5 Resep Mudah Membuat Es Untuk Buka Puasa

Selama berpuasa, es adalah minuman wajib keluarga saya untuk membatalkan puasa ketika adzan maghrib tiba. Rasanya akan kurang lengkap jika tenggorokan saya belum diguyur air es yang super dingin. Nah, awal-awal puasa saya selalu membeli es untuk berbuka puasa. Namun, lama-lama menjadi berat di ongkos karena kami sekeluarga terdiri dari 4 orang, padahal rata-rata sekantong es adalah antara Rp 6.000,- s.d 7.000,-

Untuk menyiasati pengeluaran agar tidak membengkak, sayapun membuat resep mudah untuk minuman berbuka puasa, yaitu :

  1. Nata De Coco
    Nata De Coco adalah fermentasi dari kelapa dengan rasa yang kenyal. Bentuknya yang berbentuk kotak dengan warna transparant ini kaya akan serat. Makanya nata de coco cocok banget untuk sajian buka puasa karena seratnya yang melimpah, maklumlah jika berpuasa kita kekurangan serat.



    Membuat minuman nata de coco ini sangat simpel yaitu dengan tambahan sirup leci akan terasa sangat segar, bahkan saya suka makan nata de coco tersebut langsung dari plastiknya dengan sendok saja hihihi
  2. Es Kopyor
    Saya suka dengan menu es kopyor karena mirip dengan es kelapa muda dengan versi murahnya Membuatnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan agar-agar sachet yang berwarna bening. Lalu setelah direbus dan ketika mendidih, larutan agar-agar tersebut dituangkan diatas es batu. Hasilnya nantinya akan seperti es kelapa muda, atau yang nggak mau ribet ada sachet merek Magic untuk pembuatan es kopyor ini.

    Agar semakin nikmat es kopyor tersebut diberikan syrup merah, selain lebih sedap dipandang maka rasanya akan semakin nikmat.
  3. Juice
    Juice ini minuman yang paling mudah untuk sajian minuman berbuka puasa. Biasanya saya berbelanja buah segar lalu saya blender sendiri dirumah, sebagai pemanisnya saya tambahkan susu rasa coklat atau putih. Favorit juice andalan saya dirumah adalah juice strawberry dan jambu merah.

    Namun kalau lagi malas membuatnya saya juga membeli juice yang dalam kemasan.
  4. Es Teh Manis
    Rasa segar dari Es Teh Manis memang nggak bisa ngalahin dari apapun. Cara membuatnya yang mudah, dengan menyeduhnya dengan air panas kemudian ditambahkan air dingin dan es batu memang kenikmatan tiada tara. Namun agar semakin segar dan berbeda dari hari biasanya, saya menambahkan leci kalengan agar terasa seperti minuman restoran.

  5. Es Syrup
    Kalau lihat iklan ramadhan, kebanyakan adalah menampilkan iklan sirup yang terasa lapar mata jika dilihat. Nah karena lapar mata tersebut biasanya saya membeli sirup dengan berbagai macam rasa, saya suka membeli rasa melon, coco pandan dan leci. Ketika disajikan saya bisa menambahkannya dengan cincau, selasih dan sebagainya.




Untuk berbelanja kebutuhan bahan-bahan membuat minuman es untuk berbuka puasa, saya berbelanja di Alfamartku. Kenapa harus Alfamartku? Dengan branding Alfamartku Belanja Puas dan Harga Pas, Alfamartku merupakan salah satu toko di Indonesia yang terkemuka, melayani lebih dari 3 juta pelanggan setiap hari, dengan sekitar 10.300 toko di seluruh Indonesia.



Alfamartku memberikan harga terjangkau dengan berbagai kebutuhan sehari-hari yang berkualitas tinggi dengan pelayanan yang ramah, suasana belanja yang bersih dan nyaman yang mudah diakses. Dengan lebih dari 70.000 karyawan, Alfamartku adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia dengan prestasi meraih Top 5 Most Powerful Brand in Asia.

Setiap bulannya Alfamartku memanjakan pelanggannya dengan memberikan promo dengan harga yang sangat murah. Seperti saat ini ada promo yang berlangsung yaitu Berkah Ramadhan Alfamartku yang banyak memberikan promo bahan-bahan yang saya butuhkan untuk membuat es seperti syrup, nata de coco, dan agar-agar.

Tak hanya bahan-bahan untuk membuat es, kue-kue untuk persiapan lebaran dan berbagai kebutuhan rumah tangga pun juga ada promonya. Semakin mendekatkan pelanggannya, Alfamartku juga menciptakan produk HBPL dengan tujuan untuk memberikan pilihan produk berkualitas baik dengan harga yang terjangkau kepada konsumen. Karena itu, produk-produk yang dikeluarkan adalah produk-produk yang dibuat oleh pabrik-pabrik besar dan terpercaya dibidangnya.





Berkah Ramadhan Alfamartku sangat cocok buat ibu-ibu rumah tangga semacam saya yang wajib menghemat pengeluaran selama bulan Ramadhan. Kalau istri pintar mengatur keuangan keluarga, jadi makin disayang suami. Uangnya juga bisa untuk keperluan lainnya. Semoga ide "5 resep mudah membuat es untuk berbuka puasa" menginspirasi teman-teman. Selamat berpuasa.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aku sukanya bikin nata de coco dicampuri sirup cocopandan, susu dan nutrijel

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka beli nata de coco buat dicampur sama sirup coco pandan plus serutan blewah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh iya bener pake blewah makin nikmat ya mba :D

      Delete
  3. Untuk es emang baiknya bikin sendiri di rumah mba. Beli diuar sering pakai pemanis malah batuk

    ReplyDelete
  4. Wah drumah biasanya es syrup atau es teh aja bun. Blm prnh nyoba pke nata de coco, wah boleh jg tips resepnya bun. Thanks ya bunda

    ReplyDelete
  5. Aku juga es kelapa, seger. Apalagi kalau dicampur perasan jeruk. Jadi kepikiran buat bikin es kopyor, udah lama sekali ga bikin ini hehehe.

    ReplyDelete