Nasi Bhuk Warung Sholawat, Malang

Seperti biasa kalo lagi liburan saya selalu lebih heboh mencari kuliner dibandingkan tempat wisatanya. Maklumlah suka laper dan butuh update blog #halah. Nah jalan-jalan yang tidak memerlukan waktu panjang dari Surabaya pastinya Malang. Ini kota memang ngangenin banget, nggak "sambang" sebulan aja pasti aja ada yang baru. 

Di Malang biasanya saya mengunjungi kuliner di kafe yang lagi happening dan juga kuliner lokalnya yang seperti ala-ala warung dan depot gitu deh. Jadi dibagi-bagi gitu makan siang cari yang kuliner lokal dan malamnya nongkrong ala ABG biar nggak kalah sama yang muda. 

Salah satu kuliner legendaris di Malang yaitu Nasi Bhuk. Nasi bhuk ini aslinya dari Madura, namun entah mengapa di Malang lebih tenar... Bahkan kalo di Surabaya Nasi Bhuk biasa aja sih, padahal secara lokasi tinggak menyeberang ke Jembatan Suramadu, atau sayanya aja yang kurang update nasi bhuk di Surabaya.

Nasi Bhuk di Malang yang terkenal adalah yang Bu Matirah, kalo rajin mantengin acara kuliner di TV, instagram atau food blogger pasti merekomendasikan warung satu itu. Nah, karena terlalu bersemangat, saya nyasarnya bukan di Bhuk Matirah tapi di Warung Sholawat yang sama-sama menjual nasi bhuk. 

Padahal kedua warung tersebut jauh lokasinya tapi si google ngajak saya yang di Jalan Kawi Malang. Nasi bhuk ini lumayan ramai, nggak seberapa luas lokasinya tapi mampu menampung pengunjung yang lapar disaat jam makan siang. Untuk memesan langsung aja pesan nggak perlu duduk dulu, anggap aja fast food kalo kalap lihat lauknya tinggal nambahin billnya hehehe...

pecel kawi malang

Menunya banyak ada nasi bhuk, campur, rawon dan stoto madura. Sengaja beli dua makanan dengan menu berbeda saya pesan nasi bhuk dan nasi campur.


nasi buk malang 1

nasi buk malang 4


Nasi Bhuk pesanan saya terdiri dari sayur nangka muda a.k.a tewel, sayur rebung, keripik serundeng kelapa yang manis dan pilihan lauk ada daging, paruh, hati dan banyak pilihan lainnya. Saya sih memilih paruh, dengan ukurannya yang super Jumbo. Sepertinya kurang serundeng kelapa ya, karena di beberapa foto yang saya lihat selalu ada item ini, ya udah deh mungkin kelupaan atau kehabisan 

Ciri khas dari nasi bhuk adalah tewel dan rebungnya, padahal saya nggak suka bau rebungnya yang menyengat sepert makan lumpia Semarang. Kalo di Surabaya saya pernah makan nasi bhuk tapi bau rebungnya tidak terlalu menyengat, jadi kalo di Warung Sholawat ini khusus buat pecinta rebung. 

Akhirnya saya tukar menu dengan suami, saya ganti dengan nasi campur. Menurut suami sih nasi bhuk ini enak, apalagi lauknya seperti paruh terasa banget bumbunya yang gurih. Seporsi cuma 20k, murah kan? Ya, maklumlah dia suka dengan rebung jadi lahap banget makannnya.


nasi buk malang 3

Nasi Campur di warung ini disajikan dengan mie kuning, sambal goreng kentang, telor bumbu bali dan daging yang diberi santan. Rasanya sih biasa banget, karena di Surabaya juga banyak menu Nasi Campur seperti Nasi Tambakbayan yang lebih istimewa. Kembali ke selera orang sih ya, karena cuma 20k jadi saya bahagia udah dapat daging. Oia, bisa kok tambah lauk seperti daging atau jeroan yang harganya sekitar 10k.

nasi buk malang 2

Warung Sholawat di Jalan Kawi ini yang saya sukai lokasinya memang strategis yang sekelilingnya banyak kuliner dan outlet, kalo lapar ya gampangnya melipir ke kawasan ini. Dilihat dari pengunjung yang datang, kelihatannya banyak yang suka dengan menu di Warung Sholawat, apalagi katanya rawonnya enak. Sayanya aja yang pengen sayur rebung tapi suka yang nggak terlalu bau rebung, duh gimana sih maksunya? Hahahaha #rewel bisa-bisa saya dihakimi para penggemar nasi bhuk di warung sholawat.


Jadi saya masih penasaran nih sama Nasi Bhuk Matirah yang sering diperbincangkan. Mungkin next trip ke Malang saya harus mampir. Eh, iya yang bener tulisannya nasi bhuk, nasi buk atau nasi bhug ya karena setiap warung tulisannya beda-beda, tapi yang pasti itu dari nama ibuk-ibuk hahahaha ngarang deh... 


Yang sudah nyobain nasi bhuk matirah sama nasi bhuk warung sholawat enak mana sih?

Nasi Bhuk Warung Sholawat
Jl Kawi 42
Malang


You Might Also Like

7 komentar

  1. Jadi penasaran dengan nas bhuk :)

    ReplyDelete
  2. Duh parunyaaaa, bikin ngileeerrr. Nasi pake rebung? Lucu juga kayanya yaa. Kalo mampir malang haruz cobain iniiiiih. Makasi infonya yaaaaa

    ReplyDelete
  3. Wah saya penggemar rebung banget. Harus mampir ke sini kalau ke Malang. 20 rebu dengan banyak lauk juga ya.

    ReplyDelete
  4. superrrr. rekomen ini ya kalau ke Malang...catet

    ReplyDelete
  5. Kyaaa mufeng aku liat parunya, sedeppp

    ReplyDelete
  6. Wah saya yang orang malang sendiri malah gak pernah kesitu hahaha. Kapan-kapan harus coba lah. :D

    ReplyDelete
  7. Suami pernah nyobain nasi bhuk di sini, katany ya biasa aja. Lidahnya agak rewel sih hihihi

    ReplyDelete