Semarak Pasar Malam Tjap Toendjoengan 2017

Bulan Mei adalah hari yang paling ditunggu warga Surabaya sebagai hari jadi kota Surabaya (HJKS). Tepat pada tanggal 31 Mei 2017 ini Surabaya memiliki usia ke 724, tentu perayaannya selalu meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Warga Surabaya pun menyambut dengan antusias karena perayaannya akan digelar satu bulan penuh. HJKS bukan hanya sekedar pesta saja, tapi juga sebagai unjuk prestasi.

Tahun 2017 ini HJKS dimeriahkan dengan beberapa event seperti Surabaya Health Session, Surabaya Shopping Festival, Surabaya Fashion Parade, Pasar Malam Tjap Toendjoengan, Parade Budaya dan Bunga, Festival Rujak Uleg. Ada juga beberapa perlombaan yaitu lomba kejuaraan sepak bola piala walikota U11 dan U15, jambore sepeda tua, lomba dayung perahu naga, geekfest, pertunjukan tari remo, pameran & penyerahan hadiah lomba foto HJKS dan pemilihan duta wisata cak & ning.

Event yang juga tak pernah saya lewatkan dan selalu saya nantikan adalah Pasar Malam Tjap Toendjoengan. Tahun 2017 ini Pasar Malam Tjap Toendjoengan bertempat di East Coast Pakuwon City. Event ini digelar pada tanggal 3 Mei sampai dengan 29 mei 2017, kemudian diperpanjang hingga 4 Juni 2017 dengan jam buka mulai pukul 18.00 hingga pukul 22.00.

Dari namanya Pasar Malam Tjap Toendjoengan pasti kita sudah membayangkan suasana pasar malam dengan keriuhannya. Ya, Pasar Malam Tjap Toendjoengan ini memang pasar malam yang dikhususkan bagi pecinta kuliner. Akan ada puluhan stand makanan dari beberapa tenant yang memeriahkan. Pun acara semakin seru karena akan ditemani dengan panggung hiburan yang tiap hari akan menghibur pengunjung.

pasar malam 4
Pasar Malam Tjap Toendjoengan 2017, 3 Mei - 4 Juni 2017

pasar malam tjap toendjoengan 2017 2

Sore itu agar saya bisa menikmati lebih lama Pasar Malam Tjap Toendjoengan, saya sengaja datang pada pukul 17.00. Kekhawatiran saya yang takut kesulitan mendapatkan parkiran mobil tidak terbukti, saya dengan mudahnya mendapatkan parkir mobil karena kesigapan persiapan dari event Pasar Malam Tjap Toendjoengan untuk mengatasi membludaknya pengunjung seperti tahun sebelumnya. Pun musholla dan toilet tersedia dengan baik.

pasar malam 1

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pengunjung Pasar Malam Tjap Toendjoengan yang ingin bertransaksi diwajibkan membeli kartu brizzi dari bank BRI dengan harga Rp. 20.000,- di stand yang disediakan. Setelah itu isi saldo kartu Brizzi bisa di top up sesuai kebutuhan, sedangkan pembayaran makanan dan minuman wajib menggunakan kartu Brizzi yang diserahkan ke penjual. Penjual kemudian menggesek kartu Brizzi di mesin EDC sesuai transaksi.

pasar malam 5
Stand Brizzi
pasar malam tjap toendjoengan 2017 3
Kartu Brizzi untuk transaksi

Menurut saya Pasar Malam Tjap Toendjoengan 2017 ini lebih banyak stand makanan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, terlihat dari panjangnya stand makanan yang berderet. Mulai dari makanan khas Surabaya atau Jawa Timuran seperti semanggi, pecel, nasi jagung, nasi campur, nasi cumi atom, nasi penyetan, nasi kuning, lontong sayur, lontong balap, tahu tek dan sebagainya.

pasar malam tjap toendjoengan 2017 4
Suasana di Pasar Malam Tjap Toendjoengan 2017
pasar malam tjap toendjoengan 2017 1

Tidak hanya makanan khas Jawa Timuran, makanan lainnya seperti gudeg, lumpia, nasi bakar, nasi Medan, nasi goreng, nasi babat madura dan berbagai menu lainnya. Untuk stand makanan halal dan non halal juga tertulis dengan di setiap stand. Selain itu harga yang ditawarkan pun bervariasi tidak membuat kantong jebol.

pasar malam tjap toendjoengan 2017 22
Aneka stand makanan
pasar malam 2017pasar malam tjap toendjoengan 2017 20pasar malam tjap toendjoengan 2017 18pasar malam tjap toendjoengan 2017 17pasar malam tjap toendjoengan 2017 7pasar malam tjap toendjoengan 2017 19pasar malam tjap toendjoengan 2017 15pasar malam tjap toendjoengan 2017 14
pasar malam 9pasar malam 10

Saya memilih makanan di stand Medan Wei dengan pilihan Nasi Lemak Medan dan minumannya seharga Rp. 28.000,- Menu ini berupa nasi lemak berwarna hijau dengan lauk empal, telur, tahu, ikan asin dan kering tempe. Nasi lemak yang merupakan makanan khas Melayu dipadu dengan lauk yang tak jauh citarasa Jawa Timuran ternyata rasanya cukup klop dan lezat.

pasar malam tjap toendjoengan 2017 9
Nasi Lemak

Saya juga memesan di stand lainnya yaitu nasi bakar cakalang spesial seharga Rp. 28.000,- Aroma nasi bakar dengan daun kemangi yang khas mengepul dengan lezatnya disandingkan dengan ikan cakalang memang paduan yang serasi. Nasi cumi pasar arom pun tak luput dari incaran saya karena kuliner legendaris Surabaya, meski disajikan dengan porsi mini yang dibanderol Rp. 25.000,- cukup mengobati rasa kangen saya akan kuliner ini.

pasar malam tjap toendjoengan 2017 11
Nasi Bakar
pasar malam tjap toendjoengan 2017 10
pasar malam tjap toendjoengan 2017 12
Nasi Cumi

Belum sah jika belum memesan kuliner jawa, saya kemudian memesan nasi jagung yang lengkap dengan lauknya seharga Rp. 23.000,- Nasi jagung atau orang Jawa bilang nasi ampok ini kini mulai jarang ditemukan, jadi begitu ada di Pasar Malam Tjap Toendjoengan ini saya langsung antusias memesannya. Makanan yang asalnya dari Madura ini memang cocok disandingkan dengan ikan klotok, dadar jagung dan lengkap dengan urapnya.


pasar malam tjap toendjoengan 2017 8
nasi jagung

Menu lainnya saya juga memesan grill smokey barbeque yang antriannya membludak dibandingkan dengan stand lainnya. Makanan tersebut difavoritkan karena menunya unik dan berbeda dengan yang lainnya, grill smokey barbeque dari daging sapi ini harganya Rp. 28.000,- Selanjutnya saya juga memesan camilan seperti lumpia, sosis, es puter dan arbanat.

pasar malam tjap toendjoengan 2017 16
lumpia Semarang
pasar malam tjap toendjoengan 2017 5
Es Puter

pasar malam tjap toendjoengan 2017 6
Arbanat atau cotton candy

Tentu pilihan menu saya akan berbeda dengan pilihan anda, jadi untuk memuaskan selera kuliner Surabaya dan daerah Indonesia bisa datang langsung ke Pasar Malam Tjap Toendjoengan 2017. Setelah menikmati kuliner, kita juga bisa menyaksikan pertunjukan yang diselenggarakan di panggung hiburan. Adapula permainan anak-anak seperti mobil-mobilan, gayuh becak dan mini trampolin.

pasar malam 3

Buat penggemar selfie pun nggak perlu khawatir tidak bisa mengabadikan momen istimewa di Pasar Malam Tjap Toendjoengan karena banyak sekali spot foto yang menarik yang memang khusus disediakan untuk pengunjung. Saya yakin nggak cukup sekali untuk mengunjungi Pasar Malam Tjap Toendjoengan karena akan membuat kita ketagihan untuk datang lagi.


Selfie di Pasar Malam Tjap Toendjoengan 2017
Setelah mengunjungi Pasar malam Tjap Toendjoengan 2017 ini, saya tidak sabar untuk menunggu keseruan acara di tahun berikutnya. Semoga Surabaya semakin sukses dan menghadirkan event-event menarik HJKS dengan pesta kemeriahannya namun tetap dalam balutan unjuk prestasi, mengapresiasi pelaku usaha dan bakat anak muda. Sampai jumpa di HJKS tahun 2018.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Jam bukanya pendek banget ya mbak?

    Itu brizzinya beli 20 ribu masih kosongan atau udah terisi saldo sekian trus tinggal top up lagi mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 jam cukuplah membuat badan menggendut hahahaa

      kosongan mba, trus bisa di top up. Kalo masih sisa saldo, bisa buat bayar tol hahaha

      Delete
  2. Waaaah ampe bingung milihnya, nampak enak semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. semuanya terasa mengenyangkan hehehe

      Delete
  3. wah sudah buyar ya. baru sekali ke sana, dan itupun cuman sebentar, gak kober jalan-jalan menyusuri semua

    ReplyDelete