4 Oleh-Oleh Khas Medan

Kalau mendengar kata Medan, sebagian orang teringat akan Danau Toba. Ya, Medan dan Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara ini tidak terpisahkan. Untuk menuju Danau Toba, wisatawan setidaknya harus melewati rute Medan - Berastagi - Parapat - Pulau Samosir dan untuk pulang biasanya melalui Pulau Samosir - Parapat - Pematang Siantar - Medan. Untuk keberangkatan dan kepulangan Medan ke Danau Toba membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam.

Sebagai destinasi pertama dan akhir perjalanan menuju Danau Toba, mengeksplorasi Medan memang tidak boleh dilewatkan. Wisata Medan yang tersohor seperti Istana Maimun, Rumah Tjong Afie, Masjid Raya Medan, Kuil Sri Maimman, Pagoda Taman Lumbhini (Berastagi) dan Taman Simalem Resort (Berastagi) menjadi tujuan wisatawan. Kuliner pun beragam seperti Soto Kesawan, Soto Medan Sinar Pagi, Mie Aceh Titi Bobrok dan Restoran Nelayan.




Jika Lelah mengunjungi wisata Medan dan sudah kekenyangan kulinernya, maka jangan lupakan untuk membeli oleh-oleh. Sewaktu di Medan saya memburu beberapa oleh-oleh Medan yang katanya wajib dibeli seperti Bika Ambon, Bolu Meranti, Pancake Durian House dan Roti Ganda serta Enting-enting di Pematang Siantar. Penasaran dengan oleh-oleh Medan ? yuk baca ulasan saya...

Bika Ambon
Dahulu sebelum datang langsung ke Medan, saya tahunya Bika Ambon adalah oleh-oleh khas Ambon. Namun Bika Ambon adalah kue yang memang asli Medan yang biasanya untuk oleh-oleh, dinamai Ambon karena kue ini dijajakan di Jalan Ambon Medan. Wujud dari bika ambon adalah kue berwarna kuning kecoklatan yang berlubang seperti pori-pori atau spongebob kata anak saya.

Bika Ambon yang terkenal di Medan adalah Rika yang produksinya dibuat secara homemade dan ada juga yang merek Zulaikha yang keduanya sering diburu karena halal. Untuk merek lainnya mungkin terasa lebih enak karena dengan fermentasi atau tuak. Waktu ke Medan saya membeli yang Rika karena rekomendasi dari teman, padahal saya juga penasaran loh dengan rasa bika Zulaikha, next time harus pergi ke Medan untuk membeli yang Zulaikha.

Rasa Rika Ambon ada beberapa varian seperti original dan pandan satu box sekitar Rp. 60.000,- Untuk rasa legit dan empuk dan aromanya sangat wangi.


Bika Ambon Medan
Rika Bika Ambon
Jl Sekip 32C
Medan
Telp : (061) 4524650 atau
Zulaikha Bika Ambon
Jalan Mojopahit, No. 62
Medan
+6261 452 8181
 


Bolu Meranti
Bolu adalah roti gulung yang banyak di jual di Indonesia, tetapi ke Medan seakan tak lengkap tanpa berkunjung dan membeli oleh-oleh khas Medan yaitu Bolu Meranti. Dibandingkan dengan beberapa toko oleh-oleh di Medan lainnya, Bolu Meranti ini saya sukai karena memiliki website dan harga yang selalu di update, wisatawan pun tak perlu kesulitan untuk mendapatkan gambaran oleh-oleh roti ini.

Rasa dari Bolu Meranti ini beragam, mulai dari standart rasa keju, spesial abon ayam, bolu gulung 3 in 1 dan bolu toping dengan rasa keju, mocca, nanas, capucino, kacang atau bluebery dengan harga mulai Rp 65.000,- sampai dengan Rp 85.000,- Meski untuk membelinya harus rela antri namun kita bisa menebusnya dengan mendapatkan cita rasa dari bolu meranti yang fresh dan lembut. Yang pasti meskipun di daerah kita bolu itu selalu ada, tetapi jika pertama kali ke Medan sepertinya harus membeli Bolu Meranti agar tidak penasaran.

Bolu Meranti
Bolu Meranti
Jl. Kruing No. 2K Medan
Sumatra Utara, Indonesia
PHONE
+6261 453 8217
Open :
07.00 - 20.00

Cabang :
Jl. Sisingamangaraja No. 19B Medan
(Seberang Hotel Garuda Plaza)
Sumatra Utara, Indonesia

PHONE
+6261 453 8217
Open :
10.00 - 20.00

Roti Ganda dan Enting-Enting 
Jika kita selesai berwisata dari Danau Toba, untuk kembali ke Medan biasanya kita akan melewati kota Pematang Siantar. Kota terbesar kedua setelah Medan di Provinsi Sumatera Utara ini dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Parapat dan sekitar 4 jam perjalanan menuju Medan. Hampir semua wisatawan selalu tak melewatkan Pematang Siantar untuk berburu oleh-oleh. 

Di Kota Pematang Siantar salah satu makanan yang diburu adalah roti ganda. Roti yang bagian tengahnya ini sangat sederhana yaitu berisi selai srikaya, dan meses coklat rasanya sangat enak, kesederhanaan roti tersebut memang sering membuat orang penasaran. Harganya pun sangat terjangkau, dengan harga sekitar Rp. 19.000,- kita sudah mendapatkan yang berukuran besar (sayangnya saya lupa mendokumentasikan karena sudah tergiur dan penasaran dengan rasanya).

Masih di kota Pematang Siantar, oleh-oleh selanjutnya yang tak kalah unik dan menariknya adalah enting-enting. Enting-enting bahan baku utamanya adalah kacang tanah kemudian disiram dengan karamel, selain cocok buat camilan juga seperti permen. Untuk mendapatkan enting-enting tersebut, biasanya wisatawan berkunjung ke Toko Paten dengan bangunan kunonya yang legendaris.

Ketika memasuki Toko Paten, saya dapat mencicipi beberapa macam enting-enting yang sudah dipotong kecil-kecil secara gratis. Nah yang baru saya tahu, ternyata teman-teman sejenis enting-enting ini ada banyak seperti TingTing, TengTeng, TangTang, TongTong, TungTung, PangPang, PingPing dan apa lagi ya saya sampai lupa karena banyak sekali jenisnya...

Untuk alamat mohon maaf saya kurang tahu persisnya, ketika saya googling pun juga tidak muncul. Tetapi hampir semua sopir bus atau warga Pematang Siantar pasti tahu Toko Paten dan biasanya jika naik bus pariwisata, semua bus rata-rata berhenti untuk mengantarkan penumpangnya rehat sekaligus ke Toilet.


Toko Paten
Pancake Durian House

Sebenarnya tidak susah untuk mendapatkan pancake seperti di Jakarta atau Surabaya. Tetapi tetap saja saya penasaran dengan Pancake Durian Medan katanya enak, konon bukan rahasia lagi kan kalau durian Medan itu terkenal sangat enak. Durian House di Medan salah satu tempat oleh-oleh pancake Medan yang memiliki citarasa durian asli tanpa essence.

Waktu saya ke toko tersebut, pancake durian diletakkan didalam kulkas. Untuk membeli para pengunjung akan dilayani pramuniaga yang cekatan. Satu kotak berisi 10 biji pancake dengan harga Rp. 80.000,- Karena pancake durian maka untuk penyimpanan harus masuk frezer yang bisa bertahan sekitar seminggu. Jika tanpa frezer maka hanya bertahan sampai 12 jam saja, jadi saran saya jika ingin membeli pancake di Durian House ketika akan pulang ke kota Tujuan. Saya pun membelinya ketika perjalanan menuju airport.

Oia, untuk rasa sih nggak usah ditanya lagi karena rasanya ya seperti makan durian asli hehehe...legit dan kenyal.

Durian House

Durian House
Jl Sekip 67 F
Medan, Sumatera Utara

Cabang 1
Jalan Gajah Mada No. 26,
Medan, Sumatera Utara

Cabang 2
Jalan Krakatau No. 43,
Medan, Sumatera Utara

Open :
09.00 -21.00


Ada yang sudah punya agenda ke Medan belum sih ? Nggak perlu khawatir kalau liburannya akan over budget, karena ada loh booking hotel yang budget tapi kita tetap mendapatkan 7 jaminan fasilitas di setiap kamar seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis dan wifi gratis.

Jadi ini cocok banget buat backpacker yang nggak perlu menderita banget atau buat keluarga yang tetap save budget. Udah nggak zaman sharing kamar atau menyelinap nambah orang dikamar (bukan saya itu...) atau berpanas-panasan dengan tidak memesan kamar ber-AC, ah itu saya dulu banget yang selalu hemat ketika traveling.




AiryRooms merupakan Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. Didukung dengan teknologi terkini yang memberikan pengalaman menginap terbaik dengan harga terjangkau. Komitmen AiryRooms adalah untuk memberikan pengalaman menginap terbaik bagi tamu Airy di lebih dari 1000+ kamar Airy yang telah tersebar luas di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, Bandung, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Batam, Solo, Padang, Makassar, Medan dan beberapa kota lainnya di Indonesia.

Medan sudah pasti tercover oleh AiryRooms donk...dan pilihan kamarnya banyak sesuai budget kantong kita. Cara bookingnya pun mudah sekali yaitu :


  1. Cari kamar dengan memasukkan kata kunci berupa nama kota atau area yang Anda inginkan di kolom pencarian di halaman depan airyrooms.com. Saran pencarian akan muncul ketika Anda mengetik kata kunci.
  2. Jika di kolom saran pencarian Anda memilih nama kota, setelah mengklik pilihan tersebut Anda akan dibawa ke halaman hasil pencarian. Sedangkan jika yang Anda memilih nama hotel Airy, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman properti / hotel Airy yang bersangkutan.
  3. Pilih tipe & jumlah kamar yang Anda inginkan dan klik tombol Pesan Kamar.
  4. Lengkapi data pemesanan dan klik tombol Konfirmasi Pemesanan.
  5. Pilih metode pembayaran.
  6. Lakukan pembayaran sesuai dengan petunjuk di masing-masing metode pembayaran yang Anda pilih.
  7. Voucher menginap akan dikirim ke email Anda sesaat setelah pembayaran kami terima.



Jadi buat para traveler yang pengen cari hotel yang murah di Medan, sebaiknya booking melalui www.airyrooms.com. Jangan lupa langganan newsletternya biar selalu update promo hotelnya dan kalau sudah mendapat informasi promo bisa segera liburan. Yang pasti AiryRooms ini berbeda dengan online travel agency yang menjual kamar hotel secara online. AiryRooms melakukan dan mengakuisisi kamar-kamar yang tersebar di berbagai hotel di seluruh Indonesia, dan menetapkan standar kenyamanan yang sama untuk semua kamar.

You Might Also Like

10 komentar

  1. bika ambon itu aku nyebutnya sarang semut ;p.. krn lubang2nya ngingetin ama rumah semut gitu :D

    aku sendiri krn asal dari medan, jd kalo mudik ke sana, jrg sih mbak bawa oleh2 4 di atas.. soalnya udh puas makan lgs selama stay di medannya ;p hihihihi... palingan yg suka aku bawa itu durian , yg udah dikups dan dipacking rapi dalam wadah dan dibungkus khusus gituuu... beda sih rasa durian medan asli sana ama durian medan yg dijual di jkt.. yg di jkt kecil2 bgtttt.. ga puas mknnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah saya juga setuju mba, durian Medan memang enak banget yah legih pula :D

      Delete
  2. Lengkap bangeeet, dan iya denger nama Bika Ambon ya dulu ngiranya dari Ambon. Jauh yak Medaan sm Ambon hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba aku dulu juga ngiranya di Ambon hyahahaha

      Delete
  3. semuanya sudah pernah dapat dari oleh2 suami saat ke medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah enaknya... saya kange sama TingTing toko Paten nih huhuhu

      Delete
  4. Aku doyan nya bolu miranti tapi roti ganda ini aku baru tau lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Roti ganda sih harus coba kalo lagi di Pematang Siantar

      Delete
  5. Belum ada yg pernah ku coba, even pancake durian yg udah banyak dijual di onlineshop.. kasian, kasian..

    Langsung cus ke airy rooms, lagi nyari budget hotel nih buat liburan, moga ada yg cocok.. tfs mbak

    ReplyDelete