3 Rekomendasi Hostel dan Guesthouse di Hongdae, Seoul

Saya selalu menyukai kawasan Hongdae atau Hongik University yang merupakan kawasan anak muda di Seoul. Kawasan ini hampir setiap harinya selalu “hidup”, deretan pojamangcha, shopping street dan kafe pun tak pernah sepi pengunjung. Ketika hari Sabtu, kawasan Hongdae akan berubah menjadi “Hongdae Free Market” pada pukul 13.00-18.00, para pedagang membuka lapaknya dengan menjual aneka barang fashion dan snack khas Korea.

shopping street 2shopping street koreashopping street korea 3

Namun yang lebih saya sukai, kawasan Hongdae memiliki transportasi yang mudah. Ketika dari Bandara Incheon menuju hongdae, kita tidak perlu berganti line lagi karena transportasi penghubung Airport Railroad Express (AREX) yang versi All Stop Train akan berhenti Hongik Univ Station. Selain menghemat waktu, kita tidak perlu kerepotan membawa koper atau backpack karena kita tidak perlu berganti line.



Hongdae juga terkenal dengan kawasan backpacker. Di kawasan ini banyak penginapan sekelas hostel atau guesthouse sesuai dengan kantong para backpacker. Beberapa penginapannya banyak disedikan yang per kamarnya terdiri dari 4, 6, 8 dan seterusnya, yang semakin banyak jumlah sharing room di tiap kamarnya semakin murah. Tapi, buat kamu yang pengen kamar privat seperti saya, tetap bisa memilih hostel atau guesthouse. Pastinya harga hostel maupun guesthouse lebih murah daripada hotel.

Meskipun tipe hostel dan guesthouse adalah penginapan murah, namun kebersihan dan fasilitasnya rata-rata sangat bagus. Plusnya saya selalu memilih staf hostel yang bisa berbahasa Inggris dan ramah, lumayan kan kalau malam hari bisa bergosip dengan staf hotel. Syukur jika tampangnya mirip dengan aktor drama Korea bhuahahaha…

Berikut 3 Rekomendasi Hostel di Hongdae
Hongdae Pencil Guesthouse
Salah satu hostel yang banyak direkomendasikan para wisatawan adalah Hongdae Pencil Guesthouse. Penginapan ini memiliki lokasi yang strategis, kebersihan yang terjaga dan staf sangat ramah serta bisa berbahasa Inggris dengan baik. Beberapa ulasannya di beberapa booking online juga tak pernah mengecewakan para tamunya.


Pencil Guesthouse
Common Room
Fasilitas yang ada di Hongdae Pencil Guesthouse adalah AC di setiap kamar, heater yang berfungsi dengan baik ketika musim dingin, makan pagi (roti selai, kopi, telur, cereal dan susu), gratis mencuci pakaian dengan mesin cuci, dapur, hair dryer, WIFI hampir diseluruh ruangan, kamar mandi luar, gratis rental sepeda di sekitar Hongik.


Mixed Dorm or Female Drom

Private Room
Pilihan kamar disediakan Bed Private, Bed Female Dorm, dan Bed Mixed Dorm untuk 2, 3, serta 4 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 300.00,- sampai dengan Rp. 1.000.000,- Untuk luasnya sangat pas, tidak terlalu kecil.

Transportasi menuju penginapan ini cukup mudah yaitu : Hongik Univ Station exit 3, kemudian berjalan di sekitar jalan berumput, lalu ketika terlihat toko Eye Catchers belok ke kanan, berjalanlah terus hingga menemukan penginapan di sebelah kiri. Perjalanan sekitar 5-10 menit dari station.




Seoul Guesthouse
Seoul Guesthouse disukai wisatawan karena lokasinya yang sangat strategis dan staf yang super ramah. Guesthouse ini memiliki beberapa kamar Mixed Dorm, Female Dorm dan Private untuk 2, 3 dan 4 orang. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 250.000,- hingga Rp. 460.000,-

Fasilitas yang ditawarkan adalah ruangan bersama untuk menonton TV, gratis WIFI diseluruh ruangan, makan pagi (coffe, teh, roti dengan pilihan selai atau mentega dan telur), mesin cuci berbayar, dan dapur. Namun yang paling saya sukai dari penginapan ini adalah memiliki rooftop, bisa dibayangkan ketika malam hari sambil minum kopi saya bisa melihat suasana di kawasan Hongdae. 

Transportasi menuju Seoul Guesthouse ini sangat mudah, yaitu Hongik Univ Station exit 3. Berikut rutenya:



Twin Rabbit Guesthouse
Dari namanya “Twin Rabbit Guesthouse” pasti sudah ketebak gimana lucunya penginapan ini? Interior dari Twin Rabbit Guesthouse ini memang menggemaskan, dengan sentuhan modern dan minimalis. Saya bisa melihat ruangan bersama TV yang didekorasi seperti taman di dalam ruangan. Kamar-kamarnya pun memiliki interior cantic dengan warna hijau muda dan abu-abu.


Common Room


Fasilitas yang ada seperti ruangan bersama TV, bar dan lounge, mesin cuci, makan pagi dan dapur. Kamar yang tersedia adalah Twin Room, Double Room, Triple Room dan Family Room. Untuk harga lebih mahal dibandingkan dengan penginapan lainnya yaitu Rp. 650.000,- sampai dengan Rp. 1.350.000,-


Tripple Room
Family Room
Gusethouse ini saya rekomendasikan untuk menginap bersama keluarga karena tempatnya yang ramah untuk anak-anak. Selain itu setiap kamarmya tersedia kamar mandi dalam, tentunya ini sangat memudahkan bagi wisatawan keluarga dan juga ada lift.

Lokasi Twin Rabbit Guesthouse dapat dicapai 15 menit berjalan kaki dari Hongik exit 3.  Berikut panduannya :



Sudah mempunyai gambaran kan kalian mau menginap di Guesthouse atau Hostel mana? Saya sih memang merekomendasikan kawasan Hongdae karena banyak penginapan murah, kafe dan tempat nongkrongnya anak muda. Selain itu tempat “must visit” di Hongdae seperti Trick eye Museum, Love Museum, Hello Kitty Café dan Cookin Nanta Theatre juga ada di kawasan Hongdae.

Kalo kamu pengen mendapatkan diskon murah untuk booking penginapan di kawasan Hongdae, bisa booking melalui Hotels.com Deals yang memberikan diskon hingga 60% untuk revervasi kamar hotel di Korea. Cara menggunakan diskon tersebut cukup mudah, yaitu buka situsnya lalu pilih hostel atau guesthouse yang kita kehendaki.


Diskon hingga 60%


Harga yang ditawarkan sangat murah seperti Twin Rabbit Guesthouse jika di booking hotel lainnya dengan pilihan kamar Twin Standart harganya Rp. 828.391,- di Hotels.com akan mendapatkan diskon menjadi Rp 743.253,- atau kamu juga bisa memilih pencil guesthouse & hostel atau Seoul Guesthouse karena diskonnya memang gede banget.


Hongdae Pencil Guesthouse 


You Might Also Like

10 komentar

  1. ya ampun, kok saya bisa nyasar ke blog ini ya, jadi minder saya. postingannya keren2, bisa travelling kemana2 lagi.

    ReplyDelete
  2. keren keren, cucok cucok, mimpi dululah.

    ReplyDelete
  3. wow, jd mereka bisa booking online? Jaman dulu rada setengah mati jg nyari2 guesthouse yg nyaman... Kamar mandi berarti sharing ya. bersih kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. So far semua hostel yang saya tempati meskipun sharing ngga pernah kotor dan ngga pernah antri :D

      Delete
  4. asiiiik ada referensi penginapan di seoul ^o^.. tapi memang aku juga udh niatin mw nginep daerah hongdae ini mba.. baca2 dr review claudia kaunang katanya tmpat yg strategis, banyak tempat makan juga.. tp blm nemu aja makanya sampe skr blm booking hotel... eh, tp aku jg punya rencana mw sewa dari airbnb sih... mba blm prnh pake itu ya? agak ragu krn takut ga bisa saat apply visa korea nanti.. tau sendirikan, di beberapa negara airbnb sbnrnya msh abu2 ranah hukumnya..ada yg ilegal , ada yg ga.. ga tau nih di korea gimana.. -__-.. soalnya penginapan di airbnb lucu2 bgt, dan murah2.. apalagi akukan rame2 ama adek dan sepupu.. bisa sharing cost

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah mba pake airbnb sewaktu di Hongkong. Untuk ke Korea belum sih mba, karena kan sistem airbnb kebanyakan ngga ada pengembalian 100% kalo visa kita gagal. Mungkin solusinya kalo visa udah dapat, baru deh booking.

      Delete
  5. Hi..seneng bgt deh cari referensi di blog kamu, krn kebetulan aku lg nyari penginapan di seoul.
    Tertarik juga ama si twin rabbit, tp kalau liat di map,kyknya agak jauh ya dari subway. Btw, klo di area Myeongdong ada referensi ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah aku juga senang kamu baca blog ku hehehe

      Myeongdong saya sih referensi: K guesthouse Myeongdong 2 atau 24 guesthouse myeongdong town.

      Delete