Iya, saya tahu di Singapore itu biaya hidupnya serba mahal. Setahu saya, yang murah cuma tiket pesawat Low Cost Carrier saja. Traveling Hemat ke Singapore memang bisa? Bisa banget. Mulai dari penginapan, biaya makan dan tiket wisata kita harus benar-benar merencanakan dengan matang agar pengeluaran selama di Singapore tidak membengkak. Selama di Singapore, saya bisa mengeluarkan uang tidak lebih dari $20 sehari.

Berikut traveling hemat saya selama 4 hari 3 malam di Singapore.
Hari 1
Setelah proses imigrasi selesai, saya menuju hotel terlebih dahulu untuk menitipkan koper di resepsionist karena check inn baru bisa dilakukan jam 2 siang ke atas.

Transportasi Changi Airport ke Hotel
Setelah itu saya melanjutkan perjalanan di :
Merlion Park
Merlion Park adalah icon Singapore. Jika ingin pamer jalan-jalan ke Singapore di social media, rasanya belum lengkap apabila belum belum berfoto di depan Merlion Park ini. Dengan waktu sekitar 1,5 jam saya akan puas mengabadikan momen berfoto di kawasan ini.

One Fullerton sekitar Merlion Park
Transportasi Merlion Park ke Lau Pa Sat

Lau Pa Sat
Untuk mengisi perut saya menuju Lau Pa Sat yang merupakan hawker centre yang terkenal di Singapore. Lau Pa Sat ini sudah ada sejak abad 19, dari gedungnya saja sudah terlihat jika bangunan bersejarah. Untuk makanannya sangat lengkap, terdiri dari stall yang menyediakan makanan mulai dari Melayu, Chinese, India dan lainnya. Favorit saya jika ke Lau Pa Sat adalah mencicipi chicken rice, perporsi $5.
Suasana di Lau Pa Sat
Berfoto di Lau Pa Sat
Chicken Rice di Lau Pa Sat
Transportasi Lau Pa Sat ke Garden By The Bay
Garden By The Bay
Garden By the Bay adalah kawasan taman kota yang luasnya sekitar 111 hektar. Lokasinya berada di tengah kawasan Marina Bay, dan Merlion Park. Ada beberapa spot di Garden By The Bay, yaitu yang berbayar Flower Dome, Cloud Forest dan OCBC Skyway, sedangkan yang gratis di Super tree Grove dan aneka tamannya seperti dragonfly, heritage garden, world of plants, sun pavilion dan art sculuptures.

Taman bertema di Garden By The Bay
Saya memilih memasuki kawasan OCBC skyway dengan membayar tiket $8, saya kemudian berjalan di jembatan sepajang 128 meter dengan tinggi 22 meter. Saya bisa melihat keindahan kawasan Marina Bay dengan cantiknya.

Puas di Garden By The Bay, saya kemudian kembali ke hotel.

Transportasi Garden by the Bay ke Hotel

Hari ke-2
Hotel ke Haji Lane

Haji Lane
Kawasan Haji Lane merupakan kawasan butik dari beberapa desainer lokal Singapore. Kawasan ini berada di daerah Bugis, dekat dengan Sultan Mosque yang mayoritas masyarakatnya muslim. Yang unik, Haji Lane berada di gang sempit yang dikonsep sangat cantik. Biasanya saya sangat suka berfoto disini, karena kawasan ini juga favoritnya para pasangan yang sedang foto prewedding.

Butik cantik di Haji Lane
Butik di Haji Lane
Mural cantik di Haji Lane
Dari Haji Lane menuju Qiji Restaurant:

Qiji Restaurant
Qiji restaurant sangat terkenal dengan makanan halal dan murah di Bugis Street. Beberapa menu di Qiji restaurant adalah nasi lemak, popiah, dan Laksa. Saya memesan Popiah yang merupakan lumpia basah ala Singapore, setiap rolnya berisi nasi lemak dengan ayam fillet dan aneka sayuran. Dengan harga hanya $3.90 saya bisa mendapatkan Popiah Premium 2 roll, dan dijamin kenyang.

Memesan Menu di Qiji Restaurant
sumber foto : qiji restaurant
Nasi Lemak Qiji

Bugis Street
Kawasan Bugis Street merupakan tempat shopping terkenal di Singapore yang isinya berbagai macam kios baju, oleh-oleh, sepatu, tas dan aneka makanan serta minuman.

Bugus+ di seberang Bugis Street
Keramaian Bugis Street
baju-baju di Bugis Street
Transportasi Bugis Street ke Mustafa Centre

Mustafa Centre
Mustafa Centre adalah pusat perbelanjaan serba ada di kawasan Little India yang buka hingga 24 jam. Pertokoan yang memiliki 4 lantai ini berkonsep seperti department store. Biasanya wisatawan ke Mustafa Centre berburu coklat, koper serta oleh-oleh khas Singapore. Akses Mutafa Centre lebih dekat dari MRT Farrer Park, maka jangan salah dari MRT little India.

Transportasi Mustafa Centre ke Allaudin Briyani

Allaudin Briyani
Untuk mengisi makan siang, saya akan membeli nasi briyani di Tekka Centre yang merupakan hawker terkenal di Little India. Saya memilih Allaudin Briyani, perporsi seharga $4,5 dolar yang terdiri dari nasi kari khas India dengan ayam yang memiliki porsi sangat banyak.

Nasi Briyani, 4,5 dolar
Transportasi Mustafa Centre ke China Town

China Town
Kawasan China Town terkenal akan pusat oleh-oleh yang sangat murah, misalnya gantungan kunci $10 dapat 36 buah dan ada pula $9 dapat aneka pernak-pernik yang bisa dicampur seperti asbak, tas, korek api dan sebagainya. Saya menyukai jalan-jalan di China Town ketika malam hari lebih dingin karena lokasinya yang outdoor.

Aneka oleh-oleh di Chinatown

$9 dapat 3 buah

Kembali ke Hotel

Transportasi Chinatown ke Hotel

Hari ke-3
Kawasan Sentosa merupakan kawasan pulau buatan yang tekenal akan wisata dan resort yang mahal. Namun, jika traveling hemat kita tetap bisa menikmati kawasan Sentosa sesuai budget yang dimiliki.

Transportasi Hotel ke Vivo City Mall

Food Republic
Food Republic merupakan food court yang berada di kawasan Vivo City Mall yang terletak di lantai 3. Disini kita bisa memilih makanan khas Singapore di 27 stall, dengan harga yang sangat terjangkau. Favorit saya adalah Lam’s Salt Baked Chicken seharga $5.50

Baked Chicken $5,50
Sentosa
Untuk memasuki kawasan Sentosa dari Vivo City saya memilih Sentosa Broadwalk. Saya berjalan sekitar 800 meter dengan pemandangan lautan. Setelah itu saya berfoto di depan icon Universal Studio Singapore (USS) dengan biaya gratis. Namun, saya sengaja tidak memasuki USS karena tiketnya $74 yang tidak sesuai budget Traveling Hemat.

Selanjutnya saya jalan-jalan ke kawasan Siloso Beach untuk duduk diatas pasirnya yang kecoklatan sambil melihat kapal-kapal yang dekat dengan kota Batam, Indonesia.

Broadwalk Sentosa
Pemandangan di Sentosa

Nongkrong di Siloso Beach
Candylicious, di area Sentosa
Berfoto di icon USS
Transportasi Sentosa ke Orchard
Orchard
Orchard merupakan surganya mal dengan barang-barang branded. Sebelum mengeksplorasi jalan-jalan di kawasan Orchard, saya akan mengisi perut di “Nasi Padang M.Nasir”. Warung ini menyediakan masakan nasi Padang khas Indonesia dengan aneka lauknya. Dengan hanya $5 saya dapat nasi dengan rendang dan sayurnya.

jalan-jalan di Orchard
Orchard Road
Singapore Visitor Centre
Setelah puas berkuliner, saya juga mencicipi one dollar ice cream yang sangat terkenal. Saya kemudian menikmati suasana Orchard yang semakin malam akan semakin hidup.

Menikmati ice cream
Ice Cream One Dollar
Ice Cream  di sepanjang Orchard
Transportasi orchard ke Wonderfull Light Show
Wonderfull Light Show
Mengakhiri itinerary terakhir malam di Singapore, saya tidak akan melewatkan pertunjukan wonderfull light show, yaitu pertunjukan cahaya dan air dikawasan Marina Bay Sand. Pertunjukan ini adalah pertunjukan gratis. Meskipun hanya 15 menit saja, namun saya mendapatkan suasana Singapore yang sangat cantik.

Selanjutnya saya pulang ke Hotel...

Transportasi Wonderfull light show ke hotel

Hari ke-4
Hari ini merupakan hari terakhir jalan-jalan saya di Singapore, sebenarnya saya ingin memilih flight sore untuk kembali ke Surabaya. Namun, sayangnya flight menuju Surabaya hanya tersedia di pagi hari saja.

Transportasi Hotel ke Changi Airport

Semoga tips traveling ini menjadi inspirasi kalian ya....