Serunya Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 di Surabaya

Pada tanggal 24 April 2016, Surabaya dibuat istimewa dengan hadirnya event Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016 (PPEJ). Untuk mempersiapkan hamil kedua yang rencananya "MUNGKIN" akan beberapa tahun lagi, saya sangat antusias untuk datang ke event Prenagen di Surabaya ini. Sebagai konsumen, saya tahu susu Prenagen ini tidak membuat eneg dan kaya nutrisi yang sangat baik untuk ibu dan perkembangan bayi didalam kandungan.




Pukul 07.00 pagi Dyandra Conventional Hall sudah dibuat ramai oleh hadirnya ibu-ibu hamil yang memakai baju ungu. Event ini tak hanya untuk ibu hamil saja, namun juga untuk para ibu yang akan mempersiapkan kehamilan, ibu yang mempunyai anak dan bapak-bapak yang setia menemani istrinya. 

Setelah registrasi, saya mengikuti beberapa both yang memberikan materi untuk mempersiapkan kehamilan maupun materi tentang ibu hamil. Diantaranya both Pra Kehamilan yang membahas tentang nutrisi persiapan kehamilan, both menyusui yang memaparkan massage payudara agar asi melimpah, both kehamilan dengan tips mengurangi mual dan muntah, dan both nutrisi sehat dengan resep nutrisi sehat untuk menyiapkan awal kehidupan terbaik si Kecil.


both kehamilan



Dari both-both tersebut, banyak fakta baru yang saya temukan. Misalnya nih, di both menyusui ada sesi cara memijat payudara agar ASI lancar. Pemijatan payudara sebaiknya dilakukan sewaktu kehamilan agar ASI kita lancar.

Sewaktu melahirkan dulu, ASI saya tidak lancar, ASI saya baru keluar ketika seminggu setelah melahirkan. Waktu itu saya memang tidak mengetahui tentang pemijatan payudara, dan tahu sendiri kan bagaimana hebohnya ibu saya ketika ASI saya tidak lancar, saya dipaksa makan marning dan daun katuk selama seminggu ☺

both menyusui

Di sesi pra kehamilan saya juga memperoleh pengetahuan bahwa mempersiapkan nutrisi untuk Persiapan Kehamilan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan harian Asam Folat. Asam Folat sangat penting dalam tumbuh kembang janin. Sebagian besar kehamilan baru diketahui setelah usianya 4 minggu, padahal saat itu tabung saraf sudah selesai terbentuk. Oleh karena itu, konsumsi Asam Folat dianjurkan sejak 3 bulan sebelum konsepsi untuk mencegah NTD (Cacat Tabung Saraf).

both pra kehamilan

Selain both dengan materi yang menarik, ada juga both lucu untuk foto narsis.


properti narsis



Tepat pukul 10.00 acara dibuka dengan belly dance. Lalu menghadirkan para pembicara yang kompeten dibidangnya, yaitu dr Boy Abidin, SpOG(K) ahli kebidanan dan ginekologi, dr Greg Agung H, SpOG, Roslina Verauli Psikolog Anak dan Keluarga, Irene F. Monkar Pakar Stimulasi Anak dan bintang tamu Mona Ratuliu yang telah menerbitkan buku parenting.

MC membuka acara
(kiri -kanan) MC, dr Gregh, Mona dan dr Boy

Dari materi yang disampaikan di acara PPEJ ini, banyak fakta baru yang saya temukan. Seperti ibu hamil yang memelihara kucing tidak perlu khawatir terkena toksoplasma. Faktanya toksoplasma adalah akibat bakteri dari kotoran kucing yang tidak dibersihkan.

Nah, meskipun kita tidak memelihara kucing, namun tetangga kita atau sewaktu ada kotoran kucing yang mengering dan tertiup udara, ibu hamil juga rentan terhadap toksoplasma. Kalau memang tetap ingin memelihara kucing, maka jagalah selalu kebersihan rumah dari kotoran kucing.



Materi yang membuat saya paling bahagia adalah ibu hamil boleh tidur siang. Dulu sewaktu hamil nih, ibu saya selalu telpon siang-siang bolong untuk mengecek saya tidur siang atau engga? Kata beliau jika tidur siang mengakibatkan perkembangan janin melambat. Padahal tidur siang disaat hamil adalah kenikmatan tiada tara ☺ Menurut dr Gregh dan dr Boy, boleh kok tidur siang ASAL tidak lebih dari dua jam ya. Faktanya tidur siang bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk menyempurnakan istirahat ibu hamil.

Mempersiapkan 1000 hari pertama kehidupan juga sangat penting untuk tumbuh kembangnya. 1000 hari pertama kehidupan dimulai dari janin terbentuk dalam kandungan sampai dengan anak berusia 2 tahun. 1000 hari pertama sangat penting untuk memberikan nutrisi dan stimulasi agar terpenuhi, seperti perkembangan otak, faktor pentu kemampuan anak untuk tumbuh dan kembang secara optimal.





Apabila 1000 hari pertama tidak terpenuhi maka dampak gangguan seperti, tinggi dan berat badan rendah, kecerdasan rendah dan meningkatnya resiko penyakit. Untuk itu nutrisi pendukung sejak masa pra kehamilan, kehamilan dan menyusui sangat penting, ujar dr Gregh dan dr Boy.



Nutrisi pada pra kehamilan, kehamilan dan menyusui bisa diperoleh dari Prenagen Esensis untuk pra kehamilan, Prenagen Mommy untuk kehamilan dan Prenagen Lactamom untuk menyusui. Prenagen mengandung Asam Folat, Protein dan Zat Besi, Omega 3 & 6 dan Kalsium, Fosfor, Magnesium + Vit. D. Janin dan bayi bergantung pada Status Gizi untuk tumbuh kembang optimal serta membantu memenuhi kebutuhan 1000 hari pertama kehidupan.

varian prenagen
Prenagen semakin lengkap dengan formula baru yaitu PRENAGEN PRENAPRO dengan tambahan rancangan nutrisi yang dirancang untuk ibu disetiap kehamilan selama periode emas. 


Materi berikutnya semakin menarik dengan pembicara Roslina yang merupakan Psikologi Anak dan Keluarga. Bahwa ibu hamil agar selalu bahagia dengan memberikan dukungan psikologi dengan melewati drama dengan 3 babak tanpa drama. Ibu hamil kerap stres berlebihan karena faktor hormon yang berlebihan.

Babak 1 hadirnya individu baru terjadi para trimester pertama, yaitu usia kandungan 1 - 3 bulan. Dukungan ayah dengan menemani konsultasi, peka terhadap kebutuhan ibu hamil sedangkan ibu bisa dengan mengkonsultasikan kehamilan serta relaksasi.


Ibu Roslina juga membagikan tips relaksasi dengan duduk santai di kursi, kaki jangan menggantung, posisi pundak santai, pejamkan dan dengarkan musik yang relax. Beberapa peserta yang mengikuti relaksasi ini merasa nyaman dan bahagia.


Babak II kehamilan yaitu bye-bye sickness. Ibu terbebas dari ketidaknyaman dan stress seperti diawal kehamilan. Sang ayahpun tetap memberikan support dan menemani konsultasi atau kelas hamil. Babak ketiga adalah Get Ready For Birth dengan merencanakan kelahiran dan menjadi ayah siaga.



Selanjutnya Irene F Mongkar membingkai acara semakin menarik dengan beberapa metodenya untuk stimulasi perkembangan anak.


Tahap untuk mengecek perkembangan stimulasi anak dengan mengetes refleks bayi, mengetes penglihatan, pendengaran dan kompetisi manual seperti meraih dan menggenggam. Berikut beberapa video untuk melatih dan mengecek stimulasi anak :







Ada satu fakta yang baru saya ketahui bahwa balita tidak boleh melewatkan fase merayap. Fase ini apabila dilewati akan timbul masalah seperi kurangnya konsentrasi, tidak mudah fokus, tulisan tangan jelek, koordinasi tangan dan mata jelek, mudah jatuh dan tidak suka membaca.





Acara terakhir adalah pembagian door prize dan selama cara juga ada games yang menarik.

Wah, lengkap sekali kan acara PPEJ ini? PPEJ adalah acara edukasi terlengkap dan terbesar yang diselenggarakan oleh Prenagen setiap tahunnya, untuk para calon orang tua hingga menjadi orang tua sampai masa menyusui. Prenagen peduli dan mendukung gerakan pemerintah dalam menekan angka kematian ibu melahirkan di Indonesia melalui progam edukasi. Kampanye Prenagen di 2016 ini adalah Ibu Sehat, Indonesia Sehat. #IbuSehatIndonesiaSehat #PRENAGEN #PRENAGRAM


Untuk Makassar jangan lupa catat tanggalnya pada 22 Mei 2016, untuk pembelian tiket online bisa disini.

Informasi Selengkapnya :
www.prenagen.com
Twitter : @prenagenworld
www.fb.com/PRENAGENworld
Instagram : @PRENAGENworld
Youtube/PRENAGENworld 

You Might Also Like

3 komentar

  1. Iya toksoplasma ini mengingatkan sepupu yang rumahnya jadi satu dengan praktek dokter hewan milik ibunya. Namanya klinik dokter hewan kan pasti ya ada kucing, anjing sakit gt. Tapi alhamdulillah anaknya (sepupu) ya baik2 aja, malah sudah punya anak 2.

    Jadi kebersihan emang utama ya mba, tfs reportase acaranya keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bener banget :D saya baru tahu toksoplasma dari kotoran kucing yang ngga dibersihkan. ngeri...

      Delete
  2. asik, asik.
    aku makane rodok wedi meteng maneh mbaaa

    hawong anakku piara kucing di rumah hiks hiks

    ReplyDelete