My 7 Days Fruits Diary : Sehat Bersama Buah Sunpride



Masih ingat kan tentang 4 sehat 5 sempurna? Komposisi makanan 4 sehat 5 ini, berperan penting untuk tubuh dan otak kita. Susunan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari : Makanan pokok (nasi, jagung, kentang), lauk pauk (telur, ikan, daging, tempe), sayur-sayuran, buah-buahan dan susu. Susunan tersebut mengandung zat sumber tenaga, zat pembangun, zat pelindung, dan sumber protein hewani yang berasal dari susu. 4 sehat 5 sempurna ini, jika diterapkan kedalam menu makanan kita, tubuh akan sehat dan tidak mudah lelah. Hidup sehat akan sangat dipengaruhi oleh konsumsi yang kita makan setiap harinya.

Sebagai ibu yang berperan penting dalam kesehatan keluarga, terkadang terasa susah untuk memberikan contoh hidup sehat kepada keluarga. Saya masih suka hobi kuliner dengan mencoba makanan yang aneh-aneh ataupun restoran baru. Frekuensi kuliner memang tidak setiap hari, hanya sesekali untuk mengobati rasa penasaran kuliner yang banyak bermunculan di kota saya. Untuk mensiasati perasaan bersalah, ketika dirumah sebisa mungkin saya mengkombinasikan menu sehat untuk keluarga. Menu wajibnya selalu ada sayur-sayuran dan buah-buahan agar menetralisir makanan jahat yang kami konsumsi dan melancarkan sistem pencernaan kami.

Namun, menerapkan makanan sehat untuk bayi dibawah lima tahun (balita) tidak semudah menerapkannya kepada orang dewasa, seperti untuk saya dan mas suami. Saya kesulitan untuk merayu anak saya untuk makan sehat khususnya sayur dan buah. Untuk sayur, anak saya hanya mau wortel saja (mirip kelinci hihihi), sedangkan jenis sayur lainnya, dia selalu menolak makan. Sampai suatu hari dia kesulitan untuk Buang Air Besar (BAB) karena pencernaanya kurang lancar. Melihat anak selalu menangis ketika BAB adalah penderitaan bagi seorang ibu. Dokter pun menyarankan untuk memperbanyak buah-buahan. Nah, agar anak tidak bosan mengkonsumsi buah, si ibu haruslah pintar memodifikasi resep menu buah kesukaan anak.

Saran dari dokter kemudian saya terapkan untuk anak. Memulai progam makan buah-buahan ini, saya mulai dengan survei mencari buah-buahan yang mengandung serat tinggi untuk memperlancar sistem perencanaannya. Saya kemudian menuju lokasi supermarket, untuk berburu buah. Melihat rak buah Sunpride, saya tertarik dengan penampilan buahnya yang bersih, besar dan segar.

Apa sih Sunpride itu? Merek non lokalkah? Sunpride salah satu merek dari PT. Sewu Segar Nusantara (PT SSN). PT SSN merupakan perusahaan distribusi pemasaran buah lokal dan impor sejak tahun 1995. Sunpride merupakan buah-buahan lokal yang segar dan berkualitas. Setiap buahnya memiliki kualitas, rasa dan kesegaran yang sudah dijamin penelitiannya. Proses penyimpanan dan kemasannyapun, benar-benar higenis. Hampir 80 % buah sunpride berasal dari petani lokal. PT SSN bekerjasama dengan lebih dari 1000 petani lokal di Indonesia dengan memberikan kualitas yang ketat terhadap semua produknya. Macam buah-buahan Sunpride diantaranya adalah pisang, nanas, melon, jambu biji, papaya, kiwi, apel, pir, jeruk, pomelo dan anggur.

Waktu di Supermarket, secara tidak sengaja saya membaca “My 7 Days Fruits Diary” yang diadakan oleh Sunpride. Wah, sekalian nih mau menggalakkan progam makan buah untuk anak sekaligus menceritakan pengalaman seru saya bersama keluarga mengonsumsi buah-buahan Sunpride selama 7 hari. Kebetulan saya dan suami, suka sekali mengkonsumsi buah. Yuk, simak pengalaman keluarga saya bersama Sunpride :


Minggu, 26 Juli 2015
Pisang Cavendish
Saya jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Pisang Cavendish Sunpride. Pisang ini merupakan pisang ambon putih dengan kulit tebal bersih yang berwarna hijau kekuningan, serta kulit yang halus. Makin cinta dengan khasiat pisang karena membantu proses pencernaan pada usus, menormalkan fungsi jantung, menyehatkan otak & mata serta peredaran darah. Pisang juga kaya akan vitamin B6, vitamin C, vitamin A serat, protein, folat dan masih banyak lagi.

Untuk anak, saya buatkan menu cereal pisang. Bahan-bahannya sangat sederhana dan mudah yaitu : susu putih yang biasa dikonsumsi anak, choco crunch dan pisang yang saya potong tipis-tipis. Bahan-bahan ini diletakkan di mangkok dan diaduk bersamaan. Anak sayapun lahap dan tanpa beban mengkonsumsinya. Karena pisang kaya serat, anak saya mulai tak kesulitan BAB. Menu pisang saya berikan sewaktu sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolahnya, karena fungsi pisang juga menyehatkan otak yang akan membantunya semangat dan konsentrasi belajar.




Tahukah Anda: Pisang yang kulitnya terlihat bintik-bintik kehitaman bukan berarti pisang tersebut jelek. Pisang tersebut menandakan starch/zat pati yang terdapat dalam pisang telah menjadi gula sepenuhnya dan pisang tersebut menjadi sangat manis. Ketika dibuka daging buah masih putih kekuningan dan puncaknya kenikmatan pisang untuk dikonsumsi. Sumber instagram :@sunprideid

Senin, 27 Juli 2015
Pepaya California
Sebenarnya saya kurang suka makan buah pepaya, apalagi jenis pepaya yang terlalu lembek dan bau pepaya yang terlalu menyengat. Namun, ada satu jenis pepaya kesukaan saya, yaitu Pepaya California. Pepaya ini memiliki ciri khas lebih lonjong dan lebih kecil. Dagingnya lebih tebal, kesat dan baunya tidak terlalu menyengat. Oia, meskipun namanya berbau “Amerika”, buah ini ditanam di Indonesia loh. Jenis tanah Indonesia, bikin Pepaya California tumbuh subur di Indonesia.


Biasanya setiap buah Sunpride selalu ada sticker berlabel "Sunpride", namun sewaktu saya belanja ini hanya ada tag harga berlabel Sunpride


Sore itu, saya ingin membuat salad pepaya. Bahannya mudah, Pepaya California saya potong kotak-kotak, mayonnaise buah dan taburan keju. Khasiat dari buah pepaya banyak banget bagi tubuh loh, yaitu sebagai anti oksidan, melawan penyakit jantung, bikin awet muda, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar sistem pencernaan. Paling suka dengan khasiat buah ini bikin awet muda, cocok banget untuk saya dan mas suami hihihi. Untuk sikecil bisa membuat BABnya lancar. Ssst, pepaya juga cocok buat diet loh karena mengandung enzim pengurai lemak.






Selasa, 28 Juli 2015
Guava Crystal
Guava Crystal alias jambu kluthuk adalah buah musiman. Saya punya tanaman buah jambu kluthuk dihalaman rumah. Sayangnya, saya harus menikmatinya ketika bulan Nopember hingga Pebruari. Berbuahnyapun bergantung mood sipohon. Iya, tanaman jambu itu sensitif, terkena angin sedikit saja bunganya rontok. Makanya nih sewaktu di supermarket saya langsung ngidam melihat “Crystal Guava” yang terlihat sangat segar dengan kulit hijaunya.


Besar mana nih pipiku dengan Guava Crystal?




Kalo jambu kluthuk di rumah saya, daging buahnya berwarna merah. Crystal guava ini daging buahnya berwarna putih. Biji buahnya sedikit, dagingnya kesat dan manisnya pas. Khasiat crystal guava ini banyak, yaitu mencegah kanker, mencegah sembelit, merangsang kecerdasan otak dan menurunkan hipertensi.






Crystal guava sangat baik bila dikonsumsi dengan kulitnya. Kulit buahnya mengandung senyawa yang berperan untuk meningkatkan proses pencernaan makanan didalam usus. Crystal Guava ini kami konsumsi beserta kulitnya. Agar aman buat anak saya, terlebih dahulu bijinya saya kupas.


Rabu, 29 Juli 2015
Nanas Honi
Pertama kali melihat nanas honi saya takjub dengan ukurannya yang sangat besar, sekitar 2 kg. Ketika akan membelinya saya sempat ragu, takut jika nanas ini akan membuat gatal ditenggorokan anak. Nah, ketika browsing diwebsitenya sunpride, saya memperoleh informasi jika nanas honi ini tidak memicu gatal dan tidak perlu direndam dengan air garam karena kadar kalsium oksalat dalam nanas honi rendah.




Khasiat nanas diantaranya adalah membantu pencernaan dilambung, mengobati asam urat, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengatasi ketombe. Resep hari ini, biar terasa segar, maka saya membuat jus nanas. Maklum, cuaca Surabaya lagi panas-panasnya. Nanas honi ini, saya buat jus dengan pemanis satu sendok madu. Setelah kami minum, nanas honi memang tidak membuat gatal dan serak ditenggorokan kita. Anak sayapun juga lahap mengkonsumsinya hingga tetes terakhir hihihi…




Kamis, 30 Juli 2015
Melon
Hari ini, saya lagi ada jadwal arisan ibu-ibu di perumahan komplek. Menu es kelapa muda atau es cao kayaknya terlalu “mainstream”. Lagi cari menu minuman yang unik, saya punya ide dengan menu melon sunpride. Resep es melon yaitu : melon diserbat, susu kental manis, sirup melon dan es batu. Bahan-bahan tersebut kemudian diaduk menjadi satu. Wah, setelah dihidangkan ibu-ibu komplek memberi pujian minuman saya ini enak loh. Sikecil juga ikut nyicipin dan suka, padahal biasanya dia selalu menolak melon karena tidak suka dengan baunya.


Khasiat melon, yaitu sebagai anti kanker, mencegah sembelit, menurunkan resiko stroke, menurunkan resiko penyakit ginjal, dan mencegah panas dalam.




Jum'at, 31 Juli 2015
Smothie Pisang
Pisang itu memang kaya manfaat dan mudah untuk dijadikan pendamping makanan olahan apa saja. Seperti gorengan pisang, kue bola, leker dan masih banyak lagi.

Jadi ceritanya, si mas suami pengen sarapan dengan Pisang karena katanya pisang ini cocok juga untuk diet. Kandungan pisang membuat efek mengenyangkan dan rendah kalori. Wah, kalo untuk membuat menu yang berat-berat kayaknya saya masih belum ahlinya, jadi untuk sarapan saya buat yang simpel aja hehehe



Pilihan menu sarapan kali ini adalah smothie pisang. Bahan yang diperlukan adalah 1 buah pisang, 1 sendok madu dan susu non fat. Bahan tersebut kemudian saya blender, smoothi pisangpun siap dikonsumsi. Setelah sarapan smothie pisang, kata mas suami bikin dia tidak mengantuk sewaktu bekerja, apalagi meeting hihihi.


Sabtu, 1 Agustus 2015
Sup Buah Sunpride
Weekend adalah waktunya berkumpul bersama keluarga. Sengaja kami tidak ada acara keluar rumah, karena pengen santai bersama dirumah. Sambil asyik nongkrong dirumah, saya mempersiapkan sup buah dari buah-buahan Sunpride. Ide ini saya peroleh ketika melihat penjual es kaki lima yang menjual sup buah, melihat caranya yang membuat es buah yang tinggal potong-potong lalu dikasih susu, kelihatannya mudah banget. Kalo buat es dirumahkan lebih higenis, es batu dan buah-buahannya juga lebih terjamin kebersihannya.
Berikut bahan dan cara membuatnya :

Bahan-bahan :
Pepaya California dipotong
Nanas Honi
Melon
Pisang
Susu Full Cream
Air dan Es batu
Option : Karena ada stock kiwi di lemari es, jadi sekalian saya tambahkan. Namun, kiwi ini bukan buah lokal ya, melainkan buah import

Cara membuat :
Potong-potong pepaya, nanas, pisang dan serbat melon, tambahkan air secukupnya dan susu full cream. Terakhir tambahkan es batu.


Wah, resep coba-coba saya ternyata disukai keluarga saya loh. Buah-buahan yang saya pilih memiliki serat banyak dan memperlancar pencernaan.



Oia, saya juga lagi membiasakan keluarga untuk makan buah sebelum makan besar atau tidak mengkonsumsinya setelah makan. Mengapa? Karena buah membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh, jika dikonsumsi setelah makan besar maka banyak nutrisi buah yang tidak bisa dicerna.

You Might Also Like

13 komentar

  1. sehattt makan buah setiap hari \m/
    semoga menang mak

    ReplyDelete
  2. Aku baru nyobain yang pisangnya aja. Kalo yang lain belum. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pisang Sunpride memang cantik luarnya, dalamnya pun enak hehehe

      Delete
  3. kiwinya menggoda selera mbak...hemmm sehat terus nih pasti...

    ReplyDelete
  4. makan buah tuh bikin ceria loh...

    ReplyDelete
  5. saya masih kesulitan cari guava sunpride di sini padahal penasaran sama rasanya ^_^

    ReplyDelete
  6. Yeaaay, aku juga suka konsumsi buah2an dari sunpride :D
    Cuma pngn beli Nanas honinya, di Bogor masih susah nemuinnya hiks..

    btw, goodluck ya mbak buat kontesnya :)

    ReplyDelete
  7. Yeaaay, aku juga suka konsumsi buah2an dari sunpride :D
    Cuma pngn beli Nanas honinya, di Bogor masih susah nemuinnya hiks..

    btw, goodluck ya mbak buat kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus ke Supermarket :) dulu

      Terima kasih mba

      Delete