Tetap Sehat, Afternoon Tea Dilmah di 3Yolks Surabaya


3Yolks adalah salah satu peserta dari 8 cafe and restaurant yang mengikuti acara afternoon tea Dilmah di Surabaya. Lokasinya berada di Spazio, daerah Surabaya Barat yang merupakan kawasan pusat kuliner. Jika merasa asing dengan 3Yolks, cafe ini juga satu gerai dengan il gelato Bruno.



Cafe yang baru buka 10 bulan yang lalu ini, dekorasinya memberikan kesan minimalis dan santai. Jika ingin menikmati lalu lalang keramaian daerah Surabaya Barat kita bisa memilih area teras, sedangkan didalam cafe juga tak kalah nyamannya.




Kami disambut ramah oleh owner 3Yolks (duh, lupa ngga nanya nama), kebetulan kami sudah reservasi tanggal kedatangan dengan beliau. Beliau menjelaskan konsep dari restaurant 3Yolks ini adalah “healty” yang bertujuan ingin mengedukasi pengunjung tentang pola hidup sehat dengan bahan makanan super food yaitu bahan makanan yang tetap memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral. Bahan Superfood tersebut diperoleh dari petani lokal yang berada di Batu, sengaja bahannya tidak diimpor dari luar negeri, karena 3Yolks ingin mengangkat perekonomian rakyat.

(tengah ) : Owner 3Yolks

Dalam rangkaian acara Dilmah, 3Yolkspun memilih pairing antara teh Dilmah dengan tetap menggunakan superfood, seperti menggunakan minyak olive oil dan garam pingsot yang memiliki mineral yang tinggi. Persiapan untuk mengikuti Dilmah Real High Tea Challenge ini hanya 2 minggu, namun saya salut mereka bisa menghadirkan pairing afternoon tea yang sempurna.

Berikut menu afternoon Tea 3Yolks :


1st Course

Fresh Herbed Ground Beef
Penampilannya sangat imut, sesuai dengan konsep afternoon tea yang tidak boleh mengenyangkan. Menu ini adalah beef yang dibalut dengan kulit lumpia, sekilas penampilannya seperti gorengan bakso. Ketika saya makan, rupanya fresh herbed Ground Beef ini juga ada kentang yang ditumbuk lalu dioven. Rasanya cukup enak antara beef dan kentangnya sangat match.

Dipinggiran piring saji menu ini terdapat potongan kecil memanjang kulit jeruk. Kulit jeruk tersebut dicelupkan dalam caramel, yang menjadikan penampilannya seperti permen gulali. Ketika saya cicipi, rasa kulit jeruk yang pahit tidak terasa, karena rasanya lebih dominan ke manis caramel. Jadi, kulit jeruk ini dapat menetralisir dari rasa beef yang kita makan, terus terang saya suka sekali dengan rasa kulit jeruk caramel ini.



Saya dijelaskan bahwa menu ini tanpa digoreng tapi dioven, tanpa MSG, menggunakan minyak olive oil dan tanpa gula tambahan. Meski dioven, rasanyapun ngga kalah dengan yang goreng dan meskipun tanpa MSG, rasanya tetaplah enak dan gurih.

Dilmah Brilian Breakfast
Pairing dari Fresh Herbed Ground Beef adalah Dilmah Briliant Breakfast. Diawal-awal mengikuti acara Dilmah Real High Tea, saya kurang menyukai rasa Dilmah Brilian Breakfast yang sangat pahit. Namun, akhirnya saya menemukan cara dalam menikmati afternoon tea yaitu makanlah sekitar 2-3 kali gigitan lalu minumlah teh. Maka, sensasi dari pairing tersebut akan sangat berbeda dan terasa. Namun, tetap yah, ngga boleh pake gula hihihihi…

Dilmah Briliant Breakfast


2 st Course

Salmon Marinated
Salmon Marinated terdiri dari ikan salmon dan kentang oven. Menu ini menggunakan dua sauce, yang berwarna merah dari sauce lap sou chong sedangkan yang putih seperti mayonnaise dari Dilmah peppermint. Sekilas, ketika dirasakan sauce lap sou chong mirip dengan sauce tomat biasa, namun ketika ditelan ada sensasi kuat dan menyengat khas lap sou chong. Sedangkan sauce peppermint memberikan sensasi segar mint.



Ikan Salmon yang dipadu dengan kentang lalu dicelupkan dengan dua sauce tersebut sangat enak dan segar. Diatas menu ini ada sayuran hijau yang awalnya saya cuekin. Melihat sayuran hijau yang tidak terjamah oleh kami, sang owner “Coba deh cicipin sayuran itu, coba tebak itu apa?”. Dengan sok tahu saya kemudian menjawab, “Sawi yah?”. Dengan tersenyum sang owner menjelaskan bahwa itu sayuran kale.

Kale yang baik untuk kesehatan

Sayur Kale adalah sayuran yang dapat mengontrol dan mentralisir gula diabetes dalam tubuh, menekan penyakit kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan tulang, dan dapat menyembuhkan penyakit asma. Untuk mendapatkan sayur kale ini, 3Yolks memperolehnya dari Kota Batu, dan mereka memberikan edukasi petani agar menaman sayur kale ini karena kaya manfaat bagi kesehatan. Rasa dari kale ini lebih enak daripada sawi, rasanya lebih crunchy krenyes-krenyes, kesat dan tidak pahit.

Dilmah Lapsang Souchong
Sebagai teman dari Salmon Marinated ada Dilmah Lapsang Souchong Cocktail. Namun, karena mengandung alcohol, saya tidak bisa mencicipi dan merasakannya.



3 st Course


Forest Berries & Pistochio Pairing Dilmah Earl Grey Tea

Forest Berries & Pistochio
Sebagai menu penutup, 3Yolks menghadirkan menu Forest Berries & Pitochio. Dessert ini adalah sejenis pai yang menggunakan cream dibagian tengahnya, yang menggunakan Green Tea Dilmah. Pai ini sangat terasa telur, mentega dan cruncy ketika digigit. Dipadu sauce green tea, menambah citarasa dari pai tersebut. Adapula selai strawberry dan buah strawberry yang menambahkan kesegaran dari dessert ini.



Dilmah Earl Grey
Pairing dari Forest Berries & Pistochio adalah Dilmah Earl Grey. Dibandingkan dengan Brilian Breakfas, saya lebih menyukai Dilmah Earl Grey. Menurut saya, aroma dari earl Grey itu berbeda, ada aroma jeruk dan citrun. Saat dituangkan dengan air panas, aroma kulit jeruk akan keluar dan efeknya akan menenangkan. Bahan dari earl grey memang dari kulit jeruk bergarmot yang diekstrak sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang unik. Di Inggris, konon Earl Grey merupakan teh yang paling difavoritkan pengunjung.

Saya dapat mengambil kesimpulan, bahwa nongkrong atau “jajan” bareng teman ataupun keluarga tak selamanya harus menikmati hidangan yang tak sehat. Budaya afternoon tea yang belum lazim di Indonesia ini, sangat menyehatkan karena kandungan teh sangat baik bagi tubuh. Teh mengandung anti oksidan, aromanya menenangkan, menyehatkan saluran pencernaan dan masih banyak lagi.

Misi yang dibawa oleh 3Yolkspun akan menggebrak budaya afternoon tea, sambil ngeteh kita juga bisa menikmati hidangan yang mengandung superfood yang sehat. Suasana diluar cafepun, sangat cocok menikmati afternoon tea di 3Yolks. Saya menikmati secangkir teh, sambil melihat lampu-lampu sore yang mulai dinyalakan. Ngga, percaya? Coba deh afternoon tea di 3Yolks.

3Yolks
Spazio Terrace #7
Surabaya

Opening Hours :
Sun – Thu 07.00 am – 22.00pm
Fri    – Sat  07.00am – 24.00pm

Instagram :
@3Yolks

Dilmah Real High Tea Challenge Cafe and Restaurant Surabaya
www.dilmah.co.id


You Might Also Like

11 komentar

  1. mau dongs kapan2 diajakin afternoon tea eaaaaa *modusss*
    eh mb foto2nya makin hari makin keceeee, tempting banget pulak menu2nya itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba nining...

      Yuk ngeteh bersama blogger surabaya hyahahaha

      Delete
  2. Huaaaahhhh mbak Vika buat aku makin kagum deh pada dirimu... *silent admirer, nih hehehe...
    Kapan-kapan mau diajarin ya buat foto kece badai kayak gini...
    *salam kenal*

    ReplyDelete
  3. Yuhuuu postinganmu ini lengkap abiis, Mbak.. Foto-fotonya juga bagus, aku saksi bagaimana harus jungkir balik demi ambil gambar haha
    Jadi, kemana afternoon kita selanjutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan aq tahu sebenarnya mba yuni takut kesenggol saat aq pencilaaan ciaaaaaat

      Siap ngagenda lagi...

      Delete
  4. Mbak vika salmon sama kentang enak, teh e bikin ngecess, foto ne apik2 mbk vika... Afternoon tea kemana kita mbk? #modusinterus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah pasti udah siap-siap ngeluarin tongkat saktinya hehehe

      Delete
  5. ihhh aku ngiler mlihat menu2nya...liat makanan ini dan teh nya, aku jd inget buku2 enyd blyton yg ttg sajian minum teh nya mba...duh kebayang lima sekawan, pasukan mau tahu, ato cerita2 yg lain, kalo sore2 slalu minum teh ama makanan kecil yg enak2 bgitu hahahah ;p..

    ReplyDelete
  6. Menu-menunya bikin lapeeerr... fotonya bagus-bagus euy mba. Aku suka banget sama teh Dilmah.. apalagi kalo ngeteh di tempat secakep ini, betah deh😀.

    ReplyDelete
  7. Menu-menunya bikin lapeeerr... fotonya bagus-bagus euy mba. Aku suka banget sama teh Dilmah.. apalagi kalo ngeteh di tempat secakep ini, betah deh😀.

    ReplyDelete