Mulai Gaya Hidup Sehat, Untuk Jantung Sehat dari Sekarang!

Jum’at pagi (29/7/16), ayah meninggal dalam usia 64 tahun. Hampir 1,5 bulan ayah saya berada di Rumah Sakit dengan beberapa penyakit komplikasi dan Jantung. Saya tahu semangat hidup beliau masih berkobar, namun beliau harus menyerah dikalahkan oleh penyakitnya.
(Satu bulan sebelum ayah meninggal)

Hidup tidak sehat memang dijalani oleh ayah saya. Gaya hidup seperti tidur larut malam, jarang berolahraga, kelelahan, perokok pasif dan tidak mengontrol asupan makanan, sehingga beliau terkena penyakit komplikasi dan jantung.

Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, setelah darah meninggalkan sisi kanan jantung, darah tersebut menuju paru-paru untuk mengambil oksigen. Darah kaya oksigen kembali ke jantung, kemudian dipompa ke organ tubuh melalui jaringan arteri. Darah kembali ke jantung melalui pembuluh darah sebelum dipompa kembali ke paru-paru yang disebut sirkulasi.

Penyebab penyakit Jantung dari kolesterol tinggi, asam urat dan hipertensi. Untuk langkah hidup sehat, kita harus rutin cek kesehatan setiap 6 bulan sekali, meliputi :
  1. Kolesterol Total :
    • Kolesterol HDL
      Kolesterol HDL (high-density lipoprotein) baik, dapat menghilangkan kolesterol LDL (low-density lipoprotein) atau kolesterol jahat dari Arteri yang dapat menyebabkan penyakit jantung, dan stroke. Rekomendasi dokter adalah memiliki HDL di atas 60mg/dL, sedangkan di bawah 40mg/dL sebagai faktor penyakit jantung.
    • Kolesterol LDL
      Kolesterol jahat karena tumpukan lemak yang menyumbat arteri sehinga pembuluh darah kurang lancar. Tanda kolesterol LDL terlihat dari nyeri kaki, cepat lelah, kesemutan, dan pundak terasa pegal. Kadar normal LDL dibawah 100mg/dl, di atas normal 100-129mg/dl, batas tinggi 130-159mg/dl, tinggi 160-189mg/dl, sangat tinggi di atas 190mg/dl.

  2. tes kesehatan
  3. Trigliserida
    Merupakan salah satu jenis lemak dalam darah yang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi. Kadar trigliserida tinggi akan menaikkan resiko serangan jantung dan stroke. Tanda trigliserida yaitu sakit kepala, kelelahan, mudah mengantuk dan pundak terasa capek. Kadar normal trigliserida adalah di bawah 150 mg/dl.
  4. Asam Urat
    Asam urat merupakan radang sendi, akibatnya rasa sakit yang luar biasa pada sendi, otot dan tulang. Kolesterol merupakan penyebab asam urat, yang didapat dari konsumsi jeroan, seafood, dan daging. Batas normal adalah 2-7,5 ml, sedangkan wanita 2-6,5ml.
  5. Tekanan Darah
    Cek secara rutin tekanan darah agar terhidar dari hipertensi, salah satu penyebab penyakit jantung. Tekanan darah normal adalah 120/80 dan pra hipertensi 140/90.
  6. Cek Kesehatan Gigi
    Banyak orang yang tidak tahu jika kesehatan gigi sangat penting bagi jantung dan organ tubuh. Gigi berlubang dan gusi yang tidak sehat apabila dibiarkan akan menyimpan bakteri dan mengganggu aliran darah yang dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Untuk itu rajinlan ke dokter gigi 6 bulan sekali.
Sebagai seorang ibu dan istri saya harus memberikan contoh gaya hidup yang baik. Saya kemudian mempraktekan saran dari dokter yang sering saya dengar ketika memberikan nasehat kepada ayah saya. Saya mulai mengecek kesehatan, hasilnya LDL 96mg/dl, Trigliserida 335mg/dl, HDL 37mg/dl, Tekanan darah 155. Saya harus menurunkan Trigliserida, LDL, &Tekanan darah serta menaikkan HDL.

Saya kemudian mulai menjalankan Gaya Hidup Sehat, yaitu :
  • Mengurangi Karbohidrat
    Untuk menurunkan berat badan, saya mengganti nasi putih yang kaya karbohidrat dan gula dengan Nasi Merah. Awalnya terasa berat menjalankannya, rasa nasi merah tidak senikmat dengan nasi putih. Namun mengingat nasi merah yang banyak khasiatnya, maka saya harus menjalankannya.
  • nasi merah
  • Menjaga Asupan Makanan
    Berkomitmen makanan di rumah lebih baik dari makanan luar, di rumah kita bisa mengatur gizi, dan kebersihan penyajian makanannya. Untuk meningkatkan HDL, saya rajin mengkonsumsi tuna, dan makarel yang fresh bukan kalengan dengan asupan 2 kali seminggu.

    Rajin mengkonsumsi apel, pir dan jambu dengan kulitnya untuk serat tubuh. Menggoreng makanan dengan minyak zaitun karena kaya oksidan yang mampu menetralisir LDL dan meningkatkan HDL.

  • jambu
  • Rajin Berolahraga
    Olahraga yang dianjurkan adalah dengan total 150 menit/minggu, dengan 30 menit olah raga perhari saya bisa hidup sehat. Olahraga yang saya lakukan adalah bersepeda, jalan kaki dan fitnes. 

  • fitnes
  • Memperbanyak Minum Air Putih
  • Minum air putih setelah bangun tidur saat perut kosong sangat dianjurkan karena dapat memperbarui sel darah dan otot dalam tubuh, membersihkan usus dan ginjal, memperlancar BAB, dan menghilangkan racun dalam tubuh. Saya harus rutin menjalankannya dan minum 8 gelas sehari.
  • Istirahat yang Cukup
    Dengan tidur 7-8 jam sehari maka tubuh secara otomatis akan lebih sehat, terhidar dari stres dan depresi. Istirahat yang cukup berfungsi menambah daya tahan tubuh anda dan mengembalikan sel-sel tubuh yang mati.

  • FullSizeRender (2)

  • Tidak Minum Kopi Sachet dan Tidak Merokok
    Kopi hitam adalah kopi yang baik bagi kesehatan jantung, batas maksimal 2 cangkir/hari. Namun kopi hitam kurang saya sukai karena rasanya kurang manis dan tanpa creamer. Saya lebih suka mengkonsumsi kopi sachet. Kopi sachet sangat berbahaya bagi tubuh karena kandungan kimianya yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, kolesterol, pemicu kanker, diabetes dan hipertensi. Maka saya harus tidak mengonsumsinya mulai sekarang.

    FullSizeRender (1)

    Hidup sehat adalah hidup tanpa asap rokok dengan menghindari gaya hidup perokok pasif atau aktif. Dengan merokok maka kita mengurangi kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh terutama ke paru-paru, maka mulai sekarang kita harus hidup tanpa rokok.
Menjalankan gaya hidup sehat adalah komitmen saya untuk kesehatan di hari tua nanti, mari kita mulai dari sekarang

You Might Also Like

9 komentar

  1. kalo saya sih sederhana aja mbak, olahraga teratur minimal 2x seminggu, ditambah makan sehat dan bangun pagi heheh

    ReplyDelete
  2. waduh, saya konsumsi kopi sachet setiap hari... alamat mesti stop deh... :( soalnya ringkas sih dan gampang dibawa2

    ReplyDelete