Membaca review dari beberapa blog, banyak yang bilang jika Disneyland Hongkong ini permainannya lebih cocok buat anak-anak. Kalo suka yang ekstrim lebih baik memilih Ocean Park. Beruntunglah saya ini orangnya penakut, mendengar kabar kalo Disneyland Hongkong permainannya kebanyakan buat anak-anak, saya malah girang. Saya nih naik odong-odong yang kayak di Dufan aja kadang mikir, apalagi kalo naik roller coaster ngelihat aja saya sudah mual duluan wakaka…
 
Sewaktu saya berkeliling saya menemukan beberapa permainan ekstrim yaitu

Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars di Zona Grizzly Gluch
Ini permainan memang kelihatan ekstrim banget. Lintasannya panjang banget dan meliuk-liuk. Teriakan pengunjungnya juga lebih kencang daripada permainan lainnya. Permainannya berupa roller coaster dengan setting kereta yang melintasi sebuah gurun ala Amerika.

Sumber foto: Website Disneyland Hongkong

Space Mountain di Zona Tomorrowland
Sumber foto: Website Disneyland Hongkong

Rc Racer di Zona Toy Storry Land
Sumber foto: Website Disneyland Hongkong

selain itu adalah permainan yang cocok untuk anak-anak atau orang cemen seperti saya ini.

Bando Disney
Dari dulu saya pengen banget majang foto ke Disneyland Hongkong sambil memakai bando Mickey. Hampir beberapa hari menjelang Hari “H” saya mulai berpikir kalo harga bando khas Disneyland pasti mahal bingittt sampai Rp 200.000,-an, jadilah saya membeli bando mickey di Indonesia seharga Rp 25.000,- 

Nah, ketika di Disneyland Hongkong saya langsung survey harga bando tersebut dan ternyata harga termurah yaitu HKD108 atau Rp 185.000,-an. Dibandingkan dengan bando saya, bando Mickey ini bentuknya lebih besar, bulunya lebih halus dan tebal sedangkan punya saya seperti ituh hahaha Tapi bagus kok ngga malu-maluin kalo dipake disana dan kalo difotopun ngga kelihatan kw-nya. Kalo pengen bando kayak saya, komentar aja di postingan bawah nanti saya kasih alamat online shopnya.




Makanan Halal
Ada dua restoran makanan halal yang berada di Disneyland Hongkong, yaitu Tahitian Terrace di Zona Adventure Land dan Eplore’r Club Restoran di Zona Mystic Point. Kebanyakan wisatawan Indonesia banyak yang mencicipi makanan di Tahitian Terrace karena restoran ini lebih mudah dicari. Awalnya saya juga berniat makan di Tahitian Terrace yang menyajikan makanan Asia Selatan dan India, namun karena waktu itu belum jam 12 siang maka restoran ini masih tutup. Sayapun membatalkan mengisi perut di Tahitian Terrace.


Tahitian Terrace


Menu Tahitian Terrace


Melangkahkan kaki dibeberapa zona, saya akhirnya menemukan Explore’r Club Restoran dengan bangunan berwarna kecoklatan. Disini saya bisa memilih aneka makanan dari Korea, Indonesia, Jepang, Malaysia dan Singapore. Saya juga sempat melirik menu Indonesia yang sepi pengunjung. Namun, saya sengaja tidak memesan menu Indonesia, masak jauh-jauh ke Hongkong makannya penyetan atau nasi goreng eaaaa (sombong bingit hehehe). 

Voucher yang saya miliki ini bebas menentukan mana saja makanan yang saya inginkan. Mumpung sudah include saya pesannya yang paling mahal seharga HKD 138 yaitu Hainanse Chicken Rice Combo, sedangkan adek saya memesan Deep fried Chicken Steak dengan harga yang sama jika dikurskan Rp 235.000,- Untuk rasa sih so so, dibilang enak banget juga ngga, dibilang ngga enak juga enak halah piye tho tapi kok habis.


The explore'r club





Musholla di Disneyland Hongkong

Biasanya pengunjung banyak menghabiskan waktu di Disneyland Hongkong mulai pagi hingga malam hari. Jika mau beribadah sholat, yang menyedihkan di Disneyland Hongkong ini tidak tersedia Prayer room alias musholla. Padahal lokasi Disneyland Hongkong ini luaaaaas banget. 

Saya membaca peta secara mendetail sambil membelalakkan mata untuk mencari lokasi musholla. Pikir saya waktu itu, masak ada makanan halal pasti juga ada musholla yang nyempil seperti di Universal Studio Singapore. Tapi saya tetap tidak menemukan “prayer room” dipeta. Sebaiknya, kalo bawa rukuh lipat, bisa cari spot yang sepi sambil bawa Koran untuk dijadikan alasnya.

Berburu Foto Tokoh-Tokoh Kartun Disneyland Hongkong


Sama halnya dengan theme park lainnya, disetiap zona Disneyland Hongkong selalu ada spot untuk berfoto dengan tokoh kartun. Meskipun antri, saya bisa mendapatkan 9 foto dengan tokoh kartun yang berbeda hehehe





......


Jika ke Disneyland Hongkong jangan sampai melewatkan atraksi-atraksi yang menarik. Waktu itu saya melewatkan atraksi parade tokoh-tokoh Disney karena lupa baca Schedulenya. Namun saya tidak melewatkan menonton parade tokoh Disney menjelang penutupan theme park ini pada pukul 20.00, tokoh kartun Disney ini menari dan berjalan mengelilingi jalan-jalan area Disneyland Hongkong dengan lampu-lampu menarik. 

Saya menyempatkan mendokumentasikan lewat video, nanti deh saya share di blog. Dengan tiket Disneyland Hongkong yang cukup mahal HKD 499, saya rasa kita harus full menghabiskan waktu dari pagi mulai jam 10.00 hingga 21.00 biar ngga rugi. Namun, saya melewatkan pertunjukan kembang api karena sudah kelelahan, dan keluar dari Disneyland Hongkong pada pukul 21.30.


Pengunjung yang lagi nunggu parade penutupan


You Might Also Like

65 komentar

  1. halo ka bando disney yang murah di olshop mana ya?pengen beli nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi bisa lihat di instagramnya : @aksesorismira

      Delete
  2. Mba, beli tiket online utk masuk ke disneyland nya yg mudah yg sperti tiket mba dapetin itu di mana mba? Mksih y mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu ada promo tiket+lunch jadi aq pesan di website disneyland di www.hongkongdisneyland.com atau bisa juga di asiatravel biasanya mereka ada promo tiket lebih murah.

      Delete
  3. Rencana nya aq mau liburan bbrpa hri k hk januari depan mba, ini pengalman pertama. Prginya bareng temen. Klo dr bandara, disneyland brp jam waktu tempuh mba? Dan bagusnya utk mudah bepergian k t42 wsta di hongkong, kita nginap didaerah mana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 1,5 jam an. Aq kemarin menginap di kawasan causewaybay dengan alasan cari penginapan yang lebih baik daripada di kowloon. Kadang di kowloon itu penginapannya kurang manusiawi, tempatnya sangat sempit kumuh. Bedanya, kalo di kowloon itu dekat sama tempat2 wisata seperti ladies market, avenue star dll Sedangkan causewaybay itu suasana hongkong modern, penginapan kita dekat tempat belanja seperti mal.

      Delete
  4. Mba nginapnya dimana? Utk booking t4 penginapan yg murah tetwpi cukup nyaman buat kita nginap dimana y mba? Aq udh searching hotel2 dsna sih via online, tp kayakanya rata2 jutaan semua/night. Klo utk booking hostel2 gitu gmn cranya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aq ini sewa apartemen bukan hostel, di airbnb.com kalo hostel biasanya di hostelworld.com

      Delete
  5. kaka~ aku ijin ambil gambar harga tiket disneyland hk nya ya~ buat kumasukkan ke blog ku~ nanti aku akan kasih cn, yang akan nge link ke blog kaak~
    makasih ya kaka~

    nonokachan.blogspot.com
    blognya bagus.. makasih kaa~

    ReplyDelete
  6. boleh tanya ga, itu beli tiket disney nya berapa hari sebelum berangkat/ ke disney nya?
    terus kalau main di disney sehari penuh kira2 cukup ga?

    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya beli 3 minggu sebelumnya, tiketnya open date hingga 3 bulan.

      Cukup banget seharian, sampai lihat kembang api pas penutupan disneyland.

      Delete
  7. kak, tiket disneyland kalo dirupiahin sekitar brp ya?? terus untuk backpacker ke HK kira2 menghabiskan budget brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ticket disneyland sekitar 800ribu-an.

      Backpackeran habis 4 jutaan belum tiket pesawatnya tergantung promo.

      Aku kemarin soalnya waktu ke Hongkong ngga terlalu menekan budget, kulineran, shopping sama nginep di apartemen. Kalo backpackeran bisa skip dengan hostel atau tanpa kuliner yang aneh-aneh jadi lebih murah hehehe..

      Delete
  8. mbak, parade penutupan & kembang api di disneyland ada setiap malam ya?

    ReplyDelete
  9. mbak, parade penutupan & kembang api di disneyland ada setiap malam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setiap malam ada :) ini saya mau posting videonya belum sempat

      Delete
  10. Mbak nanya dong.. Saya beli tiket online Disneyland Hong Kong online tp tiketnya Dr pihak online baru kasih sewaktu sehari sebelum pemakaian.. Sedangkan saya udah brgkt ke Hong Kong 2 hr sebelum tiket mau dipakai.. Jd nanti cari tempat print di Hong Kong buat print tiket Disneyland gmn ya.. Mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga harus diprint bisa tunjukin versi online yang sudah didownload di hape.

      Kalo ragu dan pengen cetak biasanya saya minta tolong printkan receptionist penginapan. Jangan lupa bawa kertas kosong dari rumah :D karena kadang mereka perhitungan masalah kertas doang hehehe

      Delete
    2. Tp tulisannya harus diprint kyknya.. Trus saya nginapnya di apartemen mbak.. Bukan dihotel.. Memang nya apartemen ada penyedia jasa print juga mbak? Kalo di hotel pasti ada.. Dan saya pasti gA pusing lagi.. Ini saya beli Dr travel online Dr Groupon, kalo tau tiket mepet GT baru dikasi saya gak mau deh belinya.. Mohon dbntu ya.. Makasi

      Delete
  11. Trus mbak bukannya tar org travelnya kirim attachment trus kita print Dan harus dtukerkan di Disneyland? JD belum bentuk tiket Disneyland? Atau gmn ya? Saya bingung2 juga karena baru pertama kali mbak.. Ato udah dalam bntk tiket ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saya jadi ikut bingung hyahahahaha...Di apartemen mah ngga ada printer, malah saya nginep apartemen ngga ketemu pemiliknya cuma WA-an aja ngasih pin kunci kamar.

      Itu kan beli di groupon ya, coba cek travelnya dari hongkong atau Indonesia. Kalo dari Hongkong kunjungi aja lokasi kantor travelnya untuk ngeprint ticketnya.

      Kalo dulu aku book lewat website disneyland, ngga ku print ticketnya kutunjukkan online via hape terus dapat tiket masuk disneyland. Jadi intinya pemesanan online akan ditukar dengan ticket dari counter disneyland.

      Delete
  12. Travelnya di Indonesia tp beda kota ini.. Makanya pusing.. Kalo gak dah kudatangin ITU.. Ufff.. Makanya ni mau jln2 jd stress aduh gmn ya ni.. Trus disana pake bhs apa ya? Dan di Disney makanan yg murah APA? Low budget juga soalnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, mau gimana lagi tunjukin versi online aja buat ditukar tiket. Disana juga ngga ada warnet.

      Maksudnya disana itu di hongkongnya atau disneyland? Kalo disneyland petugasnya bisa inggris

      Di disneyland ngga ada yg murah, makanannya sekitar 200ribuan. Makanya waktu kesana aku beruntung ada promo gratis makan hehehe sekarang juga loh sampai Juni 2016

      Kemarin dapat harga berapa?

      Delete
    2. halo mbak vika, salam kenal. aku lagi bikin itinerary ke HK browsing2 eh nyasar ke blognya mbak vika. blog nya bagus, detail bangeeett. thanks a lot mbak hihi.

      anyway, aku punya pengalaman mirip kayak mbak jerryta tapi waktu itu aku ke universal studio singapore. jadi di web nya emg ditulis harus di cetak dan sempat email CS nya juga. biasanya disana menyediakan tempat untuk cetak e-ticket, tapi di entrance gate nya gak harus cetak fisik tiketnya. bisa di scan langsung dari hp.

      Delete
    3. Halo mbak Rhesty.. Makasi ya bantuannya.. Mudah2an cepet selese mslh sy.. Thx skali lagi..

      Delete
    4. Iya sama say :) aku di USS itu juga pernah kelupaan bawa print ticket trus waktu nukarin tiket tinggal nyerahin bukti book yg diterima via email ngga masalah :) So far mereka ngga masalahin, padahal tertulis untuk dicetak.

      Intinya sih ngga masalah ngga harus cetak tiket meskipun tertulis harap dicetak, asalkan kita punya bukti download ticket dihp. Nantinya akan dicetakkan tiket oleh mereka ;)

      Delete
  13. Kmrn dpt yg ga free apa2.. 750rb.. Rugi dong sy.. Hmm.. Harus tahan laper nih kalo mw hemat.. Haduh.. Mahal gt 200rb.. Yah mudah2an bs via online gt ya tunjukinnya

    ReplyDelete
  14. Kak, di website official disneyland apakah masih ada include meal? Aku sampai HK 28 Jun 2016.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sih habis promonya. Tapi coba nanti cek di bulan mei dan juni siapa tau ada promo include meal lagi. Ntar bookingnya kalo udah dapat promo aja.

      Delete
  15. halo sis mau nanya kalo cuma 3 hari 2 malem ada rekomendasi ga? yg jelas 1 hari di pake di disneyland hahaha.. sisanya pgn kuliner+belanja makanan / yg di ladies market buat oleh2. tapi itu khusus buat ce semua ya? ada tips buat nawarnya ga? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi arya

      Untuk referensi dan itenerary bisa langsung lihat di Overseas Travel label Hongkong, disitu sudah saya tulis lengkap :D Di Ladies Market barangnya ngga semua untuk cewek kok, banyak juga yang buat cowok kayak tas, kaos atau jam tangan. Happy Traveling ya...

      Delete
    2. ok deh nanti saya liat thanks ya :D

      Delete
  16. Hai2.. SemuaSemua sya kan baru balik Dr Hong Kong.. Cm MW pesen nih.. Kalo jalan ke ladies market jgn lupa mampir di fa yuen Street rugi juga GA mampir disana.. Fa yuen Street mirip ladies market ADA yg jual buah2an juga.. Kalo tiket Disney kemaren yg beli online gak JD pake.. Alias refund tp untungnya ADA calo disekitar sana.. Dptnya murah juga haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik udah balik dri Hongkongnya, setelah dilema masalah tiket disney akhirny clear juga :D emang mending di refund daripd pusing.

      Eh iya fa yuen street juga keren banyk baju ala bangkok n korea, penjualnya juga ngga segalak ladies market. Buat teman2 yg mau kesana caranya naik MONGKOK MTR exit B3.

      Kalo kulinernya kemana aja nih? Hahaha fenasaran

      Delete
  17. Iya lo belanja di ladies.. Penjualnya pada galak2.. Jgn sentuh ato nawat kelamaan deh kalo mank dia uda ga niat kasih kurang 1 brg.. Yg ada dia bakal ngoceh.. Kl Makan sih byk makan di fa yuen Street ama jajanan pinggiran enak juga.. N murah.. Fake shark soup jgn lupa buat nyobain.. Yg di fa yuen Street murah cm 20hkd kalo waktu ke HK musim hujan.. JD mending sediain jas hujan apalagi Disney ktnya sering hujan disana.. Gara2 hujan n nungguin hujan reda baru masuk rugi, karena GA bs liat show nya full.. Malah byk org ke Disney padaa bawa paying n jas hujan.. Mrk beruntung krn GA perlu nungguin hujan reda langsung masuk.. waktu ke ngong ping juga hujan n berkabut jdnya GA kekuatan patung big Buddha Dan Naik cable car juga sayang krn GA keliatan apa2.. Kalo suka liat suasana Malam HK.. CB Naik wheel di Hong Kong deh..Bagus..

    ReplyDelete
  18. Hello Ka, kalo dr hk airport mau ke tsuen wan naik mrt 1 org kena brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk keluar dari airport ke kota biaya airport express adalah $100 kurang lebih 170ribu. Nanti bisa dilanjut naik MTR ke tsuen wan. Untuk naik MTR waktu itu saya beli octopus jadi kurang tahu detail berapa terpotongnya karena langsung touch di gate nya.

      Kalo mau irit bisa naik bus airport biayanya selisih banyak :D

      Delete
  19. Beli tiket on line langsung dapet e tiket nya atau proses berapa hari dlu Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung dikirim via email mba :D

      Delete
    2. Halo kak, saya abs baca blog kka. Bsa info kah kak? Bulan2 apa saja yg tiket pswat promo ke HK :) trims

      Delete
    3. Sebaiknya berlangganan newsletter semua maskapi seperti AirAsia, TigerAir, Garuda Indonesia dan lainnya.. Nah jika ada promo jika kita berlangganan newsletter akan dikirimkan email. Baru aja seminggu yg lalu AirAsia promo ke Hongkong sekitar 1,8jt PP padahal normalnya tiket 5 jutaan. Coba cek TigerAir juga

      Delete
  20. Caranya gimana kak pke news letter gtu? Srius tu kak udh PP? It tgl brpa kak? Makasih byk kak infonya byk ngebantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar di website maskapai. Kan tergantung promo say, tanggalnya juga kita harus rajin ngecek

      Delete
  21. Hi sis, lebih murah mana beli tiket disneyland d website ato dsana langsung?

    ReplyDelete
  22. Biasanya lebih murah online sih :D Untuk harga 2016 on the spot adalah HK 539, harga saya di atas HK 499 harga tahun 2015.

    Kalo online di website disneyland sering ada promo free lunch, atau di website asiatravel kenanya HK512.

    ReplyDelete
  23. Ow.. klo minggu ini lg musim apa y dsana sis? Soalnya mo brgkt weekend ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minggu ini musimnya sama kayak Indonesia, berawan kadang juga hujan...siap2 bawa payung :D cek di weather.com

      Delete
  24. Hello Vika,

    Suka stalk blog mu dari kapanlalu buat susun itinerary ke HK next week..

    Mau tanya untuk tiket disneyland tukerin nya di HK apa benar harus tunjukkan credit card & paspor dan harus sama? karena rencana mau beli di website tp credit card tdk pakai punyaku apa bisa? please help..
    thank you..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, terima kasih sering mampir ke blog ini :D

      iya syaratnya memang harus paspor + credit card pemilik yang juga ikut masuk atau menukarkan tiket ke counter disneyland. Kalo tidak memiliki credit card lebih baik langsung beli di lokasi saja dear, kebetulan Sep ini juga di website nya disneyland juga lagi ngga ada promo apapun :(

      Delete
    2. Ohh I see.. hampir aja beli kemarin.. iya bener ga ada promo :(
      Kalau untuk tiket 3 in 1 the peak+tram+madame tussauds better beli di website madame tussauds atau gimana ya? karena tertarik juga lebih murah harganya.. ato Vika pernah cobain beli di golden crown ga ya? Aku soalnya ragu2 mau beli di golden crown..

      Sorry banyak nanyanya krn first time to HK..

      Delete
    3. Saya sih untuk the peak, tram & madame tussaud sangat menyarankan jangan beli langsung di sana, antrinya gilak ramai bangeeeeet ngeri deh antrinya.

      Saranku sih memang beli online aja untuk menghindari antrian :), pastinya juga lebih murah online.

      Oia, jangan pas weekend kesananya...karena weekday pun pasti antri. Lebih baik weekday saja.

      Delete
    4. ohhh okayy.. kebetulan memang aku di HK pas weekdays :)
      Thank you for your advise..

      Delete
  25. Hi mba fika...mau nanya emang di disneyland nya ada express tiket yahh.kaya vip tiket jadi masuk wahana ga perlu pake ngantri??tq before

    ReplyDelete
  26. Hi mba fika...mau nanya emang di disneyland nya ada express tiket yahh.kaya vip tiket jadi masuk wahana ga perlu pake ngantri??tq before

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahuku ngga ada dear...bisa dilihat gambar harga tiket yang kufoto di atas. Pilihan tiketnya cuma standart aja, dengan pilihan 1 atau 2 hari. Pengalaman sewaktu saya kesana antrian masuk ke wahana ngga seekstrim seperti USS Singapore, hindari saja weekend lebih baik pilih waktu weekday.

      Delete
  27. Hai mba, mau tanya info apartment dicause waybay ada apa aja ya?
    Rencana mau ke hongkong akhir nov rombongan 6 orang.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya waktu pakai airbnb, tinggal search aja nanti muncul sewa apartemen di Causewaybay. Ini referensi tentang airbnb :

      http://www.diarysivika.com/2015/11/sewa-apartemen-hongkong-di-airbnb.html

      Delete
  28. Mau tanya kalo beli tiket masuk disney yg murah di mana ya? mohon infonya ya mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ticket disneyland berdasarkan promo sih kak, jadi tiap bulan di website harganya beda2. Kayak waktu itu saya sendiri dapat harga murah di website disneyland. atau coba di asiatravel.com biasanya harganya lebih murah dari lainnya :D

      Delete
  29. Mau nanya dong , berarti bandonya itu boleh di bawa dari rumah ya ?

    ReplyDelete
  30. Hi Mbak,

    Kemaren sempat beli2 bando disneyland nya? Kalau masih ada aku beli ke mbak nya donk hehe

    ReplyDelete