Bagi iphone freak, tentu launching iphone 7 membuat sebagian orang ingin menjadi orang pertama yang memilikinya. Kabar buruknya Indonesia selalu menjadi Negara urutan terakhir untuk launching resminya. Padahal nih pecinta iphone sudah ngga sabar memilikinya, berbagai cara pun dilakoni, mulai dari niat membeli iphone 7 dengan ke luar negeri, membeli secara online ataupun membeli di toko gadget yang penjualnya import dari Negara tetangga.

Saya sendiri karena penasaran, kemudian survei harga iphone 7 per Desember 2016 di Galaxy Mall Surabaya, harganya 13 juta untuk iphone 7 dengan memori 32GB. Kalo tidak salah, harga di Jakarta juga sama dengan harga di Surabaya. Singapore menjadi nomor pertama launching iphone 7, harganya secara resmi $S1.048, harga tersebut belum dipotong GST (baca disini tentang GST), harganya menjadi sekitar 9,6 juta.

Harganya lumayan juga selisihnya sekitar 3,4 juta, antara di Indonesia dengan Singapore. Jika hitung-hitungan hemat maka saya lebih memilih membelinya di Singapore, tiket pesawat ke sana saja sekitar 1 juta sekalian beli iphone dan liburan.

Harga murah tersebut juga berlaku di Negara Taiwan. Jadi ketika di Taiwan, Whatsapp saya sudah rusuh dengan berbagai pertanyaan untuk mengecek harga iphone 7 di sana. Saya mengecek harga iphone 7 di Taiwan 10,4 juta harga tersebut sudah dipotong dengan pajak yang tidak berlaku untuk turis. Memang lebih murah dari Singapore, selisih sekitar 800rb tapi karena saya di Singapore hanya transit maka saya membelinya di Taiwan.

Waktu itu saya membeli iphone 7 di Taipei 101, mall kebanggaan orang Taiwan. Jadi gerai tersebut adalah gerai resmi. Untuk pembayaran saya menggunakan kartu kredit dan tidak ada charge untuk pembayarannya. Setelah itu saya di settingkan oleh Customer Service, untuk setel bahasa bisa langsung English dan juga ada bahasa Indonesia. Jadi intinya iphone sudah bisa digunakan secara langsung.



Setelah itu saya mengisi blanko untuk pengembalian refund Tax yang dapat diklaim di airport. Jadi form ini sangat penting untuk pengembalian pajak, berlaku juga di Negara lainnya termasuk Singapore. Jika kamu lupa mengklaimnya maka pajak pun hangus tidak bisa di refund. Sedangkan untuk pembelian iphone di dalam airport tidak dikenakan pajak, jadi tidak perlu klaim GST.

Nah, iphone 7 sudah di tangan, pasti kepikiran kan sama cukai imigrasi dibandara Indonesia. Gimana kalo kena cukai? Wah, sama aja donk jatuhnya sama beli di Indonesia. Saya pun berpikir demikian. Padahal saya membeli dua iphone 7 yang sama-sama titipan. Saya sih sudah berpesan sama yang titip dibelikan, kalo iphone 7 yang saya bawa maka akan saya buka segelnya untuk menghindari cukai.

Tibalah saya sampai di bandara Indonesia. Duh, horror banget lihat petugas imigrasi, saya kayak bawa narkoba aja wkwkwkw keringat dingin bercucuran. Saya sih niatnya ngga aneh-aneh, box iphone 7 saya letakkan di koper dan ngga ada niatan untuk mengelabui petugas. Dua iphone 7 saya bawa di tas jinjing, boxnya saya letakkan di koper.

Giliran tas dan koper saya di Scan X Ray, makin deg-degan. Syukurlah saya ngga kena cukai. Intinya sih ngga masalah kok beli iphone 7 di Luar Negeri dan ngga kena cukai jika belinya wajar. Apalagi seperti saya yang boxnya saya buka segelnya karena memang tidak niat untuk dijual.

Jadi gimana kalian juga punya pengalaman membeli gadget di Luar Negeri? Kena cukai ngga? Share di kolom komentar, agar bermanfaat untuk lainnya.