Pahami Rute Bus di Johor Bahru & Diskon Skandal Dian

Mau ke Johor Bahru? Yuk, pelajari sistem transportasinya. Perlu diketahui, di Johor Bahru tidak ada kereta cepat sejenis MRT di Singapore atau MTR di Hongkong. Transportasi di Johor Bahru hanya ada bus umum dan taksi yang biasa digunakan masyarakat lokal. Namun, hapus rencana menggunakan taksi jika gaya traveling-mu backpacker, karena anggaran bisa membengkak hanya untuk transportasi.

Bus Causewaylink (CW) di Johor Bahru

Buat turis, tidak perlu khawatir kebingungan jika menggunakan bus ke beberapa tempat wisata di Johor Bahru. Why? karena kita dimanjakan dengan fasilitas bus yang langsung menuju tempat wisata. Asiknya, hampir semua tempat wisata Johor Bahru seperti Legoland, Hello Kitty Town dan Johor Bahru Premium Outlet ada busnya loh. Sssstt, tapi bayar yah karena tidak gratis :)

Didalam bus Johor Bahru

Untuk menaiki shuttle bus di Johor Bahru, tentukan titik awalnya agar kita tidak kebingungan. Berikut titik awal keberangkatan bus di Johor Bahru: 
Senai Airport 
Senai Airport merupakan airport di Johor Bahru yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Untuk menuju pusat kota dari Senai Airport, naiklah bus CWA dengan biaya RM 8. Tiketnya dapat dibeli didekat pintu keluar Airport. Lalu, tunggulah bus di tempat pemberhentian bus yang letaknya diluar airport. Bus CWA akan mengantarkan kita menuju JB Sentral.


Johor Bahru Sentral 
Johor Bahru Sentral atau biasa disingkat JB Sentral merupakan terminal bus, imigrasi via Woodland dan juga stasiun kereta api menuju Kuala Lumpur atau Singapore. Di JB Sentral inilah pusatnya transportasi di Johor Bahru, bus akan berhenti sesuai urutan nomor bus yang disediakan yang disebut "bay". Kebanyakan turispun seringnya memulai perjalanan dari JB Sentral.


CIQ 2nd Link 
Di Johor Bahru ada 2 imigrasi yang berbatasan dengan Negara Singapore. Selain JB Sentral, CIQ 2nd Link merupakan imigrasi via Tuas di Johor Bahru (Tuas dan Woodland merupakan perbatasan imigrasi Singapore). Sebenarnya tidak ada perbedaan antara JB Sentral dengan CIQ 2nd Link, hanya JB Sentral lebih ramai dan lebih tenar. Di imigrasi ini, kita juga bisa menaiki bus sesuai dengan tempat wisata yang akan dituju. 
Larkin Terminal 
Jika mau keluar kota dari Johor Bahru ke Kuala Lumpur, Penang, Genting atau wilayah lainnya Malaysia, maka naiklah melalui Larkin Terminal. Semua bus, baik dari JB Sentral akan berhenti di Larkin Terminal.

Okay, sudah memahami titik awal keberangkatan, maka pelajari juga tempat wisata di Johor Bahru. Saya akan menjelaskan tempat-tempat wisata di Johor Bahru beserta rute busnya. Berikut ulasannya :

  • Legoland 
Legoland merupakan theme park yang berisi permainan, atraksi dan tempat narsis dengan tema lego. Legoland ini pusatnya ada di California, Johor Bahru sukses memegang lisensi theme park Legoland yang pertama di Asia sejak tahun 2012 yang lalu. Nah, kebanyakan wisatawan yang mengunjungi Johor Bahru adalah karena ingin bermain di Legoland ini, mereka rela menyeberang dari Singapore demi mengunjungi Legoland.



Rute Bus ke Legoland dari JB Sentral :

Titik awal keberangkatan dari JB Sentral


Rute Bus dari CIQ 2nd Link :






  • Hello Kitty Town dan The Little Big Club 
Siapa sih yang tidak kenal dengan karakter kucing imut lucu bernama hello kitty? Di Johor Bahru ada loh Hello Kitty Town. Theme park ini memiliki lisensi resmi dari pihak hello kitty sejak tahun 2012 yang lalu. Letak Hello Kitty Town berada di kawasan Puteri Harbour Mall yang terletak di lantai 2, sedangkan lantai 3 merupakan letak The Little Big Club yang merupakan theme park dengan karakter barney beserta kawan-kawannya.




Sebenarnya, saya agak kecewa dengan gambar Hello Kitty Town di website yang tidak sama dengan aslinya. Ya, di website terlihat bahwa Hello Kitty Town terletak dikawasan outdoor yang luas, padahal sebenarnya berada di indoor dengan ukuran yang cukup kecil. Namun, sebagai pecinta Hello Kitty saya tetap saja senang mengunjungi Hello Kitty Town yang biaya masuknya RM 85.

JB Sentral ke Hello Kitty Town dan The Little Big Club : LM1 (cek jadwal diatas)
CIQ 2nd Link ke Hello Kitty Town dan The Little Big Club : JPO2 (cek jadwal diatas)
Hello Kitty Town ke Legoland atau ke CIQ 2nd Link : SL1 (khusus weekend)

(klik untuk memperbesar)



  • Johor Premium Outlet 
Buat kaum hawa yang haus akan belanja, bisa melipir ke Johor Premium Outlet. Meski terletak cukup jauh dari pusat kota Johor Bahru, pusat perbelanjaan branded ini tak sepi pengunjung. Daya magnetnya terletak pada sale yang ditawarkan dari berbagai merek seperti Gucci, Guess, Louis Vuitton, Kipling, VNC, Rubi Shoes dan berbagai merek lainnya dengan diskon hingga 80%.



Waktu saya ke Johor Premium Outlet, beberapa merek yang cocok dengan kantong saya seperti Guess, Nike, VNC, Rubi Shoes memang lebih murah dibandingkan harga di Surabaya atau Singapore. Misalnya tas Guess, harganya rata-rata sekitar Rp. 600.000,-an Nah, untuk merek semacam dipakai syahrini saya tidak berani masuk counter-nya hihihi tahu dirilah saya yang tidak sanggup membelinya.




JB Sentral dan Senai Airport ke Johor Premium Outlet : JPO1


CIQ 2nd Link ke Johor Premium Outlet : JPO2 (cek jadwal diatas)


Wah, mudahkan naik bus di Johor Bahru? Yang penting perhatikan titik keberangkatannya dan informasi bus yang sesuai dengan nomor serta jam keberangkatannya. Jangan lupa selalu bawa handphone dan memiliki no lokal yang aktif. Penting juga yaitu membawa powerbank agar handphone selalu aktif dan tidak kehabisan baterai. 

Mei 2016, saya ada jadwal jalan-jalan lagi. Jadi ingat, kalau powerbank saya rusak gara-gara jatuh di bus. Mau cari powerbank ke toko gadget di Surabaya selalu kepikiran sama parkirannya yang selalu penuh. 

Pas banget ada promo Bukalapak berlangsung dari tanggal 1-7 April 2016 dengan menggunakan Bukalapak Apps Android dan Bukalapak Apps Ios dapat diskon 10%. Cara menggunakan promo ini dengan memasukkan kode vouchernya yaitu BLDIAN. Melihat promo 10% ini, siapa sih yang tidak ngiler termasuk saya hyahahaha...

Ketika browsing di aplikasi Bukalapak, langsung saja klik search dan tulis barang yang kita cari. Seperti saya langsung menulis "powerbank" dikolom tersebut, tapi kalau mau window shopping alias cuci mata lihat produk lain juga boleh. Setelah enter tombol search maka powerbank yang saya maksud langsung muncul dengan berbagai merek produk dari beberapa penjual.



Merasa sudah pas dengan pilihan powerbank yang saya idamkan, klik tombol "beli" lalu lanjutkan menuju tombol "Bayar Transaksi Ini". Isi alamat pengiriman, lalu jangan lupa masukkan kode voucher "BLDIAN" dan pilih kurirnya. Untuk syarat penggunaaan voucher April Mop adalah total pembelanjaan dan ongkos kirim tidak boleh lebih dari Rp. 100.000,-

Klik Bayar Transaksi ini
Masukkan kode voucher


Eh, ketika menuju pembayaran transfer dan melihat rincian biaya, saya kaget melihat potongan diskon 20% dari Rp. 55.000,- dipotong Rp. 16.400,- Jadi total pembayarannya cuma Rp. 65.000,- Duh, Bukalapak ini ngasih surprise-nya bikin saya mewek karena murah banget. Tagihan pembayaranpun langsung dikirimkan melalui email dan sayapun segera menyelesaikan pembayaran.

April Mop Diskon 20 % hyahahaha


Meskipun antara Jakarta dan Surabaya terpisah jarak dan waktu (kayak lagu saja), barang pesanan saya sudah sampai dalam 2 hari. Powerbank ditangan dan siap digunakan hyahahaha...asik. Ingat ya, promo berlangsung cuma dari tanggal 1 - 7 April 2016 dan hanya untuk 5000 voucher/hari.

You Might Also Like

15 komentar

  1. Wah salah baca saya, kenapa harus tersesat di blog ini, jadi pengen jalan jalan. Saya pernah ke seremban itu kalo gak salah dekat ama johor bahru kan ya? Tpi entah kenapa gak singgah ke JB
    Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih jauh, sekitar 3 jam-an naik bus :D

      Delete
  2. Aku jadi teringat sama powerbank yang dibawa pas traveling ke Penang. Padahal waktu itu baruuuuu banget belinya di Medan, e pas dibawa kesana malah rusak blasss :(.

    ReplyDelete
    Replies
    1. powerbank memang sensitif mba :( punyaku dulu juga sering battery ngedrop jadi harus ganti beberapa kali. Mudah2an yg ini ngga ya

      Delete
  3. Pas banget akhir bulan mau kesini tambahan informasi biar ga nyasar ^_^.. Thank you infonya

    ReplyDelete
  4. udah siap deh jalan2 bulan May nanti dgn power bank baru :)

    ReplyDelete
  5. aku kok bacanya johar ya, salah satu lokasi di semarang hihihi

    ReplyDelete
  6. Mba Vika, taun 2014 saya pernah dari Singapore ke KL via Johor, tp lupa-lupa inget transportasinya :D Nah,ini saya mau coba dari Johor mau ke Malaka. Kalau dari Senai mau ke Terminal Larkin harus ke JB Sentral dulu ya? Nanti pindah bus kecil buat ke Larkin itu? Thanks mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara termudah memang naik shuttle CWA dari senai ke JB Sentral. Lalu dari JB SEntral naik LM1 ke Larkin.

      Delete
  7. Blognya membantu, Mbak. Tapi, kalo mau keliling ke museum2 gitu, naik apa ya? Maksudnya, kan ada tuh, yg deket2 jaraknya, naik bus jurusan apa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf untuk bus umum saya kurang faham no busnya. Yang saya tahu cuma shuttle bua ke Legoland, hello kitty, mall, JPO...

      Delete
  8. mbak Vika, makasih informasinya ttg tempat wisata dan transportasinya di Johor Bahru. Yang ingin saya tanyakan untuk Legoland kira kira cukup menarik gak ya untuk dewasa dan anak remaja usia 13 tahun? dan untuk menuju ke Spore dari Johor Baru pada saat hari Natal th ini, lebih disarankan naik apa ya?
    Thanks,
    Zhavia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Legoland cukup menarik juga untuk remaja :D

      Mungkin bisa dicoba naik "KTM Shuttle Sebrau Train from Johor Bahru to Singapore

      Kalo dari Singapore ke JB Sentral rutenya :
      Marsiling MRT exit C. Nanti menyeberang jembatan, untuk mencapai halte bus di seberang exit MRT. Naik bus no 856. Lalu turun di Woodlands Train Checkpoint.

      Setelah turun bus anda menuju imigrasi dan setelahnya anda bisa menuju ticket office membeli KTM’s Shuttle Tebrau menuju JB Sentral. Untuk ticket harganya $5 dan sebaliknya jika dari JB Sentral RM5.

      Saya sangat menyarankan naik KTM ini karena bus sudah dipastikan sangat ramai. Sedangkan KTM akan ada 12x perjalanan PP JB Sentral - Singapore tidaklah seramai bus. Waktu perjalanan juga cuma 5 menit.

      Cheers ^^

      Delete