Ingin Menggapai Keindahan Belitung

Belitung masih menyimpan misteri di benak saya. Impian menjejaki kepulauan ini selalu ada saja kendalanya. Dada ini masih berharap untuk melihat secara langsung lokasi syuting film Laskar Pelangi. Meski filmnya sudah 7 tahun berlalu, namun masih membekas dihati ini.

Pulau Belitung berada di Provinsi Bangka Belitung. Terdiri dari 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung, beribukota Tanjung Pandan, dan Belitung Timur, beribukota Manggar. Selain terkenal akan film Laskar Pelanginya, Belitung juga terkenal akan pesona pantainya. Tak hanya satu, tetapi ada puluhan pantai yang indah berada disana.

Nah, jika berkesempatan ke Belitung, inilah yang ingin saya lakukan disana :

Berkeliling Tanjung Pandan, Pusat Kota Belitung 
Tanjung Pandan merupakan pusat kota Belitung. Lokasinya, sekitar 45 menit dari Bandara H.A.S Hanandjoeddin. Di Tanjung Pandan terdapat Tugu Batu Satam yang merupakan landmark kota Belitung. Tak jauh di Tugu itu ada Pantai Tanjung Pandam. Letak Pantai yang didekat kota, menjadikan pantai ini disukai penduduk lokal untuk menikmati senja disore hari. Saya juga ingin menikmatinya ketika di Belitung.

Kuliner Mie Atep, Rumah Makan Timpo Duluk dan Warung Kopi Kong Tjie
Di Tanjung Pandan, saya ingin menikmati kuliner di Belitung. Ada Mie Atep di Jl Sriwijaya yang merupakan kuliner favorit wisatawan. Seporsi terdiri dari mie kuning dengan udang, bakwan, timun, kentang rebus dan tauge yang diguyur kuah.

Rumah Makan Timpo Duluk terletak di jl Lettu Mad Daud menjadi agenda kuliner wajib selanjutnya. Kuliner ini terkenal akan desain interiornya yang jadul dengan bangunan rumah panggung. Menunya adalah kuliner khas Belitung. Saya ingin mencoba Ikan Gangan dan Ayam Ketarap dengan minuman es jeruk kunci.

Warung Kopi Kong Tjie, bangunannya sederhana namun banyak orang yang merekomendasikannya. Warkop Kong Djie terletak tepat di depan Gereja Regina Pacis, Tanjung Pandan. Katanya kopi ini sudah dibuka sejak tahun 1945. Menu istimewanya adalah Kopi O dan Kopi Susu. Kopi O adalah Kopi hitam dengan aroma yang khas yang banyak diburu pecinta kopi. Kalo saya sih ingin memesan Kopi Susu, kopi hitam yang dicampur creamer yang banyak diburu wisatawan perempuan.

Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Tinggi 
Pantai Tanjung Kelayang dan Pantai Tanjung Tinggi adalah pantai yang cukup dekat dengan Tanjung Pandan. Sekitar 60 menit perjalanan untuk mencapainya dari pusat kota.

Pantai Tanjung Kelayang terkenal akan pasirnya yang putih, bersandingkan dengan birunya air laut yang jernih. Bebatuan granitpun menghiasi pantainya. Di pantai ini terdapat jembatan yang cantik. Jika kita berpijak dijembatan tersebut, maka membuat tubuh serasa melayang. Tak jauh dari Pantai Tanjung kelayang maka tampak Pantai Tanjung Tinggi.


Capture youtube film Laskar Pelangi



Pantai Tanjung Tinggi merupakan pantai yang digunakan lokasi syuting Laskar Pelangi. Untuk mengenang pernah dijadikannya lokasi syuting Laskar Pelangi, terdapat Monumen bertuliskan Laskar Pelangi yang ditancapkan diantara batu granit. Pantai Tanjung Tinggi terkenal akan granitnya yang menjulang tinggi. Ombak yang tenang menjadikan pantai ini cocok untuk liburan keluarga.

Mengunjungi Belitung Timur, Tempat Syuting Laskar Pelangi 
Daerah Gantung merupakan tempat syuting film Laskar Pelangi. Disana ada lokasi SD Laskar Pelangi dan museum kata Andrea Hirata. Konon, saat ini lokasi syuting SD Laskar Pelangi bangunanya sudah mulai rapuh. Namun, pesonanya masih memikat wisatawan. Lokasinya berada dibukit berpasir, dikelilingi danau dan ilalang kecoklatan disekitarnya, menambah daya tariknya.

Capture youtube film Laskar Pelangi


Museum kata Andrea Hirata dibangun untuk mengenang film Laskar Pelangi. Bangunan dengan warna-warni cerah menghiasi seluruh museum. Disini saya bisa membaca cerpen tertempel didinding maupun novel karya Andrea Hirata. Makin asik dimuseum ini, karena banyak spot untuk berselfie. Oia, saya juga penasaran ingin mencicipi secangkir kopi arang di warkop kupi kuli dibelakang Museum.


Sumber foto: www.museumandreahirata.com


Sumber foto: www.museumandreahirata.com


Sumber foto: www.museumandreahirata.com


Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang 
Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang, dapat ditempuh dari Tanjung Kelayang. Tanjung Kelayang dapat ditempuh sekitar 20 menitan dari Tanjung Pandan. Lalu dilanjutkan dengan menyewa Perahu.

Spot Mercusuar berwarna putih yang dibangun pada zaman Belanda membuat pesona Pulau Lengkuas tampil cantik. Apalagi keindahan pulau ini tampak lengkap dengan bebatuan granitnya. Kegiatan snorkeling ataupun sekedar duduk dipasir coklatnya akan membuat tubuh rileks.

Tak jauh dari Pulau Lengkuas, terdapat Pulau Kepayang. Pulau kecil ini merupakan tempat kawasan penelitian dan konservasi penyu. Air lautnya jernih, ditumbuhi pohon kelapa, batu granit dan terumbu karang yang indah, tak mungkin saya lewatkan. Di kawasan ini juga terdapat cottage dan restoran dengan harga yang terjangkau.

♥♥♥


Saya tahu masih banyak spot menarik di Belitung. Namun ke lima poin diatas, alasan kuat saya untuk pergi ke Belitung. Saya juga ingin menghiasi blog ini dengan foto bidikan saya di Belitung dan pamer keindahan Belitung melalui tulisan di Blog.

You Might Also Like

12 komentar

  1. indahnyaaaaa..... semoga segera ke belitung ya ^^ aamiin

    ReplyDelete
  2. semoga tercapai mbak ke belitungnya...belitung..keren bingitz....

    ReplyDelete
  3. Udah masuk list banget belitung ini
    pengen banget ke sana ^^

    ReplyDelete
  4. Pernah ke Belitung sekali tapi belum keliling. Jadi pengin ke sana lagi :)

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka buku Laskar Pelangi mbak, sering ngebayangin berada disana. Semoga keinginannya terwujud yaa :)

    ReplyDelete