Top 10 Wisata Kabupaten Pasuruan

Salut untuk pariwisata Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang kini pamornya mulai mengeliat. Tengok saja Banyuwangi, Malang, Madura, Malang, Jember, Surabaya yang berlomba-lomba mempromosikan pariwisatanya. Demi meraih lonjakan wisatawan, pemerintah memperbaiki fasilitas transportasinya mulai dari pembangunan bandara, angkutan umum, free bus city tour, serta akses informasi wisatanya sudah disiapkan melalui website. Tak diragukan lagi pemasukan pariwisata ini dapat menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Selain Kabupaten (Kab) yang saya sebutkan diatas, pesona wisata Pasuruan Jatim tak kalah memikat. Pasuruan dibagi menjadi dua wilayah yaitu Kota Pasuruan dipimpin oleh Wali Kota dan Kab Pasuruan dipimpin oleh Bupati. Kedua wilayah tersebut sama menariknya, namun untuk Kab Pasuruan yang diapit oleh dua wilayah Surabaya dan Malang menjadikan lokasinya lebih strategis. Untuk akses transportasi dari luar kota, wisatawan dapat menempuh transportasi udara melalui Bandara Juanda Sidoarjo atau Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang. Selanjutnya dapat dilanjutkan naik mobil pribadi atau sewa mobil dengan jarak tempuh sekitar 1 – 1,5 jam.

Banyak sekali wisata alam Pasuruan yang cukup menarik, dan sayapun cukup sering mengunjungi obyek wisatanya. Kalo lagi mampir ke Surabaya atau ke Malang, tak ada salahnya anda mengunjungi Pasuruan. Sebagai referensi perjalanan ada “Top 10 Wisata Kabupaten Pasuruan” yang layak dikunjungi yaitu :

  1. Taman Safari Prigen
    Taman Safari Indonesia terdapat di 4 kota yaitu Bogor, Bali, Prigen-Pasuruan dan Batang-Jateng (konservasi lumba-lumba). Taman Safari Prigen ini tak kalah menariknya dengan Taman Safari Bogor dan Bali yang lebih tersohor. Lokasinya cukup luas, yaitu 40 hektar. Ketika menuju ke Taman Safari Prigen kita akan disuguhi pemandangan sawah dan bukit yang asri. Sepanjang perjalanan yang meliuk naik turun, penduduk lokal menjual hasil alam seperti wortel, ketimun dan sebagainya di kios sederhana ditepi jalan. Masuk wilayah Taman Safari Prigen kita dapat menjelajahi Adventure Satwa yaitu zona aneka satwa dari berbagai belahan dunia seperti Asia, Afrika dan Amerika. Hewan-hewan berjenis omnivora, herbivora bahkan karnivora dilepas bebas. Selain itu ada pula theme park, atraksi satwa dan safari water word yang menambah alasan wajib mengunjungi Taman Safari Prigen.







  • Gunung Bromo
    Jika selama ini anda beranggapan Gunung Bromo itu terletak di Kabupaten Malang, maka pendapat anda tidak salah. Gunung Bromo adalah milik 4 Kabupaten yaitu Kab Malang, Kab Probolinggo, Kab Lumajang dan Kab Pasuruan. Meski milik 4 kabupaten setiap daerah tersebut mengembangkan potensi wisatanya sendiri, seperti di Kab Pasuruan yang menawarkan pesona sunrise penanjakan. Penanjakan dapat dilalui dengan sewa jeep hardtop karena jalan yang kecil dan kemiringan hampir 45 derajat, biaya sewa jeep berkisar Rp. 800.000,- untuk 6 orang. Diatas penanjakan yang tingginya 2.770 mdpl kita dapat melihat indahnya sunrise yang muncul malu-malu. Jangan lupa cicipi makanan dan minuman hangat dikios-kios kecil disekitar penanjakan untuk menghalau hawa dingin.









  • Kaliandra Sejati Eco Resort

  • Masih ingat dengan film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk”? Film yang diperankan oleh Herjunot Ali, Pevita Pierce dan Reza Rahardian ini bertempat di Kaliandra Sejati Eco Resort. Lokasinya bertempat di Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Prigen, Pasuruan, sekitar 30 menit perjalanan dari Taman Safari Prigen. Didalam Kaliandra terbagi dalam beberapa spot yaitu Villa Leduk, Bharatapura dan Hastinapura. Khusus untuk Villa leduk yang digunakan untuk syuting film Kapal Van Der Wijk ini sifatnya privat tidak boleh dimasuki untuk umum. Bangunan Villa yang dibangun tahun 2000 ini, saat ini masih ditinggali oleh pemiliknya yang merupakan warga asing. Untuk pengunjung umum kita dapat mengeksplorasi kampung bawah Bharatapura ataupun kampung atas Hastinapura untuk melihat pesona bangunan Jawa-jawa yang khas, serta restoran organik yang sehat dan enak. Kaliandra ini dikelola oleh Yayasan Kaliandra Sejati yang dikelola oleh anak-anak muda sekitar desa tersebut. Banyak sekali progam yang ditawarkan diantaranya kegiatan alam, budaya, pertanian organik dan ekowisata.









  • Agrowisata Bhakti Alam

  • Agrowisata Bhakti Alam merupakan wisata alam yang sangat menarik. Disini kita akan mendapatkan edukasi tentang sapi perah, tanaman melon, buah naga, belimbing dan durian yang luasnya hingga 300 hektar. Dengan biaya masuk hanya Rp. 35.000,- kita dapat mengelilingi agrowisaya sambil menaiki kereta kelinci yang dipandu oleh seorang guide. Setiap spot pemberhentian dibagi dalam beberapa zona untuk mencicipi gratis yogurt, melon, buah naga dan belimbing. Setelah berkelilingi melihat pertanian dan perkebunan yang cukup asri, kita dapat beristirahat di Rest area yang menawarkan beberapa permainan menarik, diantaranya gokart. Jika lelah, menginaplah di hotel diarea Bhakti Alam dengan range harga Rp. 300.000,-/malam.











  • Taman Dayu Resort

  • Taman Dayu merupakan resort yang eksklusif di Kab Pasuruan. Didalamnya terdapat perumahan mewah, golf, restaurant, paint ball, dan Waterpark. Sensasi Taman Dayu menghadirkan pemandangan hamparan golf, Gunung Arjuno, Gunung Welirang dan ditengahnya terdapat hutan kecil yang sangat menarik. Di hutan tersebut terdapat area The pines yang fasilitasnya terdapat Wooden House dan Tree House. Penginapan Tree House adalah penginapan yang cukup unik karena bangunannya berada diatas pohon pinus. Untuk menuju kamarnya kita akan menaiki tangga yang terletak di pohon yang cukup kuat. Di pagi hari kita dapat mengisi kegiatan ngetrail ala bikers dengan menyusuri area hutan Taman Dayu yang cukup menantang.







  • The Pines Resort Nongkojajar
    Jika kita menuju Gunung Bromo dari Pasuruan, maka kita akan melewati Nongkojajar. Sekitar 45 menit sebelum Gunung Bromo kita bisa menyambangi The Pines Resort Nongkojajar. Lokasinya tepat berada di Dusun Bangki, Desa Grenda Kecamatan Tutur, tak jauh dari Pasar Nongkojajar. Di Resort ini kita bisa menikmati penginapan yang dikelilingi hutan pohon pinus, lereng bukit yang asri dan panorama Gunung Bromo dari kejauhan. Sewanya mulai Rp.125.000,- Rp 180.000,- orang yang sudah termasuk makan. Menambah konsep “back to nature” bangunan penginapan terbuat dari kayu yang sekelilingnya terdapat pekarangan pertanian. Untuk mengisi kegiatan di resort, kita dapat merawat dan memetik strawberi, apel, bunga krisant, dan memerah sapi perah. Jika ingin menguji andrenalin kita bisa bermain paint ball ataupun arung jeram. Kita akan benar-benar merasakan suasana pedesaan yang masih alami dan dapat membaur merasakan aktifitas dengan warga sekitar. Jangan lupa untuk membawa jaket karena suhunya cukup dingin yaitu 10-15 derajat celcius
  • Kebun Raya Purwodadi
    Jika Bogor mempunyai kebun raya, di Kab Pasuruan pun tak kalah memiliki Kebun Raya Purwodadi. Selain dibuka untuk umum, Kebun Raya Purwodadi merupakan kebun penelitian dengan 85 hektar. Koleksi tanamannya pun hampir 10.000 jenis. Terdapat pula fasilitas tambahan seperti kolam renang, playground, sepeda air dan persewaan sepeda untuk mengelilingi area ini. Dikalangan pecinta fotografi, kebun raya ini sering dijadikan lokasi hunting foto dan spot favorit untuk pasangan yang preweding. Dengan biaya masuk hanya Rp 7.000,- Kebun Raya Purwodadi wajib dikunjungi.
  • Danau Ranu Grati

  • Awalnya saya mengetahui Danau Ranu Grati setelah melihat progam acara mister tukul dengan adegan mistiknya. Danau Ranu Grati memang dikenal sebagai danau yang misterius karena pernah menghilangkan tank ampibi tentara Belanda. Konon katanya tank tersebut ditelan air karena dibawah dasar danau terdapat lubang besar. Terlepas dari cerita mistiknya, Danau Ranu Grati telah memberikan penghidupan perekonomian masyarakat sekitar dari hasil ikannya. Berada dikawasan ini kita akan disuguhi pemandangan keramba ikan milik warga sekitar yang digunakan untuk budidaya gurame, mujaer, wader dan beberapa ikan lainnya yang bisa dibeli oleh pengunjung. Jika ke Danau Ranu Grati kita bisa menaiki perahu, memancing atau bersepeda air. Danau Ranu Grati terletak di Kecamatan Grati, diantara 3 desa yaiu Desa Gratitunon, Desa Ranuklindungan dan Desa Sumberdawesari.







  • Baung Rafting
    Wilayah Pasuruan dikelilingi oleh beberapa gunung. Salah satunya Gunung Baung yang terletak di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari. Dikawasan tersebut terdapat taman wisata alam dengan fasilitas pendidikan, konservasi, petualangan dan wahana petualangan berkonsep alam terbuka. Petualangan Rafting dikawasan Gunung Baung banyak diminati wisatawan. Baung Rafting memang berbeda dari rafting lainnya karena kita dapat mengarungi derasnya air sungai sambil melihat jajaran tebing, hutan bambu, tempat bertenggernya kelelawar dan air terjun yang memikat pengunjung. Fasilitasnya pun ditunjang dengan air bersih, penginapan serta makanan pedesaan yang khas seperti nasi jagung. Untuk menikmati Baung Rafting biayanya sekitar Rp. 230.000,- per orang dengan minimal 5 peserta.




    Ini foto air terjun madakaripura, foto baung raftingnya masih nyelip entah kemana, ntar diposting lagi kalo ketemu hahaha


  • Masjid Cheng Ho
    Di Indonesia Masjid Cheng Ho terdapat di 3 kota yaitu Pandaan-Pasuruan, Surabaya dan Palembang. Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur khas China yang mirip dengan klenteng. Masjid Cheng Ho diambil dari nama Laksamana Muhammad Cheng Ho yang menyebarkan agama Islam di Indonesia pada zaman Majapahit. Karena lokasinya cukup strategis di jalan Raya Pandaan-Pasuruan, biasanya wisatawan dari beberapa luar kota selalu menyempatkan untuk beribadah sholat dikawasan ini. Masjid ini cukup sering saya datangi ketika perjalanan ke Pasuruan atau ke Malang. Sayangnya, mungkin karena terlalu khusuk beribadah jadi saya tidak pernah foto masjid tersebut hehehe…
  • Menarik bukan wisata alam di Kabupaten Pasuruan ini??? Yuk kembangkan potensi wisata alam di Indonesia, keindahan alam Indonesia tak perlu diragukan lagi. Jika sudah mengunjungi Top 10 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan, jangan lupa berwisata kuliner Kepiting Cak Gundul dan Warung Bu Kris yang terletak di jalan Raya Pandaan-Pasuruan.




    You Might Also Like

    27 komentar

    1. Waaaah Pasuruan cakep ya. Bulan depan aku mau ke Bromo tapi via Malang krn naik kereta api. Kapan2 kalau pakai mobil mau lewat Pasuruan ah.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mba viewnya setiap kab memang beda😊 klo ke Bromo lewat Pasuruan jangan lupa bermalam juga di the pines nongkojajar asik banget suasananya sangat damai dan tenang

        Delete
    2. Kira-kira butuh berapa hari ya untuk menelusuri 5 atau 10 tempat wisata tersebut, seminggu cukupkah?
      Benar, aku juga tahunya Bromo itu di Malang :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Seminggu aja udah cukup melibas 10 tempat wisata diatas :) anti macet kan....

        Delete
    3. Subhanallah, tempatnya indah2 ya. Fotonya juga apik2 :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya kak :) ayo berkunjung ke Pasuruan

        Delete
    4. tempatnya asyik semua buat dikunjungi

      ReplyDelete
    5. Ga nyangka ternyata Pasuruan punya banyak obyek wisata menarik, taunya cuma taman safari. Penasaran ama Resort Kaliandra, kayaknya eksotis banget ya mbak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. unik sih lokasinya, favoritnya para bule

        Delete
      2. Kaliandra kl motoran bs gk ????tiket msuk brp ya???

        Delete
    6. Wah aku baru tahu kalau ada konservasi lumba-lumba di Batang hehehe.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya tempatnya kurang ngehits, di website taman safari pun ngga ditampilkan. Pengelola yg di batang pun sambat dari taman safarinya sendiri kurang promosi. eh eh kok sy jadi curhat yg di batang bukan pasuruan hehehe

        Delete
    7. Wisata alamnya banyak juga ya pilihannya di Pasuruan, aku luput euy tempat2 ini. Suatu saat semoga bisa sampai di pasuruan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Betul betul betul ga kalah sama daerah lainnya, kayaknya sy cocok jadi duta wisata Pasuruan wekekkee

        Delete
    8. waduh.. foto paling bawah sebelah kiri itu menggoda banget! Slurp!
      Nomor 8 & 9 juga menarik! Thanks for sharing :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kepiting cak gundul, enak banget :) maaf kak td ga bs meninggalkan jejak komentar di blognya..tiba2 kehapus sendiri komentarnya ga masuk :(

        Delete
    9. wah destinasi Pasuruan ternyata banyak yang menarik. Jawa Timur banyak potensi nih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Main kak ke Pasuruan :) ngga kalah kok sama daerah lainnya

        Delete
    10. Taman safari prigen itu yang pernah (aku tw beritanya dari tv) ada jerapah makan plastik saking kelaparan nya para hewan gak diberi makan itu bukan ya? Sorry kalau salah ^0^ Kalau aku pengen bingits ke bromo..

      Http://beautyasti1.blogspot.com

      ReplyDelete
      Replies
      1. Itu sih KBS kali kak di Sby :D kalo di taman safari masuknya aja mahal masak dikasih makan plastik hahha

        Delete
    11. itu semua tempatnya blm prnh aku dtgin -__-.. pas kliling jawa 2013 lalu, aku cuma ke pacitan, malang dan gresik.. tp bukan k tempat2 yg di atas :D... Kalo pacitan aku suka pantai klayar dan goa gong ama goa tabuhannya tuh mba... trs malang, lbh sial kita... krn lg ujan, jdinya cm mampir k selecta -_-.. sisanya kita kulineran ;D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aq malah belum pernah ke pacitan, jalannya sempit n serem klo ke tempat2 wisatanya

        Delete
    12. Keren banget mbak.. mungkin sedikit koreksi, yang nomor 9 itu kayak.e foto air terjun madakalipura mbak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya mba itu koleksiku di air terjun probolinggo waktu rafting, yg air terjun di pasuruan fotonya entah kemana.,, ntar dibawah fotonya kutulis heheeh

        Delete
    13. Gambar yang Baung Rafting itu ....gambar salah satu air terjun di madakaripura sebelum air terjun utama mbak. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya sengaja itu foto air terjun madakaripura, udah dijelasin di comment atas. Ntar fotonya dihapus aja biar ngga pada bingung hihihi

        Delete