Mbok Lemu Sego Babat Madura di Surabaya

Akhir-akhir ini kuliner di Surabaya dan Malang dipenuhi dengan menu makanan yang berkiblat dari nasi Madura, ada yang menyebut makanan tersebut nasi bhug atau nasi madura #aja. Pun di Surabaya banyak sekali kuliner Madura yang sering dijadikan "jujugan" para pecinta kuliner, sebut saja Depot Suramadu, Ibu Iyan yang ada disekitaran pasar Atom dan Nasi Madura Bu Hamina di Pegirian.

Tiga nama warung Madura diatas namanya tidak perlu diragukan lagi, kalo belum pernah dengar pertanda bukan penjelajah kuliner Surabaya wkwkwkw... Tapi masalahnya ketiga warung tersebut jauh sekali dari pusat kota Surabaya karena berada di Surabaya Utara yang macet, bahkan kalo dari rumah saya bisa ditempuh hingga 1,5 jam. Ya, maklumin rumah daerah pinggiran yang harus naik tol dulu.

Nah, ketika iseng sehabis nongkrong cantik didaerah Surabaya Barat, saya nggak sengaja menemukan warung Madura juga. Namanya "Mbok Lemu Sego Babat Madura", nggak pake sensi kayak saya nyebut nama warungnya wkwkwk.. Kalo ingin mencari menggunakan GPS setting alamatnya kurang akurat, bukan berada di Raya Darmo Permai I no:27 tetapi no:31, selisih 4 bangunan dari GPS.

sego babat mbok lemu

Sampai lokasi, gile ramai benar warungnya. Selain deretan mobil, banyak motor abang gojek yang berjejer sedang memesan makanan buat para pelanggannya. Didalam warung juga tak kalah ramainya, ada sekitar 15-an meja dengan kapasitas 4 orang. Untunglah ada satu meja kosong buat saya. Well, Mbok Lemu ini bukanlah kaki lima, melainkan lokasinya berada di teras depan sebuah rumah yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat makan.

Untuk memesan makanan langsung saja menuju kasir. Ada sekitar 5 menu, tapi saya hafalnya cuma yang Nasi Campur Babat (18k) dan Nasi Empal Campur (20k) yang menjadi pesanan saya. Untuk minumnya sih standart seperti Es Teh, Es Jeruk dan air mineral. Kalo mau gorengan ada juga seperti tahu isi dan ote-ote yang letaknya tak jauh dari meja kasir.

Setiap pesanan ini lauknya di goreng setelah ada pesanan, jadi disajikannya bukan dalam keadaaan lauk yang dingin. Suasana dapur tempat menggoreng yang outdoor jadi saya bisa melihat ketika digoreng dan saya suka dengan kebersihannya meskipun suasananya sangat ramai pengunjung.

Katanya kalo mampir di "Mbok Lemu Sego Babat Madura" ini harus siap-siap antri dan sabar, tapi saya beruntung menu yang saya pesan cepat penyajiannya. Penampilan Nasi Campur Babat terdiri dari nasi putih dengan jeroan babat, paru, usus ditambah dengan serundeng dan sambal bawang. Sedangkan Nasi Empal Campur merupakan perpaduan Empal dan Babat berserta temannya dengan serundeng dan sambal bawang juga.

sego babat mbok lemu 4

Buat para lelaki seperti mas suami, untuk nasinya menurutnya minimalis nggak banyak. Untuk lauk saya bilang kurang kaya bumbunya, namun terobati dan tersamarkan dengan sambalnya yang pedas bikin dromos. Jangan remehin sambalnya yang terlihat minimalis karena segitu aja bikin saya ngelap keringat ngabisin tisu. Salah saya sendiri kepedean nyampur sambalnya ke nasi kayak lagi masak nasi goreng.

sego babat mbok lemu 1
Nasi Empal Babat
sego babat mbok lemu 2
Nasi Campur Babat

Sekedar mengingatkan, kalo makan nasi Madura yang identik dengan jeroan jangan lupa pake penetralisir seperti nanas atau mentimun biar nggak merasa berdosa. Maklum semua menu dari Madura itu selalu berciri khas dengan yang namanya jeroan. Jadi penasaran nih, "Apakah di Madura itu memang sukanya dengan jeroan?" Mungkin saya harus bertandang dulu ke Madura biar tahu jawabannya.

Overall, kalo kamu sedang berada di daerah Barat, boleh banget "Mbok Lemu Sego Babat Madura" ini dijadikan daftar kuliner. Meski menurut saya kurang bumbu di lauknya tetapi harga yang standart dan sambal bawangnya enak, kuliner ini bisa ngobatin untuk yang kangen dengan warung-warung Madura yang ada di Surabaya Utara.


Mbok Lemu Sego Babat Madura
Jl Raya Darmo Permai I No: 31
Surabaya

Open : 
19.00 s.d habis

Kalo ngikutin GPS ini, 4 bangunan setelah panduan GPS. Warung bersebelahan dengan Alfamidi.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Duh, komenku kok ilang mbak..
    Photonya bikin laper pagi pagi gini. Semoga kapan waktu nanti bisa mampir ke Surabaya dan bisa ketempat ini

    ReplyDelete
  2. Aaaaa sego babat kayak gini klo di Pekalongan muncul saat hajatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. heh serius? kalo di sana pasti aku rajin ngikut hajatan hahaha

      Delete
  3. Sego babat Mbok Lemu ini menang di kebersihan dan tempatnya yang luas. Kalo rasanya babatnya sih standar. Sambelnya pedes banget. Dan di sini saya pernah kadung makan pakai tangan, eh ternyata gak ada tempat cuci tangan, dan minta kobokan pun ndak dikasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang kurang berani bumbu di lauknya. Aku kemarin pake sendok sih jadi ga ngecek ada wastafel atau ngga hehehe




      Delete
  4. simple ya mba... tp kalo memang sambelnya mantep, pasti enak ini :D... buatku mah yg ptg itu hahahaha ;p.. madura ama solo, kyknya memang suka bgt deh ama jeroan... makanya tiap udik ke solo aku skr lbh hati2, g mau terlalu bnyk jeroan... inget umur soalnya ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah Solo juga ya, jadi penasaran mba pengen tahu kulineran Solo habis kebanyakan ke Yogyakarta sih

      Delete
  5. Nasi campur enaK tuh tapi aku ga suka babat hiks...pernah pas mampir seharian ke Madura makan bebek Sinjay...ada yg jual juga ga di Surabaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bebek sinjay sudah banyak mba di Surabaya, ada sekitar 5 cabangnya di Surabaya. Kalo nasi campur madura memang ada jeroannya, kalo pengin nggak ada jeroan bisa ke nasi campur tambakbayan

      Delete