Kusuma Agrowisata, Hotel dan Tempat Wisata Super Lengkap di Batu

Batu memang selalu ada yang baru seperti tak pernah ada habisnya. Pun ketika minggu lalu saya pergi ke Kusuma Agrowisata, tetap saja ada sesuatu yang baru. Terakhir kali saya ke Kusuma Agrowisata pada tahun 2013, namun kini fasilitasnya berarti semakin banyak. Kusuma Agrowisata yang dibuka sejak tahun 1990-an ini kini semakin luas dengan 60 hektar dan fasilitas keluarga semakin banyak.

Berikut 4 Fasilitas di Kusuma Agrowisata
Penginapan 
Kusuma Agrowisata di klaim sebagai resort dan convention hotel. Lokasinya yang berada di ketinggian 100 meter, sangat cocok dijadikan tempat refreshing keluarga. Terdapat 4 pilihan kamar yaitu kamar superior double, kamar superior twin, kamar triple superior dan cottage superior. Untuk range harga mulai dari Rp 800.000,-

hotel kusuma agrowisata batu photo kusuma agrowisata batu 1_zpshl3psrcb.jpg
Triple Superior

Saya menginap di tipe kamar triple superior untuk 2 dewasa dan 1 anak. Saya mendapatkan 1 single dan dua double bed yang cukup besar. Fasilitas kamar standart dengan tv flat, AC, coffe dan tea, lemari baju dan toileteries. View jendela kamar yang saya dapatkan adalah lapangan bola serta perbukita. Sedangkan teras terdapat kursi yang cantik. Kebersihan dan pelayanannya saya cukup puas.

 photo kusuma agrowisata 2_zpsm3b0jelx.jpg
Teras di depan kamar
 photo kusuma agrowisata 5_zpsyfjc1kfs.jpg
View di depan kamar

kusuma agrowisata malang 3


Jadwal makan pagi hari ini yang selalu saya tunggu-tunggu. Dengan harga kamar yang ditawarkan sayangnya menu breakfast kurang bervariasi dan rasanya pun biasa saja. Saya pun mengambil menu standart seperti nasi goreng, mie goreng dan beberapa lauknya yang seperi hotel budget. Sepertinya menu makanan di Kusuma Agrowisata perlu ditingkatkan. Namun untuk suasananya tak pernah salah ya, karena view ruang makan pun sangat cantik.

 photo kusuma agrowisata 4_zpswgtbzfel.jpg
Breakfast

 photo kusuma agrowisata 6_zpsrz2peula.jpg

Wisata Petik Buah 
Jika kita menginap di Kusuma Agrowisata, maka kita juga mendapatkan fasilitas petik gratis buah yang bisa memilih jambu air, jeruk, strawberry atau apel. Apabila tidak menginap kita bisa membayar paket wisata petik buah sesuai dengan paket yang dipilih, ada dua paket yaitu : 

 photo kusuma agrowisata 3_zpsufwwsiwk.jpg
Harga Tiket Jika Tanpa Menginap di Hotel
 photo kusuma agrowisata 7_zpswaear3xl.jpg
  • Petik Apel : 
Wisata petik dengan memilih apel, jeruk atau strawberry yang per orang maksimal petik 2 buah. Paket tersebut juga termasuk petik 2 jambu air. Untuk jajanannya mendapatkan polo pendem, jus buah dan yogurt. 
  • Petik Strawberry : 
Wisata petik strawberry dengan maksimal petik 4 buah, petik 2 buah jambu, pancake + milkshake strawberry, sayur hidroponik 1 pack dan yogurt. Untuk memasuki kawasan petik buah, setelah membeli tiket maka kita akan dipandu oleh seorang guide. Guide ini yang akan mengantarkan kita mulai dari naik mobil pickup menuju perkebunan, memetik buah hingga menikmati hidangan.

Waktu itu saya memilih strawberry yang lokasinya berada pada ujung perkebunan, setelah sampai lokasi tiba-tiba hujan turun sangat deras. Rencana memetik strawberry pun gagal, saya kemudian memilih petik jambu air. Saya kemudian memetik sebanyak 2 buah sesuai dengan ketentuan tiket yang saya dapatkan.

 photo kusuma agrowisata 10_zpsvtni3k94.jpg

kusuma agrowisata 15
kusuma agrowisata 9kusuma agrowisata 10kusuma agrowisata 11kusuma agrowisata 12kusuma agrowisata 14
kusuma agrowisata 16

Waterpark 
Pada tahun 2013, Kusuma Agrowisata belum memiliki Waterpark. Namun, kini di Kusuma Agrowisata telah memiliki waterpark yang cukup luas 3000 meter persegi. Untuk memasuki waterpark kita hanya mengeluarkan uang tiket sebesar Rp 25.000/weekday dan tiket Rp. 30.000, untuk weekend.

Fasilitas yang saya dapatkan berupa arena playground, Kiddy’s pool/Kolam Apel, Kolam arus /Kolam Buah Naga, Racer slide/Wahana Jeruk, Body slide/Wahana Jambu, Wahana family slide/Wahana Strawberry dan Hot Water Pool/Kolam Kopi. Untuk keamanan tersedia para penjaga pantai yang mengawasi di sekeliling kolam renang.

kusuma agrowisata 17kusuma agrowisata 18
kusuma agrowisata 19
Playground di area kolam renang


Adapula area foodcourt yang menjual makanan standart seperti bakso, sate kelinci, gorengan dan pop mie. So far saya sangat puas menikmati seluruh wahana di Waterpark Kusuma Agrowisata.

Outbond 
Di Kusuma Agrowisata juga tersedia arena outbond baik untuk grup maupun untuk keluarga. Saya tidak mencoba area outbond, karena sudah menikmati wisata petik dan waterpark yang cukup menguras waktu hingga sore hari.

Berikut beberapa pilihan untuk permainan oubond, yaitu paintball combat, Airsoftgun Battle, Flying Fox, Mobil Komodo, Motor Cross Funride dan Pony Horse Ride. 

kusuma agrowisata 20

...

Kusuma Agrowisata memang dirancang untuk wisata keluarga yang sangat lengkap. Sangat praktis apabila tidak ingin berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, karena meskipun wilayah sangat luas tersedia shuttle yang mengantarkan tamu untuk berkeliling dari lobby, penginapan, wisata petik, waterpark maupun outbond.


You Might Also Like

17 komentar

  1. The waah seru... Aku juga tinggal di Malang belum pernah ke Kusuma Agro hiks..

    ReplyDelete
  2. waktu ke Malang sempat mampir, tapi cuma sampai loket doang he.. he..
    batal karena apel sedang nggak berbuah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih buahnya memang musiman, kayak strawberry itu dari dulu nggak pernah kesampaian...

      Delete
  3. Aku belum pernah ke sini Mbak. Kalau minum sari apel Kusuma pernah :D

    ReplyDelete
  4. Malang ini udah masuk list lama hanya belum terealisasi. Banyak banget ya spotnya. Kusuma Argowisata ini bagiku all out, semua yang diinginkan anak-anakku ada. Apalagi ada waterparknya. huhuhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga sering ke Malang dan Batu ada aja wisata yang banyak terlewatkan

      Delete
  5. Yaaa allah, aku main kesini kayak nya udah 10 th an yg lalu hehehe

    ReplyDelete
  6. Warna ijo jambunya agak beda dari jambu biasanya mb fika
    Aaaih makasih share info malangnya, ini mah list dari kapan tau pengen kudatangi cuma belom ada kesempatan bisa mampir jatim hiks

    ReplyDelete
  7. pernah ikutan paket wisata agrokusuma aja nih tp gak nginep di hotelnya. klo nginep disitu gak perlu kemana-mana...lengkap yaa apalagi buat anak2

    ReplyDelete
  8. Waktu ke Batu tahun lalu nggak tau ada Kusuma Agrowisata nih Mba. Ini tempatnya enak banget ya komplit udah sepaket jadi nggak perlu kemana-mana :))

    ReplyDelete
  9. kalau kita nginap di Hotelnya, masuk waterparknya bayar lg ga? :D

    ReplyDelete
  10. terakhir aku ke Batu, aku nginep d Villa deket situ ... bagus ya tempatnya memang... sayangnya ga ngerti kenapa, banyak lalat mba... apa krn deket dgn kebun buah yaa, soalnya lalat yg gede2 itu... sampe masuk ke villa... tp yg lain2nya sih ga ada yg kurang

    ReplyDelete