Berapa Budget Ke Singapore?

Banyak sekali pertanyaan yang mampir ke komentar blog dan email yang menanyakan budget untuk ke Singapore. Jujur, pertanyaan tersebut sangat susah saya jawab. Why? karena gaya traveling tiap orang berbeda. 

Waktu masih abg ketika traveling saya bisa menghemat pengeluaran dengan irit makan pop mie dan mencari penginapan yang murah. Sekarang gaya traveling saya berubah, lebih suka berkuliner bahkan rela tidak shopping demi berburu makanan unik di suatu negara. Pilihan penginapanpun tergantung dengan mood saya, pengen backpacker atau lagi pengen flashpacker.

Jadi, budget ke Singapore tentunya dikembalikan ke masing-masing traveler. Tapi saya akan sedikit memberikan gambaran pengeluaran selama di Singapore.

Pesawat
Harga tiket pesawat Surabaya ke Singapore, jelas berbeda dengan Jakarta-Singapore yang lebih murah. Apalagi rute Surabaya - Singapore dengan AirAsia masih dibekukan jadi susah untuk mendapat tiket promo lagi. Pilihan maskapai budget adalah Jetstar dan TigerAir, lebih premium lagi bisa naik Garuda Indonesia, Cathay Pasific dan Singapore Airlines yang harganya "do you know lah"

Tarif terhemat ke Singapore dari Surabaya adalah Rp. 1.000.000,- (return), tiket ini sudah include dengan airport tax yang dimasukkan sewaktu booking tiket. Lebih murah lagi mungkin masih bisa dapat Rp. 750.000,- tapi berangkatnya nunggu setahun hehehe... atau nunggu nukaran big poin dari airasia yang asli Rp. 0, jadi saya hanya bayar pajaknya aja, tapi itu dulu ketika Airasia masih buka penerbangan Surabaya - Singapore.

Penginapan
Hostel masih merupakan penginapan terfavorit bagi kalangan backpacker Indonesia. Tarif hostel berdasarkan dari banyaknya jumlah tamu dalam satu kamarnya, lebih banyak tentu lebih murah. Hostel terdiri dari 4, 6, 8 sampai dengan 16 orang perkamar, mulai mixed dorm maupun female dorm.

Nah, kalo saya sih biasanya jika travelingnya sama teman sewa yang private, kecuali kalo bawa anak harus menginap di hotel. Kebanyakan hostel tidak memperbolehkan membawa anak yang dibawa umur. Kalo pengen ngirit saya biasanya pake hostel yang isi 4 dan harus female dorm.

Harga hostel juga ditentukan berdasarkan lokasinya, paling murah adalah di Little India. Tapi saya kurang merekomendasikan dikawasan ini, kalo mau cari murah lebih baik dikawasan Farrer Park saja. Saya paling suka dikawasan Bugis karena "muslim Friendly" banyak makanan halal dan ada masjid. Tapi akhir-akhir ini saya suka hostel-hostel dikawasan chinatown yang rata-rata bersih dan harganya terjangkau.

Beberapa referensi hostel yang saya rekomendasikan adalah
Bugis :
  • Plush Pods Hostel

Lokasinya sangat trategis dekat dengan MRT Bugis exit D. Untuk harga female dorm Rp. 350.000,-/nite dan kamar private adalah Rp. 900.000,-

  • ABC hostel

Hostel ini merupakan favoritnya para backpacker Indonesia karena termurah se-Singapore dan pembayarannya bisa transfer melalui BCA. Saya sendiri sih kurang suka dengan tempat ini karena pernah menyewa yang tipe private di tembok kamar ada lumutnya dan dari segi lokasipun tidak terlalu dekat dengan MRT. Kelebihannya hanya murah dan yang menginap rata-rata semua orang Indonesia.

Tarif untuk mixed dorm 8 orang Rp. 210.000,-, mixed dorm 6 orang Rp. 230.000,- dan kamar private Rp. 600.000,- Sayangnya ngga ada yang female dorm.

  • 5 foot way inn project bugis

Hostel ini dari segi fasilitasnya sangat bagus dan bersih. Ada teras untuk tempat ngopi yang bisa ambil sepuasnya. Sayang lokasinya jauh dari MRT akses terdekat adalah dengan menggunakan bus. Tapi saya tetap merekomendasikannya jika ingin menginap dengan harga yang murah dengan fasilitas yang bagus.

Tarifnya adalah Mixed Dorm Rp. 180.000,- double room Rp. 300.000,- dan kamar deluxe single Rp. 500.00,-

Review 5footway inn project bugis


Farrer Park :
  • The Mitraa

Letak hostel dari MRT Farrer Park sekitar 15 menit jalan kaki, tidak terlalu dekat tapi termasuk kawasan yang aman. Hostelnya bersih dan pemiliknya orang India yang ramah. Fasilitas yang saya sukai adalah ada lift, terkadang hostel di SIngapore itu jarang ada lifnya jadi suka susak kalo bawa koper berat.



Tarifnya adalah mixed dorm 4-6 orang Rp. 190.000,- mixed dorm 2 orang Rp 550.000,- dan Superior room Rp. 600.000,-

  • Chinatown

5 footway inn project chinatown masih satu jaringan dengan 5footway project bugis yang pernah saya inapi. Tetapi lokasi yang di Chinatown ini sangatlah strategis, hanya 10 langkah dari pintu masuk MRT Chinatown exit A. Didepan hostel pun langsung ada deretan toko cinderamata yang cocok banget pecinta shopping.

  • Beary Best Hostel

Masih dikawasan Chinatown, beary best hostel banyak direkomendasikan oleh para traveler karena bersih dan fasilitasnya bagus. Lokasinyanya pun sangat dekat MRT Chinatown exit A

Tipe kamarnya cukup banyak mulai 4, 6, 8 orang mixed dorm dan female dorm antara Rp. 300.000,- sampai dengan Rp. 400.000,- Untuk private room dua orang seharga Rp. 800.000,-
  • The Bohemian Chic Hostel

Hostel ini lagi booming banget di Singapore karena kebersihan dan pelayanan para stafnya yang sangat ramah. Lokasinya juga sangat strategis di kawasan mosque street Chinatown, dari exit A MRT Chinatown nanti berjalan lurus lalu belok kekiri kearah Mosque Street.

Tarifnya adalah mixed dorm 8 orang Rp. 275.000,- 4 female dorm Rp 350.000,- dan kamar keluarga 4 orang Rp. 1.300.000,-

Untuk hotel saya ada referensi di Amaris Bugis



Dari tarif harga hostel di Singapore, saya ambil rata-rata lama menginap adalah 3 malam. Sedangkan harga hostel saya buat rata-rata juga Rp. 300.000,- malam. Jadi untuk penginapan 3 malam adalah Rp. 900.000,-/nite/orang. Untuk keluarga sebaiknya pilih kamar private karena jatuhnya akan lebih murah daripada menginap dihostel yang dihitung per-orang.

Alat Transportasi di Singapore :
Transportasi di Singapore sangatlah canggih, kita bisa menaiki MRT dan bus yang sangat mudah dipahami. Rata-rata pengeluaran untuk menaiki bus dan MRt dengan jadwal traveling marathon adalah Rp. 100.000,-/hari Jadi kalo 3-4 hari sekitar Rp 300.000,- Rp 400.000,- Sebaiknya tiket ez-link di top up $10 tiap hari, jangan langsung mentop up dalam jumlah banyak sekaligus.

Cara Naik Bus dan MRT di Singapore
Kalau ngga kuat jalan kaki di Singapore bisa juga menyewa mobil : Sewa mobil di Singapore

MRT

Biaya Makan di Singapore
Biaya hidup di Singapore itu memang mahal, termasuk untuk makan dan membeli air mineral. Apalagi sejenis "unta" kayak saya yang doyan minum itu berat banget jika membeli air mineral. Harga air mineral 500ml di Singapore sekitar SGD 1.5 - SGD 2 atau jika dikurskan sekitar Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 20.000,- Bisa sih diakalin dengan tap water gratis yang banyak tersedia dipusat wisata, tapi kadang saya ngga suka dengan rasanya karena meskipun airnya bersih tapi tetap saja rasanya seperti air mentah dari kran rumah. Duh, repot banget kan..

Nah, rata-rata makanan di Singapore antara $4 - $6 itu sudah murah banget, tapi belum termasuk minumnya. Minumnya bisa bawa air mineral sendiri biar hemat, rata-rata restoran di Singapore boleh membawa minuman dari luar ngga kayak di Indonesia.

Berikut beberapa referensi makanan halal di Singapore:
Wisata Kuliner Halal Singapore (1) : 

  • Anjappar Restaurant - Dekat Mustafa Center 
  • Qiji Restaurant - Bugis
  • Hainanse Chicken Rice - Lau Pa Sat

Wisata Kuliner Halal Singapore (2)  :

  • Ananas Cafe - MRT Ang Mo Kio
  • Allaudin Briyani - Little India
  • Food Republic - Vivo City
  • Toast Box - MRT Sommerset
  • Ikea
Wisata Kuliner Halal Singapore (3) :

  • Zam-zam restaurant - Bugis
  • Singapore Food Trail



Biaya Wisata di Singapore
Budget wisata juga tergantung dari pengeluaran wisata yang kita susun, seperti jika ada rencana ke Universal sudah kelihatan kan biaya yang dikeluarkan sekitar $74 untuk tiket masuknya. Biar hemat caranya adalah mix and match antara yang gratis dengan berbayar.

Berikut beberapa wisata di Singapore :

Nah, kesimpulannya berapa budget ke Singapore? Sudah tahukan gambarannya dari artikel diatas, jadi bisa kita hitung sendiri berdasarkan susunan itenerary yang kita mau. Happy Traveling

You Might Also Like

12 komentar

  1. Pas uda tau itu gmn proses air kran dari awal sampe bs jadi siap minum, kemudian....errrrrrrr ogah minum lagi, mending beli dah. Dan di rumah pun itu air saya rebus, diketawain temen biarin dah wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuh bener kan meskipun airnya bersih tapi rasanya masih seperti air mentah hehehe aku juga suka masak airnya lagi

      Delete
  2. udah lama buanget gak ke Spore dan berniat utk bookmark halaman ini ah... Referensinya buat tempat nginep lengkap

    ReplyDelete
  3. terima kasih sharing2 perjalanannya.. dan salam kenal mba...

    sy mau tanya klw yg kamar di the bohemian chis hostel.. nah yg harga Rp275.000 itu utk 8 org ya mba apa per orang..?? thanks..

    ReplyDelete
  4. Weeeiiii smp hapal banget kayak tempat main aja heheheee.... Aku taunya cuma hotel bencoolen langganan perusahaan dulu, dekat orchard. Kuliner juga taunya yg tempat2 makan karyawan dekat kantor Pandan Crescent daerah pabrik sana krn kesananya dulu buat kerja terus.

    ReplyDelete
  5. Em, em air minum mahal juga ya, kebayang bawa dua bocah selama tiga hari bisa ditotal dech berapa untuk minum saja,

    ReplyDelete
  6. Hallo mbak,,, sekedar sharing kmrn bulan April 2016 aku baru pulang dari SG (3D2N) naik jetstar dpt tiket promo PP Sub-Sing kena cmn skitar 700rb nett. Padahal iseng2 cari tiketnya bulan Februari 2016. Hahaha... rezeki anak sholeh.(Tapi tahun 2013 dulu ke Sing juga dpt harga promo PP Sub-Sing skitaran 700rban naik Tiger Air. Berangkat nya bulan maret 2013 beli tiket Januari 2013. Rasanya memang di bulan Maret-april harga tiket lagi murah2nya). Untuk penginapan kmrn aku nginep di 5footwayinn cabang boat quay. Ambil kamar dorm isi 4 bed. Per org kena 200rb/night. Tempat nya baguss dan bersih... menghadap singapore river. Dengan view marina bay sands. Dan di bawah penginapan sepanjang jalan banyak cafe dan resto. Bagus buat nongkrong2. Deket sama stasiun raffles place. Cmn 5 menit. Ke merlion park juga deket tinggal jalan menyusuri sungai lewat hotel fullerton. Mungkin bisa jadi pilihan buat menginap. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks mba infonya :D dari dulu saya juga pengen nyobain 5footwayinn yang boat quay, reviewnya rata2 bagus.

      Delete
  7. Ayo mbak oktober ke Singapore lagi, mbolang lagi nyok, eh mbak e, STP lebih murah di airport atau di Seven eleven??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah Singapore memang ngangenin :D Singapore Tourist Past atau STP tidak tersedia di sevel, penjualannya di ticket office khusus seperti di Changi, Orchard, Bugis, Farrer Park dan sebagainya. Untuk harga di semua ticket office sama, jadi mending beli di Changi Airport.

      Biasanya saya jarang memakai STP (option kembali ke individu), saya lebih suka memakai ez link card yang pembeliannya selain ada di ticket office juga ada di sevel :D

      Delete