Tahukah anda bahwa kacang mete memiliki banyak manfaat? Ya, kacang mete membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, memiliki serat dan protein yang tinggi, serta membantu menurunkan serta mengontrol kadar gula dalam darah untuk mengurangi risiko diabetes. Mete berasal dari jambu, buah tersebut memiliki antioksidan, tinggi mineral dan vitamin. Sayang rasa jambu mete adalah kelat atau sepet jadi kurang enak dikonsumsi, lebih enak mete nya.

Di Indonesia, pohon mete tumbuh sangat subur dan sudah diakui hingga kancah Internasional. Mete tersebut kebanyakan di ekspor ke beberapa negara seperti di India dan Vietnam untuk diproses dan diolah. Salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan pohon mete subur adalah di Timur Bali, tepatnya di Desa Ban, Kecamatan Kubu, wilayah Karangasem.

Desa Ban memiliki jenis tanah yang cocok ditanami pohon mete. Sejak tahun 1980-an pohon mete tumbuh subur di daerah ini. Desa Ban merupakan desa terpencil di Bali yang jauh dari hiruk pikuk pusat pariwisata Bali, masyarakatnya kebanyakan adalah bekerja sebagai petani dan bekerja ke pusat kota. Para wanitanya pun kebanyakan tidak bekerja dan kehidupan masyarakatnya miskin dengan penghasilan sekitar Rp. 20.000,- perhari.

Aaron Fishman datang ke Indonesia sewaktu ada progam sukarela yang diadakan Lembaga Swadaya Masyarakat Bali. Aaron Fishman melihat potensi wilayah di Desa Ban ini sebagai desa penghasil mete yang subur, namun beliau menyayangkan mete tersebut hanya di ekspor tanpa diproses. Masyarakat di Desa Ban ini belum bisa mengolahnya dengan baik, efeknya masyarakatnya pun kurang mendapatkan penghasilan yang layak.

Pada tahun 2012, melihat keadaan tersebut Aaron Fishman ingin membuka lapangan kerja di desa Ban, kemudian beliau mengumpulkan 4 investor lokal untuk mendirikan “East Bali Cashews”. East Bali Cashews (EBC) merupakan sebuah ukm yang mengolah kacang mete lokal menjadi produk yang bebas dari kandungan gluten serta vegan dan dengan nol kolesterol.

Pada tahun pertama, perusahaan memproduksi 180 ton kacang mete, menyediakan 130 pekerjaan baru dan mempekerjakan tenaga kerja perempuan 90%. Tak hanya itu East Bali Cashews juga mendirikan prasekolah untuk pendidikan anak-anak di Desa Ban untuk kesejahteraan mereka.

east bali chasews
sumber : eastbalicashews.com

east bali chasews 4
sumber :eastbalicashews.com

Produk East Bali Cashews ini banyak di ekspor ke beberapa Negara seperti US, Australia, New Zealand, Singapore, Jepang, Hong Kong, Chille dll. Bahkan waktu saya di Hong Kong pernah melihat produk ini sewaktu akan beli oleh-oleh, ngga beli sih cuma lihat aja, karena di Indonesia tentu lebih murah. 

Rasa paling favorit adalah : Sea Salt, Garlic Pepper dan Chocolate untuk cashews dan Granola Chocolate Vanilla dari grup cereals. Di Surabaya East Bali Cashews bisa didapatkan di Papaya Margorejo, Papaya Darmo, Hokky Graha Family dan Green Grocer Dukuh Kupang. Di Bali sendiri produk East Bali Cashews sudah available di outlet sebagai berikut : Minimart, Hardy's, Bintang, All Coco outlets, Pepito, Popular, Delta Dewata, Batik Keris, Alfamart dan Indomaret, CK, dll.

Pilihan rasa dari East Bali Cashews ini cukup banyak, mulai dari Sea Salt, Native, Chocolate, Garlic Pepper, Chili Crunch, Sesame Ginger dengan kemasan 75gr. Selain itu, terdapat juga produk cereals : Granola Chocolate Vanilla, Granola Ginger Chia Cashews, dan Muesli Fruit and Cashews dengan kemasan 400gr. 

Baru-baru ini EBC juga mengeluarkan produk baru yang bisa ditemui di Surabaya yaitu Granola Bites Chocolate Vanilla 150gr. Untuk kisaran harga produk adalah Rp 27.000,- hingga Rp. 65.000,- dan semua produk East Bali Cashews sudah memperoleh sertifikat halal dari MUI.

East Bali Chasews

east bali chawes

Beberapa rasa East Bali Cashews yang sudah saya coba adalah Garlic Pepper yang memiliki rasa bawang putih dan lada yang kuat serta crispy ketika digigit. Cashew Crumble dengan Roasted Snack Mix dari cacao chips, rosella, coconut dan caramel dengan rasa yang dihasilkan cukup unik dengan rasa manisnya. Rasa Cacao dengan olahan mete yang diberikan cacao powder dengan rasa manis pas dan aroma cokelat yang khas. Caramel Popcorn yang merupakan favorit anak saya ini merupakan mete yang disajikan dengan popcorn rasa caramel yang manis dan gurih.

east bali chasews 2
Cashew Crumble
east blai chasews garlic
Garlic
caramel popcorn
Caramel Popcorn
east bali chasews 3

Rasa Granola dengan coklat vanilla merupakan favorit saya. Makanan sehat ini terdiri dari campuran coklat, vanilla dan mete yang saling menempel. Ketika kemasan Granola saya buka, aroma coklat yang manis khas langsung menyeruak. Manis yang dihasilkan dari coklat dan vanilla memiliki rasa yang pas dan cocok untuk lidah Indonesia. Kemasannya yang memiliki clip sangat memudahkan ketika menyimpannya karena aman dan tidak mudah tumpah.

granola east bali chasews
Granola
Jadi jangan heran bila produk ini disukai di beberapa Negara, karena rasa East Bali Cashews cukup unik. Penghargaan yang diraih "2015 US Secretary of States Award for Corporate Excellence" dari Amerika Serikat (AS) sebagai UKM yang memiliki peran kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya. Dengan membeli produk East Bali Cashews, snack mete dari Indonesia sudah pasti cinta produk Indonesia.

Informasi selengkapnya : www.eastbalicashews.com