[Review] ICC Pandaan, Prigen

Daerah Pandaan, Prigen, masih menjadi favorit saya karena lokasinya yang dekat dengan Surabaya. Pun untuk mencapai kesana, saya tak perlu kena macet yang sampai "stuck", apalagi jika menggunakan tol baru Pandaan, sekitar 45 menitan sudah sampai di pusat kota Prigen. Rasanya saya sudah hampir semuanya mendatangi hotel, restoran dan tempat wisata yang ada di kawasan Pandaan. Namun, sepulang dari Taman Safari Prigen saya membaca petunjuk jalan ke International Cultural Center (ICC) hotel yang belum pernah saya kunjungi.

Hotel ICC Pandaan menjadi target hotel yang saya kunjungi pada bulan Juli 2017 yang lalu. Lokasinya berada tak jauh dari kuliner Mang Engking dan Makoya, atau jika dari ayam goreng Sri dan depot Murni sekitar 5 km. Lokasi ICC Pandaan juga mudah ditemukan karena papan penunjuk ada di beberapa titik jalan. Tenang saja nggak perlu khawatir tersesat karena panduan GPS menuju ICC Pandaan, tidak akan menyesatkan :D
ICC pandaan prigen



Booking
Untuk booking di ICC Pandaan bisa langsung di www.iccpandaan.org atau melalui OTA (Online Travel Agent). Terdiri dari kamar guest house, bamboo lodge dan juga Pavilion. Pilihan Guest house seperti menginap di villa dengan satu rumah full yang dilengkapi dengan dua dan tiga bedroom. Dilengkapi juga dengan ruang tamu, breakfast, dapur, wifi dan juga televisi.

Untuk yang Bamboo Lodge cocok buat perusahaan karena bisa menampung hingga 24 orang, dengan dua lantai yang terdiri 8 kamar, 6 kamar mandi, serta fasilitas lainnya seperti di Guesthouse. Sedangkan bagi keluarga kecil bisa menginap di Pavilion yang juga menjadi pilihan saya. Rate harga untuk wekend sekitar Rp. 920.000,-

Icc di pandaan 6
Lantai atas yaitu bamboo lodge
Check Inn
Waktu itu saya sampai di lokasi ICC Pandaan sekitar jam 12.00 siang. Saya kemudian langsung check inn dengan pilihan kamar pavilion. Proses check inn nya sangat cepat, jam 12.30 saya sudah diperbolehkan untuk masuk ke kamar. Saya kemudian dibantu oleh petugas hotel untuk membawakan koper menuju kamar yang lokasinya ada di lantai atas.

Icc prigen pandaan
Lokasi Check Inn
ICC prigen pandaan 1

Sewaktu check inn ini saya juga ditanya tentang fasilitas gratis yang saya inginkan seperti memancing atau jalan-jalan ke waterfall yang jaraknya sekitar 20 menitan dari hotel. Karena saya membawa anak kecil jadi saya lebih memilih memancing saja. Saya kemudian mendapatkan kupon untuk memancing, berenang dan juga makan pagi. 

The Room 
Menuju kamar, jalanan yang saya lalui adalah jalanan menanjak ala medan tanah khas Prigen yang naik turun. Setelah itu melewati area taman yang cantik dan di bawah kamar ada juga cafe yang lengkap dengan buku bacaan dan pool billiard. Jadi kalo boring di kamar bisa langsung turun untuk sekedar duduk di taman sambil ngopi atau bermain billiard secara gratis.

prigen pandaan
icc di prigen 8

Kamar yang saya tempati sangat luas dengan lantai parket untuk menghalau dinginnya cuaca khas Prigen. Di Kamar ada tempat tidur, lemari, televisi, ruang duduk dan juga kamar mandi dengan model shower yang lengkap dengan toileteries. Ada juga heater dengan kopi, teh dan gula sachet.

ICC pandaan 4ICC pandaan

Suasana kamar sangat nyaman dan bersih, saya bisa melihat acara tv kabel dan juga menggunakan wifi. Dari jendela kamar saya juga bisa melihat deretan rumah penduduk yang lokasinya dekat dengan hotel. Benar-benar hotel yang hening dan private dengan fasilitas yang lengkap.

ICC pandaan 1


Prego Italian Restaurant
ICC Pandaan ini pemiliknya adalah orang Korea dengan orang Indonesia, saya sempat berpikir kalo ada menu-menu Korea di ICC Pandaan sambil dengan oppa Korea :D Namun Prego Italian Restaurant yang lokasinya berada di area ICC Pandaan menyajikan menu-menu Italian. Sebut saja menu seperti pizza, pasta atau salad tersedia di restaurant ini.

Prelo cafe pandaan 1Icc di pandaan prigen 2prelo dipandaan prigen 3

Saya memesan pizza Italia yang bentuknya khas, kalo pizza Indonesia kan biasanya tebal banget rotinya, kalo yang ini diameternya lebar dan tipis. Saya memang lebih suka pizza yang ala Italia karena ukurannya yang tipis ketika digigit maka akan terasa crunchy. Untuk topingnya sangat melimpah dan kejunya meleleh banyak banget. Juara deh rasa pizza di restaurant Prego.

fika 30
FullSizeRender (21)  
Ketika saya lihat ulasan di internet, banyak yang suka dengan Prego karena semua makanannya terkenal enak, apalagi andalannya yang pasta seperti spaghetti bolognaise. Untuk harga standart makanan di hotel, atau restoran di Surabaya, dengan porsi yang nggak pelit.

icc di pandaan 10prelo cafe 2

Ameneties
Saking nyamannya berada di kamar hotel, kami terbangun pukul 16.00 dan melewatkan kegiatan memancing yang hanya bisa di booking pukul 14.00 hingga 16.00. Saya kemudian mengantar si kecil bermain di kolam renang yang lokasinya di depan Prelo Cafe. Setelah selesai berenang barulah kami jalan-jalan ke area green house yang berisi tanaman yang dikembangkan di ICC Pandaan.

icc pandaan di prigen
Area memancing
icc prigen

IMG_1014
Green House
IMG_0920

Menuju ke area belakang ada horse track dan kandang dari beberapa kuda. Untuk menunggang kuda ini dikenakan biaya Rp. 100.000,- tamu hotel nanti akan dipandu untuk belajar menunggang kuda dengan instruktur berpengalaman. Jika ingin mengikuti club bisa mengikuti progam yang di tawarkan ICC Pandaan. Lagi-lagi karena kesorean saya tidak bisa menunggang kuda, saya menikmati saja pemandangan kuda yang berjumlah 7 ekor yang sedang asyik makan.

IMG_1015
A post shared by Diarysivika (@diarysivika) on


Di ICC Pandaan ini juga banyak sekali progam-progam untuk wisata perusahaan atau aktifitas progam liburan sekolah. Mulai dari field trip, nature progam (healty cooking, open farm, green house, dsb) dan culture center (painting workshop, clay making, frit carving, dsb). Progam-progam yang ditawarkan sangat lengkap jadi cocok banget buat karyawan perusahaan maupun bagi anak-anak sekolah yang menyelenggarakan tour.

icc pandaan prigen 7icc di prigenICC di pandaan

The Breakfast
Makan pagi dimulai dengan pukul 07.00 hingga 10.00. Lokasi makan pagi berada di Prelo restaurant, saya mengambil tempat duduk yang ada di area teras. Udara terasa sejuk dengan pemandangan pegunungan, benar-benar suasana yang sangat berbeda dengan daerah perkotaan.

prelo cafe pandaan
ICC di pandaan pasuruan

Saya memilih makan pagi nasi goreng, sedangkan si kecil memilih roti. Ada juga buah-buahan, juice dan juga kopi. Pegawai hotel sangat sigap dan juga ramah melayani permintaan kami.
...

ICC Pandaan ini sangatlah private dengan fasilitasnnya yang lengkap cocok sekali buat mengisi weekend. Nggak bakalan boring deh kalo seharian cuma berada di hotel, kita bisa memancing, berkebun, menunggang kuda, main billiard, berenang dan juga nongkrong di restorannya. Pun ketika ingin jajan di luar, sudah ada kuliner ngehits Prigen yang sudah saya sebutkan di atas. Jadi nggak sabar ngomporin ibu-ibu sekolah untuk ngikutin holiday progam ke ICC Pandaan, Prigen.

map icc pandaan

International Cultural Center (ICC) 
Desa Duren Sewu Km No.3, Durensewu, Pandaan, Pasuruan,
Jawa Timur
Telp :
0343. 636634


You Might Also Like

10 komentar

  1. Asiik banget suasananya, ini masih baru ya mbak? Terlihat terawat semuanya :D

    Kalau sama Baobab rekomen mana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dari tahun 2010 :D Biasanya buat outbond kayak perusahaan, tapi buat yang nginep bareng keluarga juga oke.

      Dua-duanya harus dicoba sih mba wkwkwwk karena yang ditawarkan beda, kalo baobab kan lebih ke animal, kalo ICC pandaan lebih ke alam sama edukasi.

      Delete
  2. Wah apik yo mbak.enak kalau bawa ponakan ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pasti guling-guling di rerumputan :D

      Delete
  3. Asik banget mba hotelnya. Ini sih gak perlu kemana2 lagi, juga udah puas. Pantes aja mba sampe bangun jam 4 sore. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha contoh yang buruk tidur dari jam 1 siang sampe jam 4 sore :D

      Delete
  4. Asik yaa Mbak Vika..banyak kegiatan yg seru..menunggang kuda? Astaga dimana ada penginapan kayak gitu..ga macet-macetan lg. Itu yang paling seru hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Pandaan Prigen, dekat mba sama Surabaya :D

      Delete
  5. lingkungannya asri dan indah ya bikin betah itu

    ReplyDelete