Merencanakan Liburan ke Taiwan

Sudah baca artikel saya sebelumnya ke Taiwan? Banyak yang bertanya kepada saya tentang transportasi, akomodasi dan itinerary selama di Taiwan, khususnya di Taipei. Sama halnya dengan overseas trip saya sebelumnya, semuanya saya rencanakan sendiri persiapannya, dan mengintip beberapa blog untuk melihat wisata yang wajib dikunjungi dalam penyusunan itinerary.

Inilah persiapan saya dalam merencakan liburan ke Taiwan:

Menyusun Itinerary
Awalnya saya bingung menentukan berapa lama saya tinggal di Taipei. Pengennya satu bulan biar puas, tetapi tidak memungkinkan untuk saya karena rutinitas yang tidak bisa saya tinggalin di Indonesia. Lalu saya mengambil 8 hari 6 malam, dengan total hanya 6 hari di Taiwan karena yang dua hari untuk keberangkatan dan kepulangan yang waktunya habis sekitar sehari.

Setelah saya utak-atik dalam beberapa hari, berikut itinerary yang saya susun dengan rute Taipei dan Taichung :



Mempelajari Transportasi di Taiwan
Sistem transportasi di Taipei sangat canggih, tersedia Taipei MRT seperti di negara Singapore. Untuk pembayarannya menggunakan kartu yang bernama "Easy Card" yang bisa di top up. Pembelian Easy Card tersedia di Customer Service di beberapa station MRT.

Untuk menggunakan Taipei MRT, download Map di internet, atau mengambil map sewaktu di bandara Taipei. Jika selama di Taiwan membeli sim card maka bisa download beberapa aplikasi transportasi, tinggal masukkan station keberangkatan dan tujuan maka kita tidak akan tersesat.




Selain MRT, ada juga bus umum yang mengubungkan antara airport ke pusat kota atau ke wisata-wisata yang jaraknya agak jauh dari Taipei seperti ke Yehliu Geopark. Bus umum ini berpusat di Taipei Main Station yang merupakan stasiun utama di Taipei. Untuk didalam kota Taipei sebaiknya menggunakan MRT bukan bus umum.

Untuk keluar kota dari Taipei, menuju Taichung, Kaohsiung, Jiufen atau beberapa kota lainnya, maka bisa menggunakan Railway (TRA) atau High Speed Railways (HSR). Perbedaan antara TRA dan HSR terletak dalam waktu tempuhnya, HSR jauh lebih mahal karena cepat dan TRA lebih murah. Contohnya ke Taichung menggunakan HSR tiketnya NT700 sedangkan TRA hanya NT375.

Transportasi dan Akomodasi
Sejak Taiwan menjadi destinasi incaran saya, saya sudah survei beberapa harga maskapai. Saya juga sekalian melihat-lihat beberapa akomodasi penginapan agar bisa menemukan perkiraan budget untuk pergi ke Taiwan. Waktu itu saya hunting harga pesawat dan penginapan secara terpisah, bukannya malah cepat dapatnya malah bingung sendiri karena harus total harga pesawat dan hotel terlebih dahulu.

Saya kemudian membuka Traveloka dengan pilihan Flight+Hotel. Lalu pada kolom tersebut, saya memasukkan tanggal keberangkatan dan kepulangan pesawat, saya juga memasukkan tanggal check inn dan check out hotel. Hasilnya saya langsung menemukan harga total pesawat+hotel sekaligus dengan beberapa pilihan. Saya hanya menentukan harga yang sesuai dengan budget saya.

Traveloka Flight+Hotel


Beberapa hostel yang saya rekomendasikan di Taipei adalah Formosa 101 lokasinya disekitar Taipei 101, Ximen Wow Hostel disekitar Ximending, Star Hotel disekitar Taipei Main Station, Sleepy Dragon Hostel disekitar Rao Hao Night Market dan masih ada beberapa penginapan seperti hotel, maupun guesthouse yang harganya satu paket dengan Flight.

Harga sudah include pajak di Flight+Hotel Traveloka

Setelah saya bandingkan dengan memesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah, dengan membeli satu paket Flight-Hotel maka jauh lebih murah. Lumayan banget selisihnya bisa buat kulineran di Taiwan, jadi referensi kulineran untuk posting blog hehehe.. Selisih harga tersebut juga ditampilkan agar kita bisa memantau saving pembelian kita.

Selain murah, memesan pesawat dan hotel dalam satu paket juga lebih hemat waktu dan mudah. Harga yang ditampilkan pun sudah include dengan pajak dan tanpa biaya pemrosesan lagi. Terdapat juga pilihan pembayarannya yang banyak sesuai dengan pilihan yang kita inginkan.

Satu lagi nih yang masih banyak yang bingung, yaitu takut kalo ketika check inn akan ribet atau tidak diakui. Pengalaman saya pribadi menggunakan Traveloka baik booking pesawat, hotel domestik dan internasional nggak pernah dipersulit. Saya hanya tinggal tunjukin voucher di gadget atau kalo mau diprint juga bisa, tunjukin ke Customer Service, dapat deh kamar yang kita pesan.

Mengurus Visa Taiwan
Jangan lupa untuk ke Taiwan membutuhkan visa, tidak perlu khawatir untuk pengurusannya karena sangat mudah. Untuk pemegang E-paspor tidak dikenakan biaya karena bisa melakukan pendaftarannya secara online, sedangkan untuk yang tidak memiliki E-paspor maka bisa mengurusnya di Kedutaannya di Jakarta. Jika di luar Jakarta mengurusnya di Agen dengan biaya sekitar Rp. 750.000,-

Berikut syarat visa online :



Sedangkan untuk pengajuan visa secara reguler :

Informasi selengkapnya tentang visa Taiwan bisa melihat di artikel saya sebelumnya.

...

Jadi yang mau ke Taiwan nggak perlu nungguin promo pesawat lagi karena kelamaaan nunggunya bisa sampai tahunan berangkatnya. Paket tiket hotel Traveloka sudah pasti lebih murah, hemat waktu, mudah cari promonya dan banyak pilihan pembayarannya. Duh, jadi pengen ke Taiwan lagi nih...



You Might Also Like

7 komentar

  1. Keren dan detail banget informasi dari mba Fika, thx for sharing mbaa, kali-kali ada kesempatan ke LN lagi ihihihi

    ReplyDelete
  2. Persiapanku sudah beres semua, Fika. CUma duitnya aja yang belum ngumpul. #eaaa

    ReplyDelete
  3. Aku meluuuuuu
    *masuk ke kopernya mba Fika*

    ReplyDelete
  4. Lagi browsing soal Taiwan eh ketemu blog ini. Hai Kak Vika salam kenal yaaa... Berguna banget artikelnya. Apalagi pas tahu kalau pakai Traveloka package bisa lebih hemat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you dear, sukses ke Taiwannya :D

      Delete