Salut untuk pariwisata Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang kini pamornya mulai mengeliat. Tengok saja Banyuwangi, Malang, Madura, Malang, Jember, Surabaya yang berlomba-lomba mempromosikan pariwisatanya. Demi meraih lonjakan wisatawan, pemerintah memperbaiki fasilitas transportasinya mulai dari pembangunan bandara, angkutan umum, free bus city tour, serta akses informasi wisatanya sudah disiapkan melalui website. Tak diragukan lagi pemasukan pariwisata ini dapat menambah pendapatan dan kesejahteraan masyarakatnya.

Selain Kabupaten (Kab) yang saya sebutkan diatas, pesona wisata Pasuruan Jatim tak kalah memikat. Pasuruan dibagi menjadi dua wilayah yaitu Kota Pasuruan dipimpin oleh Wali Kota dan Kab Pasuruan dipimpin oleh Bupati. Kedua wilayah tersebut sama menariknya, namun untuk Kab Pasuruan yang diapit oleh dua wilayah Surabaya dan Malang menjadikan lokasinya lebih strategis. Untuk akses transportasi dari luar kota, wisatawan dapat menempuh transportasi udara melalui Bandara Juanda Sidoarjo atau Bandara Abdul Rahman Saleh di Malang. Selanjutnya dapat dilanjutkan naik mobil pribadi atau sewa mobil dengan jarak tempuh sekitar 1 – 1,5 jam.

Banyak sekali wisata alam Pasuruan yang cukup menarik, dan sayapun cukup sering mengunjungi obyek wisatanya. Kalo lagi mampir ke Surabaya atau ke Malang, tak ada salahnya anda mengunjungi Pasuruan. Sebagai referensi perjalanan ada “Top 10 Wisata Kabupaten Pasuruan” yang layak dikunjungi yaitu :

  1. Taman Safari Prigen
    Taman Safari Indonesia terdapat di 4 kota yaitu Bogor, Bali, Prigen-Pasuruan dan Batang-Jateng (konservasi lumba-lumba). Taman Safari Prigen ini tak kalah menariknya dengan Taman Safari Bogor dan Bali yang lebih tersohor. Lokasinya cukup luas, yaitu 40 hektar. Ketika menuju ke Taman Safari Prigen kita akan disuguhi pemandangan sawah dan bukit yang asri. Sepanjang perjalanan yang meliuk naik turun, penduduk lokal menjual hasil alam seperti wortel, ketimun dan sebagainya di kios sederhana ditepi jalan. Masuk wilayah Taman Safari Prigen kita dapat menjelajahi Adventure Satwa yaitu zona aneka satwa dari berbagai belahan dunia seperti Asia, Afrika dan Amerika. Hewan-hewan berjenis omnivora, herbivora bahkan karnivora dilepas bebas. Selain itu ada pula theme park, atraksi satwa dan safari water word yang menambah alasan wajib mengunjungi Taman Safari Prigen.







  • Gunung Bromo
    Jika selama ini anda beranggapan Gunung Bromo itu terletak di Kabupaten Malang, maka pendapat anda tidak salah. Gunung Bromo adalah milik 4 Kabupaten yaitu Kab Malang, Kab Probolinggo, Kab Lumajang dan Kab Pasuruan. Meski milik 4 kabupaten setiap daerah tersebut mengembangkan potensi wisatanya sendiri, seperti di Kab Pasuruan yang menawarkan pesona sunrise penanjakan. Penanjakan dapat dilalui dengan sewa jeep hardtop karena jalan yang kecil dan kemiringan hampir 45 derajat, biaya sewa jeep berkisar Rp. 800.000,- untuk 6 orang. Diatas penanjakan yang tingginya 2.770 mdpl kita dapat melihat indahnya sunrise yang muncul malu-malu. Jangan lupa cicipi makanan dan minuman hangat dikios-kios kecil disekitar penanjakan untuk menghalau hawa dingin.









  • Kaliandra Sejati Eco Resort

  • Masih ingat dengan film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk”? Film yang diperankan oleh Herjunot Ali, Pevita Pierce dan Reza Rahardian ini bertempat di Kaliandra Sejati Eco Resort. Lokasinya bertempat di Dusun Gamoh, Desa Dayurejo, Prigen, Pasuruan, sekitar 30 menit perjalanan dari Taman Safari Prigen. Didalam Kaliandra terbagi dalam beberapa spot yaitu Villa Leduk, Bharatapura dan Hastinapura. Khusus untuk Villa leduk yang digunakan untuk syuting film Kapal Van Der Wijk ini sifatnya privat tidak boleh dimasuki untuk umum. Bangunan Villa yang dibangun tahun 2000 ini, saat ini masih ditinggali oleh pemiliknya yang merupakan warga asing. Untuk pengunjung umum kita dapat mengeksplorasi kampung bawah Bharatapura ataupun kampung atas Hastinapura untuk melihat pesona bangunan Jawa-jawa yang khas, serta restoran organik yang sehat dan enak. Kaliandra ini dikelola oleh Yayasan Kaliandra Sejati yang dikelola oleh anak-anak muda sekitar desa tersebut. Banyak sekali progam yang ditawarkan diantaranya kegiatan alam, budaya, pertanian organik dan ekowisata.









  • Agrowisata Bhakti Alam

  • Agrowisata Bhakti Alam merupakan wisata alam yang sangat menarik. Disini kita akan mendapatkan edukasi tentang sapi perah, tanaman melon, buah naga, belimbing dan durian yang luasnya hingga 300 hektar. Dengan biaya masuk hanya Rp. 35.000,- kita dapat mengelilingi agrowisaya sambil menaiki kereta kelinci yang dipandu oleh seorang guide. Setiap spot pemberhentian dibagi dalam beberapa zona untuk mencicipi gratis yogurt, melon, buah naga dan belimbing. Setelah berkelilingi melihat pertanian dan perkebunan yang cukup asri, kita dapat beristirahat di Rest area yang menawarkan beberapa permainan menarik, diantaranya gokart. Jika lelah, menginaplah di hotel diarea Bhakti Alam dengan range harga Rp. 300.000,-/malam.











  • Taman Dayu Resort

  • Taman Dayu merupakan resort yang eksklusif di Kab Pasuruan. Didalamnya terdapat perumahan mewah, golf, restaurant, paint ball, dan Waterpark. Sensasi Taman Dayu menghadirkan pemandangan hamparan golf, Gunung Arjuno, Gunung Welirang dan ditengahnya terdapat hutan kecil yang sangat menarik. Di hutan tersebut terdapat area The pines yang fasilitasnya terdapat Wooden House dan Tree House. Penginapan Tree House adalah penginapan yang cukup unik karena bangunannya berada diatas pohon pinus. Untuk menuju kamarnya kita akan menaiki tangga yang terletak di pohon yang cukup kuat. Di pagi hari kita dapat mengisi kegiatan ngetrail ala bikers dengan menyusuri area hutan Taman Dayu yang cukup menantang.







  • The Pines Resort Nongkojajar
    Jika kita menuju Gunung Bromo dari Pasuruan, maka kita akan melewati Nongkojajar. Sekitar 45 menit sebelum Gunung Bromo kita bisa menyambangi The Pines Resort Nongkojajar. Lokasinya tepat berada di Dusun Bangki, Desa Grenda Kecamatan Tutur, tak jauh dari Pasar Nongkojajar. Di Resort ini kita bisa menikmati penginapan yang dikelilingi hutan pohon pinus, lereng bukit yang asri dan panorama Gunung Bromo dari kejauhan. Sewanya mulai Rp.125.000,- Rp 180.000,- orang yang sudah termasuk makan. Menambah konsep “back to nature” bangunan penginapan terbuat dari kayu yang sekelilingnya terdapat pekarangan pertanian. Untuk mengisi kegiatan di resort, kita dapat merawat dan memetik strawberi, apel, bunga krisant, dan memerah sapi perah. Jika ingin menguji andrenalin kita bisa bermain paint ball ataupun arung jeram. Kita akan benar-benar merasakan suasana pedesaan yang masih alami dan dapat membaur merasakan aktifitas dengan warga sekitar. Jangan lupa untuk membawa jaket karena suhunya cukup dingin yaitu 10-15 derajat celcius
  • Kebun Raya Purwodadi
    Jika Bogor mempunyai kebun raya, di Kab Pasuruan pun tak kalah memiliki Kebun Raya Purwodadi. Selain dibuka untuk umum, Kebun Raya Purwodadi merupakan kebun penelitian dengan 85 hektar. Koleksi tanamannya pun hampir 10.000 jenis. Terdapat pula fasilitas tambahan seperti kolam renang, playground, sepeda air dan persewaan sepeda untuk mengelilingi area ini. Dikalangan pecinta fotografi, kebun raya ini sering dijadikan lokasi hunting foto dan spot favorit untuk pasangan yang preweding. Dengan biaya masuk hanya Rp 7.000,- Kebun Raya Purwodadi wajib dikunjungi.
  • Danau Ranu Grati

  • Awalnya saya mengetahui Danau Ranu Grati setelah melihat progam acara mister tukul dengan adegan mistiknya. Danau Ranu Grati memang dikenal sebagai danau yang misterius karena pernah menghilangkan tank ampibi tentara Belanda. Konon katanya tank tersebut ditelan air karena dibawah dasar danau terdapat lubang besar. Terlepas dari cerita mistiknya, Danau Ranu Grati telah memberikan penghidupan perekonomian masyarakat sekitar dari hasil ikannya. Berada dikawasan ini kita akan disuguhi pemandangan keramba ikan milik warga sekitar yang digunakan untuk budidaya gurame, mujaer, wader dan beberapa ikan lainnya yang bisa dibeli oleh pengunjung. Jika ke Danau Ranu Grati kita bisa menaiki perahu, memancing atau bersepeda air. Danau Ranu Grati terletak di Kecamatan Grati, diantara 3 desa yaiu Desa Gratitunon, Desa Ranuklindungan dan Desa Sumberdawesari.







  • Baung Rafting
    Wilayah Pasuruan dikelilingi oleh beberapa gunung. Salah satunya Gunung Baung yang terletak di Desa Kertosari, Kecamatan Purwosari. Dikawasan tersebut terdapat taman wisata alam dengan fasilitas pendidikan, konservasi, petualangan dan wahana petualangan berkonsep alam terbuka. Petualangan Rafting dikawasan Gunung Baung banyak diminati wisatawan. Baung Rafting memang berbeda dari rafting lainnya karena kita dapat mengarungi derasnya air sungai sambil melihat jajaran tebing, hutan bambu, tempat bertenggernya kelelawar dan air terjun yang memikat pengunjung. Fasilitasnya pun ditunjang dengan air bersih, penginapan serta makanan pedesaan yang khas seperti nasi jagung. Untuk menikmati Baung Rafting biayanya sekitar Rp. 230.000,- per orang dengan minimal 5 peserta.




    Ini foto air terjun madakaripura, foto baung raftingnya masih nyelip entah kemana, ntar diposting lagi kalo ketemu hahaha


  • Masjid Cheng Ho
    Di Indonesia Masjid Cheng Ho terdapat di 3 kota yaitu Pandaan-Pasuruan, Surabaya dan Palembang. Masjid Cheng Ho memiliki arsitektur khas China yang mirip dengan klenteng. Masjid Cheng Ho diambil dari nama Laksamana Muhammad Cheng Ho yang menyebarkan agama Islam di Indonesia pada zaman Majapahit. Karena lokasinya cukup strategis di jalan Raya Pandaan-Pasuruan, biasanya wisatawan dari beberapa luar kota selalu menyempatkan untuk beribadah sholat dikawasan ini. Masjid ini cukup sering saya datangi ketika perjalanan ke Pasuruan atau ke Malang. Sayangnya, mungkin karena terlalu khusuk beribadah jadi saya tidak pernah foto masjid tersebut hehehe…
  • Menarik bukan wisata alam di Kabupaten Pasuruan ini??? Yuk kembangkan potensi wisata alam di Indonesia, keindahan alam Indonesia tak perlu diragukan lagi. Jika sudah mengunjungi Top 10 Tempat Wisata di Kabupaten Pasuruan, jangan lupa berwisata kuliner Kepiting Cak Gundul dan Warung Bu Kris yang terletak di jalan Raya Pandaan-Pasuruan.