Afternoon Tea Dilmah di The Cushy Kitchen Surabaya

Afternoon Tea di Surabaya – Dalam acara Dilmah Real High Tea Challenge di Surabaya kemarin, saya melewatkan mengunjungi restaurant @TheCushy.Kitchen, sebagai gantinya saya mengunjungi cafe tersebut di hari lain. (baca juga : Dilmah Real High Tea Challenge Surabaya dan Juara Afternoon Tea Dilmah di Surabaya )

Suasana The Cushy Kitchen

The Cushy Kitchen merupakan cafe yang cukup ngehits di Surabaya Town Square (Sutos). Anak Sutos pasti ngga asing kan dengan cafe ini? Tempatnya memang sangat nyaman, cocok untuk nongkrong apalagi afternoon Tea. Terdiri dari indoor yang dilengkapi dengan sofa yang nyaman dan area teras yang biasanya diburu pengunjung. Lokasi cafe ini memang strategis, tepat berada disamping stage Sutos.



Saya disambut sangat ramah oleh bartender Mr @bernald_anggara dan chef pastry Mr Bip. Tak berapa lama, mereka langsung menunjukkan kepiwaiannya dalam meracik menu dengan teh Dilmah. Berikut menu pairing yang diperlombakan dalam event Afternoon Tea Dimah :

Sesion I




Brilian Breakfat
Tampak Mr Bernard selaku bartender dari @TheCushy.Kitchen membawa sebuah parutan, jeruk dan cangkir. Hmmm, rupanya sang bartender akan memarut kulit jeruk yang akan ditempelkan dipinggir cangkir, tujuannya untuk mengeluarkan aroma jeruk dengan Briliant Breakfast Tea.

Bartender Mr. Bernald lagi serius parutin kulit jeruk

Sebenarnya, saya kurang suka dengan rasa brilian breakfast rasanya sangat pahit. Meskipun ditambahkan beberapa gula, rasa pahitnya susah dihilangkan. Meskipun begitu, saya tetap mencobanya, karena ingin merasakan sensasi dari parutan kulit jeruk. Rasa yang tercipta adalah aroma jeruk membuat rasa Brilian Breakfast menyegarkan, namun tetap saja rasa pahit yang khas di Brilian Breakfast tetap terasa meskipun saya tambahkan 2 sachet gula #ups.

Brilian Beakfast Tea



Dalam kompetisi Afternoon Tea Dilmah kemarin, ada sedikit masukkan dari juri. Sebaiknya untuk menghidangkan teh, jangan menggunakan teh dari teko dari bahan tanah liat, tapi menggunakan teko bening. Agar aroma dari tanah liat tidak masuk kedalam tehnya.

Craquen
Merupakan roti green tea dengan tatakan garnish coklat putih. Roti tersebut mengeluarkan aroma wangi yang sangat enak ketika digigit dan didalamnya terdapat green tea cream dari varian green tea dilmah.

Craqueen



Lalu ada pula tambahan kiwi, strawberry dan jeruk yang dilengkapi green tea sauce. Terasa sangat enak ketika buah segar tersebut saya tambahkan sauce green tea.

Wrapped Beef With Barbeque Sauce
Terlihat seperti tampilannya, Wrapped Beef With Barbeque Sauce merupakan sosis daging yang dibalut dengan beef yang ditemani oleh sauce barbeque dan tortilla jagung. Dalam hidangan ini tidak ada bahan teh yang menggunakan Dilmah. Untuk rasa sosisnya sangat terasa beef dan sauce barbequenya membuatnya semakin lezat.

Wrapped Beef Barbeque Sauce



SESION II 


Panna Cotta Green Tea
Panna cotta merupakan hidangan penutup yang ngehits di Eropa, tepatnya adalah Italia. Dessert biasanya disajikan dengan aroma buah-buahan dan menggunakan topping buah segar. Bahan dasarnya berasal dari cream, susu segar, gelatin dan gula. Biasanya disajikan dingin, karena lebih nikmat.

Dalam hidangan Panna Cotta Green Tea yang disajikan oleh @TheCushy.Kitchen sangat lembut dan manis panna cottanya sangat pas. Tekturnya yang lembut mengingatkan saya dengan tekstur tahu tofu yang masih mentah. Panna Cotta pun disajikan dengan benar-benar fresh dan special, karena ketika saya datang, sang chef langsung membuatnya, jadi bukan berasal dari freezer.

Rasa dan aroma dari panna cotta ini menggunakan teh Dilmah green tea. Saat dimulut, wangi dan aroma green tea, berhasil keluar dengan sempurna. Agar tidak hanya terasa green tea, panota tersebut ditambahkan cream strawberry yang lengkap dengan potongan buah strawberry yang menjadikan tampilan yang lebih fresh dan kaya rasa.

Menurut chef dessert Mr Bip, tantangan dalam pembuatan panna cotta ini adalah memunculkan aroma dan rasa Dilmah green tea agar lebih dominan ketika di mix dengan susu segar. The Cushy Kitchen pun berhasil menyajikan dengan sempurna.



Panna Cotta Green Tea




Sebagai teman panna cotta ada garnish coklat yang berwarna pink yang dibentuk seperti keranjang. Didalam garnish tersebut, berisi buah-buahan segar seperti leci, jeruk, kiwi, cherry dan strawberry. Rasa garnish dan buah segar yang dipadukan sangat match. Perpaduan sempurna antara panna cotta, garnish coklat dan buah-buahan.

Mojito Lapsang Tea Mocktail
Sebagai teman pairing pannacotta green tea adalah Mojito Lapsang Tea Mocktail. Rasa Lap Sou Chong dari Dilmah ini mempunyai aroma dan rasa yang strong, dan kemudian di mix dengan peppermint yang cold. Saat meminumnya, rasa dari peppermint tetap keluar meskipun tetap kalah kuat dengan lap sou Chong.

Mojito Lapsang Tea Mocktail

Untuk meminum lap shou chong, saya selalu ada ritual khusus seperti menahan dimulut terlebih dahulu, setelahnya baru ditelan perlahan. Perpaduan dari Lap Sou Chong dan Peppermint, menghasilkan rasa dingin mint dan segar.

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _


Nah, setelah membaca ulasan saya diatas, pastinya makin ngiler ber-afternoon tea di The Cushy Kitchen kan? Yuk, datang ke Sutos. Mari, ngeteh sore sambil ngemil karena teh itu lebih menyehatkan. Meski belum lazim di Indonesia, afternoon tea sudah booming di luar negeri, jamnya berkisar antara jam 15.00 – 17.00 sore.

A photo posted by Diarysivika (@wrdtl27) on


Jangan lupa kepoin juga Instagram @dilmahIndonesia atau cari hastag teainspired_id untuk melihat ulasan foto-foto selama event Dilmah Real High Tea Challenge Surabaya.


The Cushy Kitchen
Surabaya Town Square (Sutos)
Plaza Level No: 22 – 24
Jl Hayam Wuruk No : 6, Suranaya
Open Hours:
Sunday – Friday : 10.00 am-12.00 pm
Saturday : 10.00am  – 02.00am




Dilmah Real High Tea Challenge 2015 Cafe and Restaurant Surabaya

www.dilmah.co.id

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wooow tempatnya kereeen.. Ngeteh disini pasti asik banget yaa

    ReplyDelete
  2. Hujan sekarang Jadi pengenngeteh Dilmah...

    ReplyDelete