Mang Engking Cabang Pandaan

Kalau ke Taman Safari Prigen, biasanya ada ritual untuk berkuliner di Mang Engking Cabang Pandaan. Restoran yang pusatnya di Yogyakarta ini, hanya membuka cabang di wilayah Jawa Timur, di Pandaan. Dulu pernah ada di Surabaya, tapi per Januari 2016 telah ditutup. Mengobati kerinduan kulinernya, sayapun tak melewatkannya sewaktu ke Pandaan. 

Lokasinya sekitar 10 menit perjalanan dari Taman Safari Prigen. Meski bukan berada di Jalan Raya Utama, menemukannya cukup mudah dengan bantuan GPS. Sayapun segera disambut dengan bangunan bambu yang merupakan ciri khas Mang Engking.


Didalamnya terdapat saung-saung diatas kolam air berwarna kecoklatan, namun bersih. Tampak ikan-ikan yang asik berenang dalam jumlah yang banyak. Disini, ada larangan untuk memberikan makan ikan sembarangan, jadi jangan sampai buang duri makanan ikan kedalam kolam ya...


Menikmati makan di Mang engking pandaan, kita dapat duduk lesehan diatas kolam air, ataupun yang perutnya gede bisa duduk ruang utama dengan tatanan kursi. Kalo saya sih memilih yang lesehan, lebih romantis.





Karena tidak membawa jumlah rombongan yang cukup banyak, saya hanya memesan menu 2 item yaitu : 

Gurame Bumbu Cobek (Rp. 69.000,- exclude tax)
Katanya menu gurame bumbu cobek merupakan menu favorit di Mang Engking Cabang Pandaan. Tampilannya sangat cantik, semua bumbu ditata diatas daging gurame. Terdiri dari tomat, cabai merah dan hijau, kencur, jahe dan bawang merah. Kuahnya sangat segar dengan lumuran jeruk nipis, rasanya dominan ke rasa masakan ala Sunda. Gurame juga memiliki rasa pedas yang cukut kuat. Namun, rasanya memang sangat enak, bumbu meresap hingga kedalam daging gurame dan kuahnya bikin ketagihan. Recommended.


Gurame Goreng (Rp. 66.000,- exclude tax)
Lagi pengen pesan gurame ngga pake bumbu aneh-aneh, saya memesan gurame goreng. Penampilannya, seperti layaknya masakan gorengan rumah, ngga pake difillet model gurame terbang. Rasanya tetap unik, crunchy dan aroma wanginya sangat khas. Sayang ngga pake sambal, kalo pake sambal dan lalapan harus membeli secara terpisah. 


Untuk nasi putihnya saya memesan untuk 2 orang, namun porsinya lumayan banyak. Saya mendapatkan satu bakul yang cukup untuk 4 orang.


Puas berkuliner, jangan lupa untuk menikmati Mang Engking Cabang Pandaan ini. Kita dapat mengelilingi sepeda air dengan danau buatannya secara gratis. Ada pula playground untuk anak-anak, memberi makan hewan ternak atau foot theraphy di kolam ikan. Ya, sambil berkuliner sekaligus berwisata.


Minusnya di Mang Engking cabang Pandaan ini harganya cukup mahal. Dengan pesanan saya yang minimalis tersebut, saya habis sekitar Rp 180.000,- an. Kalo penasaran dengan Price listnya bisa intip foto di bawah ini : 
Mang Engking Cabang Pandaan
Jl. Raya Leduk,Dusun Bakalan, Durensewu, Pandaaan,Pasuruan,Jawa Tengah
Open Hours :10.00 - 20.30
Telp : (0343) 634057 


You Might Also Like

5 komentar

  1. mbak itu di surabaya tutup per januari 2016, lha sekarang masih buka dong hihihihi...

    eeehh itu tempat e keren yaa, makannya ketok e enak, terus difoto2 sampek dingin ngak mbak ikannya :p

    ReplyDelete
  2. Kayaknya kudu nyobain sepeda air ikuuu ceee
    yasalaam guramiiii akkk, dimakan sendiriii, akkk tidakkkkk bungkusss bungkuss

    ReplyDelete
  3. Saya prnh makannya di ui kawasan depok. Tempatnya memang enak tapi rasanya menurut saya biasa aja heheheh

    ReplyDelete
  4. Huahahaha no recomended. Alternatif makoya ada kolam renang buat anak.

    ReplyDelete