The Lost World Castle, Sleman

The Lost World Castle, Sleman - Banyak wisata di Kabupaten Sleman lagi happening sejak akhir tahun lalu dengan konsep wisata alam. Waktu liburan lebaran bulan lalu saya sampai bingung menyusun itinerary destinasi mana yang harus dikunjungi di tengah sempitnya liburan mudik. Akhirnya The Lost World Castle yang saya pilih dengan harapan pasti sepi meskipun dalam rangka lebaran.

Kenyataannya The Lost World Castle ini sangat ramai pengunjung, padahal lokasinya yang "nyempil" di tengah bukit dan jalanan yang kurang baik aksesnya. The Lost World Castle sistemnya sempat buka tutup karena dinilai pembangunannya yang menyalahi aturan pemerintah setempat karena berada di daerah rawan terkena semburan Merapi.

Sejak daerah tersebut disapu oleh "wedhus gembel" pemerintah setempat melarang adanya bangunan yang sifatnya permanen. Namun mulai 2017 yang lalu The Lost World Castle telah dibuka lagi untuk umum, entah sudah disetujui atau belum oleh Pemerintah setempat, yang pasti kini wisata ini menjadi tempat kekinian di Magelang. Menambah daya tariknya ada juga Rumah Hobbit dan Stonehenge yang lokasinya tidak berjauhan dan dikelola masyarakat setempat.

Untuk tiket masuk di The Lost World Castle dikenakan biaya 25k per orang dewasa, untuk anak-anak dibawah 7 tahun gratis. Dalam lembaran tiket yang saya beli tertera harga tiket 60k, rencananya harga tersebut akan berlaku jika beberapa fasilitas di The Lost World Castle akan selesai dibangun semuanya.

the lost world castle 3the lost world castle 1

Membayangkan The Lost World Castle yang sepi langsung buyar karena suasananya yang super ramai lautan manusia. Padahal kalau hari biasa, wisata ini sepi pengunjung yang seperti saya lihat di instagram. Untuk foto tanpa background manusia sangat susah dan tentu harus antri jika ada spot foto yang bagus.

Ada beberapa spot foto seperti bidadari yang terbang ke kahyangan, dan paradise gate tangga dari kahyangan. Yang berbayar untuk spot foto juga ada dengan aladin, mobil motor kuno dan properti seperti peralatan perang, rata-rata bayarnya sekitar 5k untuk foto. Kalo saya sih lebih milih cari gratisan hehehe...

the lost world castle 4

Setelah itu saya menyusuri area The Lost World Castle hingga ke lantai atas. Dari atas saya bisa melihat kemegahan dari wisata yang bangunannya dari bebatuan. Kalo saya lihatnya seperti benteng yang ada difim-film China. Semoga tetap terawat karena saya juga banyak melihat lumut hijau yang mulai tumbuh dibangunannya.

the lost world castle 5the lost world castle 6

Area The Lost World Castle ini sangat luas, dibelakang bangunannya masih ada area trick eye, tenda indian dan juga kuda terbang. Pintar-pintar aja cari spot yang bagus pasti jadi ngehits dipajang di instagram. Tapi kesananya jangan pas liburan nanti nasibnya seperti saya jadi susah foto.

the lost world castle 8
collage

world castle  
Puas di area The Lost World Castle, saya mencari wisata Rumah Hobbit. Lokasinya berada di sekitar parkiran mobil di depan The Lost World Castle. Untuk masuk dikenakan biaya lagi 10k per-orang, anak kecil masih gratis.

the lost world castle 7
rumah hobbit magelang

Hanya ada dua bangunan rumah hobbit dikawasan ini, itupun dipenuhi dengan orang-orang yang kelelahan duduk-duduk didepan rumah hobbit. Lah, gimana fotonya kalo backgroundnya penuh orang? Hahahah resiko liburan lebaran memang gini, bikin kapok tapi setahun kemudian pasti diulang lagi liburannya. Sayapun menerima dengan ikhlas foto yang ala kadarnya di Rumah Hobbit.
 
2

Masih ada satu lagi stonehenge yang seharusnya saya kunjungi, tapi sudah nggak sanggup dengan antriannya jadi kami "ngaso" jajan gorengan. Suasana area The Lost World Castle yang sejuk ini bikin betah buat jalan-jalan. Overall lokasi The Lost World Castle cocok banget buat foto-foto dengan tiket yang masih terjangkau.

Summary:
Untuk menuju lokasi tinggal setting GPS maka akan sampai dilokasi tanpa tersesat. Lokasinya berada di daerah Magelang sekitaran Kaliurang. Kalo saya kemarin dari arah Solo maka lewatnya dari Prambanan, sedangkan dari Yogyakarta lewatnya dari Kaliurang.

Tiket:

  • Memasuki area wisata The Lost World Castle akan dikenakan 10.000,-/orang (dihitung sewaktu di dalam mobil).
  • Parkir di The Lost World Castle yaitu 5.000,
  • Tiket masuk di Lost World Castle yaitu 25.000,-
  • Rumah Hobbit 10.000,- 
  • Untuk Stonehenge juga dikenakan biaya masuk, tapi karena saya nggak masuk jadi kurang tahu harga tiketnya.

Jam Buka :
Senin - Sabtu
07.00 - 18.00
Minggu 

06.00 - 18.00



You Might Also Like

6 komentar

  1. wah keren nih! Kebayang kalau sudah rampung dibangun pasti bakal lebih keren lagi. Tempatnya luas banget & kebayang bakal ngos-ngosan saya mah kl jalan2 kesana. Btw ada tempat makan sekitar situ ngga sih mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak bakal ngos-ngosan mba karena udaranya sejuk dan jalannya menurun kebawah, jadi jalannya ngga terasa.

      Ah iya belum nulis makanannya ya, ada kok di dalam the lost world castle kayak kantin gitu. Di luar juga banyak warung kaki lima, ada makanan berat dan gorengan :D

      Delete
  2. Luas banget ya mbak lokasinya. Itu memang cuma bisa ditempuh jalan kaki atau ada kayak mobil kecil kayak di batu secret zoo yang bisa disewa buat berkeliling ?
    penasaraaaann...kalo ke jogja harus mampir nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada persewaankayak besi seperti mobil-mobilan jadi buat seluncuran :) karena fasilitas masih minimalis jadi belum sebagus yg ada di Batu. Tapi kemarin sy beneran ga capek, karena udaranya segar dan medannya yg jalannya menurun.

      Delete
  3. keceh badaiiii. beneran castle! kl difoto dari atas seperti great wall

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw belum pernah ke great wall jadi penasaran

      Delete