Bahan Untuk Membuat Sosis dan Bakso

IMG_4610

Suka makan sosis ngga? Ngga suka? Ah, ngga mungkin kalo ada yang bilang ngga suka. Saya rasa semua orang kayak saya yang suka banget makan sosis #maksa. Secara ngga sadarpun kita selalu makan sosis, karena sosis ini hampir ada disetiap makanan berbau western, chinese food atau fast food. Sebut saja menu spagheti, hotdog, burger, cay cay dan nasi goreng, si merah ini selalu tampil dengan hiasan potongan tipis menggemaskan. Rasa sosis yang gurih dan khas, juga cocok dijadikan sebagai camilan.


Saya yang hobi masakpun, selalu menambahkan item sosis kedalam menu makanan yang saya buat. Kebetulan anak saya lagi suka-sukanya makan sosis, jadilah menu ini sering saya tambahkan kedalam menu makannya. Seperti minggu ini, saya lagi uji coba membuat spagheti sosis dan sukses berhasil dengan hasil yang lezat atau membuat nasi goreng dan sayur sop juga saya tambahkan sosis.

spagheti

Selain makan sosis, pasti banyak yang suka dengan bakso. Isi bakso yang di Jawa disebut dengan pentol ini, menjadi favorit saya ketika cuaca sedang hujan. Sambil menyeruput kuahnya panas-panas, sayapun melahap habis si pentol. Tak hanya menjadi pelengkap bakso, si pentol ini juga sering dijadikan bahan pelengkap masakan lain seperti cap cay, angsio, nasi goreng, kwetiau dan berbagai menu yang kebanyakan chinese food.

sosis 4

Nah, sayapun akhirnya penasaran "Bagaimana sih cara membuat sosis dan bakso itu?" Bagaimanapun juga masakan dirumahkan jauh lebih aman daripada makanan luar. Lagian kelihatannya gampang kalo buat sosis dan bakso, pastinya pakai daging giling, tepung dan bumbu rempah. Lalu sayapun googling untuk mencari resep untuk membuat makanan tersebut. Sudah menemukan satu resep, namun ada satu bahan yang asing bagi saya yaitu Isolated Soy Protein.

Kayaknya saya baru dengar dengan yang namanya tepung Isolated Soy Protein. Selama ini saya tahunya semacam tepung sagu, tepung terigu atau tepung maizena. Ternyata, untuk membuat bakso dan sosis seenak yang dijual disupermarket itu, salah satu bahannya menggunakan Isolated Soy Protein. Kalo ditranslatekan kasar hasilnya jadi "Protein kedelai terisolasi" ada kacang kedelai tapi kok ada kata diisolasi....


sosis 25

Gini-gini biar ngga bingung saya jelaskan Isolated Soy Protein hasil jawaban dari teman saya yang juga seorang chef hotel di Surabaya. Jadi, untuk membuat sosis dan bakso, selain daging cincang juga diperlukan banyak bahan pembantu lainnya sebagai bahan utama daging. Isolated Soy Protein ini telah banyak digunakan oleh pabrik yang memproduksi bakso dan sosis maupun pemilik usaha yang menggunakan bahan tersebut.

Tepung Isolated Soy Protein merupakan bahan yang umum untuk digunakan dalam proses pengolahan produk-produk daging olahan seperti sosis, burger atau nugget. Bahan ini terbuat dari tepung kedelai yang diproses sedemikian rupa sehingga produk akhirnya berupa tepung berwarna putih kekuningan dengan kandungan protein tidak kurang dari 90%. Protein kedelai merupakan protein nabati yang memiliki karakteristik fungsional paling mendekati protein daging, karenanya Isolated Soy Protein banyak digunakan sebagai bahan pengganti daging yang berfungsi untuk mengurangi penggunaan daging dalam produk-produk daging olahan. Isolated Soy Protein juga digunakan untuk meningkatkan kualitas, memberikan tekstur yang kenyal dan warna didalam pembuatan sosis maupun bakso.

Isolated Soy Protein mempunyai kualitas protein yang sama dengan daging dan hampir tak mengandung lemak dan tidak mengandung kolesterol karena berbahan kacang kedelai. Kedelai juga memiliki sumber protein, vitamin, mineral dan serat. Kedelai sangat berkhasiat untuk tubuh diantaranya mencegah kanker, mencegah darah rendah, memulihkan kondisi sel-sel dalam tubuh dan sangat baik untuk kulit. Dipercaya, kedelai ini banyak khasiatnya daripada bahan dari ternak yang mengandung banyak lemak dan kolesterol.

Jadi kesimpulannya sosis dan bakso itu tidak 100% berbahan daging, ada kandungan Isolated Soy Protein yang dipercaya dapat menggantikan bahan turunan dari daging karena lebih sehat. Selain sosis dan bakso, Isolated Soy Protein juga ada dalam corned dan nugget.


sosis 62


Hmmm, saya belanja Isolated Soy Protein dulu ya? eh makan burger dulu yang isinya beef 

You Might Also Like

5 komentar

  1. mbaa... tepungnya itu bisa dibeli dimana2? di supermarket manapun ada? atau cuma di market2 tertentu aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di toko kue pasti ada atau pesan via online.

      Delete
  2. bikin baksonya terus dijual mbak Vika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga bakat jualan karena lebih banyak yang dimakan daripada yg dijual hehehe

      Delete
  3. entahlah aku suka banget bakso..sama sosis..hahaha

    ReplyDelete