Cara Menjaga Peralatan Masak dan Makan Agar Bersih dan Awet

Punya suami gemar memasak itu kadang bangga tapi juga kadang bikin sedih. Bangga kalo mas suami itu ketika weekend atau ketika asisten pulang kampung, dia memasak Chinese food atau sekedar membuat sambal yang rasanya bisa ngalahin seluruh warung penyetan yang ada di Surabaya. Mas suami sangat memaklumi kalau istrinya ngga bisa masak, bahkan trauma merasakan rasa sambal ulekan saya. Sudahlah ngga perlu dibahas rasa sambal ala saya, ntar jadi ikut trauma juga...

sambal

Tapi yang bikin saya sedih, kalau mas suami masak, seluruh perabot makan dan masak di lemari dapur dikeluarkan semua untuk peralatan masaknya. Suasana dapur terasa seperti ditinggal asisten libur lebaran. Nah, kalau mas suami masak sekalian cuci peralatan masak dan makan, tapi bukannya semakin bersih malah peralatan masak saya kondisinya memprihatinkan, semua rusak permukaanya.

scotch brite 3
Koleksi teflon saya yang rusak

Rupanya bukan mas suami saja loh yang salah, saya juga. Jadi saya baru mengetahui ketika browsing diinternet kalau sabut spons untuk mencuci peralatan masak, peralatan makan dan peralatan masak anti lengket itu ngga boleh sama, harus disesuaikan jenisnya. Setelah itu saya berburu sabut spons di supermarket untuk memilih yang tepat agar koleksi peralatan makan dan masak saya bersih terawat.

Saya kemudian membeli 2 sabut spons merek Scotch-Brite, Sabut spons hijau (ID30) dan sabut spons Anti Gores (ID37).

spons scotch brite


Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk mencuci alat makan dan alat masak teflon/anti-lengket
Pertama kali lihat, sabut spons warna kuning ini warnanya kuning menggemaskan, dan memiliki pegangan yang nyaman. Tektur warna kuning tersebut memiliki fungsi 3X Cepat Bersih, 3X Tahan Lama dalam membersihkan alat masak kita. Sabut juga dibuat dengan teknologi yang ampuh membersihkan kotoran. Sabut juga mengandung serat mineral berkualitas.

spons scotch brite 1

Sabut Spons Anti-Gores Scotch-Brite untuk peralatan alat makan seperti piring, gelas, sendok, garpu dan juga untuk peralatan masak seperti wajan teflon dan panci teflon. Menyesuaikan sabut spons yang sesuai sama halnya dengan menjaga permukaan teflon agar tidak rusak dan juga peralatan makan tetap terawat dengan baik.

Scotch Brite, Sabut spons hijau (ID30)
Spons hijau ini untuk membersihkan peralatan masak seperti panci, wajan dan lainnya yang bukan dengan bahan teflon. Dua bagian yang terdapat dalam warna sponsnya memiliki fungsi masing-masing, spons halus berwarna kuning untuk bagian dalam alat masak. Sedangkan untuk warna hijau yaitu permukaan spons kasar untuk membersihkan bagian bawah peralatan masak yang biasanya banyak noda terkena panas api kompor.

scotch brite 4

Sama halnya dengan sabut spons kuning, sabut spons hijau ini juga memiliki teknologi yang ampuh, serta mengandung serat mineral dan berkualitas untuk membersihkan kotoran. Scotch-Brite ini memang dirancang memiliki 2 penggosok yang berbeda tekstur yang membuatnya membersihkan 3x lebih bersih dalam mengangkat kotoran dan noda. Juga 3x cepat bersih dan 3x lebih tahan lama sehingga membuatnya awet digunakan dalam waktu lama. Jadi ngga ada tuh cerita spons yang baru aja digunakan permukaan kasar sponsnya sudah hancur atau sobek-sobek.

Agar peralatan makan dan masak kita bersih dan awet
  1. Gunakan spons yang sesuai
  2. Basahi sabut spons dengan air dan diberi sabun pada bagian spons
  3. Remas spons hingga berbusa
  4. Gunakan sisi kuning untuk mencuci alat masak anti lengket atau peralatan masak anda bersih. Sedangkan jika mencuci alat masak gunakan sisi hijau untuk peralatan masak
  5. Jangan lupa keringkan dengan semurna agar peralatan makan dan masak kita selalu awet dan bersih
scotch brite
sabut spons kuning
scotch brite 2
sabut spons hijau


Jangan lupa agar sabut spons tetap awet, jangan masukkan sabut spons dalam air busa yang biasanya kita letakkan di mangkok kecil. Tapi gantungkan atau letakkan di tempat yang ada sirkulasi udara agar tidak berbau dan timbul jamur yang berbahaya untuk alat makan dan alat masak kita. Yuk mari kita menjaga peralatan masak dan makan agar bersih dan awet. Info selengkapnya tentang sabut spons di  Scotch-Brite

You Might Also Like

7 komentar

  1. Hihihihi masakan sih masakan yak, tapi kalo teflonnya jadi rusak begitu bikin rusak mood makan juga gk yaaaa :D

    Di rumah juga pakenya sponsnya scoth brite, awet gk gampang buluken.

    ReplyDelete
  2. Mbak, aku kok jadi ngiler sambal uleganmu. Gapopo wes gak enak, biar trauma ketemu sampean

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakaka ntar ngga bisa move on loh sama aku :D

      Delete
  3. ternyata setelah nyuci piring, busanya dikeringin ya
    kadang kalo pas nyuci malam, kelupaan gak buang airnya

    ReplyDelete
  4. yang pastinya habis memasak harus langsung dicuci agar tetap bersih ....

    ReplyDelete