Penyetan Gito di Surabaya, Sambalnya Mantap

Bisa dibilang Surabaya itu surganya penyetan yang pedas. Mulai level kepedasan yang tak lazim seperti iblis, setan, mercon, bom ada di Surabaya. Mungkin makanan yang super pedas sejenis penyetan mampu mengusir hati orang Surabaya yang sering panas karena cuacanya yang selalu terik #ngganyambung. Ya, intinya orang Surabaya itu suka makan penyetan dengan sambal yang extra pedas.

Favorit penyetan saya di Surabaya itu ada banyak. Mulai dari Bang Ali di Somerset, Penyetan Mbak Noer di Wonokromo, Penyetan Padin yang disukai banyak artis, Ho-Ha di sekitaran Unair dan ada juga Penyetan Gito. Kali ini saya mengulas tentang penyetan "Depot Gito" yang lokasinya di Kedungdoro.

Depot Gito Surabaya

Penyetan Gito memang hanya beberapa kali saya kunjungi karena letaknya yang agak jauh dari posisi rumah saya. Kalo kesini biasanya jika habis ngemall ke TP, makan penyetan biar hemat #eh. Atau jika suami lagi kangen sama yang berbau Petai, jarang banget loh penyetan Surabaya yang menyediakan Petai. Makanya kalo kesini sekaligus pesan dua plastik, saya yang ngelihatnya padahal sudah eneg duluan.

Penyetan Gito ini lokasinya adalah kaki lima, terletak disepanjang jalan kedungdoro yang kalau siang toko-tokonya digunakan untuk menjual sparepart mobil. Untuk parkir harus sabar, karena meskipun kaki lima penyetan Gito ini tak pernah sepi pengunjung. Didalampun kita harus bersabar untuk mencari tempat duduk karena model kursi dan mejanya panjang dan berhadap-hadapan.

Sebenarnya saya ngga suka dari penyetan gito adalah meja kursinya yang harus berhadap-hadapan dengan pengunjung lain. Paling repot tuh kalo yang didepan kita jaim, makan sambal dikit-dikit mulutnya dilap tisue. Untung saya orangnya cuek, mau nelan tulang ayampun bisa meskipun dilihatin orang.

Menu ikan di Penyetan Gito tak sebanyak di Penyetan Mbak Noer dan Bang ali. Di Penyetan Gito lauknya ada lele, bebek, ayam, rempela hati, tahu, tempe, petai dan ikan asin. Saya sih pilih menu andalan yaitu rempela hati, ayam, tempe, petai dan 3 es teh manis yang totalnya Rp. 55.000,-


petai di Penyetan Gito Surabaya

Sambal bisa direquest mau pedas atau sedang, saya pilih aman yang sedang-sedang saja. Nah, di penyetan gito yang istimewa adalah terdapat sambal kaldu bebek yang berwarna kuning. Tahu sendirikan gimana enaknya kaldu bebek ini kalo dicampur dengan nasi yang panas, pasti gurih banget. Yang ngga enak cuma satu, kolesterolnya.


Sambalnya enak
Untuk lalapan tersedia disemua meja dengan pilihan daun kemangi, kacang panjang dan kubis yang bisa ambil sepuasnya. Semua hidangan disajikan panas, laukpun juga digoreng lagi. Sambalnyapun enak banget dengan level yang pas, sedang saja bagi saya sudah kepedesan.



ayam, rempela hati, tempe dan petai di penyetan gito
Penasaran dengan Penyetan Depot Gito dengan sambalnya yang mantap? Yuk, ah meluncur ke Kedungdoro.

Penyetan "Depot Gito"
Jl Kedung Doro 
(seberang/depan Mitra 10)
Surabaya
Open : 
18.00 s.d habis

(Petunjuk peta saya kasih mitra 10, lokasi depot persis di seberang depan Mitra 10)

You Might Also Like

12 komentar

  1. Penyetan mb Noer ini pernah sekali nyobain by gojek, so far oke enak....kalo yg Gito ini blm pernah nyobain, melipir ke daerah kedungdoro yang berjejer penyetan bikin bingung mana yg rekomen.
    Dan ngeliat sambal kek gini pagi2, bikin pengeeeeen >.<
    Tfs mb Vika ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren mba Dwi pesan penyetan pake gojek hyahahahaha ngga nget donk, tapi bisa diangetin lagi kan ya dirumah :D

      Delete
  2. sambelnya itu bikin laper, huhuy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotonya juga bikin lapar kan...asikkk

      Delete
  3. Weh masakan nusantara, ada petenya lagi...
    Memang ya kak kalau yang peda - pedas itu ada di Surabaya,,,,
    Penasaran ama Rawon Setannya kalau di Surabaya... tapi lihat penyetan ini ada petenya kayaknya ini juga masuk kedalam list saya jika suatu saat nanti menyambangi Kota Pahlawan ini,,, hehehee

    ReplyDelete
  4. wah saya udah 4 tahun di SBY malah baru tau nih...
    boleh juga buat dicoba,
    ada jg makanan favorit saya, yaitu bebek tembak di depan tugu pahlawan, rasanyany nendang banget deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebek tembak itu sama ngga sama pak yudi? Sayang jauh harus ke Perak :(

      Delete
  5. wah jadi penasaran kak seberapa pedasnya. semoga kapan kapan bisa ke surabaya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pedasnya bisa direquest..bisa pesan pedas pake banget :D

      Delete
  6. Cuek bgt mbak sampe bisa nelen tulang ayam wkwkwk lol. Tpi bener gitu enak makannya jadi nyaman

    ReplyDelete
  7. keep update blog nya ya mbak. dapet inspirasi tempat makan dari sini :)

    ReplyDelete