Program Acara TV Bertema Kuliner Yang Sempat Populer di Indonesia


Program acara kuliner di televisi memang sangat asyik untuk diikuti, entah itu bagi mereka yang hobi memasak, ataupun mereka yang hobi 'makan' di berbagai tempat. Acara TV bertema kuliner biasanya menghadirkan kelihaian para juru masak untuk menghidangkan masakan yang inovatif dan jarang dimasak oleh khalayak.

Acara kuliner memang sudah lama ditayangkan. Bahkan sejak era dimana penonton televisi masih menyaksikan TVRI, satu-satunya stasiun televisi yang mengudara di era 80an. Tetapi, jadwal acara TV yang berkaitan dengan kuliner masa sekarang jauh lebih menarik. Pertama, acara kuliner tersebut melibatkan chef yang memiliki 'nilai jual', terutama dalam penampilan. Kedua, acara kuliner masa kini tidak hanya menonjolkan variasi resep, tetapi juga lokasi pengambilan gambar yang menarik.

Apa saja program acara televisi bertema kuliner yang sempat sangat populer di negeri kita?

  • Ala Chef
Koki cantik dan seksi, Farah Quinn menjadi ratu dalam acara yang sempat ditayangkan di TransTV di hari Minggu pagi ini. Meskipun banyak pihak mencibir bahwa acara ini hanya mengandalkan sosok si juru masak, tetapi acara ini berhasil menjadi pemenang kategori Program Travel, Hobi dan Gaya Hidup di ajang Panasonic Gobel Awards di tahun 2011. Di tahun 2012 dan 2015, acara ini harus puas tampil sebagai nominasi dalam ajang yang sama. Nah, kualitas acara ini tentu Anda yang bisa menentukan.

  • Kungfu Chef
Acara yang sempat ditayangkan di Global TV ini memang sangat unik Chef Muto, sang koki dalam acara ini tidak hanya menyajikan resep-resep unik, tetapi juga menyajikan jurus-jurus yang kerap membuat para bintang tamu terkejut karena harus menangkap alat-alat ataupun bahan untuk memasak. Acara ini semakin menarik karena pemirsa telah mengetahui bagaimana kiprah chef Muto. Ia menimba pengalaman di berbagai restoran bintang lima, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Konon, saat ia masih bekerja di sebuah restoran di Turki, masakannya sangat digemari oleh salah seorang menteri di negeri itu.

Acara Kungfu Chef berubah menjadi "Jelajah Rasa" dimana pengambilan lokasi syuting acara memasak unik ini menghadirkan resort atau tempat-tempat unik yang menonjolkan keindahan nusantara (sumber: jadwaltelevisi.com).

  • Master Chef 
Master Chef ditayangkan pertama kali pada 2011 dan menghadirkan sesuatu yang berbeda, dimana pemirsa diajak melihat kompetisi memasak yang super seru, yang juga mengaduk-aduk emosi mereka. Para kontestan harus menyajikan resep yang unik, tetapi tidak lebih dari batas waktu yang ditentukan. Tidak hanya itu, masakan yang tersaji dinilai oleh juri yang berhak mengkritik mereka habis-habisan. Selama ini, RCTI sudah menghadirkan empat musim kompetisi "Master Chef" dan satu kali "Master Chef Junior".

Juri dari acara ini juga bukan sembarang koki. Mereka adalah Vindex Tengker, Rinrin Marinka, Junior Rorimpandey, Arnold Poernomo, dan Degan Septoaji. Meski cukup mendapatkan sambutan positif dari masyarakat pecinta kuliner di Indonesia, namun sepertinya acara ini masih belum dipastikan akan kembali digelar dan tayang di RCTI dalam waktu dekat (lihat update jadwal RCTI hari ini).

  • Arjuna 
Hadirnya chef Juna alias Junior Rorimpandey yang sempat menjadi juri utama "Master Chef" menjadi daya tarik tersendiri acara "Arjuna" (Ala Resep Juna). Tidak hanya menu-menu yang diracik khusus oleh Juna, tetapi bintang tamu artis-artis beken dalam acara ini yang membuat "Arjuna" dinantikan setiap siang hari, di Global TV.


Jangan lupakan koki senior Sisca Soewitomo yang sudah puluhan tahun mengisi macam-macam acara kuliner di berbagai stasiun televisi swasta di Indonesia. Wanita yang memang menekuni dunia boga sejak remaja ini tidak hanya aktif di layar kaca, tetapi juga produktif dalam menerbitkan buku-buku tentang kuliner, terutama resep asli Indonesia.

Saat ini, hampir semua stasiun televisi menayangkan acara kuliner yang banyak diminati pemirsa, terutama jika acara tersebut menghadirkan para selebriti. Acara kuliner yang mana yang menarik minat Anda?

You Might Also Like

4 komentar

  1. pokoknya kalau acaranya makan makan ane sukak :)

    ReplyDelete
  2. Gw tau nya cuman masterchef aja hehehe

    ReplyDelete
  3. Acaranya Farah Quinn kadang bikin ane gagal fokus

    ReplyDelete
  4. Dari daftar diatas saya cuma tau master chef sama kungfu chef :)

    ReplyDelete