Cara Ganti Domain Pribadi Dari Blogspot

Butuh waktu untuk meyakinkan diri saya membeli domain pribadi tanpa embel-embel blogspot. Bukan karena alexa yang ramping atau google pagerank namun karena ranking search engine yang cukup lumayan dan pengunjungnya yang banyak. Rata-rata artikel saya banyak yang menempati halaman 1 google bahkan nomor satu. Alasan tersebutlah membuat saya ngotot mempertahankan nama blogspot sejak tahun 2010.

Bangga dengan pencapaian yang saya peroleh, rupanya belum memantapkan nama sebagai seorang blogger. Terkadang ada email masuk untuk job review yang mengharuskan memiliki blog Top Level Domain, alexa ramping dibawah 500.000, memiliki google page rank minimal 1 bahkan domain checker diatas 14. Ketika dicecar pertanyaan demikian, sayapun langsung “mengkeret” tak ada apa-apanya. Intinya, jika kita yakin dan mantap menjadi blogger maka buatlah branding diri dengan memiliki domain pribadi untuk menaikkan image kita menjadi blogger yang konsisten.

Singkat cerita, sayapun mulai berburu penyedia domain. Syarat utamanya adalah penyedia jasa domain tersebut memiliki layanan oke dan Customer Service mudah dihubungi, sedangkan murah adalah pilihan terakhir. Pilihnya yang Indonesia saja, ribet ah kalo pake jasa luar negeri. Setelah mempertimbangkan beberapa jasa penyedia domain, saya mantap memilih www.idwebhost.com (bukan iklan loh hehe). Terus terang saya suka dengan CS-nya yang sabar banget melayani chat saya yang rewel dan gaptek ala emak-emak. Prosesnya pun cukup mudah yaitu:

  1. Buka website www.idwebhost.com
  2. Pilih ketersediaan domain, dengan mengklik tombol search. Jika available maka klik tombol domain saja. Untuk hostingnya (kapasitas space website) tetap blogspot atau wordpress, lumayan kan tetap dompleng gratisannya.



  • Oia, domain itu ada banyak pilihannya seperti .com, me, net, org dan sebagainya, kalo saya sih lebih suka dot com karena lebih familiar.
  • Setelah mengisi registrasi, lalu kita akan dikirimkan email cara pembayarannya. Biayanya Cuma Rp. 110.000,-tahun, kebetulan bulan Juni saya ada diskon Rp. 99.000,- hihihi lumayan.
  • Selesai di email, sayapun langsung transfer dan mengkonfirmasi pembayarannya. Setelah konfirmasi pembayarannya diterima, dalam 30 menit saya bisa menggunakan domain pribadi.

  • Selanjutnya, saya setting migrasi dari blogspot ke domain baru. Wah, saya sempat bingung caranya, untung si CS langsung tanggap dengan memberikan link panduannya. Sebelumya kita harus melakukan step-step berikut :
    1. Back up data postingan blog
      Untuk menyelamatkan data-data saya dari kemungkinan terburuk saya membackup semua artikel saya, caranya :
      Buka blog dan login
      Klik Setelan – Alat Blog – Expor Blog – Download
      Back up postingan blog hendaknya secara rutin ya, agar data-data kita selalu aman
    2. Setting dari hosting blospot ke domain baru. Ikuti panduannya disini, panduannya cukup mudah bagi saya yang buta dunia html. Prosesnya sekitar satu jam-an dan setelahnya kita sudah dapat melihat blog kita ke domain pribadi. Duh, terharu rasanya…
    3. Setelah memiliki domain pribadi, setting juga pengaturan nama domain tanpa www. Caranya bisa intip link idwebhost ini.
    Setelah sukses setting domain ke blog, untuk mengembalikan nama blog kita di mata google perlu juga untuk setting Google webmaster tools, Alexa, Bing, Google Analaytic, Rajin update dua hari sekali minimal dan Blogwalking. Nanti saya bagi tipsnya disesion 2 hehe. Oia, tentang artikel lama saya masih aman kok dari www.diarysivika.blogspot.com ke diarysivika.com langsung direct ke domain baru.


    Gimana? Mudah banget kan… Cuma Rp 100 ribu an pertahun udah ngga usah dipikir lagi wekeke.. Jika masih ragu, boleh tanya-tanya saya, mungkin saya bisa membantu :)

    You Might Also Like

    22 komentar

    1. asiiik udh ganti rumah nih ^o^.. moga2 jd bisa komen di blogku mba :D.. Yg kmrn2 bnran ih komenmu ga msk :(

      Aku ganti domain dan hosting ini tujuan utamanya spy rajin nulis.. rugikan udh byr mahal tp ga ditulis ;p .. Tp semuanya dibikinin ama web designer kenalanku :D.. Jd aku tau beres dan bayar doang ;p

      ReplyDelete
      Replies
      1. hihihi iya nih udah bisa komen ke wordpress, itu pula salah satu alasannya ganti domain :) Siap-siap mau BW ke blog mba

        Delete
    2. selamat mbak akhirnya...punya rumah baru yg tetep gresss...aku sampai sekarang belum tau caranya masang domain sendiri..hahaha..gaptek luar biasa ini :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. ini settingnya juga pake melototin kode html nya hahaha

        Delete
      2. wew.. sampai melototin kode htmlnya..
        tp usaha keras terbayar yak mbak.. skrng alamat blognya bisa diganti lebih keren.. selamat :)

        Delete
    3. selamat untuk rumah barunya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Makasih kak, sering mampir ya #modus hehe

        Delete
      2. selamat atas nama baru blognya.. makin smegnt nih pastinya buat ngeblog ;D

        Delete
    4. Waaah selamat ya. Jadi kapan GA selamatannya? hehee

      ReplyDelete
    5. Hahaha mak lusi bisa aja, nungguin alexa ramping n PR nya aduhai wekekeke

      ReplyDelete
    6. Simpel banget yak...mau juga nih bp ku pake domain sendiri...

      ReplyDelete
    7. aku jua mau nih mak, untuk blog ku yang satunya lagi, gampang banget yak, makasih infonya

      ReplyDelete
      Replies
      1. hihihi bisa dicoba mak, mudah banget :)

        Delete
    8. Aku juga pengen mbak...he.. di tunggu GA n BW nya mbak

      ReplyDelete
    9. Saya minta saran agar artikel yang kita buat bisa nangkring di page one google aja lah.
      susah mulu tuh nembusnya.

      kalau domain kayaknya saya belum berminat.

      btw, mau nanya sedikit
      kalau yg gratisan gimana pelayanannya?

      ReplyDelete
    10. Saya ucapkan terima kasih informasinya, semoga informasi yang Anda berikan bisa menjadi infomrasi yang bermanfaat dunia dan akhirat

      ReplyDelete
    11. Dulu waktu pertama kali pakai blogspot & ganti domain sy juga bingung :) untung ditempat sy sewa domain lengkap banget tutorialnya jadi tinggal ngikutin

      ReplyDelete
    12. selamat yak atas alamat baru di blognya, semoga makin semngat ngeblognya :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. makasih-makasih, udah ganti rumah 6 bulanan hehehe

        Delete
    13. wah, caranya simple juga yak.. soal.e punya belum costum domain :(

      ReplyDelete
    14. say juga seringnya di IDwebhost :D hehe, Domainnya murha, tapi untuk hosting lumayan mahal tapi berkualitas kok

      ReplyDelete