Bijak Menggunakan Kartu Kredit BCA Saat Traveling



Waktu itu saya mengajukan kartu kredit BCA karena saya sering traveling. Saya membutuhkan kartu kredit untuk booking tiket pesawat, hotel, dan tiket wisata. Maklum, kegiatan traveling yang saya lakukan adalah tour mandiri, tanpa mengikuti tour dari travel agent. Untuk mempersiapkan traveling tersebut saya booking terlebih dahulu segala sesuatunya sebelum keberangkatan dengan menggunakan kartu kredit. Ya, hampir seluruhnya prosesnya melalui transaksi online.

Menurut saya, memiliki kartu kredit itu tidak seseram yang saya bayangkan loh.. Saya tetap bisa mengontrol transaksi dengan baik dan aman, meskipun saya sering traveling. Kuncinya cuma satu “Bijak Menggunakan Kartu Kredit Saat Traveling." Mengapa? karena anggaran traveling lah yang menurut saya anggaran terbesar dalam penggunaan kartu kredit, untuk itu kita harus "pintar" memakainya. 

bca 2

Persiapan Traveling adalah : 
  1. Booking Tiket Pesawat 
    Untuk merencanakan traveling, saya biasanya membeli tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya. Saya jarang sekali merencanakan traveling dalam 1 atau 2 bulan ke depan, biasanya minimal 3 bulan sebelumnya atau bahkan terlama 9 bulan sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mendapatkan harga promo. Destinasi traveling saya biasanya berdasarkan negara atau kota mana yang sedang ada tiket promo, kalau tujuan cocok maka saya segera booking tiket pesawat.

    Hampir seluruh booking tiket pesawat, saya menggunakan kartu kredit BCA. Tahu sendiri kan kalau tiket promo itu harus dibeli ketika midnight atau pas subuh baru mendapatkan tiketnya. Tidak memungkinkan kalo saya harus ke atm tengah malam atau subuh. Saya juga sering berburu tiket promo yang diadakan oleh bank BCA seperti BCA Singapore Travel Fair yang biasanya rutin diadakan satu tahun sekali dan beberapa pameran travel lainnya yang diselenggarakan BCA. 


  2. Booking Hotel
  3. Booking hotel saya lakukan 2 sampai dengan 1,5 bulan sebelum keberangkatan. Untuk booking hotel, hostel dan guesthouse yang memiliki ranking bagus, apabila kita booking terlalu dekat dengan keberangkatan maka akan full book. Ranking bagus penginapan biasanya berdasarkan kesesuaian harga, fasilitas maupun lokasi. Misalnya untuk penginapan di luar negeri, saya selalu menyukai yang dekat dengan transportasi umum seperti MRT atau bus.

    bca

    Alasan lainnya saya menggunakan kartu kredit BCA ketika booking hotel, karena dengan kartu kredit proses booking bisa di cancel ketika kita gagal berangkat. Saya selalu memilih booking hotel online yang memiliki kebijakan pembatalan, ini untuk mengantisipasi jika visa saya ditolak. Perlu diketahui untuk mengajukan visa maka syarat wajibnya melampirkan booking hotel dan booking pesawat terlebih dahulu dalam pengajuannya. Jika visa tidak disetujui maka saya bisa cancel seluruh booking hotel yang saya pesan. Hal ini juga berlaku ketika saya mengunjungi Negara yang tidak memberlakukan visa, maka saya tetap memilih hotel yang memiliki kebijakan pembatalan. 


  4. Booking Tiket Wisata
  5. Ketika booking pesawat, booking hotel dan visa sudah beres (jika Negara yang saya kunjungi memerlukan visa), maka langkah selanjutnya saya membuat itinerary perjalanan. Itinerary siap maka saya akan mengambil langkah untuk pembelian tiket wisata dengan membandingkan harga tiket wisata dengan pembelian on the spot atau via online yang termurah yang mana.

    Seperti contohnya tiket Universal Studio Singapore lebih murah jika dengan pembelian online. Selain itu antrian tiket USS selalu penuh pengunjung, saya lebih baik membeli online. Tiket USS jika on the spot tiketnya seharga SGD 74,- sedangkan pembelian online SGD 67,-, Trick Eye Singapore jika membeli online harganya $21.25 sedangkan on the spot adalah $25 atau tiket Madame Tussaud Hongkong jika membeli online hanya $150 sedangkan on the spot $325.

    Tiket pembelian online menggunakan kartu kredit ini jauh lebih murah dibandingkan pembelian langsung. Pun ketika membeli tiket tersebut sekaligus untuk suami dan anak, selisihnya sangat berarti bagi saya. Namun, jika harganya sama antara online dengan on the spot, saya akan membeli secara langsung di lokasi.


Promo Travel Kartu Kredit BCA 
Beberapa maskapai saat ini yang bekerja sama dengan BCA adalah Citilink, Garuda Indonesia dan Emirates. Terakhir kali saya mendapatkan tiket promo Garuda Indonesia ke Korea dengan promo kartu kredit BCA dengan harga Rp 3.800.000,- Enaknya naik Garuda Indonesia, saya tidak perlu transit lama, makan enak, kursi empuk, tidur nyaman lengkap selimutnya dan pramugari yang nyaman. Promo dengan Singapore Airlines pun sering saya dapatkan karena kartu kredit BCA.




Untuk hotel kebanyakan saya memesan di Agoda karena ada promo dengan kartu kreedit BCA sebesar 7-10%. Tidak hanya itu, masih banyak promosi travel lainnya seperti pembelian di Dwidaya Tour, mister aladin dan beberapa Online Travel Agent (OTA) lainnya.




Bijak Menggunakan Kartu Kredit BCA Saat Traveling 
Jadi saya selama ini kalau traveling hutang bank? Ngga lah. Saya tetap bijak saat menggunakan kartu kredit BCA dengan melunasinya sesegera mungkin. Beberapa hal yang saya lakukan agar tagihan kartu kredit BCA saya tidak membengkak adalah :




  1. Lunasi Seluruh Tagihan Sebelum Hari Keberangkatan 
  2. Ketika saya booking tiket pesawat, hotel dan tiket masuk wisata, saya selalu memikirkan kemampuan saya dalam membayar tagihan-tagihan tersebut. Seperti ketika akan booking tiket pesawat, setelah proses booking selesai, saya kemudian membayarkan tagihan saya sesegera mungkin. 
    Bunga akan dikenakan jika lewat dari tanggal penagihan, namun jika kita langsung melunasi sebelum tanggal penagihan maka tidak ada bunga sama sekali, yang dikenakan hanya biaya materai Rp. 6.000,- Dengan melunasi seluruh tagihan sebelum keberangkatan, maka perjalanan traveling saya tidak ada beban dan dapat berwisata dengan santai. 

  3. Pahami Cicilan 
    Progam kartu kredit BCA ini menawarkan cicilan mulai dari 0.75% dan 1.25%. Jika sedang promo, maka akan ada cicilan 0% hingga 12 bulan. Jika diperlukan saya mengambil progam cicilan untuk melunasi booking pesawat, hotel maupun tiket wisata untuk meringankan tagihan. Saya juga pernah mengambil cicilan 0% selama 6 bulan dan ketika berangkat seluruh tagihan saya sudah lunas.

    Namun, kita harus tetap bijak dalam mengambil progam cicilan. Sesuaikan dengan pendapatan kita perbulan dan kemampuan kita dalam membayarkan, kadang kita selalu meremehkan ketika bertransaksi dengan kartu kredit karena sistem cicilan. Kalau kita mengambil beberapa cicilan yang jumlahnya lebih dari satu maka sama saja dengan menambah beban keuangan kita. 

  4. Menyikapi Promo Kartu Kredit BCA 
    Salah satu keistimewaan dalam kartu kredit BCA ini adalah banyak sekali progam promo yang berlangsung di kartu kredit BCA. Seperti promo cicilan 0% setiap transaksi di luar negeri, free 20 SGD di Ion Orchard atau ketika promo travel fair BCA yang banting harga tiket pesawat. Tetaplah bijak dalam menyikapinya, gunakan kartu kredit sesuai kemampuan. Pilih promonya jika dirasa memberikan keuntungan, saya juga sering kok mengambil promo kartu kredit BCA untuk nonton di cinema 21 pay 1 get 1, promo starbuck dan sebagainya...
  5. Promo Kartu Kredit BCA
  6. Cash Advance 
    Dalam Kartu kredit BCA juga ada fasilitas Cash Advance yaitu pengambilan uang tunai di mesin atm BCA hingga 40% dari limit yang dimiliki. Ketentuan dalam Cash Advance Fee Internasional adalah 4% atau minimal Rp. 40.000,- sedangkan domestik adalah Rp. 25.000/transaksi.
    Mengambil uang tabungan di ATM BCA
    Untuk saat ini saya memang belum pernah menggunakan fasilitas yang ada di kartu kredit BCA ini. Jika saya memerlukan uang tunai saya lebih baik mengambil uang di tabungan saya. Jika saya sedang tidak memiliki uang, maka saya lebih baik menahan godaan untuk tidak berbelanja. 
  7. Perhatikan Billing Tagihan 
    Saya selalu memilih billing tagihan dengan pengiriman via email, karena jika via surat menyurat akan dikenakan tagihan Rp 10.000,-/bulan, selain lebih hemat dan juga lebih “go green”. Ketika mendapatkan tagihan via email saya selalu memperhatikan rincian transaksi yang di cetak di billing tagihan. Jika ada yang tidak sesuai maka saya segera melaporkannya ke Customer Service BCA. Pengalaman billing tagihan yang saya terima selalu sesuai dengan transaksi kartu kredit yang saya gunakan. 
  8. Mengambil Progam Perlindungan Financial
    Ada baiknya, keluarga mengetahui transaksi kartu kredit BCA yang kita lakukan. Seperti ketika saya booking tiket pesawat, booking hotel, dan booking tiket wisata saya selalu minta izin suami terlebih dahulu. Maklum keuangan keluarga bersumber dari suami, jadi surat izin resmi menggunakan kartu kredit atas persetujuannya. Dengan keluarga mengetahui transaksi kartu kredit kita maka kita dapat sharing “apakah kita mampu membayar sesuai kemampuan kita?” dan hal-hal yang tidak diinginkan kredit macet bisa dihindari.

    Saya mengambil progam perlindungan financial untuk melindungi keluarga dengan membantu melunasi tagihan Anda. Dengan premi hanya 0,4% dari saldo tagihan Anda, keluarga akan terlindungi dari kewajiban hutang apabila terjadi peristiwa kecelakaan atau sakit yang mengakibatkan meninggal dunia. 
Keamanan Kartu Kredit BCA 
Keamanan kartu kredit BCA ini sangat terjamin, seperti ketika saya menggunakan transaksi secara secara online maka diwajibkan menggunakan OTP yang dikirim melalui no hp yang kita daftarkan. Kode OTP akan melakukan autentifikasi atas setiap transaksi yang dilakukan secara online. Tanpa memasukkan OTP tersebut maka seluruh proses transaksi online maka tidak akan disetujui oleh BCA.

Ketika saya menggunakan transaksi online di atas 5 juta, maka pihak BCA pusat langsung menghubungi saya via telepon dari Jakarta. Perihal yang ditanyakan adalah “apakah benar saya melakukan transaksi tersebut?” Ini sangat membuat saya nyaman dalam bertransaksi, karena BCA melakukan proteksi penuh dalam kejahatan kartu kredit secara online.

Untuk memproteksi lagi keamanan kartu kredit BCA, saya mendaftarkannya dengan penambahan PIN. Jadi seluruh transaksi saya dalam kartu kredit wajib menggunakan pin 6 digit, pin tersebut juga berlaku dengan transaksi penggunaan kartu kredit di luar negeri. Dengan memiliki PIN untuk menjaga kartu kredit berpindah tangan seperti kehilangan maka kartu kredit ini tidak bisa dipergunakan pihak lain. Saya juga tidak pernah memberikan kartu kredit kepada pihak lain. Sekalipun kepada waiters, saya selalu nyaman ketika membayar sendiri di kasir.



Cara Pengajuan Kartu Kredit BCA
Sebelum mengajukan kartu kredit BCA, maka pelajari terlebih dahulu semua fasilitas, promosi, bunga dan denda yang diterapkan oleh BCA. Yakinkan diri, “apakah penghasilan kita mampu melunasi tagihannya?” Jika sudah mantap ingin mengajukan kartu kredit maka cara pengajuannya adalah :





...

Bijak Menggunakan Kartu Kredit BCA Saat Traveling sangat diperlukan untuk menghindari tagihan yang membengkak. So, tetap smart dalam memakai kartu kredit ya teman-teman…Memiliki kartu kredit BCA membuat hobby traveling saya semakin nyata.


Traveling dan Kartu kredit BCA

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aku baru debit aja nih mba...jadi pengen bikin cc deh

    ReplyDelete
  2. bener, sebaiknya sebelum berangkat ya lunasi dulu tagihan2 kayak utk tiket dan penginapan. Tp biasanya sih pasti lunas duluan ya, karena bookingnya nyari murah jd mesti jauh2 hari... :)

    ReplyDelete
  3. Kartu yang Tasmanian Devil lucuuuu o_o

    ReplyDelete
  4. kalo punya kartu kredit, tangannya gatel pengen gesekin kartu terus..hihi

    ReplyDelete
  5. Aku menutup semua kartu kredit, sepinter2 nya menggelola uang pasti akhir nya bobol juga kalo dah pegang cc dan ini kejadian hampir sama semua temen yg punya cc

    ReplyDelete
    Replies
    1. bijak menggunakan kartu kredit sepertinya perlu diterapkan :D

      Delete