Rencananya saya akan mengulas wisata Korea dengan satu artikel perwisatanya, namun saya baru sanggup menulis beberapa saja. Agar cerita Korea tidak terbengkalai, saya akan membuat artikel harian yang memuat itinerary selama satu hari. Semoga Januari 2017 ini bisa tuntas, dan kembali lagi ke Korea di tahun ini….

Hari 1
Saya sampai di Korea sekitar jam 09.00 pagi. Di imigrasi lumayan cepat dan petugas imigrasinya pun nggak ribet, antri, stempel dan berhasil masuk Korea tanpa pertanyaan aneh-aneh (cara apply visa Korea). Lalu saya mengambil sim card dari KTO yang sedang promo bagi-bagi sim card secara gratis untuk wisatawan. Mungkin untuk tahun ini promo nya sudah habis, tetapi kamu bisa membeli sim card di Incheon. Ulasannya sudah saya tulis lengkap banget di artikel Memilih Sim Card, Pocket Wifi atau Free Wifi di Korea Selatan.

arrival card seoul
Arrival Card yang wajib kita isi sebelum memasuki imigrasi Korea

Setelah membeli sim card, maka jangan lupa membeli T-money di counter information yang ada di Incheon Airport. Jangan lupa sekalian untuk isi saldo, bisa langsung di counter atau di ticket machine, karena saya sudah punya T-money, jadi tinggal isi saldo saja. Perkiraan untuk isi saldo perhari adalah 10.000 won, biasanya tergantung juga dengan tujuannya. Misalnya masih ada saldo ketika pulang nanti, bisa juga di refund di ticket machine.

seoul 1
Deposit refund, untuk refund saldo T-money
seoul 2
Tenang, ada English untuk mengisi saldo T-money. Mesin saldo T-money berbeda dengan mesin refund
seoul 4
Untuk memasukkan uang di mesin T-money

Transportasi Incheon Airport ke Seoul Station
Sim Card dan T-money sudah di tangan, maka saya harus keluar dari Incheon Airport. Ada berbagai cara menuju Seoul dari Incheon, naik limousine bus, dan Airport Railroad Express (AREX). Tentunya AREX merupakan pilihan tepat karena saya lebih suka naik kereta dibandingkan bus. Ada dua tipe AREX yang biasanya membuat bingung wisatawan, yaitu AREX Express Train dan All Stop Train.

AREX Express Train ini dari Incheon Airport tanpa berhenti di beberapa station karena langsung menuju Seoul Station, sedangkan AREX All Stop Train berhenti di 12 station. Durasi perjalanan Express Train sekitar 35-40 menit, sedangkan All Stop Train sekitar 60 menit. Untuk kenyamanan sama sih, yang membedakan hanya posisi tempat duduk Express Train yang seluruhnya menghadap ke depan, sedangkan All Stop Train berhadap-hadapan seperti subway.

ktx seoul
AREX Express Train
subway korea
AREX All Stop Train
KTX all stop train
Tempat meletakkan koper di All STop Train

Harga tiket AREX Express Train adalah 8.000 won, sedangkan all stop train dengan harga 4.250 won. Kalo mau hemat tentu pilihannya all stop train. Cara pembelian tiket, untuk AREX Express Train akan ada counter khusus di depan station dan ada juga pembelian melalui ticket machine, sedangkan all stop train bisa menggunakan T-money.

Seoul Station dan K-Pop Guesthouse Seoul Station
Penginapan saya berada di daerah Seoul station karena saya beralasan, wisata yang saya tuju nantinya banyak yang mengunjungi luar kota Seoul. Seoul Station ini pusatnya station di Seoul, jadi seluruh transportasi akan berhenti di station ini, mulai dari ITX, AREX, KTX, Subway dan bus.

Buat yang pertama kali ke Seoul pastinya bingung melihat seoul station yang luas banget, apalagi meskipun dengan nama yang sama “Seoul Station” setiap station dari KTX, AREX dan Subway ini dibedakan areanya meskipun dalam satu lokasi. Ngga perlu bingung karena papan penunjuk sangat jelas dan tourist information memiliki bahasa Inggris yang bagus.

Setelah naik AREX jika ingin melanjutkan perjalanan menuju subway, maka ikuti papan penunjuk lalu lokasi subway akan turun satu lantai menggunakan escalator. Penginapan saya yang lokasinya di Seoul Station maka tidak perlu naik subway lagi, cukup keluar dari exit 10.

K Pop Guesthouse Seoul Station dari exit 10 ini masih harus menaiki tangga lagi, lumayan berat buat yang membawa koper besar. Layaknya guesthouse, lokasi penginapan di dalam gang yang kanan kirinya adalah restoran Korea. Check inn hotel pada pukul 14.00, jadi saya hanya meletakkan barang-barang karena jam masih menunjukkan pukul 11.00 siang.

Kpop guesthouse seoul 3
Guesthouse yang saya tempati di Seoul
kpop guesthouse seoul
Kamar saya
kpop guesthouse seoul 4k pop guesthouse seoul 2

Penginapan ini terbilang unik dibandingkan guesthouse yang biasa saya tempati, karena ada jam operasional resepsionist, yaitu mulai pukul 07.00 pagi sampai dengan jam 21.00 lewat dari itu resepsionist tidak melayani check inn. Ada 5 lantai tanpa lift, jika kamu apes maka mendapatkan lantai teratas dan harus mengangkat koper sendiri. Untung waktu itu saya mendapatkan kamar di lantai 1 jadi tidak begitu kesulitan.

Kamar yang saya tempati adalah kamar private, kalo kamu mau sharing room juga tersedia dengan tipe mixed room dan female room. Kamar mandi di setiap lantainya ada 1 yang lengkap dengan sabun mandi, shampoo dan pemanas air. Begitu pula handuk disediakan.

Saya sendiri tidak begitu merekomendasikan penginapan yang saya tempati, karena tidak ada yang istimewa. Malam hari sepi dan jalan dari station ke penginapan juga sepi. Lebih baik menginap di kawasan favorit saya Hongik yang selalu hidup dengan dunia malam.

Muksidonna
Selesai menitipkan koper saya melanjutkan perjalanan mencari makan siang. Muksidonna yang merupakan kuliner tteobokki yang sangat terkenal. Pasti tahukan tteobokki itu apa? Yap, kuliner khas Korea dengan kue berasnya yang kenyal. Makin enak lagi tteobokki dicampur dengan seafood dan keju yang meleleh.

mukhsidonna korea
mukhsidonna korea 2mukhsidonna korea 4

Waktu itu saya sempat tersesat beberapa kali karena mengikuti panduan dari blogger luar yang tidak di update. Muksidonna sudah pindah tempat dari lokasi sebelumnya, ngga jauh sih lokasinya dan enaknya lebih luas. Cerita tentang mukshidonna sudah saya tulis lengkap di artikel : Mukshidonna, kuliner wajib di Korea.

Mukshidonna 먹쉬돈나
Samcheongdong, Jongno-gu, Anguk-dong, 17-18
How To Get To Mukhsidonna
Opening Hours:
11.00 - 20.00

Cara menuju Muksidonna sangatlah mudah, dari Anguk Station exit 1 beloklah kekanan. Kemudian berjalanlah lurus melewati Olive Young. Setelah dari Olive Young itu ada gang yang bisa belok ke kanan, abaikan gang tersebut dan tetaplah berjalanlah lurus hingga bertemu Pungmoon Girl's High School.

how to get korea mukhsidonna 2

Setelah terlihat Pungmoon Girl's High School seperti di bawah ini maka beloklah ke kanan. Berjalanlah lurus sedikit menanjak dengan suasana dinding batu di kanan dan kirinya.

how to get mukhsidonna korea 1

Setelah berjalan lurus, nanti kamu akan bertemu toko dan cafe-cafe kecil yang cantik, tetaplah berjalan lurus.

how to get korea mukhsidonna 3

Setelah itu kamu akan bertemu dengan gang yang bertuliskan Yulgok-ro 3 Gil, maka beloklah ke kanan.

how to get korea mukhsidonna 4

how to get mukhsidonna korea 5

Setelah belok tadi, Mukhsidonna akan terlihat di kanan jalan dengan sign berwarna merah.

how to get mukhsidonna korea 6

Herb Island

Rencananya setelah makan siang, saya akan ke Herb Island atau disebut juga Pocheon Herb Island (포천 허브아일랜드). Lokasi Herb Island berada di daerah Gyeonggi, sekitar 2 jam perjalanan darat. Ada dua alternatif transportasi yaitu mengunakan subway turun di Soyosan Station (Line 1), lalu menggunakan bus 57 dan berhenti di Samjeong-ri.
Namun saya menggunakan alternatif kedua, akan menggunakan shuttle bus menuju Herb Island. Uniknya shuttle bus ini hanya ada di Hari Sabtu dan berangkat hanya pukul 15.00. Berangkat dari Seoul City Hall Station di exit 3. Nah, entah karena efek jetlag saya masih sedikit linglung, bukannya menunggu Seoul City Hall station saya malah menunggu di Seoul Station exit 3, saya menunggu bus hampir 1 jam dan tak kunjung datang. Jelas saja nggak datang saya salah station…

herb island
email yang saya terima dari herb island : brain@pncvalley.com

Sebenarnya saya penasaran ke Herb Island karena tempat wisata tersebut merupakan lokasi drama Korea “Oh My Venus” dan “Running Man”. Tempat wisata berupa lampion cantik dengan sekelilingnya merupakan tanaman dengan setting seperti negeri dongeng. Herb Island lebih bagus jika malam hari karena lampu-lampunya. Suatu hari nanti saya akan kembali lagi ke Korea dengan tujuan Herb island.

2044151_image2_1
sumber foto KTO

Gagal ke Herb Island, saya sempat kebingungan mencari itinerary selanjutnya. Mau langsung ke Myeongdong sebenarnta, tetapi mengingat efek jetlag sepertinya badan harus di recharge lagi. Saya pun kembali ke guesthouse.

Untuk itinerary full selama di Korea sudah saya tulis di artikel : Itinerary Drama Korea. Jangan lupa tunggu postingan selanjutnya…