Dimsum & Suki XL di Surabaya

Kalau biasanya saya gaya-gayaan nongkrong di XO suki yang rasanya nggak perlu diragukan lagi, kali ini saya sengaja mencicipi dimsum & suki yang non mall. Di kawasan Merr mulai banyak warung makan yang menyediakan dimsum & suki dengan harga murah dan halal. Nah, saya pengennya meskipun murah tapi kualitasnya nggak murahan dengan rasa yang tetap enak.


Sebelum makan suki dan dimsum saya sudah prepare "doping", maksudnya obat alergi untuk penetral alergi seafood dan sejenisnya. Maklum meskipun saya alergi dengan resiko mata bengkak saya tetap tidak bisa menolak makanan seafood yang rasanya enak banget.

Dimsum & Suki di kawasan Merr yang saya cicipi adalah XL atau "Xtra Lezat" dengan logo halalnya. Saya mengunjunginya bertepatan dengan bulan ramadhan, sayapun sengaja dari rumah berangkat lebih awal agar saya mendapat jatah tetap duduk, rupanya saya menjadi pelanggan pertama dengan suasana rumah makan yang masih sepi pengunjung. Pengunjungpun mulai berdatangan sekitar 17.30 mendekati buka puasa.


Ketika memasuki Dimsum & Suki XL tampak deretan dimsum yang dipajang di gerobak atau stand dengan wadah bambu khasnya yang biasa saya sebut besek. Dimsum tersebut tampak sedang dihangatkan diatas tungku dengan panas yang mengempul.

Disinilah iman siapapun akan goyah dan kalap melihat deretan dimsum kukus dan dimsum goreng yang hanya dibanderol Rp 11.000,-an. Saya memilih 5 dimsum kukus dan 1 dimsum goreng, padahal saya cuma 2 orang dewasa dan 1 anak balita.


Pilihan dimsum di XL
Selesai memilih dimsum, pandangan sayapun goyah lagi melihat warna-warni piring suki yang terlihat di frezer tembus pandang. Kalo ada yang bingung antara perbedaan suki dan dimsum, cara membedakannya cukup mudah. Selain dibedakan tempat, suki harus dimakan dengan kuah kaldu dan suki-suki tersebut harus dimasukkan kuah kaldu agar rasanya semakin enak.

Seperti ala XO suki, di XL ini suki-suki tersebut dibedakan harganya menurut warna piring. Semakin mahal tentunya semakin enak. Harga suki tersebut adalah :
  • Suki Merah   Rp. 21.000,-
  • Suki Orange  Rp. 19.000,-
  • Suki Hijau    Rp. 18.000,-
  • Suki Pink     Rp. 17.000,-
  • Suki Biru      Rp. 15,000,-
  • Suki Krem    Rp. 13.000,-
  • Suki Sayur    Rp.   8.000,- (harga update Mei 2016)



Suki Pink Rp. 17.000,-

Suki Merah Rp. 21.000,-

Suki Hijau Rp. 18.000,-
Untuk menikmati suki tersebut, pelanggan wajib membeli suki minimal 3 piring yang bebas memilih piring suki warna apapun agar mendapatkan kuah kaldu. Pilihan kuah kaldunya adalah kuah kaldu rasa ayam atau Tom yam, kalau saya sih cari aman yang rasa ayam, sedangkan rasa tom yam biasanya rasa kecut, manis dan asin.

Terus terang saya bingung dengan pilihan suki yang banyak dan terlihat enak, apalagi pas puasa jadi pengennya saya beli satu-satu. Bisikan gaib dari waitres yang memberikan rekomendasi suki lah yang menyadarkan saya dan mengiyakan pilihan 2 suki merah dan suki hijau. 

Mohon maklum saya hanya bisa mengingat beberapa nama suki karena pilihannya yang super banyak.

Dimsum dan suki yang saya pilih



Suki berwarna hijau ini adalah seafood tofu rekomendasi dari waitres dan katanya paling disukai oleh pengunjung. Sekilas memang penampilannya biasa banget seperti tahu gorengan saya dirumah. Namun setelah saya gigit dan dicelupkan kedalam kuah kaldu, rasanya enaknya pake banget. Entah itu udang, crab, atau campuran apa yang pasti rasanya bikin nagih, saya dan suami sampai berebutan. Untung anak saya belum doyan makan ginian...jadi aman dari dia hehehehe...


Suki yang kedua adalah yang berwarna merah alias yang termahal. Sepertinya ini bernama crabstick dengan gulungan nori. Rasanya? enak dan fresh. Saya suka dengan baunya yang nggak amis dan kepitingnya benar-benar terasa.


Dimsum yang berwarna merah memang rasanya nggak perlu diragukan lagi, semuanya terasa enak.


Sekilas dimsum kukus ini dengan suki merah pilihan saya diatas bentuknya mirip. Rasa seafoodnya lebih terasa yang berwarna merah, tapi bukan berarti dimsum yang di besek ini nggak enak, tapi yang merah lebih enak (ah bingung jelasinnya). Kalau dihitung sih harganya jatuhnya sama, kalo yang merah dapat 5 sedangkan yang dari besek ini isinya cuma 3.


Ahh, yang ini lagi-lagi juga enak..apa karena saya memang doyan makan jadi semua yang saya pilih selalu enak.


Sebagai pecinta makanan goreng, saya memilih siomay goreng sedangkan suami memilih siomay yang kukus. Dua-duanya sama enaknya.



Dimsum itu selalu ada menu hakau, jadi rasanya kurang afdol jika tak memesannya. Hakau pesanan saya adalah hakau kukus berwarna putih berwarna, ketika digigit isi seafoodnya langsung lumer dimulut dengan aroma yang fresh.


Kalo yang ini adalah dimsum goreng "lumpia seafood" yang merupakan pesanan anak saya. Rasanya crunchy dan seafoodnya terasa banget, cuma Rp. 11.000,-



Suki yang dimasukkan kuah kaldu
Selesai menghabiskan dimsum dan suki, untuk membayar tagihan maka si waitres akan datang ke meja kita. Waitres akan menjumlahkan berdasarkan total warna piring maupun besek yang ada dan akan ada pajak 10%. Total kerusakan yang saya ambil dengan menu sebanyak itu hanya Rp. 130.000,- an. Coba kalau di XO suki saya habisnya berapa ya?

So far Dimsum & Suki XL ini super recommended, saya suka dengan pelayanan waitres yang ramah, makanan enak dan fress, dan adalagi yang terpenting yaitu ada Musholla jadi tidak mengganggu buka puasa kita. Yuk ah cobain...

Dim Sum & Suki XL "Xtra Lezat"
Jl Soekarno (Merr Rungkut) No 388
Surabaya
Telp : 031.7000-6508
Open :
16.30 - 23.00

Find Me :

You Might Also Like

4 komentar

  1. aaahhhh...ngileer!!
    pass banget blogwalkingnya, pas sahuur!!
    makasih kiriman dis sumnya yaa Mbaaa (meski lewat gambar)
    kenyaaang *padahal perut dangdutan xixixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assssik postingan racun kuliner berhasil :D

      Delete