Ketika jalan-jalan ke luar negeri, saya selalu terkagum-kagum dengan kecanggihan sistem transportasinya. Seperti di Hongkong, saya sangat mudah mengunjungi antar satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya menggunakan Transportasi Umum di Hongkong. Warga Hongkong memang seakan dimanja oleh pemerintahnya dengan transportasi public yang murah dan mudah.  

Gambaran Transportasi Umum di Hongkong, jalur tram ding ding di tengah dan city bus


Travelerpun tak kesulitan untuk menggunakan transportasi umum di Hongkong ini. Terbukti, selama di Hongkong, sayapun tak pernah tersesat ataupun kebingungan menggunakannya. Brosur atau map tersedia di airport dan beberapa tempat wisata. Jangan lupa untuk mengambilnya, agar memudahkan perjalanan kita.
Jurus sakti untuk menggunakan transportasi umum di Hongkong adalah mempunyai Octopus Card. Kartu ini semacam ezlink Singapore, T-money Seoul atau Flazz di Indonesia. Dengan kartu ini, kita tinggal mentouch ketika masuk di gate station ataupun naik bus, kita tidak perlu repot mempersiapkan uang receh ketika membayar transportasi umum di Hongkong.

Octopus card dapat dibeli di Counter Train Ticket di airport, seharga HKD 150. Isi card ini adalah HKD 100 yang bisa digunakan untuk menaiki transportasi umum, sedangkan HKD 50 adalah deposit. Nantinya, deposit tersebut dapat di claim disemua counter ticket di station. Dengan membeli Octopus Card, maka kita sudah bersiap menjelajahi Hongkong.

papan informasi di airport

Counter Ticket Machine


Berikut Transportasi Umum di Hongkong :
Transportasi Airport Hongkong
Ada dua sistem transportasi umum yang tersedia di Airport Hongkong, yaitu Airport Bus dan Airport Express. Dua-duanya adalah transportasi yang nyaman untuk menuju kawasan Hongkong. Berikut cara menggunakannya :
Airport Express :
Airport Express merupakan kereta cepat sejenis MRT Singapore. Kereta ini akan langsung terlihat jika anda keluar dari Hongkong Internasional Airport (HKIA). Lokasinya tak jauh dari pembelian octopus card.

Didepan Airport Express
Harga tiket airport express untuk menuju Kowloon adalah HKD 90, sedangkan Causewaybay adalah HKD 100. Kelebihan dari menaiki airport express adalah jarak tempuh dari airport, menuju dua wilayah tersebut sekitar 30 menit, sedangkan airport bus adalah satu jam.

Dari segi kenyamanan, tentu lebih nyaman airport express, maklum harga ticketnya selisih jauh dengan airport bus. Enaknya, sistem Airport Express ini kita bisa langsung terintegrated dengan jalur MTR. Jika penginapan anda didaerah Kowloon maka turun di station Kowloon, jika di causewaybay maka turun di Hongkong station. Lalu lanjutkan dengan MTR yang dekat dengan penginapan. 

Airport Bus :
Airport Bus alternatif transportasi selain airport express dengan harga yang lebih murah. Harga tiketnya HKD 40, selisih HKD 60 dibandingkan Airport Express. Kalo bawa rombongan keluarga, lumayan loh savingnya hehehe..

Sewaktu di Hongkong, saya memilih transportasi ini karena murah. Meski harganya lebih murah, tapi tetap saja nyaman bagi saya. Kursinya seperti bus pariwisata di indonesia, ada tempat koper khusus dan ac nya juga dingin. Jika ingin melihat leluasa pemandangan pulau Hongkong, kita bisa mengambil spot di upper deck karena bus double deck. 

Untuk mencapai stop bus airport ini, dari Airport Express tadi maka beloklah kekanan. Kemudian lurus saja mengikuti papan penunjuk. Bus stop kemudian dibedakan antara tujuan kowloon disebelah kiri dan Causewaybay disebelah kanan.


Jalan menuju bus di airport
Tempat menunggu bus di airport
Untuk menaiki bus tersebut, tersedia nomor bus sesuai rute tujuan kita. Misalnya, saya turun di Causewaybay saya menaiki bus A11, atau jika ingin turun di kowloon maka naiklah bus A21. Rute lainnya bisa dilihat disini. Kalo ingin perjalanan disambung dengan MTR maka juga bisa turun di depan station MTR sesuai penunjuk rute.

Kursi airport bus yang nyaman
Dalam perjalanan saya ke Causewaybay, kurang lebih total perjalanannya adalah satu jam. Untuk turun tak perlu khawatir kebingungan karena ada penunjuk digital yang menjelaskan pemberhentian selanjutnya. Jadi, menurut saya airport bus ini sama nyamannya dengan airport express, perbedaannya hanya pada durasinya.

Airport Bus
MTR 
Jika pernah ke Singapore, atau Luar negeri lainnya, anda tak perlu khawatir menaiki sistem transportasi kereta cepat ini, karena cara menaikinya hampir sama. MTR akan menghubungkan wilayah-wilayah Hongkong yang terpisah menjadi 3 pulau Kowloon, Hongkong Island dan Lantau Island.

Mongkok Station, salah satu MTR station di Hongkong
Didalam MTR Station
Namun, dibandingkan MRT Singapore, akses untuk berjalan kaki MTR lebih panjang dibandingkan Singapore, namun untuk anak tangganya tidak seekstrim subway seoul. Exit MTR Hongkong sangat banyak, bahkan seperti di Tsim Tsa Tsui hingga exit L, dan bersambung menjadi L1 dan seterusnya. Pastikan anda mengetahui exit yang sesuai dengan tujuan yang dituju. 

Sedangkan untuk sistem pembayarannya bisa langsung mentouch octopus card atau membeli langsung di MTR Ticket Machine didalam station. Nanti di machine tersebut, ada petunjuknya dalam bahasa Inggris.

MTR Machine
Jalur MTR dibedakan menjadi 9 line yang berbeda warna. Untuk berganti jalur berbeda warna line, maka anda harus menuju station interchange, yang akan menghubungkan dua line tersebut. Disetiap station akan ada petunjuk yang jelas untuk berganti line.

map MTR Hongkong
Contohnya : Saya dari Causewaybay ke Disneyland Resort. Causewaybay line biru, sedangkan Disneyland Resort line orange. Dari causewaybay saya kearah Sheungwan dan turun di station Central yang merupakan interchange 2 line tersebut. Dari station Central saya berpindah ke line orange arah Tung Chung, kemudian turun di Sunny Bay. Dari Sunny bay, saya menaiki kereta khusus Disneyland.

MTR Hongkong
Suasana didalam MTR
Tram Ding Ding
Moda transportasi tram ding ding hanya beroperasi di kawasan Hongkong Island. Tram ding ding berbentuk seperti layaknya kereta kuno, usianya memang sudah satu abad, namun tetap disukai masyarakat Hongkong karena murah. Tram ding ding berjalan di sepanjang jalur rel yang membelah jalan, posisi relnyapun berada ditengah jalan raya. 

Tram Ding Ding
Tram memiliki deck atas, jika ingin menikmati semilir angin dan keindahan Hongkong Island maka naiklah ke atas dengan tangga putarnya. Tempat duduk dibagian bawah adalah berhadapan-hadapan seperti naik angkot, sedangkan deck atas kursinya menghadap kedepan seperti bus. Bagian body luar tram ding ding juga unik, karena dipenuhi iklan-iklan reklame dengan warna-warna menyala. 

diatas tram
Didalam Tram ding ding
Tangga putar tram
Untuk menaiki tram ding ding, naiklah dari station tram ding-ding yang berada didekat rel tram. Jalurnya terbagi dari East dan West, klik disini untuk melihat rutenya. Oia, untuk menaiki tram kita harus melalui pintu belakang dan turun melewati pintu depan sekaligus membayar tram dengan mentouch octopus.

Masuknya lewat bagian belakang tram

Memanfaatkan transportasi tram itu cukup mudah, naik saja dari station terdekat lalu turun di station yang dituju. Jika naik dari East, maka pulangnya tinggal menyeberang ke West, begitu pula sebaliknya. Biayanya cukup murah, hanya HKD 2,5 sekali naik jauh dekat. 

Station Tram Ding Ding
Sewaktu tinggal di apartemen di causewaybay, saya tiap hari selalu naik tram ding ding daripada MTR, karena meski apartemen saya dekat dengan station MTR, namun tetap saja dari pintu masuk station harus jalan lumayan jauh menuju kereta MTRnya. 

Saya juga suka mix antara Tram ding ding dan MTR/bus, seperti jika ke Tsim Tsa Shui dari Causewaybay saya harus interchange dari Central. Maka saya menaiki tram ding ding turun di depan station MTR Central kemudian lanjut ke stasion MTR yang dituju atau kadang setelah turun Central saya langsung naik bus.

City Bus
Adakalanya traveler selalu lebih memilih naik MTR daripada bus. Memang sih, MTR itu jauh lebih mudah dipelajari rutenya daripada bus. Tapi, khusus saya lebih suka naik bus dari MTR. Kenapa? Lagi-lagi karena jalan didalam station MTR Hongkong itu panjaaaaang dan jauh banget. Padahal udah masuk kedalam station, tapi untuk naik keretanya harus jalan lagi sekitar 1 km lebih hyaaaa...

Sebenarnya naik bus di Hongkong itu sangat mudah, ASAL tahu pasti nomor rute busnya dan bus stop yang dituju. Nah, untuk mengetahui rute bus bisa dilihat di website ini dan bisa langsung di lihat di bus stop. Di bus stop selalui tersedia papan penunjuknya dengan jelasnya, model papan penunjuknya juga unik, karena kita bisa melihatnya sambil memutarnya hihihi #bacanggapenting

Stop bus, didepan central pier

Papan penunjuk rute bus

Alternatif naik bus biasanya selalu saya pilih ketika kaki sudah gempor karena ngga sanggup jalan lagi ke station MTR. Untungnya saya selalu "ngga pelit" untuk membeli sim card, jadi kalo kaki sudah capek, tinggal browsing untuk mencari rute bus, sayapun naik bus yang turunnya pas didepan apartemen saya hehe...

Agar tidak tersesat atau terlewatkan bus stop, saya selalu tak lupa untuk memfoto papan penunjuk yang ada di bus stop. Tujuannya agar kita didalam bus nanti, bisa memperkirakan berapa lama lagi pemberhentian bus yang akan saya lalui. Saya juga selalu menghafal nama bus stop sebelumnya, agar sebelum turun, saya sudah bersiap di satu pemberhentian sebelumnya. 

Didalam bus
petunjuk digital didalam bus
Sudah dapat nomor bus dan nama stop busnya? Tinggal tahu cara naiknya nih hehehe... Mudah kok, tinggal naik terus touch octopus card di mesin yang sudah disediakan didekat pintu masuk. Lalu turunnya kalo sudah terlihat dari papan digital didalam bus yang menunjukkan nama bus stop, kita bisa turun lewat pintu belakang. Turunnya ngga perlu touch card lagi ya...

Star Ferry
Udah tahukan kalo kota-kota di Hongkong itu dipisahkan oleh laut? Nah, untuk menyeberang antara kowloon ke hongkong island kita bisa menaiki Ferry star ini. Konon kapal-kapal ini sudah beroperasi mulai tahun 1888 hingga saat ini. Meski kini sudah ada bus dan MTR yang dengan mudah menyeberangi antar pulau Hongkong, namun star ferry tetap difavoritkan pengunjung karena murah dan memiliki sensasi sendiri bagi wisatawan.

Star Ferry Hongkong
Di Kowloon, letak pier didekat Clock Tower sedangkan di kawasan Hongkong Island dekat dengan MTR Central dan Hongkong Observation Whells. Cara menuju star ferry jika dari Kowloon adalah dari MTR Tsim Tsa Tsui exit L6 lalu berjalan menuju O'clock Tower, atau jika dari Hongkong Island dari MTR Hong Kong Station Exit A2 atau MTR Central Station exit A.

Saya menaiki ferry karena ketidaksengajaan, saya menemukan pier ini dari O'clock Tower, kemudian saya putuskan naik ferry untuk menuju Central, untuk menuju apartemen saya didaerah Causewaybay.

Didalam Pier, kursi penumpang dibedakan menjadi upper deck dan lower deck, untuk menaikinya antar bagian tersebut ada pintu tersendiri yang terpisah. Untuk tarifnya juga berbeda, upper deck HKD 2,5 dan lower deck HKD 2, pembayarannya tinggal mentouch kartu octopus didekat pintu masuk deck.

Gate untuk menuju upper deck di Pier

Saya memilih kursi penumpang di bagian upper deck, dari atas kapal tersebut saya bisa melihat indahnya gemerlapnya Hongkong. Saya juga menikmati ayunan kapal yang mengikuti ombak yang cukup kencang. Star ferry ini beroperasi dari pagi hingga pukul 08.00 malam, namun jika ombak cukup kencang, biasanya star ferry akan berhenti beroperasi demi keamanan. 

Didalam star ferry upper deck

ngeksis bentar hehehe

Oia, jangan lupa mencicipi egg tart Hongkong "Tai Cheong Bakery" yang cukup legendaris dan sangat enaaaak, saya tidak sengaja menemukan outletnya di Upper Deck sewaktu menaiki star ferry dari kowloon ke Central. Artikel tentang egg tart ini bisa baca di artikel "Mencicipi Egg Tart Hongkong"

Tai Cheong Bakery, egg tart kesukaan saya di hongkong

Mini Bus
Mini Bus adalah salah satu transportasi umum di Hongkong yang cukup difavoritkan warganya. Rute mini bus ini adalah melalui jalan-jalan yang tidak bisa dilalui bus besar, seperti gang-gang yang sempit. Bentuk mini bus, seperti kendaraan travel ELF yang berisi 16 penumpang saja, mini bus pun bisa berhenti dimana saja tanpa harus turun dihalte yang disediakan, yah sistemnya mirip-mirip dengan angkutan umum di Indonesia.

Mini Bus yang lagi menunggu penumpang
Waktu di Hongkong, saya memang belum pernah menaikinya, karena untuk naik mini bus ini minimal wisatawan harus bisa sedikit bahasa cantoon. Saya hanya melihat mini bus, sewaktu "ngetem" di dekat kuliner "Ah lung halal pakistan" yang menunggu penumpang hingga mini bus penuh.

Hongkong Macau Ferry Terminal
Kalo jalan-jalan ke Hongkong, rasanya belum lengkap tanpa menyeberang ke Macau yang hanya 40 menit ini. Untuk menyeberang dari Hongkong ke Macau, kita bisa melaluinya dari Central atau dari Kowloon, dengan biaya HKD 164. Tiket dapat dibeli langsung counter penjualan Ferry Terminal dan tidak bisa online. Tak perlu khawatir kehabisan tiket, karena ferry ada disetiap jam, dan tanpa calo.

Counter Ticket Macau Ferry Terminal
Pengalaman saya ke Macau dari Hongkong, saya lalui dari Causewaybay (Hongkong Island), saya kemudian ke Sheung Wan MTR. Saya kemudian mengikuti petunjuk exit menuju dermaga, ferry terminal tersebut terintegrated dengan Shun Tak Centre (mall). Lalu jika sudah didalam shun tak centre, langsung naik ke lantai 3. Dilantai tersebut akan terlihat loket-loket penjualan ticket Hongkong - Macau, setelah membeli ticket maka masuklah menuju imigrasi.

Keluar dari Hongkong menuju Macau kita harus melalui imigrasi terlebih dahulu, siapkan paspor dan arrival card yang diberikan sewaktu pertama kali memasuki imigrasi Hongkong, yang bentuknya mirip kertas karcis tol yang mini.Setelah proses imigrasi selesai, ikuti jalur menuju ferry, dan sewaktu masuk ke ferry kita akan diberikan nomor kursi untuk tempat duduk di Ferry. Nomor kursi untuk kelas economy di upper deck, sedangkan lower deck untuk kelas bisnis. Jika membawa koper, maka letakkan koper di lower deck di tempat khusus bagasi.

Didalam Ferry
Mudah bukan menaiki "Transportasi Umum di Hongkong"? Untuk mempelajarinya, jangan lupa download map MTR atau pelajari rute bus di websitenya. Selama di Hongkong, transportasi umum di Hongkong sangatlah aman dan saya tidak pernah tersesat. Jadi, jangan ragu untuk berkeliling Hongkong tanpa travel. Happy Traveling...