Membeli Sim Card di Singapore

Rumus saya ketika traveling diluar negeri adalah membeli sim card. Bukan karena saya anak alay yang harus update social media di path, facebook, twitter maupun instagram. Bagi saya sim card adalah hal yang terpenting ketika keadaan darurat. Contohnya saja ketika tersesat, kita tak perlu kebingungan karena tinggal googling untuk mencari informasi diinternet atau bisa telephone 911 ketika keadaan mendesak. Namanya di negeri orang kita harus selalu waspada ketika traveling.



Kan ada wifi? Iya ada sih wifi, tapi wifi hanya ada di penginapan, sedangkan ketika traveling kita hampir seharian berada diluar penginapan, jadi wifinya cuma bisa malam hari atau ketika pagi hari. Sedangkan ditempat-tempat wisata sulit menemukan wifi gratisan. Kalo mau wifi gratis bisa juga nongkrong di coffe shop, tapi harus beli coffe dulu baru bisa dikasih paswordnya.

Okay, mari lanjutkan untuk mengulas "Membeli Sim Card di Singapore"

Syarat Membeli Sim Card ?
Membeli Sim Card di Singapore itu mudah. Syaratnya hanya menyertakan paspor ketika membeli simcard. Setelah pramuniaga memasukkan dan mengopy paspor kita, lalu dengan bebas kita boleh menggunakan sim card tersebut.

Pilih Sim Card yang Mana?
Di Singapore ada beberapa provider sim card yang cukup populer diantaranya adalah Singtel, Starhub dan M1. Pengalaman saya, saya cukup sering menggunakan Singtel karena dulu paket data Starhub lebih mahal daripada Singtel. Namun, saat ini harga dua provider tersebut hampir sama. Khusus M1 sim card saya belum pernah mencobanya, jadi saya hanya berbagi pengalaman dengan menggunakan Singtel dan Starhub dulu, mungkin lain kali ketika di Singapore saya akan mencoba yang M1.

Beli Sim Card di Singapore dimana?
Untuk membeli sim card di Singapore, jangan membelinya di Changi Airport karena mahal. Pernah saya berkeliling Changi Airport untuk mendapatkan sim card, namun yang tersedia hanya ada harga $38 dan $50 yang tak sesuai dengan budget saya. Padahal paket sim card Singtel katanya ada yang $15 di RHB Bank Currency atau yang Star Hub yang di UOB, tapi keduanya sama-sama menawarkan paket yang hampir setengah jeti, hmmm sepertinya modus.

Akhirnya saya kemudian membelinya di luar bandara yaitu di Seven Eleven. Untuk membeli sim card di Singapore memang paling aman hanya di Seven Eleven. Jangan pernah membelinya di Lucky Plaza ataupun Mustafa Center karena banyak yang tertipu, saya sih belum pernah dan jangan sampai tertipu, tapi pengalaman ini banyak saya baca diinternet.

Bagaimana Cara Membeli Sim Card di Singapore ?
Ketika membeli di Seven Eleven langsung saja bilang ke pramuniaganya, "Do you have Singtel/Starhub sim card $15"? Kalo ngga ada paket sim card tersebut cari saja Seven Eleven lainnya, jangan mau ditawari paket sim card dengan harga tinggi.

Singtel Sim Card
Harga Singtel sim card adalah $15 harga tersebut berlaku untuk micro sim card dan standart sim card. Jika Nano cim card harganya $38. Cukup jauh selisihnya antara pengguna micro sim card dan nano sim card. Bahkan dulu karena alibi ngirit, saya sengaja tidak mengaktifkan iphone yang nano sim card tapi menggunakan ipad untuk berlangganan paket data Singtel.



Sudah dapat sim card Singtel, jangan lupa langsung mengaktifkan paket datanya. Jika lupa mengaktifkan paket data maka pulsa otomatis terkuras dengan cepat. Cara mengaktifkannya adalah dengan menekan *363 lalu pilih paket datanya :
High Usage Data Plans : 
  • 1-day dengan 2GB Data adalah $6
  • 3-day dengan 6GB Data adalah $15
  • 7-day dengan 14GB data adalah $25

High Value Data Plans : 
  • 7-day dengan 10 MB data $1
  • 7-day Value 1 GB data $7

Biasanya saya mengaktifkan paket data yang 3-day dengan harga $15, lalu di hari ke-4 jika masih di Singapore saya menambah paket yang High Value Data Plans per 7-day nya adalah $1. Isi dari paket sim card $15 adalah $18, jadi ketika mengaktifkan paket data yang 3 day masih sisa $3



Selama di Singapore ketika menggunakan Singtel ini internetnya sangat lancar dan ketika menggunakan video call dari Line ke orang rumah di Indonesia juga cukup lancar tanpa tersendat.

Starhub Sim Card
Bagi pengguna iphone 5 tau 6 dengan model nano sim card, sebaiknya membeli provider starhub. Karena saat ini starhub menyediakan simcard yang 3-in 1 yaitu bisa dipotong-potong untuk sim card standart, micro sim maupun nano sim. Harga sim card starhub yaitu $15, lebih murah dibandingkan jika membeli nano sim card Singtel $38. Dan untuk membelinya ketika di Seven Eleven langsung tanya yang starhub $15 karena paket starhub juga banyak, ada yang sampai $50.



Cara mengaktifkan paket data Starhub adalah *123*300# lalu pilih paket datanya :
  • 3-day dapat 30MB harganya $2
  • 3-day dapat 200MB harganya $4
  • 3-day dapat 1GB harganya $5
  • 7-day dapat 10MB harganya $1
  • 7-day 1GB harganya $7

Harga yang ditawarkan paket data Starhub terlihat lebih murah dibandingkan Singtel, namun kuotanya berbeda. Tapi ketika traveling sebenarnya tak butuh kuota banyak yang penting tetap bisa berinternetan, karena malamnya dipenginapan bisa menggunakan wifi. Biasanya jika mengaktifkan starhub saya pilih paket yang 3-day 1GB $5 kalau habis saya perpanjang lagi.



Mudah bukan membeli Sim Card di Singapore? Yang pasti jangan sampai salah pilih paket sim card dan tempat membelinya. Jangan lupa selalu bawa powerbank samsung animal biar ngga kehabisan baterai handphonenya. Be Smart Traveling Guys!!!


You Might Also Like

46 komentar

  1. Yang paling penting, setiap kesana kalau aku pasti beli baru. Kalau mau top up rempong dan biasanya keburu abis data. Kalau beli perdana kan banyak paket2 yang menarik dengan data besar bahkan unlimited... Giliran pas isi ulang, jadinya mahaal mending beli baru jauh kemana2 hihi *pengalaman top up 20$ abis gag jelas -_-

    ReplyDelete
  2. Halo mbak...kalau yang untuk nano sim itu kan harus dipotong ya mbaa.. itu gimana cara potongnya mbak apa di sevelnya bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di luar negeri starterpack sim card udah ada jenis yg khusus nano sim card jadi ngga perlu dipotong-potong dulu kayak di Indonesia hehehe

      Jadi kalo beli bilang untuk nano simcard ya, recomm kalo di Singapore starhub karena yg nano sim lebih murah.

      Delete
  3. Hi mba.. Kalau misalnya kita 5 hari di singapore terus ada 1 hari main ke legoland gitu apa paket singtelnya masih bisa digunakan atau harus ganti kartu lagi? Baiknya kalau 5 hari gitu ambil paket yg mana ya mba? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di Johor Singtel sudah ngga bisa di pakai mulai di JB center karena kan sudah beda negara, kalo di Malaysia saya biasanya pake Digi sim card harganya sekitar 80rb kalo di kurskan. Tapi kalo sehari di JB sepertinya tidak perlu sim card kecuali kalo takut tersesat ya...

      Jika 5 hari di Sing trus beli Singtel kamu bisa ngaktifin paket hight value 7 dolar dapat 1 GB kalo habis kuotanya bisa aktifin lagi nanti dapat 1 GB. Saya rasa kalo ngga buka IG kuotanya ngga cepat habis, nanti kalo ngga tahan ngga buka IG nunggu wifi di penginapan :D

      Delete
  4. thank you mba utk sharingnya, utk hp nya ada yg perlu dirubah gak settingannya. aku pake bb Q10. mobile network and data servicenya tetap di "on" ya mba ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pake iphone jadi kurang faham jika setting BlackBerry, tapi saya rasa sama saja. Ngga perlu ganti setting apapun, cuma data roaming aja yang dinonaktifkan.

      Nanti di staterpack simcard ada panduannya lengkap banget, baik untuk BB atau android maupun iphone.

      Delete
  5. Terima kasih mba infonya. Saya rencana 2 minggu lagi berangkat ke singapura. Starhub bagus sinyalnya?

    ReplyDelete
  6. Mbak, starhub yg $15 dapet berapa saldo pulsanya ya? Thanks

    ReplyDelete
  7. Mbak, starhub yg $15 dapet berapa saldo pulsanya ya? Thanks

    ReplyDelete
  8. mbak, kalo mau beli sim card ribet nggak? harus nunjukin pasport etc?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ribet, sama kayak beli sim card di Indonesia dan tunjukin paspor.

      Delete
  9. Halo mbak, kalo saya pake iphone cara seting nya bgm mbak

    ReplyDelete
  10. Halo mbak, kalo saya pake iphone cara seting nya bgm mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pake iphone, cara settingnya tinggal daftar aja nanti panduannya ada di starter pack cardnya

      Delete
  11. Mba mau tanya kalau di beli digi di sekitaran JB Sentral ada gak? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak :D saya juga sering beli di JB sentral

      Delete
  12. Hi mba, Terima Kasih ats informasinya.
    Saya mau tanya ketika kita sudah daftar untuk paketnya yang Singtel,
    itu Whatsapp bagaimana? Tidak perlu di setting ulang kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti secara otomatis ketika buka Whatsap ada pilihan pake nomor Lama (indonesia) atau pake no baru. Jadi setting aplikasi dengan memilih nomor lama nanti kontak tidak berubah :D

      Delete
    2. Wah terima kasih atas responnya ^^

      Delete
  13. hi kak, berarti singtel $15 itu pulsanya $18 kan?terus masang paketnya, ya kaya biasa aja kan? kaya provider di indonesia lumayan juga kl pulsanya segitu>< aku pengen beli tapi masih sedikit bingung juga,dan agak riweuh kl gandelin wifi. soalnya kl ke sana aku ngadelin wifi mulu 😂 , ini mau kesana lgi pengen beli simcardnya jdinya. thanks for sharing ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti bilang yg simcard $15 karena jenisnya banyak, ada juga yg $35, $50. Kalo nggak ada yg $15 cari sevel yang lainnya.

      Di starter packnya nanti ada panduannya untuk mengaktifkan paket, langsung diaktifkan ya..karena kalo nggak daftarkan paket, pulsanya cepat habis.

      Delete
  14. Hallo say, aku mo tanya. Aku akan stay di singapore untuk long term. Mungkin 2bln. Aku pake iphone, tapi aku pengennya sim card tu dimasukin ke modem wifi supaya bisa disambungin ke beberapa gadget. Menurut kamu sebaiknya sim card mana yg kubeli, paket data mana yg kupilih, gimana cara aktivasinya klo mo dipasang di modem, dan beli kartu perdananya tu yg brapa??? Harap infonya, tq ya say...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,..

      Yang pasti km harus punya modem yang support dengan simcard di Singapore, biasanya ada sih penyewaan modem. Tapi untuk menyewa modem selama 2 bulan terlalu pricey karena tarif sewanya yaitu $12.

      Pengalamanku sih sewaktu di Singapore sih beli simcard Singtel atau starhub trus ku thetering buat laptop and Ipad. Paling murah untuk iphone 6 yang menggunakan micro nano adalah pakai starhub. Cara mengaktifkannya ada di starterpacknya.

      Delete
  15. di Indo cost 1,5 gb cuma 10rb, disana 10x lipat brarti ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau hemat pakai wifi hotel aja mba :D Singapore memang serba mahal :(

      Tapi saya pakai simpati di indonesia 1GB 40rb mba, kalo yang 10rb provider apa ya?

      Delete
  16. Mba mau nanya..kalau isi ulang gtu emng lebih mahal yah???
    Terus masa berlaku kartunya brp lma mba biasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernh yg top up hehehe biasanya saya beli simcard baru.

      Yang pasti perhatikan expired kartu ya...

      Delete
  17. mbak saya mau tanya, seven eleven yang biasa di kunjungi oleh mbak saat beli kartu sim nya, di jalan apa yah???

    ReplyDelete
  18. mbak saya mau tanya, untuk seven eleven yang di luar bandara itu di jalan apa yah ? alamat nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi kak adi :D

      Untuk 7/11 di Singapore ini diibaratkan kayak indomaret dan alfamart di Indonesia, hampir disetiap jalan, station MRT juga ada...Jadi ntar pasti ketemu sama si 7/11 ini :D

      Delete
  19. Nice blog Vika!

    Selasa depan aku rencananya mau ke Spore untuk 4 hari, kebetulan aku suka banget buka IG & Snapchat pastinya akan pake data yang cukup banyak, hpku iPhone 6S dan lagi bingung mau pakai provider apa disana. Dulu aku pakai starhub dan belinya di Airport dan gila sih mahalnya. Di airport sendiri ada 711 ga sih say? Aku lupa karena terakhir kesana 2014 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk nano sim yang termurah starhub karena sim cardnya bisa buat standart, nano sama micro.

      Di airport ada 7/11 tapi disana ngga ngejual simcard, aneh ya? Makanya kita harus sabar untuk membeli sim card harus keluar airport :D

      Delete
  20. hai mba,

    Sevel di sekitar bandara ada ngga ya ? biar bisa langsung internetan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 1 sevel di bandara, tapi sayang khusus sevel bandara ngga jual simcard.

      Delete
  21. hai mba ,

    kalo beli harus yang tourist ya ? saya liat di singtel ada yang harga 8$ soalnya karena saya cuman butuh internet aja ga butuh sms telp .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga harus tourist, saya juga beli yg reguler. Ada sih yg $8 tapi jarang ada di Sevel, mungkin bisa ke gerai Singtel langsung.

      Delete
  22. hai k, aku kan minggu dpn pgn ke singapore. temen ku nyaranin beli simcard starhub yg $32. menurut kk bagus gk y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake iphone yg nano simcard memang lebih murah pake starhub, tapi kalo simcardnya standart atau micro lebih baik Singtel. Yg pasti untuk kualitas internet apapun simcard Singapore jaringannya lebih bagus daripada simcard Indonesia :D

      Delete
  23. Mau tanya, Kalo kartu xl dan layanan datanya bisa aktif tidak di SG dg layanan international nya, jd gak usah beli kartu perdana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua provider Indonesia bisa kok aktif di SG, cuma menurut saya lebih baik pakai simcard local karena lebih murah :)

      Delete
  24. Terima kasih mbak info nya, sangat membantu...
    Saya ada pertanyaan mbak:
    1. Untuk singtel saya ambil paket 6gb yg 3 hari, kalau pada hari terakhir saya top up paket 7 hari yg 10 mb seharga 1$ apakah paket saya yg 6gb hilang?
    Maksud saya beli paket yg 1$ supaya masa aktif inet nya nambah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sih ngga tahu pasti, tapi lebih baik langsung ambil paket yg 7 hari :)

      Delete
  25. hai mba, mau tanya kalo tempat penyewaan modem wifi di sg dimana ya? apa di bandaranya lgsng ada? kalo boleh tau, harganya kira2 brapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di T1, T2 dan T3 Changi airport, kalo ngga salah sih perharinya sekitar $10. Coba cek langsung di changirecommends.com

      Delete