De Arca Museum di Yogyakarta

de arca 1

Satu lagi destinasi wajib yang bisa dikunjungi di Yogyakarta, yaitu De Arca Museum. Skip dulu rencana liburan ke Magelang-nya, karena museum ini tepat di kota Yogyakarta. Lokasinya masih satu area dan bersebelahan dengan de mata Yogyakarta, tepatnya di XT Square daerah Umbulharjo. Di XT Square ini, selain terdapat gedung De Arca dan De Mata biasanya juga menjadi tempat pameran maupun expo, seperti sewaktu saya kesana di XT Square sedang diadakan pameran batu akik.


Sebenarnya de Arca ini bukanlah destinasi baru, sudah hampir setahunan telah berdiri. Namun bila dibandingkan de mata, de arca barulah dibangun setelahnya. Kepamorannyapun masih kalah dibandingkan de mata yang berkonsep trick eye museum. Di Surabaya sendiri de mata sudah buka di mall  Sutos, tapi de arca nya belum ada, mungkin project selanjutnya di Surabaya.

Jadi apa sih De Arca itu? Bisa dibilang de arca adalah madame tussaudnya Indonesia. Di museum De Arca berisi patung lilin yang berisikan tokoh-tokoh dunia, superhero dan celebrity. Ya, meskipun patung lilinnya  di madame tussaud patungnya  sangat mirip dengan aslinya, sedangkan De Arca ya begitulah... Tapi saya tetap bangga kok main ke De Arca, kan punya Indonesia... Harganya juga murah murah meriah, dan selisih jauh dengan Madame Tussaud yang HTM-nya adalah Rp. 250.000 di De Arca hanya seperempat dari harga tersebut.


de mata 11

Pagi itu karena musim liburan, de arca sudah dipenuhi banyak pengunjung. Didalamnya sudah terdapat antrian pengunjung yang asik membawa peralatan narsis seperi kamera, hp, go pro bahkan tongsis.

Tokoh-Tokoh Dunia

Kami melangkah menuju area tokoh-tokoh dunia yang merupakan start dari perjalanan didalam de arca. Tokoh-tokoh dunia seperti barrack obama, Soekarno, gus dur, pak harto dan bu tien, megawati, sadam husain, sultan hasanudin, Susilo Bambang Yudhoyono menghiasi area ini. Bahkan almarhum mbah marijan juga dimasukkan didalam tokoh-tokoh dunia, peminat pengunjung yang berselfie di juru kunci merapi ini tak kalah ramainya. 

Patung-patung lilin tersebut ditata dengan berjejer rapi, sekitar 20 – 25 patung yang menghiasi area tokoh-tokoh dunia. Tidak hanya posisi berdiri, patung lilin tersebut ada yang duduk dan menjalankan aktifitasnya, contohnya Pak Soekarno yang lagi serius mentandatangani surat perjanjian.


-de arca 2

de arca 19

de arca 3

de arca 4

Super Heroes

Kalo saya lihat area di Tokoh-tokoh dunia, lebih sepi dibandingkan area lainnya. Di Area Super Hero tampak pengunjung yang mengantri didepan patung-patung lilin. Diarea ini terdapat tokoh film yang menjadi film box office. Ada Silverston, tokoh marvel, hulk, fantastic four dan tokoh fiksi lainnya. Lalu yang menjadi terfavorit adalah Spiderman memakai blankon, spiderman ini tampak unik dan mentereng karena ukurannya yang sangat besar diantara lainnya.


de arca 6


de mata 8


Jangan lupa pakai lensa super wide di hp, biar fotonya bisa rame-rame

de mata 9

Celebrities

Melangkah selanjutnya ke area celebrities, saya langsung disambut dengan oppa Korea yang imut “anyeong haseo” #eh Penggemar bollywood akan dipuaskan dengan tokoh shahrukh khan dan amita bachan, adapula tokoh film Hongkong Jacky Chan, bunda Maria dan beberapa lainnya. Kalo saya sih sudah sibuk antri ditokoh David Beckham dan Ronaldo.


de mata 10


de arca 12


de arca 15
Jacky Chan di De Arca Museum
IMG_0408
Ini Jacky Chan di Madame Tussaud Bangkok

Kenapa Wajahnya ngga jelas semua hahaha
Paling gemes sama David Beckham dan Ronaldo, patung lilinnyapun paling mirip dengan aslinya dibandingkan yang lainnya. Ini hasil pengamatan saya dengan membandingkan dengan di Madame Tussaud Bangkok. Ah, mungkin de arca nya takut dicomplain ibu-ibu galak kalo tokoh idolanya ngga mirip. 


de arca 14
David Beckham di De Arca lebih muda dari aslinya

IMG_0360
David Beckham di Madame Tussaud Bangkok
de arca 17


de arca 18

Tips buat cewek kalo ke De Arca, jangan lupa pakai high heels, karena patung-patung lilin tersebut mengikuti bentuk tubuh aslinya seperti tinggi dan berat badannya. Kayak saya yang sewaktu foto sama si beckham dan ronaldo, kelihatan pendek banget. Tapi paling suka foto sama si Hulk, karena saya kelihatan langsing wekekeke

Puas bisa mengunjungi De arca di Yogyakarta, stock fotopun menjadi membengkak dilaptop hihihi.. Oia, waktu itu saya masuk kesini masih Rp. 50.000,- sedangkan untuk anak-anak gratis, namun sekarang tahun 2016 sudah naik menjadi Rp 75.000,- tapi banyak kok yang menyediakan tiket diskon jadi googling untuk mendapatkan tiket murahnya. Happy Traveling!!!!

DSCF3584
Dibalik Layar Museum De Arca


De Arca Museum
XT Square
Jl Veteran, Yogyakarta
Open : 10.00 - 22.00
HTM : Rp. 75.000,-

You Might Also Like

5 komentar

  1. Owalah ternyata jejeran.sama de mata ya.waktu ke de.mata dlu belum ada nih de arca. Kapan2 mo kesini ah

    ReplyDelete
  2. Aku sering denger museum ini mbak! Tapi sayang jauh banget dari Jakarta hehehe
    Kudu nunggu pulang kampung nih buat kesana :DD

    ReplyDelete
  3. wuah boleh nih jadi tempat berkunjung kalo ke yogya, biar bisa foto sama superheroes hehe

    ReplyDelete
  4. waktu main ke jogja .. belum ada nih ..
    kalau kesana lagi mampir ahh .. lumayan hemat daripada mesti ke Sing :D

    ReplyDelete