Berbagi Inspirasi Dengan Menulis Blog

Pertama kali saya mengenal blog pada tahun 2008, saat tugas kuliah jurnalistik mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk membuat blog dan menulis. Kami dipaksa dosen untuk menuliskan berita dan artikel yang saat itu profesi blogger belum sefenomenal sekarang. Jika kami tidak memiliki blog maka nilai “D” akan terpajang di nilai IPK kami.

Awal karena terpaksa itulah saya mulai menyukai menulis, tidak hanya berita dan artikel, curhatan ala anak kuliahan saya tampilkan di blog. Sayangnya blog fenomenal tersebut ditutup oleh multiply karena penyedia blog tersebut bangkrut. Jika anda mengetahui tentang multiply, tandanya anda juga berada satu era dengan saya.

Berdirinya Blog Diarysivika.Com
Mengembangkan hobi menulis, saya kemudian mendaftar di penyedia blog lain yaitu di blogspot. Saya membuat lagi blog pada tahun 2010 yang bernama www.diarysivika.blogspot.com. Tahun 2010 blog pun tidak seramai saat ini, istilah blogger masih asing di beberapa orang. Berita dan artikel masih didominasi oleh media massa bukan blog pribadi. Saya merasakan gaung blog mulai terdengar sekitar tahun 2012 - 2013, para blogger mulai tertarik menuliskan pengalaman kuliner, traveling dan cerita pengalaman mereka sehari-hari.

Saya pun mulai konsisten ngeblog pada tahun 2013 dan resmi mengganti menjadi blog Top Level Domain (TLD) pada tahun 2013 di www.diarysivika.com. Branding blog yang saya bentuk adalah “Food, travel and lifestyle based in Surabaya”. Cerita yang saya tuangkan di blog seputar kegiatan kuliner, traveling, beauty dan juga pengalaman pribadi. Konsisten dengan tema yang saya pilih sejak tahun 2013, saat ini blog ini memperoleh pengunjung 6.000-an viewer setiap harinya.

Viewer blog perhari

Bagi saya blog adalah sarana untuk menulis dalam menebar inspirasi yang berguna bagi sekeliling dan pembaca. Topik yang disukai di blog saya adalah cerita tentang pengalaman traveling saya mandiri ke Luar Negeri tanpa guide tour. Perjalanan traveling baik solo traveler, bersama keluarga dan teman menjadi incaran pembaca menjadi urutan statistik tertinggi di blog ini.

Berbagi Inspirasi Traveling dan Kuliner Melalui Blog
Blogger yang saya sukai adalah Trinity yang merupakan travel blogger wanita pertama di Indonesia yang menyukai perjalanan solo traveler. Dia memulai ngeblog tentang traveling disaat orang belum terpikirkan untuk menuliskan pengalamannya di blog. Dari blog trinity saya memiliki ide untuk menulis tentang traveling di blog ini.

Jika trinity fokus pada cerita perjalanannya tanpa menunjukkan detail menuju lokasi dan rincian biaya, sedangkan saya lebih fokus pada hal tersebut. Saya lebih suka menulis detail cara menuju lokasi dan mengabadikan foto suasana tempat yang saya tuju. Terkadang karena terlalu asik mengambil foto suasana sekitar, saya bahkan lupa mengambil foto diri sendiri. Saya memang tidak terlalu narsis yang harus berfoto di satu background dengan berbagai pose.

Contoh itinerary dan rincian biaya juga menjadi topik bahasan di artikel blog saya. Menurut saya topik ini menjadi kunjungan tertinggi di blog saya. Saat ini fenomena traveling mandiri tanpa guide tour memang sedang menjadi trend. Saya pun menyukai traveling mandiri karena lebih bebas menyusun itinerary tanpa harus diatur dan dibatasi waktunya oleh guide tour.

Negara yang sudah pernah saya kunjungi adalah Korea Selatan (Seoul dan Busan), Bangkok, Singapore, Malaysia (Kuala Lumpur dan Johor Bahru), Hongkong, Macau, dan Taiwan. Memang belum banyak Negara yang saya kunjungi, hanya seputar ASIA. Namun, saya selalu ingin mengulas cerita perjalanan saya dengan detail di blog ini.

Universal Studio Singapore

Universal Studio Singapore
Lewat komentar dan email yang positif yang masuk di akun saya akan membuat semangat saya menulis dan menjadi semangat berbagi inspirasi.

Komentar pembaca yang membuat saya semangat ngeblog

Saya juga memiliki hobi kuliner dengan mengunjungi kuliner lokal, halal dan restoran baru. Lewat hobi kuliner inilah saya juga membagi pengalaman saya di blog. Awalnya hobi saya ini dicibir beberapa orang sebagai kegiatan yang menghamburkan uang dan hanya ingin selalu dibilang kekinian. Namun, kini fenomena dunia kuliner menjadi topik yang banyak dicari, bahkan ketika kita mengunjungi kota atau Negara topik yang dicari tentu kulinernya. Tanpa seorang blogger tentu ulasan kuliner tak akan sebanyak saat ini.

Berbagi Informasi di blog tentang kuliner halal di Hongkong

Saya berbagi inspirasi kuliner di blog dengan menuliskan cara menuju restoran, ulasan makanan, pelayanan restoran dan harga makanan. Sifat kuliner yang saya tulis adalah subyektif berdasarkan makanan yang saya sukai, saya juga tidak ada background tentang dunia memasak. Fokus saya adalah suasana restoran dengan mengambil beberapa foto dan juga tak ketinggalan foto menu restoran.

Saat ini melalui hobi kuliner ini saya sering diundang untuk menghadiri restoran baru untuk diulas di blog. Jadi hobi kuliner saya bukanlah membuang uang, namun bisa menginspirasi beberapa orang untuk mendapatkan informasi tentang kuliner yang dituju.

Belanja Peralatan Action Camera di Bukalapak
Selain menulis blog, saya juga senang dengan kegiatan dokumentasi. Saat ini saya masih belajar untuk menghasilkan foto-foto dengan angel yang tak biasa. Selain butuh bakat, juga dibutuhkan proses pembelajaran. Untuk mendapatkan inspirasi saya sering keluar masuk berbagai blog dari dalam dan luar Negeri tentang blog traveling dan kuliner.

Saya juga sedang belajar untuk membuat video yang menarik ketika saya sedang traveling. Merambah ke dunia youtuber merupakan impian saya. Gayung bersambut, pada bulan Maret 2016 yang lalu saya mendapatkan hadiah sebuah action camera dari lomba ngeblog yang dikirimkan ke rumah.




Agar segera bisa saya gunakan untuk membuat video dan foto, saya harus melengkapi action camera saya dengan waterproof case dan tongsis Bluetooth. Di Surabaya, untuk mencari tongsis Bluetooth untuk action camera xiaomi yi sangat susah, saya kemudian memesannya di Bukalapak.com.

Bukalapak

Bukalapak adalah online marketplace di Indonesia dengan slogan “jual beli online mudah terpercaya”. Untuk mencari produk yang dipilih maka tulis saja produk yang ingin dicari kolom search, beberapa pilihan toko online pun akan segera ditampilkan. Pilihan tongsis Bluetooth dan waterproof pun banyak pilihannya.

Pilihan Monopod bluetooth


Saya kemudian mengorder barang tersebut, melakukan pembayaran dan barang pun dikirim ke rumah sesuai dengan brarang yang saya pilih. 

Order Barang

Rincian Pembayaran
Sudah mendapatkan tongkat bluetooh dan waterproof case untuk action camera, saya pun mulai aktif membuat video untuk melengkapi artikel blog.



Dari blog saya bisa mengembangkan hobi menulis dan memberikan inspirasi buat pembaca tentang traveling dan kuliner. Dengan blog juga langkah saya untuk traveling semakin terwujud, saya bisa mendapatkan uang dari blog, mendapatkan hadiah jalan-jalan dari blog dan mendapatkan undangan untuk mencicipi restoran baru. Kembangkan bakat menulismu untuk berbagi inspirasi, atau jika kamu suka tampil di kamera buatlah video yang bisa di upload di youtoube.

Saya juga memiliki idola inspirasi blogger muslimah, yaitu Dian Pelangi. Dian Pelangi seorang desainer yang fokus pada busana muslim yang trendy bagi muslimah muda. Saya selalu mengikuti perkembangan blognya yang sering keliling dunia menggunakan koleksi pribadinya. Baju-baju Dian Pelangi juga di jual di HIJUP.com. Islamic fashion e-commerce pertama di dunia yang didirikan pada tahun 2011 adalah HIJUP yang selalu memberikan inspirasi bagi wanita muslimah masa kini dengan tetap syar'i.




Hobi Ngeblogku Memberikan Inspirasi Tentang Traveling dan Kuliner...




You Might Also Like

24 komentar

  1. Waa,kerenn.sukses selaluuu.
    aku suka foto2 dan ceritamu mbak^^

    ReplyDelete
  2. Semoga menang mbak...aku juga pengen kayak mbak

    ReplyDelete
  3. sakses mba Vika. duuh aku galau pgn action cam tapi jarang piknik ekstrim wkwkw

    ReplyDelete
  4. Blog mbak Vika jadi referensi saya saat menyusun itinerary. Sukses ya, mbak!

    ReplyDelete
  5. wah kerennya, semoga saya bisa menjadi blogger yang sukses juga.

    saya baru terjun 4 bulanan di dunia blog.
    masih perlu banyak belajar.

    ReplyDelete
  6. saya juga suka dengan blog traveling yang detil tulisannya. Bisa jadi panduan saya kalau mau jalan ke tempat yang belum pernah didatangi :)

    ReplyDelete
  7. Bagi saya, blog tidak sebatas menyalurkan hobi tapi juga bisa jadi sarana mengumpulkan pundi-pundi dollar ehehe *jujur

    ReplyDelete
  8. Wah keren ... ini adalah kisah nyata dari orang yang konsisten ngeblog dan sukses. Kalau saya, jujur saja, bisa dua minggu sekali posting aja udah bagus ... Congratz yah!

    ReplyDelete
  9. Saya mengagumi tulisan anda, ringkas, jelas, dan mudah dimengerti dan yang paling penting saya melihat ada kejujuran dari hati pada saat anda menulisnya dan tersampaikan pada kami yang membacanya - salam kenal, ardhria -

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih :D menjadi semangat saya ngeblog

      Delete
  10. Saya selalu diam2 baca blog ini. Kadang tidak tahan mau komentar (seperti sekarang)
    Cara nulisnya enjoy banget dan seperti ga ada beban...

    ReplyDelete