Pos Ketan Legenda Kota Batu, Wajib di Coba !

Banyak wisatawan yang sudah familiar dengan Ketan Legenda. Memang, kuliner ketan ini, sering wara-wiri di acara kuliner TV. Katanya, jika ke Malang atau ke Kota Batu wajib mencicipi kuliner ketan yang sudah  melegenda ini.

Ketika lagi nongkrong di Alun-alun Batu, saya selalu melihat antrian kedainya yang ramai pengunjung. Antrian pengunjungpun, selalu rapi dengan berbaris seperti ular tangga. Saya selalu mikir, “ih, niat banget antri demi seporsi ketan”. Kualat dengan omongan sendiri, akhirnya saya penasaran juga untuk cicipin ketannya.

Antrian Pos Ketan Legenda

Lokasi Pos Ketan Legenda berada di alun-alun Batu. Cara mencari lokasinya mudah, berdiri saja dibelakang permainan bianglala, dari situ maka tampak kedainya yang berwarna hijau. Bukan kedai yang besar, hanya kedai sangat sederhana dengan luas yang tak seberapa. Tempat duduk pengunjungnyapun seadanya, dengan meja kursi kayu yang diletakkan didepan kedainya.


Pukul 16.00 saya sudah antri didepan kedai. Dibuat “have fun” ajah ketika antri, namanya juga kulineran yang “spectacular” hehehe… Eh, tapi kalo antrinya berduaan gandengan tangan, ngga terasa tiba-tiba udah di meja order.

Menunya sudah pasti ketan. Jangan pesan bubur ayam disini, pasti ngga ada. Meski menu ketan, tapi kita bisa pilih toping yang bervariasi. Ada beberapa toping seperti Ketan Kicir (ketan kelapa dan bubuk coklat), ketan susu keju, ketan susu meisis, ketan susu durian, ketan susu durian pisang, ketan campur, ketan black white, ketan susu kacang, ketan ayam pedas, ketan susu durian keju, ketan putri salju dan ketan susu nangka.

Menu Ketan di Pos Ketan Legenda

Ketika selesai order menu dan bayar langsung, kita akan mendapat papan nomor yang diletakkan di meja. Meski ramai pengunjung, ketan saya terhidang dalam waktu 10 menit. Si mas-mas pramusaji, akan memanggil dengan nomor antrian.

Waktu kemarin, ketika giliran saya “Nomor 80…”, hampir aja ngga kedengeran dan mau dibawa lagi tuh ketannya kedalam. Maklum aja, saya duduknya didepan speaker sound yang gede. Efek musiknya, selain bikin ngga denger telinga, juga bikin lemak tubuh getar-getar karena keras banget hahaha… Cari tempat duduk lain, sudah full.

Ini papan nomornya

Menu yang paling diburu adalah ketan susu durian dan ketan susu meisis. Dua menu tersebut, menjadi pilihan kami.

menu favorit di pos ketan legenda

Ketan susu durian, meski ngga musim durianpun tetap ada. Entahlah, durian itu darimana datangnya. Seporsi ketan susu durian terdiri dari ketan, susu kental dan satu biji durian. Dietnya ditunda dulu yah, karena seporsi full kalori hihihi.

Ketan Susu Durian

Seporsi Ketan susu keju meisis tampil dengan meisis coklat, keju parut dan susu kental. Sebenarnya, pesanan saya tadi ketan meisis. Namun, pesanan saya ditambahkan keju parut, bikin saya makin sumringah.

Ketan Susu Keju Meisis

Ketan di Pos Ketan Legenda ini memang berbeda. Ketannya sangat punel dan legit. Manis ketannya pas, jadi dengan toping apapun tidak berasa terlalu manis. Apapun pilihan topingnya, semuanya pasti enak. Harganyapun cukup terjangkau. Untuk Ketan susu durian Rp. 10.000,- dan ketan susu keju Rp. 8.000,- Semua toping dibanderol dibawah Rp. 10.000,-

Oia, kalo sudah selesai makan, jangan harap bisa selfie yah. Karena ketika makan, beberapa tatapan mata, pasti mengincar tempat duduk kita hihihi. Sadar diri aja, kalo sudah selesai makan, jangan lanjut ngobrol pacaran disini.

Jadi, kalo lagi main di Museum Angkut, Eco Green Park Atau Kusuma Agrowisata, jangan lupa mampir.

Pos Ketan Legenda
Jl Kartini (Alun-alun Batu)
Batu, Jawa timur
Jam Buka : 15.00 - sampai habis


You Might Also Like

13 komentar

  1. Ya Allah...enak sekali...ketannya lumeran kejunya..aduh nggak tahan

    ReplyDelete
  2. Nyaaaam...!! Aku kapan hari ke Alun2 Batu, tapi jiperrr liat antreannya mbak.

    Dan sekarang nyeselll baca postingan ini sore2
    *kobra d perut merintih minta makan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saaamaaa aku dulu juga ogah antrinya. kalo sesekali bolehlah mba, biar ngga fenasaran kitaaah

      Delete
  3. Wah nyesel banget nggak nyoba ketan ini waktu ke Batu hiks

    ReplyDelete
  4. buset itu ketan legenda banget yah, tapi kayaknya enak nih #ngecess

    ReplyDelete
  5. belum pernah coba ketan sih, kayanya enak setelah liat antrian orang sebanyak itu, kapan-kpan mau coba deh

    ReplyDelete
  6. di kampungku di sibolga, ketan ini mah udh kyk makanan pokok ;p. dimakan pake saus durian yg ga begitu kental dan terasa bgt duriannya ;D... makanya prnh coba ketan susu yg dijual di jkt, aku kecewa...krn rasa susunya trnyta susu full cream biasa yg hambar itu -__-.. ga tau deh kalo yg di malang ini :).. blm prnh nyoba

    ReplyDelete
  7. sampe antre gitu. Tapi lihat fotonya memang menggiurkan, sih :D

    ReplyDelete
  8. Aku tahu ini tempat pasti rame pas siang. Jadinya pas mampir ke Malang untuk yg kesekian kali, aku sama temen2 mampir di sini menjelang tengah malam. Eh ya masih rame! Mungkin salah waktu ya karena pas itu hari Sabtu dan lagi long weekend. Jadinya sambil nunggu agak sepi kami ngemil sate kelinci sama minum susu. Eh, malah akhirnya nggak jadi makan ketan karena kekenyangan, hahaha. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo malam Jum'at mungkin sepi hihihi #edisihoror

      Delete
  9. Aku pernah kesini mbak..
    aku kira dinginn ketannya (udah bayangin duluan)
    tpi waktu aku coba trnyata masih panas hehehe..
    *padahal udh bayangin dingin2* loll

    ReplyDelete