Mencicipi Kuliner Egg Tart di Hongkong

Selain berburu makanan yang mengenyangkan (wisata kuliner halal Hongkong), saya juga berburu camilan khas Hongkong yaitu Egg tart. Egg tart adalah salah satu snack favorit warga Hongkong, jenis pastry ini banyak dijual ditoko-toko kue diseluruh Hongkong. Sebenarnya saya baru “ngeh”, kalo Hongkong juga punya egg tart enak, selama ini saya tahunya cuma Macau aja yang memiliki egg tart paling tersohor. Meski sama-sama punya egg tart, kedua Negara ini punya keunikan rasa yang berbeda, saya juga bingung sih mana yang lebih enak, maklum doyan makan hehehe

Berikut referensi egg tart di Hongkong :

Tai Cheong Bakery
Thai Cheong Bakery merupakan kedai legendaris yang menjual egg tart pertama kalinya di Hongkong. Konon egg tart lezat ini, diproduksi di Hongkong sejak tahun 1954 dan kini cabangnya banyak menyebar keseluruh penjuru Hongkong. Banyak yang bilang kalo egg tart ini “Must Eat Food in Hongkong”, kalo ke Hongkong belum nyobain egg tart Thai Cheong Bakery sepertinya ada yang kurang.

Thai Cheong Bakery terdiri dari beberapa cabang, akses paling mudah ditemukan di Kowloon Point Ferry Pier, Star Ferry Tsim Tsa Shui. Kedainya persis berada dikawasan dermaga, dekat tempat pembelian tiket ferry, jadi kalo naik Star Ferry jangan lupa beli egg tart dulu. Lalu ada pula dikawasan The Peak Galleria Mall di L2, sekalian ke The Peak dan Madame Tussaud kita bisa ngemil egg tartnya. Meski kedua tempat diatas lebih mudah ditemukan, saya tetap penasaran dengan kedai pertamanya dan berusaha mencarinya dikawasan Central. Padahal lokasinya susah banget ditemukan loh, dan jauuuh banget dari MTR.

Kedai Thai Cheong Bakery




Egg tart masih fresh


Sewaktu saya kesana, terlihat antrian beberapa pengunjung mayoritas wisatawan asing dengan asyik berselfie di depan toko. Kedai legendaris ini terlihat ngejreng dengan warna ijo gelapnya dan ubin jadul bermotif, diubin tersebut tampak pula angka “1954”. Di dalam kedai, tampak egg tart yang masih panas mengepul, pastry ini terlihat masih fresh. Meski antri untuk membelinya, pelayanannya sangat cepat dan rata-rata pembeli hanya membeli 1-2 biji saja (seperti saya, mereka lebih penting narsis upload fotonya hehe). Mencicipi egg tart di Tai Cheong Bakery, saya merasakan adonan yang creamy dan buttery sangat enak dan ukurannya juga jumbo. Ketika digigit bagian tengah egg tart terasa lumer dimulut. Duh, enak sekali.

Egg tart di Thai Cheong Bakery


Thai Cheong Bakery
35 Lyndhust Terrace Central
Open Hours : 7.30 – 21.00
Price : HKD 8/piece
Getting There :
MRT Central exit D2 belok kiri di gang kecil, berjalan hingga ke jalan raya besar. Jika terlihat toko “Coach” menyeberanglah dan susuri jalan di samping toko tersebut. Berjalan lurus hingga melewati gang pertama “Stanley Street” tetap berjalan hingga bertemu gang kedua yang bernama “Wellington Street” lalu beloklah kanan. Dari jalan tersebut, berjalanlah lurus hingga terlihat bar bernama “Lyndhust Terrace” yang berwarna pink hitam, tetaplah berjalan lurus jika terlihat bar tersebut sampai terlihat iklan Nikon diatas jalan. Nah, Thai Cheong Bakery ada dibawah iklan Nikon tadi, disisi sebelah kanan.


Honolulu Cafe
Konon jika ke Hongkong traveler wajib mencicipi egg tartnya dan harus mencoba breakfast andalan mereka yaitu milk tea dan pineapple bun. Sewaktu di Hongkong, saya mencicipi menu-menu tersebut disalah satu cafe yang banyak direkomendasikan warga Hongkong yaitu Honolulu Cafe. Letak cafe ini berada dikawasan Wan chai tak jauh dari pusat keramaian Causewaybay. Cukup mudah dijangkau dengan MTR Station Wanchai. Kebetulan penginapan saya berada dikawasan Causewaybay jadi saya mencapainya dengan menaiki tram ding-ding dan berhenti tepat didepan station MTR Wanchai.

Waktu itu saya ke Honolulu cafe, sekitar pukul 20.30 malam. Tak banyak pengunjung yang datang, karena cafe ini ramai ketika breakfast dan jam makan siang saja. Ketika duduk dikursi, saya disodori dengan buku menu tulisan Hongkong “duh, makin mumet bacanya”. Untunglah English siwaitres lumayan bagus, ketika saya meminta "English menu" dan order makanpun tidak ada kendala.

Buku menunya hehe


Mengintai egg tart honolulu cafe :D


Pesanan saya adalah egg tart, milk tea dan pineapple bun. Pertama saya cicipin milk teanya, rasa tehnya sangat kuat dengan aroma daun teh, mirip-mirip dengan rasa milk teanya “Air Mata Kucing” di Indonesia. Kalo saya sih kurang suka dengan milk teanya, beda lidah kali ya… Lalu pineapple bunnya, rotinya sangat manis dan lengket, dibagian tengah ada margarinnya. Mmch, saya kurang suka sih dengan pineapple bun ala Hongkong, rasanya yang sangat manis dan bila digigit roti terasa lengket digigi. Selanjutnya mencicipi egg tartnya konon katanya juga favoritnya warga Hongkong. Bila dibandingkan dengan rasa egg tart Thai Cheong Bakery dan Lord Stow jauhhh banget. Saya lebih suka dengan egg tart kedua kedai tersebut, karena egg tart Honolulu Cafe mirip-mirip dengan pai yang dijual di Indonesia “no special taste actually”. Eh, tetapi semua dikembalikan keselera masing-masing loh, kalo penasaran boleh kok mampir ke cafe ini.

Milk tea honolulu cafe


Pineaple bun


Egg tart Honolulu cafe


Eh, narsis dulu...

Honolulu Cafe
176 – 178 Hennesy Road, Causewaybay
Price : HKD 7/piece Open Hours : 06.00 – 00.00 (mid night)
Getting There:
MTR Wanchai exit E, beloklah kekanan. Berjalan lurus hingga bertemu café disebelah kiri. Café terletak tepat didepan halte “stop bus”.


Lord Stow’s Bakery in Hongkong
Lord Stow’s merupakan kedai egg tart terlaris di Macau, dan merupakan pesaing dari egg tart Cafe e Nata Margaret’s dan Koi Kei. Sewaktu di Macau, saya mencicipi kedua egg tart dari Lord Stow's dan Koi Kei. Sebenarnya cukup sulit untuk menentukan mana yang terenak diantara keduanya karena sama-sama enak. Sempat loh saya berdebat dengan travelmate untuk menentukannya, kalo saya sih lebih suka Lord Stow’s sedangkan travelmate saya lebih suka egg tart Koi Kei.

Lord Stow's Macau


Menurut saya, egg tart Lord Strow's itu sangat crispy, adonan bagian tengahnya terasa banget telurnya. Butter, creamy, manis dan wangi caramel enaaaak banget pokoknya. Kalo dibandingin sama egg tart Thai Cheong Bakery, juga susah nyebutin mana yang paling enak, karena egg tart Hongkong dan Macau memang beda banget. Egg tart Macau lebih crispy, berwarna kecoklatan dan berminyak karena digoreng, sedangkan adonan egg tart Hongkong berwarna kuning pucat, lebih lembut dan ketika digigit mudah rontok. Duh, ini saya nulis sambil ngelap ngiler hahaha…

Pengen buat oleh-oleh


Eh, bukannya egg tart Lord Strow ada di Macau??? Hmm, tenang aja kalo ngga sempat mampir ke Macau kita bisa mencicipinya di Hongkong. Cabangnya cuma satu sih di Hongkong, maka cafenya selalu ramai. Letak cafe didalam sebuah hotel The excelsior dikawasan Causewaybay. Nama cafenya adalah “Expresso”, egg tart disini sudah mendapat lisensi resmi dari Lord Strow's Macau sejak tahun 2006. Rasanya sih sama persis dengan pusatnya, sama-sama enak.
Egg tart Lord Stow's




Expresso @The excelsior Hongkong
(License Stow’s egg tart Macau)
Ground Floor, The excelsior
281 Gloucester Road, Causewaybay
Open Hours :
08.00 – 19.00 (Mon-Sat), 08.00 – 18.00 (Sun – Public Holiday)


Rasanya ingin sekali membawa oleh-oleh egg tart ini ke Indonesia, namun egg tart Hongkong tidak tahan lama. Jika diluar ruangan bertahan hanya sekitar 6 jam-an, karena adonan egg tart tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali. Egg tart ini paling enak dicicipi selagi hangat dan fresh. Kalo penasaran jangan lupa mampir ke café-café egg tart, sewaktu traveling di Hongkong ya…

You Might Also Like

18 komentar

  1. Waah jadi pengen nyobain egg tart nya, sayang cuma tahan 6 jam ya. Apa mungkin di Indonesiia udah ada yang mbuat ya semacam ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada sih, tapi beda rasa. Meski beda rasa, pia bali oke.

      Delete
  2. enaknya..jalan2 :) dan egg tartnya menggoda selera..jd pengennnn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mba, jgn ngiler loh kan lagi hamil hihihi

      Delete
  3. Wah ternyata di Hongkong juga ada egg ternyata ya, kirain cuma macau aja yang ada egg tartnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, rasanya juga enak kok di Hongkong

      Delete
  4. egg tart-nya aduuhh pengeeeeeennnnnn mba vika....*ngiler

    ReplyDelete
  5. Sekilas, seperti pie susu ya Mbak ... tapi beda ya?

    Aih jadi pengen ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda dibagian tengahnya sih, lebih terasa telurnya, lebih creamy dan butter

      Delete
  6. Lord Stowww!! Langsung ngiler pengen makan sekarang juga haha.. blognya bagus mbaa.

    ReplyDelete
  7. Egg tart termasuk fave saya juga. Cuma takut makan banyak-banyak lagi, takut gulanya :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya sih, tapi kalo saya makan jadi lupa diri hehe maksimal dua sih udah kenyang.

      Delete
  8. Ya ampun, pernah ke hongkong tapi gue nggak nyobain eggtart-nya! Saya gagal sebagai manusia!!! X)))

    ReplyDelete
  9. Egg Tart Hong Kong kayanya di emperan pun rasanya juga enak yah. Pernah beli egg tart yang di stasiun MTR. Dan ternyata enak banget.. sampe nyesel cuma beli 2

    ReplyDelete
  10. Liat egg tart nya langsung ngilerrrr. nyaaaaammm!! Macau bagus juga ya. Belum sempet kesana. Keliatannya kudu dijadwalin nih. :-) Foto-fotonya bagus2.

    ReplyDelete
  11. Harga egg tart lord lord strow di HK brp ya kak per piece nya ?
    Soalnya katanya lebih murah di lordstrow macau drpd di espresso HK

    ReplyDelete