Batu memang selalu ada yang baru seperti tak pernah ada habisnya. Pun ketika minggu lalu saya pergi ke Kusuma Agrowisata, tetap saja ada sesuatu yang baru. Terakhir kali saya ke Kusuma Agrowisata pada tahun 2013, namun kini fasilitasnya berarti semakin banyak. Kusuma Agrowisata yang dibuka sejak tahun 1990-an ini kini semakin luas dengan 60 hektar dan fasilitas keluarga semakin banyak.

Berikut 4 Fasilitas di Kusuma Agrowisata
Penginapan 
Kusuma Agrowisata di klaim sebagai resort dan convention hotel. Lokasinya yang berada di ketinggian 100 meter, sangat cocok dijadikan tempat refreshing keluarga. Terdapat 4 pilihan kamar yaitu kamar superior double, kamar superior twin, kamar triple superior dan cottage superior. Untuk range harga mulai dari Rp 800.000,-



Saya menginap di tipe kamar triple superior untuk 2 dewasa dan 1 anak. Saya mendapatkan 1 single dan dua double bed yang cukup besar. Fasilitas kamar standart dengan tv flat, AC, coffe dan tea, lemari baju dan toileteries. View jendela kamar yang saya dapatkan adalah lapangan bola serta perbukita. Sedangkan teras terdapat kursi yang cantik. Kebersihan dan pelayanannya saya cukup puas.


kusuma agrowisata malang 3


Jadwal makan pagi hari ini yang selalu saya tunggu-tunggu. Dengan harga kamar yang ditawarkan sayangnya menu breakfast kurang bervariasi dan rasanya pun biasa saja. Saya pun mengambil menu standart seperti nasi goreng, mie goreng dan beberapa lauknya yang seperi hotel budget. Sepertinya menu makanan di Kusuma Agrowisata perlu ditingkatkan. Namun untuk suasananya tak pernah salah ya, karena view ruang makan pun sangat cantik.




Wisata Petik Buah 
Jika kita menginap di Kusuma Agrowisata, maka kita juga mendapatkan fasilitas petik gratis buah yang bisa memilih jambu air, jeruk, strawberry atau apel. Apabila tidak menginap kita bisa membayar paket wisata petik buah sesuai dengan paket yang dipilih, ada dua paket yaitu : 


  • Petik Apel : 
Wisata petik dengan memilih apel, jeruk atau strawberry yang per orang maksimal petik 2 buah. Paket tersebut juga termasuk petik 2 jambu air. Untuk jajanannya mendapatkan polo pendem, jus buah dan yogurt. 
  • Petik Strawberry : 
Wisata petik strawberry dengan maksimal petik 4 buah, petik 2 buah jambu, pancake + milkshake strawberry, sayur hidroponik 1 pack dan yogurt. Untuk memasuki kawasan petik buah, setelah membeli tiket maka kita akan dipandu oleh seorang guide. Guide ini yang akan mengantarkan kita mulai dari naik mobil pickup menuju perkebunan, memetik buah hingga menikmati hidangan.

Waktu itu saya memilih strawberry yang lokasinya berada pada ujung perkebunan, setelah sampai lokasi tiba-tiba hujan turun sangat deras. Rencana memetik strawberry pun gagal, saya kemudian memilih petik jambu air. Saya kemudian memetik sebanyak 2 buah sesuai dengan ketentuan tiket yang saya dapatkan.

kusuma agrowisata 15
kusuma agrowisata 9kusuma agrowisata 10kusuma agrowisata 11kusuma agrowisata 12kusuma agrowisata 14
kusuma agrowisata 16

Waterpark 
Pada tahun 2013, Kusuma Agrowisata belum memiliki Waterpark. Namun, kini di Kusuma Agrowisata telah memiliki waterpark yang cukup luas 3000 meter persegi. Untuk memasuki waterpark kita hanya mengeluarkan uang tiket sebesar Rp 25.000/weekday dan tiket Rp. 30.000, untuk weekend.

Fasilitas yang saya dapatkan berupa arena playground, Kiddy’s pool/Kolam Apel, Kolam arus /Kolam Buah Naga, Racer slide/Wahana Jeruk, Body slide/Wahana Jambu, Wahana family slide/Wahana Strawberry dan Hot Water Pool/Kolam Kopi. Untuk keamanan tersedia para penjaga pantai yang mengawasi di sekeliling kolam renang.

kusuma agrowisata 17kusuma agrowisata 18
kusuma agrowisata 19
Playground di area kolam renang


Adapula area foodcourt yang menjual makanan standart seperti bakso, sate kelinci, gorengan dan pop mie. So far saya sangat puas menikmati seluruh wahana di Waterpark Kusuma Agrowisata.

Outbond 
Di Kusuma Agrowisata juga tersedia arena outbond baik untuk grup maupun untuk keluarga. Saya tidak mencoba area outbond, karena sudah menikmati wisata petik dan waterpark yang cukup menguras waktu hingga sore hari.

Berikut beberapa pilihan untuk permainan oubond, yaitu paintball combat, Airsoftgun Battle, Flying Fox, Mobil Komodo, Motor Cross Funride dan Pony Horse Ride. 

kusuma agrowisata 20

...

Kusuma Agrowisata memang dirancang untuk wisata keluarga yang sangat lengkap. Sangat praktis apabila tidak ingin berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, karena meskipun wilayah sangat luas tersedia shuttle yang mengantarkan tamu untuk berkeliling dari lobby, penginapan, wisata petik, waterpark maupun outbond.